RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN Pengaruh Kepadatan Populasi terhadap Lingkungan

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan                  : SMP
Mata Pelajaran                        : IPA Biologi
Kelas/semester                        : VIII/ II
Materi Pokok                          :Pengaruh Kepadatan Populasi terhadap Lingkungan
Alokasi Waktu                        : 1 x 30 menit (1JP)
 

A.    Kompetensi Inti (KI)
1.      Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.      Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
3.      Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
4.      Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan

B.     Kompetensi Dasar (KD)
3.12 Mendeskripsikan penyebab perkembangan penduduk dan dampaknya bagi lingkungan

C.    Indikator
1.    Peserta didik menjelaskan dampak dari kepadatan populasi penduduk di Indonesia
2.    Peserta didik menjelaskan upaya untuk mengatasi masalah kepadatan penduduk di Indonesia terhadap lingkungan
3.    Peserta didik menjelaskan pengaruh antara pertambahan jumlah atau kepadatan penduduk terhadap lingkungan

D.    Tujuan Pembelajaran
1.    Peserta didik mampu menjelaskan akibat kepadatan populasi manusia.
2.    Peserta didik mampu menyebutkan syarat-syarat air bersih.
3.    Peserta didik mampu menjelaskan pengaruh antara populasi penduduk terhadap lingkungan.
E.    Materi Pembelajaran
1.      Dampak kepadatan penduduk terhadap lingkungan
a.    Meningkatnya Kebutuhan Air Bersih
Didaerah yang penduduk padat maka kebutuhan air bersih juga meningkat. Bila air bersih disuatu lingkungan padat penduduk tidak terpenuhi maka dapat menurunkan tingkat kesehatan seseorang atau masyarakat, khususnya timbulnya penyakit saluran pernapasan.
b.    Berkurangnya ketersediaan lahan
Peningkatan populasi manusia atau meningkatnya jumlah penduduk menyebabkan tingkat kepadatan semakin tinggi. Pada sisi lain luas tanah atau lahan tidak bertambah. Kepadatan penduduk dapat mengakibatkan tanah pertanian semakin berkuarng karena digunakan untuk permukiman penduduk.
c.    Kerusakan lingkungan
Setiap tahun, hutan dibuka untuk kepentingan hidup manusia seperti untuk lahan pertanian atau permukiman. Perubahan hutan atau rawa menjadi sawah dan ladang bila tidak dibatasi akan mengakiabtkan penurunan keanekaragaman hayati dan mengganggu keseimbangan lingkungan.
d.   Terbatasnya ruang gerak
Suatu daerah dengan kepadatan penduduk yang tinggi kalau tidak memperhatikan kesehatan lingkungan dengan baik maka keadaan lingkungan menjadi tidak nyaman bagi penduduknya. Dampak negatif pada kesehatan penduduk misalnya penduduk mudah terjangkit penyakit menular, kebutuhan udara bersih tidak terpenuhi atau banyaknya sampah rumah tangga yang tidak dibuang pada tempatnya.
e.    Kekurangan makanan
Manusia sebagai makhluk hidup membutuhkan makanan. Dengan bertambahnya jumlah populasi manusia atau penduduk maka jumlah jumlah kebutuhan makanan yang diperlukan juga semakin banyak. Bila hal ini tidak diimbangi denga peningkatan produksi pangan, maka dapat terjadi kekurangan makanan.
f.     Menurunnya Tingkat Kesehatan Penduduk
Tingkat kesehatan masyarakat saat ini dinilai sebagian kalangan masih rendah atau jauh dari harapan. Terutama warga yang tinggal di lingkungan perumahan kumuh sehingga mengakibatkan warga rentan terserang wabah penyakit. Masalah ini diperparah dengan rendahnya perilaku serta pengetahuan masyarakat mengenai kesehatan. Karena itu, tampaknya, pelayanan kesehatan menjadi masalah yang krusial di Ibukota.

