Mata Pelajaran          :           IPA
Terpadu
Kelas / Semester        :           VIII
/ 1
                                                         Materi
Pokok             :           Struktur
dan Fungsi Jaringan Tumbuhan 
Alokasi Waktu           :           30 Menit
A.    Kompetensi Inti
1.1.       Menghayati dan mengamalkan 
ajaran  agama yang dianutnya
1.2.      Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin,
tanggungjawab, peduli  (toleransi, gotong
royong), santun, percaya  diri, dalam
berinteraksi secara efektif  dengan
lingkungan sosial dan alam dalam 
jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
1.3.      Memahami pengetahuan (faktual, 
konseptual, dan prosedural) berdasarkan 
rasa ingin tahunya tentang ilmu 
pengetahuan, teknologi, seni, budaya 
terkait fenomena dan kejadian tampak 
mata.
1.4.      Mencoba, mengolah, dan menyaji 
dalam ranah konkret (menggunakan, 
mengurai, merangkai, memodifikasi,dan 
membuat) dan ranah abstrak (menulis, 
membaca, menghitung, menggambar, dan 
mengarang) sesuai dengan yang dipelajari 
di sekolah dan sumber lain yang sama 
dalam sudut pandang/teori.   
B.     Kompetensi Dasar
3.7
Menjelaskan keterkaitan struktur
jaringan tumbuhan dan fungsinya, serta berbagai pemanfaatannya dalam teknologi
yang terilhami oleh struktur tersebut. 
C.     Indikator 
1.      Menyebutkan
bagian-bagian anatomi daun
2.      Menjelaskan
fungsi dari bagian-bagian anatomi daun
3.      Memahami
dan mengetahui tempat terjadinya fotosintesis
4.      Menyebutkan
factor-faktor yang mempengaruhi terjadinya fotosintesis
D.    Tujuan
Pembelajaran
1.      Peserta
didik dapat menyebutkan bagian-bagian anatomi pada daun
2.      Peserta
didik dapat menyebutkan fungsi anatomi daun
3.      Peserta
didik dapat mengetahui tempat terjadinya fotosintesis
4.      Peserta
didik menyebutkan factor-faktor yang mempengaruhi fotosintesis
E.    
Materi
Pembelajaran
Daun merupakan bagian tubuh tumbuhan yang paling
banyak mengandung klorofil, sehingga fungsi utama daun adalah tempat
berlangsungnya kegiatan fotosintesis. Struktur jaringan yang menyusun daun
terdiri dari lapisan-lapisan sel. Dari permukaan atas ke bawah, urutan jaringan
penyusun daun adalah sebagai berikut: epidermis atas, parenkim palisade
(jaringan tiang), parenkim sponsa (jaringan bunga karang), dan epidermis bawah.
Epidermis
atas pada beberapa tumbuhan mengalami modifikasi menjadi berbagai bentuk lain
misalnya menjadi stomata, trikoma, dan sel kipas, sehingga tidak hanya berfungsi
sebagai pelindung jaringan di bawahnya, akan tetapi memiliki fungsi-fungsi
tambahan.
Stomata berfungsi untuk keluar masuknya udara. Pada lapisan di bawah
jaringan epidermis ditemukan adanya jaringan mesofil (jaringan dasar), yang
terletak di antara epidermis atas dan epidermis bawah. Mesofil pada daun
dikotil berdiferensiasi menjadi dua parenkim yang terdiri dari 1) parenkim
palisade (jaringan tiang) yang terdiri dari sel-sel berbentuk silinder,
tersusun rapat dan mengandung banyak kloroplas, dan 2) parenkim spons (jaringan
bunga karang) yang tersusun dari sel-sel yang tidak teratur tersusun renggang
dan mengandung lebih sedikit kloroplas.
Tumbuhan yang dapat memanfaatkan energi cahaya matahari untuk
fotosintesis adalah tumbuhan yang memiliki klorofil. Bahan untuk fotosintesis
adalah molekul air (H2O) dan karbon dioksida (CO2). Pada
proses fotosintesis akan terbentuk glukosa (molekul gula) dan oksigen (O2).
F.     Pendekatan/Strategi/Metode
Pembelajaran
1.   
Pendekatan      :           Scientific
2.   
Metode            :           Diskusi
dan Eksperimen
3.   
Model              :           Discovery Learning
G.    Media, Alat, dan
Sumber Pembelajaran
1.   
Media
Papan
tulis, Laptop, LCD
2.   Alat
tulis
3.   Buku
paket SMP
H.   
Kegiatan
Pembelajaran
Pendahuluan 
 | 
  
