Mata Pelajaran : IPA
Terpadu
Kelas / Semester : VIII
/ 1
Materi
Pokok : Struktur
dan Fungsi Jaringan Tumbuhan
Alokasi Waktu : 30 Menit
A. Kompetensi Inti
1.1. Menghayati dan mengamalkan
ajaran agama yang dianutnya
1.2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin,
tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong
royong), santun, percaya diri, dalam
berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam
jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
1.3. Memahami pengetahuan (faktual,
konseptual, dan prosedural) berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya
terkait fenomena dan kejadian tampak
mata.
1.4. Mencoba, mengolah, dan menyaji
dalam ranah konkret (menggunakan,
mengurai, merangkai, memodifikasi,dan
membuat) dan ranah abstrak (menulis,
membaca, menghitung, menggambar, dan
mengarang) sesuai dengan yang dipelajari
di sekolah dan sumber lain yang sama
dalam sudut pandang/teori.
B. Kompetensi Dasar
3.7
Menjelaskan keterkaitan struktur
jaringan tumbuhan dan fungsinya, serta berbagai pemanfaatannya dalam teknologi
yang terilhami oleh struktur tersebut.
C. Indikator
1. Menyebutkan
bagian-bagian anatomi daun
2. Menjelaskan
fungsi dari bagian-bagian anatomi daun
3. Memahami
dan mengetahui tempat terjadinya fotosintesis
4. Menyebutkan
factor-faktor yang mempengaruhi terjadinya fotosintesis
D. Tujuan
Pembelajaran
1. Peserta
didik dapat menyebutkan bagian-bagian anatomi pada daun
2. Peserta
didik dapat menyebutkan fungsi anatomi daun
3. Peserta
didik dapat mengetahui tempat terjadinya fotosintesis
4. Peserta
didik menyebutkan factor-faktor yang mempengaruhi fotosintesis
E.
Materi
Pembelajaran
Daun merupakan bagian tubuh tumbuhan yang paling
banyak mengandung klorofil, sehingga fungsi utama daun adalah tempat
berlangsungnya kegiatan fotosintesis. Struktur jaringan yang menyusun daun
terdiri dari lapisan-lapisan sel. Dari permukaan atas ke bawah, urutan jaringan
penyusun daun adalah sebagai berikut: epidermis atas, parenkim palisade
(jaringan tiang), parenkim sponsa (jaringan bunga karang), dan epidermis bawah.
Epidermis
atas pada beberapa tumbuhan mengalami modifikasi menjadi berbagai bentuk lain
misalnya menjadi stomata, trikoma, dan sel kipas, sehingga tidak hanya berfungsi
sebagai pelindung jaringan di bawahnya, akan tetapi memiliki fungsi-fungsi
tambahan.
Stomata berfungsi untuk keluar masuknya udara. Pada lapisan di bawah
jaringan epidermis ditemukan adanya jaringan mesofil (jaringan dasar), yang
terletak di antara epidermis atas dan epidermis bawah. Mesofil pada daun
dikotil berdiferensiasi menjadi dua parenkim yang terdiri dari 1) parenkim
palisade (jaringan tiang) yang terdiri dari sel-sel berbentuk silinder,
tersusun rapat dan mengandung banyak kloroplas, dan 2) parenkim spons (jaringan
bunga karang) yang tersusun dari sel-sel yang tidak teratur tersusun renggang
dan mengandung lebih sedikit kloroplas.
Tumbuhan yang dapat memanfaatkan energi cahaya matahari untuk
fotosintesis adalah tumbuhan yang memiliki klorofil. Bahan untuk fotosintesis
adalah molekul air (H2O) dan karbon dioksida (CO2). Pada
proses fotosintesis akan terbentuk glukosa (molekul gula) dan oksigen (O2).
F. Pendekatan/Strategi/Metode
Pembelajaran
1.
Pendekatan : Scientific
2.
Metode : Diskusi
dan Eksperimen
3.
Model : Discovery Learning
G. Media, Alat, dan
Sumber Pembelajaran
1.
Media
Papan
tulis, Laptop, LCD
2. Alat
tulis
3. Buku
paket SMP
H.
Kegiatan
Pembelajaran
Pendahuluan
|
Kegiatan
Guru
|
Kegiatan
Siswa
|
Alokasi
waktu
|
Ø Salam,,Do’a
Ø Mengecek kehadiran siswa.
Ø Motivasi : Guru mengintruksikan peserta didik untuk
membaca kata-kata motivasi yang telah di sediakan oleh guru.
Ø Apersepsi : Guru
mengaitkan materi sekarang dengan materi kemarin.