2.      Upaya Mengatasi Masalah Kepadatan Penduduk
a)      Jumlah penduduk dan pertumbuhannya diatasi dengan program Keluarga Berencana (KB)
b)      Persebaran dan Kepadatan penduduk diatasi dengan:
§  Program Transmigrasi
§  Pembangunan lebih intensif di Kawasan Indonesia Timur.
c)      Tingkat kesehatan yang rendah diatasi dengan:
§  Pembangunan fasilitas kesehatan seperti Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD)
§  Pelayanan kesehatan gratis bagi penduduk miskin
3.      Upaya Mengatasi Permasalahan Kepadatan Penduduk terhadap Lingkungan
§ Menjaga kebersihan lingkungan, seperti: membuang sampah pada tempatnya, dll.
§ Membatasi pembangunan industri,  dan menambah lahan hijau sebagai paru-paru kota.
§ Meningkatkan sumber penghasil pangan, seperti sawah dan ladang pertanian
4.      Pengaruh peningkatan jumlah penduduk yang terjadi terhadap lingkungan
§  Dengan adanya peningkatan atau pertambahan jumlah populasi penduduk di suatu daerah, tentu akan berdampak pula pada tingkat kebutuhan pokok (sandang, pangan, papan) di daerah tersebut.
§  Bertambahnya jumlah angka kehidupan manusia di suatu wilayah akan mempengaruhi kepadatan wilayah itu sendiri, dan tentunya mempersempit lahan yang tersedia di lingkungan. Baik lahan untuk tempat tinggal maupun lahan bergerak atau mobilisasi.
§  Semakin banyak jumlah penduduk, akan semakin tinggi juga kebutuhan akan fasilitas kehidupan, seperti fasilitas air bersih, terutama fasilitas pendidikan dan kesehatan.
§  Yang paling banyak terjadi khususnya di Indonesia, semakin bertambahnya jumlah penduduk tentu akan menambah tingkat kerusakan atau pencemaran lingkungan, seperti kebakaran hutan, polusi udara dari (asap kendaraan, asap rokok, dll.),  penebangan hutan secara liar (menyebabkan longsor), dsb.

F.     Pendekatan dan Metode Pembelajaran
·           Pendekatan yang digunakan yaitu Pendekatan Saintifik.
·           Metode yang digunakan selama proses pembelajaran yaitu:
1.        Ceramah
2.        Diskusi Kelompok
3.        Presentasi

G.   Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.         Media : LKS, dan PPT
2.         Alat/Bahan: Laptop dan proyektor
3.         Sumber Belajar: Buku IPA SMP Kelas VIII

H.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

TAHAP
KEGIATAN PBM
WAKTU
 a.      Pendahuluan 
1)         Guru memberi salam dan menyapa peserta didik
2)         Peserta didik bersama guru berdoa untuk memulai pelajaran
3)         Guru memeriksa kehadiran  peserta didik
4)         Guru menampilkan gambar (kondisi daerah dengan tingkat kepadatan penduduk rendah dan tinggi) sebgai kegiatan apersepsi
5)         Guru menjelaskan kompetensi dasar dan tujuan pembelajaran dari materi yang akan dipelajari
6)         Guru memotivasi peserta didik dengan memberikan pertanyaan sederhana mengenai jumlah penduduk Indonesia
7)         Guru memberikan data terbaru perkembangan jumlah penduduk di Indonesia kepada peserta didik sebagai informasi awal untuk masuk pada proses pembelajaran
5  menit
b. Kegiatan Inti
1)     Mengamati
·      Guru menampilkan gambar-gambar mengenai permasalahan lingkungan yang terjadi di Indonesia yang terjadi akibat pertambahan jumlah populasi penduduk di Indonesia yang tak terkendali
·      Peserta didik mengamati gambar yang ditampilkan oleh guru dengan seksama
2)   Menanya
·      Guru mempersilahkan peserta didik untuk bertanya mengenai gambar yang telah ditampilkan dan menjawab pertanyaan yang diajukan oleh peserta didik
·      3)  Mengumpulkan Data/Eksperimen
·      Guru memaparkan materi mengenai permasalahan kepadatan penduduk yang terjadi di Indonesia, serta dampak yang disebabkan oleh permasalahan tersebut, hingga upaya yang dilakukan untuk mengatasinya
·      Peserta didik mempersiapkan diri dengan membaca buku pelajaran dan menyimak penjelasan guru
·      Peserta didik dibentuk dalam kelompok-kelompok kecil dalam kelas oleh guru
4)  Mengasosiasi
·     Peserta didik berdiskusi secara kelompok mengenai permasalahan kepadatan penduduk di Indonesia, mulai dari dampak, upaya untuk mengatasi permasalahan yang terjadi, hingga pengaruh pertambahan jumlah penduduk yang terjadi terhadap lingkungan
5)  Mengkomunikasi
·      Peserta didik menyampaikan hasil diskusi oleh tiap perwakilan kelompoknya masing-masing
·      Kelompok peserta didik yang lain dapat menanggapi hasil presentasi (melengkapi dan  mengkonfirmasi)
·      Peserta didik menyampaikan kesimpulan hasil diskusi kelompok
20 menit
b.      Penutup
Evaluasi
·      Guru membuat rangkuman/simpulan pelajaran mengenai kepadatan populasi penduduk di Indonesia, dampaknya, hingga upaya yang dilakukan untuk mengatasi permasalahan yang terjadi
·      Guru melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan, mengevaluasi dengan memberikan pertanyaan secara lisan terkait materi dampak kepadatan populasi terhadap lingkungan
·      Guru memberikan tugas (baik tugas individual maupun kelompok) sesuai dengan materi yang telah dipelajari
5 menit


