RENCANA PELAKSANAAN PEMELAJARAN (RPP) Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan

                                    Satuan Pendidikan    :           SMP /MTs
Mata Pelajaran          :           IPA Terpadu
Kelas / Semester        :           VIII / 1
                                                         Materi Pokok             :           Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan
Alokasi Waktu           :           30 Menit

A.    Kompetensi Inti
1.1.       Menghayati dan mengamalkan  ajaran  agama yang dianutnya
1.2.      Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli  (toleransi, gotong royong), santun, percaya  diri, dalam berinteraksi secara efektif  dengan lingkungan sosial dan alam dalam  jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
1.3.      Memahami pengetahuan (faktual,  konseptual, dan prosedural) berdasarkan  rasa ingin tahunya tentang ilmu  pengetahuan, teknologi, seni, budaya  terkait fenomena dan kejadian tampak  mata.
1.4.      Mencoba, mengolah, dan menyaji  dalam ranah konkret (menggunakan,  mengurai, merangkai, memodifikasi,dan  membuat) dan ranah abstrak (menulis,  membaca, menghitung, menggambar, dan  mengarang) sesuai dengan yang dipelajari  di sekolah dan sumber lain yang sama  dalam sudut pandang/teori.  
B.     Kompetensi Dasar
3.7 Menjelaskan keterkaitan struktur jaringan tumbuhan dan fungsinya, serta berbagai pemanfaatannya dalam teknologi yang terilhami oleh struktur tersebut.
C.     Indikator
1.      Menyebutkan bagian-bagian anatomi daun
2.      Menjelaskan fungsi dari bagian-bagian anatomi daun
3.      Memahami dan mengetahui tempat terjadinya fotosintesis
4.      Menyebutkan factor-faktor yang mempengaruhi terjadinya fotosintesis


D.    Tujuan Pembelajaran
1.      Peserta didik dapat menyebutkan bagian-bagian anatomi pada daun
2.      Peserta didik dapat menyebutkan fungsi anatomi daun
3.      Peserta didik dapat mengetahui tempat terjadinya fotosintesis
4.      Peserta didik menyebutkan factor-faktor yang mempengaruhi fotosintesis

E.     Materi Pembelajaran
Daun merupakan bagian tubuh tumbuhan yang paling banyak mengandung klorofil, sehingga fungsi utama daun adalah tempat berlangsungnya kegiatan fotosintesis. Struktur jaringan yang menyusun daun terdiri dari lapisan-lapisan sel. Dari permukaan atas ke bawah, urutan jaringan penyusun daun adalah sebagai berikut: epidermis atas, parenkim palisade (jaringan tiang), parenkim sponsa (jaringan bunga karang), dan epidermis bawah.
Epidermis atas pada beberapa tumbuhan mengalami modifikasi menjadi berbagai bentuk lain misalnya menjadi stomata, trikoma, dan sel kipas, sehingga tidak hanya berfungsi sebagai pelindung jaringan di bawahnya, akan tetapi memiliki fungsi-fungsi tambahan.
Stomata berfungsi untuk keluar masuknya udara. Pada lapisan di bawah jaringan epidermis ditemukan adanya jaringan mesofil (jaringan dasar), yang terletak di antara epidermis atas dan epidermis bawah. Mesofil pada daun dikotil berdiferensiasi menjadi dua parenkim yang terdiri dari 1) parenkim palisade (jaringan tiang) yang terdiri dari sel-sel berbentuk silinder, tersusun rapat dan mengandung banyak kloroplas, dan 2) parenkim spons (jaringan bunga karang) yang tersusun dari sel-sel yang tidak teratur tersusun renggang dan mengandung lebih sedikit kloroplas.
Tumbuhan yang dapat memanfaatkan energi cahaya matahari untuk fotosintesis adalah tumbuhan yang memiliki klorofil. Bahan untuk fotosintesis adalah molekul air (H2O) dan karbon dioksida (CO2). Pada proses fotosintesis akan terbentuk glukosa (molekul gula) dan oksigen (O2).

F.     Pendekatan/Strategi/Metode Pembelajaran
1.    Pendekatan      :           Scientific
2.    Metode            :           Diskusi dan Eksperimen
3.    Model              :           Discovery Learning
G.    Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.    Media
Papan tulis, Laptop, LCD
2.   Alat tulis
3.   Buku paket SMP

H.    Kegiatan Pembelajaran

Pendahuluan
Kegiatan Guru
Kegiatan Siswa
Alokasi waktu

Ø  Salam,,Do’a
Ø  Mengecek kehadiran siswa.