Ø Guru menyampaikan tujuan pembelajaran atau
kompetensi yang akan dicapai.
|
-
Peserta
didik merespon dengan menjawab salam dan melanjutkan dengan
berdo’a.
-
Peserta
didik bersama-sama membaca kata-kata motivasi yang telah di sediakan.
-
Peserta didik menjawab dengan bahasa mereka sendiri dan
sesuai dengan pengetehuan yang mereka miliki.
|
5 menit
|
|
Inti
|
Alokasi
waktu
|
||
Mengamati
|
Ø
Guru meminta peserta didik untuk duduk secara
berkelompok dan mengamati beberapa gambar bagian-bagian anatomi daun yang di
tayangkan di papan tulis dan guru sedikit menjelaskan mengenai gambar tersebut.
|
-
Peserta didik mengamati beberapa gambar yang
ditayangkan oleh guru dengan bimbingan guru.
|
22 menit
|
Menanya
|
Ø Peserta
didik dimotivasi untuk timbul pertanyaan seperti :
-
Bagian anatomi daun manakah yang berfungsi untuk fotosintesis?
|
-
Peserta didik termotivasi untuk
membuat pertanyaan tentang
gambar-gambar yang telah di tayangkan oleh guru.
|
|
Mengumpulkan data
|
Ø Guru meminta peserta didik
untuk duduk sesuai dengan kelompok, untuk mendiskusikan dan mencatat hasil
pengamatan di LKS yang telah di bagikan.
Ø Sembari peserta didik
berdiskusi, Guru menilai keaktifan peserta didik dalam bekerja kelompok.
|
-
Peserta didik duduk sesuai dengan kelompok dan
melakukan mengerjakan LKS.
|
|
Mengasosiasikan
|
Ø Guru memberi arahan
kepada peserta didik untuk mengaitkan gambar anatomi daun dengan fungsinya.
|
-
Peserta didik dalam kelompoknya mengaitkan gambar anatomi daun dengan fungsinya.
|
|
Mengkomunikasikan
|
Ø Guru meminta beberapa
kelompok untuk menyampaikan hasil yang telah mereka diskusikan.
Ø Guru merefleksi hal-hal penting
yang belum tersampaikan oleh peserta
|
-
Peserta didik perwakilan untuk mempresentasikan hasil
diskusi.
|
|
Penutup
|
Alokasi
waktu
|
||
Ø
Guru dan siswa bersama-sama menyimpulkan materi yang
telah dipelajari.
Ø
Guru
mengevaluasi ketercapaian indikator dengan cara memberikan beberapa
pertanyaan yang mencakup semua indikator.
Ø
Guru memberikan pekerjaan rumah (PR).
Ø
Guru memberi tahukan materi yang akan di bahas untuk
pertemuan berikutnya.
Ø
Salam
|
-
Peserta didik menyimpulkan materi bersama dengan guru.
-
Peserta didik merespon guru dengan menjawab pertanyaan
evaluasi dari guru.
|
3 menit
|
I.
Instrument
soal pengetahuan
No
|
Indikator
|
Soal
|
Jawaban
|
skor
|
Keterangan
|
1.
|
Menyebutkan
bagian-bagian anatomi daun
|
1.
Sebutkan bagian
anatomi daun dari jaringan paling atas.
|
epidermis atas, parenkim palisade
(jaringan tiang), parenkim sponsa (jaringan bunga karang), dan epidermis
bawah.
|
3
2
1
|
Jawaban
tepat
Jawaban
tidak lengkap/ kurang tepat
Jawaban
salah
|
2.
|
Menjelaskan
fungsi dari bagian-bagian anatomi daun
|
2.
Apasajakah fungsi stomata pada daun?
|
sebagai
jalan masuknya O2 dan CO2 dari udara , Sebagai jalan penguapan (transpirasi),
dan Sebagai jalan pernafasan (respirasi)
|
3
2
1
|
Jawaban
tepat
Jawaban
tidak lengkap/ kurang tepat
Jawaban
salah
|
3.
|
Mengetahui
tempat terjadinya fotosintesis
|
3.
Jaringan apakah yang paling berperan dalam proses fotosintesis?
|
parenkim palisade (jaringan tiang)
yang terdiri dari sel-sel berbentuk silinder, tersusun rapat dan mengandung
banyak kloroplas
|
3
2
1
|
Jawaban
tepat
Jawaban
tidak lengkap/ kurang tepat
Jawaban
salah
|
4.
|
Menyebutkan
beberapa fungsi daun
|
4.