I.       Penilaian
1)      Kognitif
a.       Teknik             : Tes (tulis)
b.      Instrumen        : Soal
2)         Afektif
                                     a.      Teknik             : Observasi
                                     b.      Instrumen        : Lembar Observasi
3)         Psikomotorik
                                      a.       Teknik                       : Observasi
                                     b.      Instrumen       : Lembar Observasi




Kompetensi Inti
Kompetensi Dasar
Indikator
Teknik Penilaian
Instrumen
Sikap Spiritual
1.1 Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang keanekaragaman hayati, ekosistem, dan lingkungan hidup.
1.1 Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang keanekaragaman hayati, ekosistem, dan lingkungan hidup.
Observasi
Lembar observasi
Sikap Sosial
2.1 Berperilaku ilmiah: teliti, tekun, jujur sesuai data dan fakta, disiplin, tanggung jawab,dan peduli dalam observasi dan eksperimen, berani dan santun dalam mengajukan pertanyaan dan berargumentasi, peduli lingkungan, gotong royong, bekerjasama, cinta damai, berpendapat secara ilmiah dan kritis, responsif dan proaktif dalam setiap tindakan dan dalam melakukan pengamatan dan percobaan di dalam kelas/laboratorium maupun di luar kelas/laboratorium.
2.1.1 Menunjukkan  sikap dan  perilaku  yang ilmiah dalam memperhatikan penjelasan guru
2.1.2 Menunjukkan sikap yang berani dan santun dalam  presentasi ataupun dalam mengajukan pertanyaan mengenai materi pengaruh kepadatan populasi di Indonesia
2.1.3  Menunjukkan sikap kerja sama dalam mengerjakan LKS dan diskusi kelompok
Peer Asessment
Lembar penilaian peserta didik
Pengetahuan
3.12  Mendeskripsikan penyebab perkembangan penduduk dan dampaknya bagi lingkungan
3.12.1    Peserta didik menjelaskan dampak kepadatan penduduk yang terjadi di Indonesia
3.12.2    Peserta didik menyebutkan upaya-upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah kepadatan penduduk di Indonesia
3.12.3    Peserta didik memprediksi pengaruh antara peningkatan jumlah penduduk terhadap lingkungan
Penugasan
Lembar Kerja Siswa (LKS)



