Laporan Pengantar Kurikulum Hasil Diskusi Kelompok 3 Mengenai SNP

Laporan Pengantar Kurikulum Hasil Diskusi Kelompok 3 Mengenai SNP
1.      Ahmad Soleh > bagaiana pengaruh standar pendidikan bagi ilmu pengetahuan yang terus mengalami perkembangan?
2.      Della Fauziah > berkaitan dengan landasan hukum standar pendidikan nasional, apakah selalu berganti-ganti atau tidak? Sudah jelas periode bergantinya atau memang berganti tergantung pada perubahan zaman?
3.      Farhah Abadiyah > dalam meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia terdapat sekolah seperti Madrasah dan Pesantren, sementara SNP masih ada yang belum terpenuhi disbanding dengan sekolah umum lainnya, bagaimana SNP meningkatkan tujuan pendidikan itu sendiri? Bagaimana SNP di Indonesia?
4.      Ta’diyah Basithoh > bagaimana dengan sekolah-skolah yang belum memiliki sarana dan prasarana yang baik, apa tindak lanjut dari pemerintah?
5.      Cep Yusuf > relevankah Indonesia menerapkan SNP dengan banyaknya permasalahan seperti: pertumbuhan ekonomi yang tidk merata disetiap daerah dan sarana fisik yang kurang memadai?

JAWABAN
1.      dengan adanya perbaikan kurikulum maka standar nasional pendidikan ditingkatkan sesuai dengan perkembangan zaman. Misalnya gini, standar kelulusan UN tahun 2010 berbeda dengan tahun 2012. Hal ini disebabkan karena perkembangan zaman semakin maju maka standar pendidikan kita pun harus lebih maju mengikuti perkembangan zaman, agar Negara kita tidak ketingal jauh dengan Negara lain.
2.      Pergantian hukum tentang SNP tidak selalu berganti, pergantiannya disesuaikan dengan perubahan SNP dan mengikuti perkembangan zaman.
3.      Tujuan SNP terdapat dua yaitu makro dan mikro. Tujuan tersebut bias dicapai tergantung pada tujuan sekolahnya masing-masing. Karena kita ketahui bahwa SNP itu merupakan kriteria minimal tentang sistem pendidikan di seluruh wilayah hukum Negara Kesatuan Republik Indonesia. Dari pernyataan tersebut bahwa tujuan setiap sekolah itu berbeda namun tetap sesuai dengan SNP yang telah ditetapkan. Misalnya antara sekolah MA dengan SMA Umum tujuannya kan sangat jelas terlihat kalo MA itu lebih menekankan mata pelajaran keagamaannya. Hal tersebut menunjukkan bahwa tujuan sekolah itu ingin lebih menciptakan siswanya yang berakhlak mulia dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Berbeda dengan SMA Umum. Kalo SMA Umum itu tujuan pendidikannya lebih pada pembentukan skill dan cara berpikir siswa.
4.      Setiap sekolah itu memiliki kepala sekolah (pemimpin), tugas pemimpin (supervisor) itu salah satunya yaitu mengecek keadaan sekolahnya. Nah tugas kepala sekolah tersebut menyediakan perlengkapan sekolah yang memang belum memadai, jadi semuanya tergantung kepala sekolahnya bagaimana mengatur semuanya. Karena segala sesuatu yang terjadi kepada sekolah misalnya perlengkapannya belum memadai tidak selalu kita serahkan kepada pemerintahan, karena kita ketahui bahwa setiap sekolah itu selalu mengadakan anggaran (lewat spp siswa atau pun yang lainnya). Anggaran tersebut bisa diguakan untuk melengkapi keperluan sekolah baik dalam segi pengajar atau pun peralatan yang akan digunakan untuk mengajar.

5.      Penerapan SNP di Indonesia memang harus diterapkan agar Indonesia tidak ketinggalan jauh dengan negra lain. Karena agar Indonesia sendri bisa mengukur kualitas pendidikan yang ada di dalamnya. Jika SNP tidak diterapkan, maka Indonesia tidak mempunyai tujuan yang ingin dicapai dalam pendidikannya.

No comments:

Post a Comment