Sebutkan fungsi-fungsi daun !
|
1.
Tempat untuk fotosintesis yaitu memproduksi
makanan pada tanaman, Tempat untuk bernapas.
.
|
3
2
1
|
Jawaban
tepat
Jawaban
tidak lengkap/ kurang tepat
Jawaban
salah
|
J. Penilaian
1.
Metode dan Bentuk
Instrumen
Metode
|
Bentuk
Instrumen
|
Sikap
|
Lembar
pengamatan sikap dan rubrik
|
Tes
unjuk kerja
|
Tes
penilaian kinerja
|
Tes
tertulis
|
Tes
uraian dan pilihan ganda
|
2.
Contoh Instrumen
a.
Lembar Pengamatan
Sikap
Pengamatan
Perilaku Ilmiah
No.
|
Aspek
yang dinilai
|
1
|
2
|
3
|
Keterangan
|
1.
|
Rasa
ingin tahu (curiosity)
|
||||
2.
|
Ketelitian
dalam melakukan kerja individu
|
||||
3.
|
Ketelitian
dan kehati-hatian dalam kerja kelompok
|
||||
4.
|
Ketekunan
dan tanggung jawab dalam bekerja secara individu maupun kelompok
|
||||
5.
|
Ketrampilan
saat berkomunikasi dalam diskusi kelompok
|
Rubrik
Penilaian Perilaku
No
|
Aspek
yang dinilai
|
Rubrik
|
1.
|
Menunjukkan
rasa ingin tahu
|
1. Tidak menunjukkan rasa ingin tahu, tidak antusias,
pasif
2. Menunjukkan rasa ingin tahu, tidak antusias, pasif
3. Menunjukkan rasa ingin tahu yang besar, antusias,
aktif
|
2.
|
Ketelitian
dalam melakukan kerja individu
|
1. Melakukan pekerjaan tidak sesuai prosedur, bekerja dengan
tergesa-gesa, hasil tidak tepat.
2. Melakukan pekerjaan sesuai prosedur, hati-hati dalam
bekerja, hasil tidak tepat.
3. Melakukan pekerjaan sesuai prosedur, hati-hati dalam
bekerja, hasil tepat.
|
3.
|
Ketelitian
dan kehati-hatian dalam kerja kelompok
|
1. Melakukan kerja dengan tergesa-gesa secara bersama dengan teman sekelompok,
dengan hasil yang tidak tepat.
2. Melakukan kerja dengan hati-hati secara bersama dengan teman sekelompok,
dengan hasil yang tidak tepat.
3. Melakukan kerja dengan hati-hati secara bersama dengan teman sekelompok,
dengan hasil yang tepat.
|
4.
|
Ketekunan
dan tanggung jawab dalam bekerja secara individu maupun kelompok
|
1. Tidak bersungguh-sungguh dalam menjalankan tugas,
tidak mendapatkan hasil
2. Tekun dalam menjalankan tugas, tidak mendapatkan
hasil terbaik
3. Tekun dalam menjalankan tugas, mendapatkan hasil
terbaik dan tepat waktu
|
5.
|
Ketrampilan
saat berkomunikasi dalam diskusi kelompok
|
1. Tidak aktif bertanya, tidak mengemukakan gagasan,
menghargai pendapat orang lain
2. Aktif bertanya, tidak mengemukakan gagasan,
menghargai pendapat orang lain
3. Aktif bertanya, aktif berpendapat, menghargai
pendapat orang lain
|
Lembar
Penilaian Perilaku Ilmiah
No.
|
Nama
Siswa
|
Aspek
yang dinilai
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||||
Kriteria Penilaian:
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
13
– 15
|
95
|
10
– 12
|
90
|
7
– 9
|
85
|
4
– 6
|
80
|
1
– 3
|
75
|
b.Lembar
Pengamatan Keterampilan Praktikum
No.
|
Aspek
yang Dinilai
|
Tingkat
Kemampuan
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1.
|
Menyiapkan alat dan bahan praktikum
|
||||
2.
|
Menggunakan alat sesuai fungsinya
|
||||
3.
|
Melakukan pengukuran dengan benar
|
||||
4.
|
Menyusun data hasil pengukuran
|
||||
5.
|
Membersihkan alat
|
||||
6.
|
Mengembalikan alat-alat pada tempatnya
|
||||
Jumlah
|
Keterangan: 1 : Kurang
2 : Cukup
3 : Baik
4 : Baik
Sekali
Lembar
Penilaian Keterampilan Praktikum
No.
|
Nama
Siswa
|
Aspek
yang dinilai
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||||
No comments:
Post a Comment