Kegiatan
  Guru 
 | 
  
Kegiatan
  Siswa 
 | 
  
Alokasi
  waktu 
 | 
 
Ø  Salam,,Do’a 
Ø  Mengecek kehadiran siswa. 
Ø  Motivasi : Guru mengintruksikan peserta didik untuk
  membaca kata-kata motivasi yang telah di sediakan oleh guru. 
Ø  Apersepsi : Guru
  mengaitkan materi sekarang dengan materi kemarin. 
Ø  Guru menyampaikan tujuan pembelajaran atau
  kompetensi yang akan dicapai. 
 | 
  
-   
  Peserta
  didik merespon dengan  menjawab salam dan melanjutkan dengan
  berdo’a. 
-   
  Peserta
  didik bersama-sama membaca kata-kata motivasi yang telah di sediakan. 
-   
  Peserta didik menjawab dengan bahasa mereka sendiri dan
  sesuai dengan pengetehuan yang mereka miliki. 
 | 
  
5 menit 
 | 
 |
Inti 
 | 
  
Alokasi
  waktu 
 | 
 ||
Mengamati 
 | 
  
Ø 
  Guru meminta peserta didik untuk duduk secara
  berkelompok dan mengamati beberapa gambar bagian-bagian anatomi daun yang di
  tayangkan di papan tulis dan guru sedikit menjelaskan  mengenai gambar tersebut. 
 | 
  
-   
  Peserta didik mengamati beberapa gambar yang
  ditayangkan oleh guru dengan bimbingan guru. 
 | 
  
22 menit 
 | 
 
Menanya  
 | 
  
Ø  Peserta
  didik dimotivasi untuk timbul pertanyaan seperti : 
-   
  Bagian anatomi daun manakah yang berfungsi untuk fotosintesis? 
 | 
  
-   
  Peserta didik  termotivasi untuk
  membuat pertanyaan tentang
  gambar-gambar yang telah di tayangkan oleh guru. 
 | 
 |
Mengumpulkan data 
 | 
  
Ø  Guru meminta peserta didik
  untuk duduk sesuai dengan kelompok, untuk mendiskusikan dan mencatat hasil
  pengamatan di LKS yang telah di bagikan. 
Ø  Sembari peserta didik
  berdiskusi, Guru menilai keaktifan peserta didik dalam bekerja kelompok. 
 | 
  
-         
  Peserta didik duduk sesuai dengan kelompok dan
  melakukan mengerjakan LKS. 
 | 
 |
Mengasosiasikan  
 | 
  
Ø  Guru memberi arahan
  kepada peserta didik untuk mengaitkan gambar anatomi daun dengan fungsinya. 
 | 
  
-   
  Peserta didik dalam kelompoknya mengaitkan gambar anatomi daun dengan fungsinya. 
 | 
 |
Mengkomunikasikan  
 | 
  
Ø  Guru meminta beberapa
  kelompok untuk menyampaikan hasil yang telah mereka diskusikan. 
Ø  Guru   merefleksi hal-hal penting
  yang belum tersampaikan oleh peserta 
 | 
  
-   
  Peserta didik perwakilan untuk mempresentasikan hasil
  diskusi. 
 | 
 |
Penutup 
 | 
  
Alokasi
  waktu 
 | 
 ||
Ø 
  Guru dan siswa bersama-sama menyimpulkan materi yang
  telah dipelajari. 
Ø 
  Guru
  mengevaluasi ketercapaian indikator dengan cara memberikan beberapa
  pertanyaan yang mencakup semua indikator. 
Ø 
  Guru memberikan pekerjaan rumah (PR). 
Ø 
  Guru memberi tahukan materi yang akan di bahas untuk
  pertemuan berikutnya. 
Ø 
  Salam  
 | 
  
-   
  Peserta didik menyimpulkan materi bersama dengan guru. 
-   
  Peserta didik merespon guru dengan menjawab pertanyaan
  evaluasi dari guru. 
 | 
  
