Konten Representasi (CORE) Materi Sistem Transportasi Darah Pada Manusia

Konten Representasi (CORE)
Pertimbangan
Ide Besar A
Ide Besar B
Ide Besar C
Menyebutkan dan membedakan komponen darah beserta fungsinya
Menyebutkan dan menjelaskan organ peredaran darah pada manusia
Menjelaskan proses peredaran darah kecil dan besar
Mengidentifikasi tujuan pembelajaran bagi siswa dalam pelajaran ini.
peserta didik harus mengetahui komponen darah dan fungsinya
·         eritrosit
·         leukosit
·         trombosit
·         plasma darah
Peserta  didik  harus mengetahui organ peredaran darah pada manusia
·          Jantung
·          pembuluh darah

Peserta didik harus memahami proses peredaran darah:
·         proses peredaran darah besar
·         proses peredaran darah kecil
Mengapa penting bagi siswa untuk mengetahui konten ini?
[Pengetahuan kurikulum]
Dengan mengetahui komponen darah peserta didik dapat mengetahui bahwa dalam darah tidak hanya terdapat 1 komponen saja tetapi terdiri atas beberapa komponen
Dengan mengetahui organ-organ peredaran darah peserta didik diharapkan akan lebih memahami bahwa system peredaran darah membutuhkan beberapa organ agar dapat bekerja secara baik.
Penting untuk mengetahui proses peredaran darah besar dan peredaran darah kecil. pada peredaran darah kecil peredaran darah antara jantung ke paru-paru dan kembali lagi ke jantung.
Peredaran darah besar, yaitu peredaran darah dari  jantung ke selurug organ-organ tubuh dan kembali lagi ke jantung

Mengidentifikasi potensi kesulitan siswa dan keterbatasan yang terkait dengan mengajar ide ini.
[Pengetahuan siswa sebagai peserta didik]
Untuk membedakan komponen darah merupakan hal yang sulit untuk dilihat dengan mata oleh sebab itu harus disertai gambar dalam pembelajarannya
Organ peredaran darah berada dalam tubuh dan oleh sebab membutuhkan video ataupun gambar agar peserta didik dapat mengerti
Sulit untuk menjelaskan proses peredaran darah yang terjadi dalam tubuh kita dan kurangnya pengetahuan peserta didik terhadap materi tersebut.
Mengidentifikasi pengetahuan siswa yang mempengaruhi pengajaran ide ini.
[Pengetahuan siswa sebagai peserta didik]
 Mengaitkan hubungan antara konsep dengan pengalaman peserta didik
Menampilkan gambar komponen darah
Mengaitkan hubungan antara konsep dengan pengalaman peserta didik
Menampilkan gambar organ dalam peredaran darah : misal jantung
 Membuat hubungan antara konsep dan pengalaman peserta didik

Menampilkan gambar proses peredaran darah besar dan peredaran darah kecil
Strategi pengajaran dan representasi diimplementasikan dan alasan tertentu untuk menggunakan strategi ini untuk melibatkan para siswa dengan ide ini.
[Pengetahuan tentang strategi instruksional dan representasi]
Menampilkan gambar komponen darah
Menampilkan gambar komponen organ- organ system peredaran darah
Membagikan Lembar Kerja Siswa (LKS) dan meminta peserta didik mendiskusikan pertanyaan dan hasilnya secara berkelompok Hal ini bertujuan memperdalam pemahaman peserta didik
Mengidentifikasi cara memastikan bahwa konsep siswa diajarkan.
[Pengetahuan tentang Penilaian]
Mempertanyakan siswa

Apa saja komponen darah ?
Apa saja fungsi dari komponen – komponen tersebut
Meminta siswa untuk menyebutkan perbedaan pembuluhh vena dan pembuluh arteri.
Menilai prediksi siswa untuk menentukan pemahaman siswa dengan meminta untuk menjelaskan proses peredaran darah besar dan peredaran darah kecil


No comments:

Post a Comment