Lampiran 1: Keterampilan Sikap Spiritual

INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP SPIRITUAL
(LEMBAR OBSERVASI)
A.    Petunjuk Pengisian
Berdasarkan pengamatan Anda selama proses pembelajaran, nilailah sikap setiap peserta didik Anda dengan memberi skor  4, 3, 2, atau 1 pada Lembar Observasi dengan ketentuan sebagai berikut:
Skor 4 apabila selalu melakukan perilaku yang diamati
Skor 3 apabila sering melakukan perilaku yang diamati
Skor 2 apabila kadang-kadang melakukan perilaku yang diamati
Skor 1 apabila tidak pernah melakukan perilaku yang diamati
LEMBAR OBSERVASI
Kelas/Semester             :
Tahun Pelajaran            : …
Butir Penilaian              : Menghargai keberagaman organisme sebagai anugerah Tuhan
Indikator sikap              :
1. Berusaha menemukan potensi keberagaman organisme
No
Nama Peserta Didik
Skor Indikator Sikap Spiritual
Jumlah Skor
Nilai
Jujur
Disiplin
Tanggung jawab
1






2






3






4






5






6






7 dst












Lampiran 2: Kompetensi Sikap Sosial
INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP SOSIAL
(LEMBAR PENILAIAN ANTARPESERTA DIDIK)
A.    Petunjuk Umum
1.      Instrument penilaian sikap sosial ini berupa Lembar Penilaian Antarpeserta Didik
2.      Instrument ini diisi oleh peserta didik untuk menilai peserta didik/temannya.
B.     Petunjuk Pengisian
Berdasarkan perilaku teman kalian selama bekerja dalam satu kelompok ini, nilailah sikap temanmu dengan memberi tanda centang (ü) pada kolom skor 4, 3, 2, dan 1 pada Lembar Penilaian Antarpeserta Didik dengan ketentuan sebagai berikut:
Skor 4 apabila selalu melakukan perilaku yang dinyatakan
Skor 3 apabila sering melakukan perilaku yang dinyatakan
Skor 2 apabila kadang-kadang melakukan perilaku yang dinyatakan
Skor 1 apabila jarang melakukan perilaku yang dinyatakan
C.     Lembar Penilaian Antarpeserta Didik

LEMBAR PENILAIAN ANTARPESERTA DIDIK
Nama Peserta Didik yang dinilai
Kelas/Semester                                :
Hari/Tanggal Pengisian                   : …
Tahun Pengajaran                            : …
Butir Nilai                                 : Menunjukkan rasa ingin tahu dan sikap santun dalam menggali informasi tentang pengaruh kepadatan populasi penduduk terhadap lingkungan
Indikator Sikap                                 :
1.      Menggunakan bahasa yang baik saat berkomunikasi secara lisan dengan teman
2.      Menghargai pendapat orang lain
3.      Bersikap terbuka dan bergaul dengan orang lain

Sikap
Pernyataan
Skor
4
3
2
1
Santun
Temanku menggunakan bahasa yang baik saat berkomunikasi lisan dengan teman yang lain




Rendah hati
Temanku menghargai pendapat teman yang lain




Ramah
Temanku dapat bersikap terbuka dan sangat bergaul dengan teman yang lain





Jumlah skor





Nilai













                                                                                                                                  


Lampiran 3: Kompetensi Kognitif
LEMBAR KERJA SISWA
  1. Judul Kegiatan: Pengaruh Kepadatan Populasi terhadap Lingkungan dan Upaya Pengatasannya
  2. Kompetensi Dasar: 3.12  Mendeskripsikan penyebab perkembangan penduduk dan dampaknya bagi lingkungan
  3. Landasan Teori
Semua kebutuhan manusia dipasok dari lingkungan yang merupakan sumber daya alam.Sumber daya alam adalah segala sesuatu yang dapat diperoleh dari lingkungan untuk keperluan manusia. Semakin meningkat jumlah popolasi semakin banyak sumber daya alam yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan. Contoh: kebutuhan pangan, kebutuhan air bersih, kebutuhan udara bersih dan kebutuhan lainnya. Kepadatan penduduk dapat mempengaruhi kualitas penduduknya. Pada daerah yang kepadatannya tinggi, usaha peningkatan kualitas penduduk lebih sulit dilaksanakan. Hal ini menimbulkan permasalahan sosial, ekonomi, keamanan, kesejahteraan, ketersediaan lahan, air bersih, kebutuhan pangan, dan dapat berdampak pada kerusakan lingkungan. Coba perhatikan tingkat pencemaran yang diakibatkan oleh kendaraan bermotor antara daerah pedesaan dengan daerah perkotaan. Tentu tingkat pencemaran udara di kota lebih tinggi. Kepadatan penduduk mempengaruhi beberapa aspek yang berkaitan dengan kehidupan penduduk berikut ini.
1.         Kebutuhan Udara Bersih
2.         Kebutuhan Pangan/Makanan
3.         Kebutuhan Lahan
4.         Kebutuhan Air Bersih
5.         Pencemaran Lingkungan
6.         Tingkat Kesehatan Menurun.