3 menit 
 | 
 
I.      
Instrument
soal pengetahuan
No
   
 | 
  
Indikator
   
 | 
  
Soal
   
 | 
  
Jawaban
   
 | 
  
skor 
 | 
  
Keterangan
   
 | 
 
1.
   
 | 
  
Menyebutkan
  bagian-bagian anatomi daun 
 | 
  
1.     
  Sebutkan bagian
  anatomi daun dari jaringan paling atas. 
 | 
  
epidermis atas, parenkim palisade
  (jaringan tiang), parenkim sponsa (jaringan bunga karang), dan epidermis
  bawah. 
 | 
  
3 
2 
1 
 | 
  
Jawaban
  tepat 
Jawaban
  tidak lengkap/ kurang tepat 
Jawaban
  salah 
 | 
 
2. 
 | 
  
Menjelaskan
  fungsi dari bagian-bagian anatomi daun 
 | 
  
2.
  Apasajakah fungsi stomata pada daun? 
 | 
  
sebagai
  jalan masuknya O2 dan CO2 dari udara , Sebagai jalan penguapan (transpirasi),
  dan Sebagai jalan pernafasan (respirasi) 
 | 
  
3 
2 
1 
 | 
  
Jawaban
  tepat 
Jawaban
  tidak lengkap/ kurang tepat 
Jawaban
  salah 
 | 
 
3. 
 | 
  
Mengetahui
  tempat terjadinya fotosintesis 
 | 
  
3.
  Jaringan apakah yang paling berperan dalam proses fotosintesis? 
 | 
  
parenkim palisade (jaringan tiang)
  yang terdiri dari sel-sel berbentuk silinder, tersusun rapat dan mengandung
  banyak kloroplas 
 | 
  
3 
2 
1 
 | 
  
Jawaban
  tepat 
Jawaban
  tidak lengkap/ kurang tepat 
Jawaban
  salah 
 | 
 
4.
   
 | 
  
Menyebutkan
  beberapa fungsi daun 
 | 
  
4.
  Sebutkan fungsi-fungsi daun ! 
 | 
  
1.     
  Tempat untuk fotosintesis yaitu memproduksi
  makanan pada tanaman, Tempat untuk bernapas. 
. 
 | 
  
3 
2 
1 
 | 
  
Jawaban
  tepat 
Jawaban
  tidak lengkap/ kurang tepat 
Jawaban
  salah 
 | 
 
J.      Penilaian
1.   
Metode dan Bentuk
Instrumen
Metode 
 | 
  
Bentuk
  Instrumen 
 | 
 
Sikap 
 | 
  
Lembar
  pengamatan sikap dan rubrik 
 | 
 
Tes
  unjuk kerja 
 | 
  
Tes
  penilaian kinerja 
 | 
 
Tes
  tertulis 
 | 
  
Tes
  uraian dan pilihan ganda 
 | 
 
2.   
Contoh Instrumen
a.
Lembar Pengamatan
Sikap
Pengamatan
Perilaku Ilmiah
No. 
 | 
  
Aspek
  yang dinilai 
 | 
  
1 
 | 
  
2 
 | 
  
3 
 | 
  
Keterangan 
 | 
 
1. 
 | 
  
Rasa
  ingin tahu (curiosity) 
 | 
  ||||
2. 
 | 
  
Ketelitian
  dalam melakukan kerja individu 
 | 
  ||||
3. 
 | 
  
Ketelitian
  dan kehati-hatian dalam kerja kelompok 
 | 
  ||||
4. 
 | 
  
Ketekunan
  dan tanggung jawab dalam bekerja secara individu maupun kelompok 
 | 
  ||||
5. 
 | 
  
Ketrampilan
  saat berkomunikasi dalam diskusi kelompok 
 | 
  
Rubrik
Penilaian Perilaku
No 
 | 
   
Aspek
   yang dinilai 
 | 
   
Rubrik 
 | 
  
1. 
 | 
  
Menunjukkan
  rasa ingin tahu 
 | 
  
1.    Tidak menunjukkan rasa ingin tahu, tidak antusias,
  pasif 
2.    Menunjukkan rasa ingin tahu, tidak  antusias, pasif 
3.    Menunjukkan rasa ingin tahu yang besar, antusias,
  aktif 
 | 
 