Ø  Motivasi : Guru mengintruksikan peserta didik untuk membaca kata-kata motivasi yang telah di sediakan oleh guru.
Ø  Apersepsi : Guru mengaitkan materi sekarang dengan materi kemarin.


Ø  Guru menyampaikan tujuan pembelajaran atau kompetensi yang akan dicapai.

-    Peserta didik merespon dengan  menjawab salam dan melanjutkan dengan berdo’a.
-    Peserta didik bersama-sama membaca kata-kata motivasi yang telah di sediakan.




-    Peserta didik menjawab dengan bahasa mereka sendiri dan sesuai dengan pengetehuan yang mereka miliki.
5 menit
Inti


Alokasi waktu
Mengamati
Ø  Guru meminta peserta didik untuk duduk secara berkelompok dan mengamati beberapa gambar bagian-bagian anatomi daun yang di tayangkan di papan tulis dan guru sedikit menjelaskan  mengenai gambar tersebut.
-    Peserta didik mengamati beberapa gambar yang ditayangkan oleh guru dengan bimbingan guru.
22 menit
Menanya
Ø  Peserta didik dimotivasi untuk timbul pertanyaan seperti :
-    Bagian anatomi daun manakah yang berfungsi untuk fotosintesis?
-    Peserta didik  termotivasi untuk membuat pertanyaan tentang gambar-gambar yang telah di tayangkan oleh guru.
Mengumpulkan data
Ø  Guru meminta peserta didik untuk duduk sesuai dengan kelompok, untuk mendiskusikan dan mencatat hasil pengamatan di LKS yang telah di bagikan.
Ø  Sembari peserta didik berdiskusi, Guru menilai keaktifan peserta didik dalam bekerja kelompok.
-          Peserta didik duduk sesuai dengan kelompok dan melakukan mengerjakan LKS.
Mengasosiasikan
Ø  Guru memberi arahan kepada peserta didik untuk mengaitkan gambar anatomi daun dengan fungsinya.


-    Peserta didik dalam kelompoknya mengaitkan gambar anatomi daun dengan fungsinya.
Mengkomunikasikan
Ø  Guru meminta beberapa kelompok untuk menyampaikan hasil yang telah mereka diskusikan.
Ø  Guru   merefleksi hal-hal penting yang belum tersampaikan oleh peserta
-    Peserta didik perwakilan untuk mempresentasikan hasil diskusi.
Penutup


Alokasi waktu

Ø  Guru dan siswa bersama-sama menyimpulkan materi yang telah dipelajari.
Ø  Guru mengevaluasi ketercapaian indikator dengan cara memberikan beberapa pertanyaan yang mencakup semua indikator.
Ø  Guru memberikan pekerjaan rumah (PR).
Ø  Guru memberi tahukan materi yang akan di bahas untuk pertemuan berikutnya.
Ø  Salam

-    Peserta didik menyimpulkan materi bersama dengan guru.

-    Peserta didik merespon guru dengan menjawab pertanyaan evaluasi dari guru.

3 menit






I.       Instrument soal pengetahuan
No
Indikator
Soal
Jawaban
skor
Keterangan
1.
Menyebutkan bagian-bagian anatomi daun
1.      Sebutkan bagian anatomi daun dari jaringan paling atas.
epidermis atas, parenkim palisade (jaringan tiang), parenkim sponsa (jaringan bunga karang), dan epidermis bawah.
3
2


1
Jawaban tepat
Jawaban tidak lengkap/ kurang tepat
Jawaban salah
2.
Menjelaskan fungsi dari bagian-bagian anatomi daun
2. Apasajakah fungsi stomata pada daun?
sebagai jalan masuknya O2 dan CO2 dari udara , Sebagai jalan penguapan (transpirasi), dan Sebagai jalan pernafasan (respirasi)
3
2


1
Jawaban tepat
Jawaban tidak lengkap/ kurang tepat
Jawaban salah
3.
Mengetahui tempat terjadinya fotosintesis
3. Jaringan apakah yang paling berperan dalam proses fotosintesis?
parenkim palisade (jaringan tiang) yang terdiri dari sel-sel berbentuk silinder, tersusun rapat dan mengandung banyak kloroplas
3
2


