CONTOH LEMBAR OBSERVASI

LEMBAR OBSERVASI
SEKOLAH

Nama Sekolah             : ......................................................
Alamat Sekolah           :  .....................................................
Kelas                           : ......................................................
Nama Guru                 : .....................................................
Pengalaman Mengajar : ............................... ......................
Materi Pel. Biologi      : .................................................
Kurikulum                   : KTSP/Kurikulum 2013 * (Lingkari yang sesuai)
Pendekatan/Metode    :

I.                   Lembar Observasi Pengajar

Beri tanda √ pada kolom yang berkesesuaian
No
Indikator
Ya
Tidak
I
Kegiatan Awal


1
Apersepsi
Indikator :



2
Memotivasi
Indikator:



3
Mengabsen


4
Menyampaikan KD/Indikator


II
Kegiatan Inti


5
Observasi
Indikator:



6
Mengajukan Pertanyaan
Indikator:



7
Eksperimen
Indikator:



8
Eksplorasi
Indikator:



9
Mengasosiasi
Indikator:



10
Mengkomunikasikan
Indikator:



11
Mengaitkan materi dengan pengetahuan relevan
Contoh :



12
Mengintegrasikan Kerja Ilmiah dalam Pembelajaran
Contoh :


13
Bahasa dan penyampaian jelas
Contoh :


14
Menggunakan media, seperti..* (*ceklist yang berkesesuaian, bisa lebih dari 1)
LCD
Laptop
CD/Animasi
Gambar
Audio



15
Pembelajaran aktif, melibatkan diskusi antar siswa


16
Pembagian Kelompok (tentukan jumlah siswa / kelompok)



III
Kegiatan Penutup


17
Refleksi
Indikator:



18
Evaluasi
Indikator:



19
Menerapkan konsep
Indikator:




Catatan Tambahan (Tambahkan jika perlu)






\

II.                Tulis 5 pertanyaan yang diungkap oleh guru dan klasifikasikan

No
Pertanyaan
Jenis
Pertanyaan Terbuka
Jenis Pertanyaan
Tertutup
C1
C2
C3
1






2






3






4






5














III.             Catatan Penting terkait Proses Pembelajaran di kelas (yang dapat diisi dengan point penting relevan)

Jika metode disertai dengan diskusi, dapat menambahkan kolom pengamatan diskusi yang mengukur aspek keaktifan siswa, rasa ingin tahu, kemampuan siswa berargumentasi


.......................................................................................................................................................................................................................................................................

No comments:

Post a Comment