2. 
 | 
  
Ketelitian
  dalam melakukan kerja individu 
 | 
  
1.    Melakukan pekerjaan tidak  sesuai prosedur, bekerja dengan
  tergesa-gesa, hasil tidak tepat. 
2.    Melakukan pekerjaan sesuai prosedur, hati-hati dalam
  bekerja, hasil tidak tepat. 
3.    Melakukan pekerjaan sesuai prosedur, hati-hati dalam
  bekerja, hasil tepat. 
 | 
 
3. 
 | 
  
Ketelitian
  dan kehati-hatian dalam kerja kelompok 
 | 
  
1.    Melakukan kerja dengan tergesa-gesa  secara bersama dengan teman sekelompok,
  dengan hasil yang tidak tepat. 
2.    Melakukan kerja dengan hati-hati  secara bersama dengan teman sekelompok,
  dengan hasil yang tidak tepat. 
3.    Melakukan kerja dengan hati-hati  secara bersama dengan teman sekelompok,
  dengan hasil yang tepat. 
 | 
 
4. 
 | 
  
Ketekunan
  dan tanggung jawab dalam bekerja secara individu maupun kelompok 
 | 
  
1.    Tidak bersungguh-sungguh dalam menjalankan tugas,
  tidak mendapatkan hasil 
2.    Tekun dalam menjalankan tugas, tidak mendapatkan
  hasil terbaik 
3.    Tekun dalam menjalankan tugas, mendapatkan hasil
  terbaik dan tepat waktu 
 | 
 
5. 
 | 
  
Ketrampilan
  saat berkomunikasi dalam diskusi kelompok 
 | 
  
1.    Tidak aktif bertanya, tidak mengemukakan gagasan,
  menghargai pendapat orang lain 
2.    Aktif bertanya, tidak mengemukakan gagasan,
  menghargai pendapat orang lain 
3.    Aktif bertanya, aktif berpendapat, menghargai
  pendapat orang lain 
 | 
 
Lembar
Penilaian Perilaku Ilmiah
No. 
 | 
  
Nama
  Siswa 
 | 
  
Aspek
  yang dinilai 
 | 
  
Jumlah
  Skor 
 | 
  
Nilai 
 | 
 ||||
1 
 | 
  
2 
 | 
  
3 
 | 
  
4 
 | 
  
5 
 | 
 ||||
Kriteria Penilaian:
Jumlah
  Skor 
 | 
  
Nilai 
 | 
 
13
  – 15 
 | 
  
95 
 | 
 
10
  – 12 
 | 
  
90 
 | 
 
7
  – 9 
 | 
  
85 
 | 
 
4
  – 6 
 | 
  
80 
 | 
 
1
  – 3 
 | 
  
75 
 | 
 
b.Lembar
Pengamatan Keterampilan Praktikum
No. 
 | 
  
Aspek
  yang Dinilai 
 | 
  
Tingkat
  Kemampuan 
 | 
 |||
1 
 | 
  
2 
 | 
  
3 
 | 
  
4 
 | 
 ||
1. 
 | 
  
Menyiapkan alat dan bahan praktikum 
 | 
  ||||
2. 
 | 
  
Menggunakan alat sesuai fungsinya 
 | 
  ||||
3. 
 | 
  
Melakukan pengukuran dengan benar 
 | 
  ||||
4. 
 | 
  
Menyusun data hasil pengukuran 
 | 
  ||||
5. 
 | 
  
Membersihkan alat 
 | 
  ||||
6. 
 | 
  
Mengembalikan alat-alat pada tempatnya 
 | 
  ||||
Jumlah 
 | 
  |||||
Keterangan:       1   :    Kurang
                          2   :    Cukup
                          3   :    Baik
                          4   :    Baik
Sekali
Lembar
Penilaian Keterampilan Praktikum
No. 
 | 
  
Nama
  Siswa 
 | 
  
Aspek
  yang dinilai 
 | 
  
Jumlah
  Skor 
 | 
  
Nilai 
 | 
 |||
1 
 | 
  
2 
 | 
  
3 
 | 
  
4 
 | 
 ||||

No comments:
Post a Comment