Ide A
|
Ide B
|
Ide C
|
Ide D
|
|
Bagian-bagian anatomi daun
|
Fungsi setiap bagian-bagian anatomi daun
|
Tempat terjadinya fotosintesis
|
Factor-faktor yang mempengaruhi terjadinya
fotosintesis
|
|
Mengapa siswa perlu mempelajari ide/konsep tersebut?
|
Agar siswa mengetahui ternyata daun juga memiliki
bagian-bagian di dalamnya
|
Agar siswa mengetahui bahwa setiap bagian anatomi
daun memiliki fungsi-fungsi tertentu
|
Agar siswa tau darimana oksigen di hasilkan
|
Agar siswa lebih
|
Hal-hal apa saja yang harus dijelaskan dan belum
saatnya dijelaskan?
|
Letak masing-masing anatomi daun.
Terjadinya fotosintesis.
|
Nama bagian anatomi dan fungsinya.
|
Letak anatomi daun yang memiliki fungsi sebagai
fotosintesis.
|
Semua factor yang mempengaruhi terjadinya
fotosintesis
|
Mengidentifikasi potensi
kesulitan siswa dan keterbatasan yang terkait dengan mengajar ide ini.
[Pengetahuan siswa sebagai
peserta didik]
|
sering tertukar nama-nama bagiannya.
|
Tertukar fungsi dari bagian-bagian anatomi daun
|
Jika tidak terlalu faham maka akan sulit untuk menentukan
bagian mana yang banyak berperan dalam fotosintesis
|
Menghafal
|
Bagaimana siswa memikirkan
konsep tersebut?
|
Tidak Cuma membaca berkali-kali tapi juga melihat
bagian-bagian dari gambar
|
Memahami dengan baik
|
Memahami dan membayangkan letak serta bentuk
anatominya
|
Menghafal
|
Mengidentifikasi pengetahuan
siswa yang mempengaruhi pengajaran ide ini.
[Pengetahuan siswa sebagai
peserta didik]
|
Membuat hubungan antara konsep dan siswa sebelum
siswa mengetahui secara benar
|
Membuat hubungan antara konsep dan siswa sebelum
siswa mengetahui secara benar
|
Praktikum menggunakan preparate
|
Mengamati tumbuhan yang terkena cahaya secara
langsung dan tidak
|
Strategi pengajaran dan
representasi diimplementasikan dan alasan tertentu untuk menggunakan strategi
ini untuk melibatkan para siswa dengan ide ini.
[Pengetahuan tentang
strategi instruksional dan representasi]
|
Praktikum dengan cara menyayat sendiri daun
tersebut.
Agar siswa merasa puas dan akan selalu di ingat
tentang praktikum yang telah melibatkan langsung dirinya.
|
Menyebutkan bagian-bagian selalu disertai fungsi
|
Praktikum dan kemudian menggambarnya
|
Percobaan tanaman dengan meletakkan di tempat yang
berbeda-beda.
|
Mengidentifikasi cara
memastikan bahwa konsep siswa diajarkan.
[Pengetahuan tentang
Penilaian]
|
Meminta siswa untuk menyebutkan bagian-bagian
anatomi secara detail.
|
Meminta siswa untuk menyebutkan fungsi di setiap
menyebutkan bagian-bagian daun.
|
Meminta siswa untuk menggambar dan menghafal
letaknya.
|
Meminta siswa untuk mengamati tumbuhan yang ada di
sekitar rumahnya dengan tempat yang berbeda-beda.
|
CORE Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
No comments:
Post a Comment