1
Jawaban tepat
Jawaban tidak lengkap/ kurang tepat
Jawaban salah
4.
Menyebutkan beberapa fungsi daun
4. Sebutkan fungsi-fungsi daun !
1.      Tempat untuk fotosintesis yaitu memproduksi makanan pada tanaman, Tempat untuk bernapas.
.
3
2


1
Jawaban tepat
Jawaban tidak lengkap/ kurang tepat
Jawaban salah







                                      

J.      Penilaian
1.    Metode dan Bentuk Instrumen
Metode
Bentuk Instrumen
Sikap
Lembar pengamatan sikap dan rubrik
Tes unjuk kerja
Tes penilaian kinerja
Tes tertulis
Tes uraian dan pilihan ganda

2.    Contoh Instrumen
a. Lembar Pengamatan Sikap
Pengamatan Perilaku Ilmiah
No.
Aspek yang dinilai
1
2
3
Keterangan
1.
Rasa ingin tahu (curiosity)




2.
Ketelitian dalam melakukan kerja individu




3.
Ketelitian dan kehati-hatian dalam kerja kelompok




4.
Ketekunan dan tanggung jawab dalam bekerja secara individu maupun kelompok




5.
Ketrampilan saat berkomunikasi dalam diskusi kelompok





Rubrik Penilaian Perilaku
No
Aspek yang dinilai
Rubrik
1.
Menunjukkan rasa ingin tahu
1.    Tidak menunjukkan rasa ingin tahu, tidak antusias, pasif
2.    Menunjukkan rasa ingin tahu, tidak  antusias, pasif
3.    Menunjukkan rasa ingin tahu yang besar, antusias, aktif
2.
Ketelitian dalam melakukan kerja individu
1.    Melakukan pekerjaan tidak  sesuai prosedur, bekerja dengan tergesa-gesa, hasil tidak tepat.
2.    Melakukan pekerjaan sesuai prosedur, hati-hati dalam bekerja, hasil tidak tepat.
3.    Melakukan pekerjaan sesuai prosedur, hati-hati dalam bekerja, hasil tepat.
3.
Ketelitian dan kehati-hatian dalam kerja kelompok
1.    Melakukan kerja dengan tergesa-gesa  secara bersama dengan teman sekelompok, dengan hasil yang tidak tepat.
2.    Melakukan kerja dengan hati-hati  secara bersama dengan teman sekelompok, dengan hasil yang tidak tepat.
3.    Melakukan kerja dengan hati-hati  secara bersama dengan teman sekelompok, dengan hasil yang tepat.
4.
Ketekunan dan tanggung jawab dalam bekerja secara individu maupun kelompok
1.    Tidak bersungguh-sungguh dalam menjalankan tugas, tidak mendapatkan hasil
2.    Tekun dalam menjalankan tugas, tidak mendapatkan hasil terbaik
3.    Tekun dalam menjalankan tugas, mendapatkan hasil terbaik dan tepat waktu
5.
Ketrampilan saat berkomunikasi dalam diskusi kelompok
1.    Tidak aktif bertanya, tidak mengemukakan gagasan, menghargai pendapat orang lain
2.    Aktif bertanya, tidak mengemukakan gagasan, menghargai pendapat orang lain
3.    Aktif bertanya, aktif berpendapat, menghargai pendapat orang lain

Lembar Penilaian Perilaku Ilmiah
No.
Nama Siswa
Aspek yang dinilai
Jumlah Skor
Nilai
1
2
3
4
5














































Kriteria Penilaian:
Jumlah Skor
Nilai
13 – 15
95
10 – 12
90
7 – 9
85
4 – 6
80
1 – 3
75

b.Lembar Pengamatan Keterampilan Praktikum
No.
Aspek yang Dinilai
Tingkat Kemampuan
1
2
3
4
1.
Menyiapkan alat dan bahan praktikum




2.
Menggunakan alat sesuai fungsinya




3.
Melakukan pengukuran dengan benar




4.
Menyusun data hasil pengukuran




5.
Membersihkan alat




6.
Mengembalikan alat-alat pada tempatnya




Jumlah





Keterangan:       1   :    Kurang
                          2   :    Cukup
                          3   :    Baik
                          4   :    Baik Sekali

Lembar Penilaian Keterampilan Praktikum
No.
Nama Siswa
Aspek yang dinilai
Jumlah Skor
Nilai
1
2
3
4


















































No comments:

Post a Comment