LEMBAR OBSERVASI
SEKOLAH
Nama Sekolah :
......................................................
Alamat Sekolah :
.....................................................
Kelas : ......................................................
Nama Guru :
.....................................................
Pengalaman
Mengajar : ............................... ......................
Materi Pel. Biologi : .................................................
Kurikulum : KTSP/Kurikulum 2013 *
(Lingkari yang sesuai)
Pendekatan/Metode :
I.
Lembar Observasi Pengajar
Beri tanda √ pada kolom yang berkesesuaian
No
|
Indikator
|
Ya
|
Tidak
|
I
|
Kegiatan Awal
|
|
|
1
|
Apersepsi
Indikator :
|
|
|
2
|
Memotivasi
Indikator:
|
|
|
3
|
Mengabsen
|
|
|
4
|
Menyampaikan
KD/Indikator
|
|
|
II
|
Kegiatan Inti
|
|
|
5
|
Observasi
Indikator:
|
|
|
6
|
Mengajukan
Pertanyaan
Indikator:
|
|
|
7
|
Eksperimen
Indikator:
|
|
|
8
|
Eksplorasi
Indikator:
|
|
|
9
|
Mengasosiasi
Indikator:
|
|
|
10
|
Mengkomunikasikan
Indikator:
|
|
|
11
|
Mengaitkan
materi dengan pengetahuan relevan
Contoh :
|
|
|
12
|
Mengintegrasikan
Kerja Ilmiah dalam Pembelajaran
Contoh :
|
|
|
13
|
Bahasa dan
penyampaian jelas
Contoh :
|
|
|
14
|
Menggunakan
media, seperti..* (*ceklist yang berkesesuaian, bisa lebih dari 1)
LCD
Laptop
CD/Animasi
Gambar
Audio
|
|
|
15
|
Pembelajaran
aktif, melibatkan diskusi antar siswa
|
|
|
16
|
Pembagian
Kelompok (tentukan jumlah siswa / kelompok)
|
|
|
III
|
Kegiatan Penutup
|
|
|
17
|
Refleksi
Indikator:
|
|
|
18
|
Evaluasi
Indikator:
|
|
|
19
|
Menerapkan
konsep
Indikator:
|
|
|
|
Catatan Tambahan (Tambahkan jika perlu)
|
|
|
|
|
|
|
\
II.
Tulis 5 pertanyaan yang
diungkap oleh guru dan klasifikasikan
No
|
Pertanyaan
|
Jenis
Pertanyaan Terbuka
|
Jenis Pertanyaan
Tertutup
|
C1
|
C2
|
C3
|
1
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
III.
Catatan Penting terkait
Proses Pembelajaran di kelas (yang dapat diisi dengan point penting relevan)
Jika metode disertai dengan
diskusi, dapat menambahkan kolom pengamatan diskusi yang mengukur aspek keaktifan
siswa, rasa ingin tahu, kemampuan siswa berargumentasi
.......................................................................................................................................................................................................................................................................
No comments:
Post a Comment