CORE Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan


Ide A
Ide B
Ide C
Ide D

Bagian-bagian anatomi daun
Fungsi setiap bagian-bagian anatomi daun
Tempat terjadinya fotosintesis
Factor-faktor yang mempengaruhi terjadinya fotosintesis
 Mengapa siswa perlu mempelajari ide/konsep tersebut?

Agar siswa mengetahui ternyata daun juga memiliki bagian-bagian di dalamnya
Agar siswa mengetahui bahwa setiap bagian anatomi daun memiliki fungsi-fungsi tertentu
Agar siswa tau darimana oksigen di hasilkan
Agar siswa lebih
Hal-hal apa saja yang harus dijelaskan dan belum saatnya dijelaskan?
Letak masing-masing anatomi daun.

Terjadinya fotosintesis.


Nama bagian anatomi dan fungsinya.
Letak anatomi daun yang memiliki fungsi sebagai fotosintesis.
Semua factor yang mempengaruhi terjadinya fotosintesis
Mengidentifikasi potensi kesulitan siswa dan keterbatasan yang terkait dengan mengajar ide ini.
[Pengetahuan siswa sebagai peserta didik]

sering tertukar nama-nama bagiannya.
Tertukar fungsi dari bagian-bagian anatomi daun
Jika tidak terlalu faham maka akan sulit untuk menentukan bagian mana yang banyak berperan dalam fotosintesis
Menghafal



 Bagaimana siswa memikirkan konsep tersebut?

Tidak Cuma membaca berkali-kali tapi juga melihat bagian-bagian dari gambar
Memahami dengan baik
Memahami dan membayangkan letak serta bentuk anatominya
Menghafal
Mengidentifikasi pengetahuan siswa yang mempengaruhi pengajaran ide ini.
[Pengetahuan siswa sebagai peserta didik]
Membuat hubungan antara konsep dan siswa sebelum siswa mengetahui secara benar
Membuat hubungan antara konsep dan siswa sebelum siswa mengetahui secara benar
Praktikum menggunakan preparate
Mengamati tumbuhan yang terkena cahaya secara langsung dan tidak
Strategi pengajaran dan representasi diimplementasikan dan alasan tertentu untuk menggunakan strategi ini untuk melibatkan para siswa dengan ide ini.
[Pengetahuan tentang strategi instruksional dan representasi]
Praktikum dengan cara menyayat sendiri daun tersebut.

Agar siswa merasa puas dan akan selalu di ingat tentang praktikum yang telah melibatkan langsung dirinya.
Menyebutkan bagian-bagian selalu disertai fungsi
Praktikum dan kemudian menggambarnya
Percobaan tanaman dengan meletakkan di tempat yang berbeda-beda.
Mengidentifikasi cara memastikan bahwa konsep siswa diajarkan.
[Pengetahuan tentang Penilaian]
Meminta siswa untuk menyebutkan bagian-bagian anatomi secara detail.

Meminta siswa untuk menyebutkan fungsi di setiap menyebutkan bagian-bagian daun.


Meminta siswa untuk menggambar dan menghafal letaknya.

Meminta siswa untuk mengamati tumbuhan yang ada di sekitar rumahnya dengan tempat yang berbeda-beda.


No comments:

Post a Comment