Konten Representasi (CORE)
|
|||
Pertimbangan
|
Ide Besar A
|
Ide Besar B
|
Ide Besar C
|
Menyebutkan
dan membedakan komponen darah beserta fungsinya
|
Menyebutkan
dan menjelaskan organ peredaran darah pada manusia
|
Menjelaskan
proses peredaran darah kecil dan besar
|
|
Mengidentifikasi
tujuan pembelajaran bagi siswa dalam pelajaran ini.
|
peserta
didik harus mengetahui
komponen darah dan fungsinya
·
eritrosit
·
leukosit
·
trombosit
·
plasma darah
|
Peserta didik harus mengetahui organ peredaran
darah pada manusia
·
Jantung
·
pembuluh darah
|
Peserta
didik harus
memahami proses peredaran darah:
·
proses peredaran darah besar
·
proses peredaran darah kecil
|
Mengapa
penting bagi siswa untuk mengetahui konten ini?
[Pengetahuan
kurikulum]
|
Dengan mengetahui komponen darah peserta
didik dapat mengetahui bahwa dalam darah
tidak hanya terdapat 1 komponen saja tetapi terdiri atas beberapa komponen
|
Dengan mengetahui organ-organ peredaran darah peserta didik diharapkan
akan lebih memahami bahwa system peredaran darah membutuhkan beberapa organ
agar dapat bekerja secara baik.
|
Penting untuk mengetahui proses peredaran darah besar dan peredaran darah
kecil. pada peredaran darah kecil peredaran darah antara
jantung ke paru-paru dan kembali lagi ke jantung.
Peredaran darah besar, yaitu peredaran
darah dari jantung ke selurug organ-organ tubuh dan kembali lagi ke
jantung
|
Mengidentifikasi
potensi kesulitan siswa dan keterbatasan yang terkait dengan mengajar ide
ini.
[Pengetahuan
siswa sebagai peserta didik]
|
Untuk membedakan
komponen darah
merupakan hal yang sulit untuk dilihat dengan mata oleh sebab
itu harus disertai gambar dalam pembelajarannya
|
Organ peredaran darah berada dalam tubuh dan oleh sebab membutuhkan video
ataupun gambar agar peserta didik dapat mengerti
|
Sulit untuk menjelaskan proses peredaran darah yang terjadi dalam tubuh
kita dan kurangnya pengetahuan peserta didik terhadap materi tersebut.
|
Mengidentifikasi
pengetahuan siswa yang mempengaruhi pengajaran ide ini.
[Pengetahuan
siswa sebagai peserta didik]
|
Mengaitkan
hubungan antara konsep dengan pengalaman peserta didik
Menampilkan
gambar komponen darah
|
Mengaitkan hubungan antara konsep dengan
pengalaman peserta didik
Menampilkan gambar organ dalam peredaran darah : misal jantung
|
Membuat
hubungan antara konsep dan pengalaman peserta didik
Menampilkan gambar proses peredaran darah besar dan peredaran darah kecil
|
Strategi
pengajaran dan representasi diimplementasikan dan alasan tertentu untuk
menggunakan strategi ini untuk melibatkan para siswa dengan ide ini.
[Pengetahuan
tentang strategi instruksional dan representasi]
|
Menampilkan
gambar komponen darah
|
Menampilkan
gambar komponen organ- organ system peredaran darah
|
Membagikan Lembar Kerja Siswa (LKS) dan meminta peserta didik
mendiskusikan pertanyaan dan hasilnya
secara berkelompok Hal ini
bertujuan memperdalam pemahaman peserta didik
|
Mengidentifikasi
cara memastikan bahwa konsep siswa diajarkan.
[Pengetahuan
tentang Penilaian]
|
Mempertanyakan siswa
Apa saja komponen darah ?
Apa saja fungsi dari komponen – komponen tersebut
|
Meminta siswa untuk menyebutkan perbedaan pembuluhh vena dan pembuluh
arteri.
|
Menilai prediksi siswa untuk menentukan
pemahaman siswa dengan meminta
untuk menjelaskan proses peredaran darah besar dan peredaran darah kecil
|
Konten Representasi (CORE) Materi Sistem Transportasi Darah Pada Manusia
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
No comments:
Post a Comment