Ø  Upaya Mengatasi Masalah Kepadatan Penduduk
a)    Jumlah penduduk dan pertumbuhannya diatasi dengan program Keluarga Berencana (KB)
b)   Persebaran dan Kepadatan penduduk diatasi dengan:
§ Program Transmigrasi
§ Pembangunan lebih intensif di Kawasan Indonesia Timur.
c)    Tingkat kesehatan yang rendah diatasi dengan:
§ Pembangunan fasilitas kesehatan seperti Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD)
§ Pelayanan kesehatan gratis bagi penduduk miskin
Ø  Upaya Mengatasi Permasalahan Kepadatan Penduduk terhadap Lingkungan
§ Menjaga kebersihan lingkungan, seperti: membuang sampah pada tempatnya, dll.
§ Membatasi pembangunan industri,  dan menambah lahan hijau sebagai paru-paru kota.
§ Meningkatkan sumber penghasil pangan, seperti sawah dan ladang pertanian

  1. Alat dan Bahan
1.    Alat tulis
2.    Lembar kerja kelompok
3.    Buku pelajaran IPA kelas VIII dan/atau sumber literatur lainnya

  1. Langkah Kerja
1.    Bacalah pertanyaan-pertanyaan yang terdapat pada lembar kerja kalian dengan seksama.
2.    Diskusikan jawaban yang tepat dengan semua anggota kelompok kalian.
3.    Untuk tiap kelompok menjawab semua soal yang ada, jawaban dapat dicari dalam buku pelajaran IPA kelas VIII atau dengan sumber literatur lain yang berkaitan.
4.    Perwakilan kelompok akan mempresentasikan jawaban hasil diskusi kelompok di depan kelas.
5.    Kerjakan dengan tenang dan teliti.

  1. Soal Diskusi
1)        Sebutkan dan jelaskan dampak dari terjadinya peningkatan jumlah penduduk di Indonesia! (Minimal 2)
...............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
2)        Sebutkan upaya-upaya yang dapat dilakukan untuk dapat mengatasi masalah peningkatan jumlah penduduk yang terjadi di Indonesia!
...............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
3)        Jelaskan apakah hubungan antara kepadatan populasi penduduk terhadap lingkungan!
....................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

G.    Kesimpulan
Berilah kesimpulan hasil kegiatan diskusi kalian di bawah ini!






H.    Sumber Pustaka
Buku Pelajaran IPA kelas VIII Semester Genap

Rubrik Penilaian Kognitif
Kompetensi yang Diukur
Deskripsi
Skor
Pemahaman terhadap materi
·         Memahami materi dengan lengkap
·         Memahami materi dengan tidak lengkap
·         Tidak memahami materi sama sekali

Penerapan Hasil Pengamatan
·         Menunjukkan kesinambungan dari hasil materi yang disampaikan guru dengan hasil penyimakan
·         Cukup menunjukkan kesinambungan dari hasil materi yang disampaikan guru dengan hasil penyimakan
·         Tidak menunjukkan kesinambungan dari hasil materi yang disampaikan guru dengan hasil penyimakan

Skor maksimal
9

Keterangan Skor:
3 :  Lengkap
2 :  Tidak Lengkap
1 :  Tidak Sesuai Sama Sekali

Nilai tugas yang dikerjakan oleh peserta didik dihitung dengan rumus:
Nilai tugas peserta didik:




Indikator
Soal
Jawaban
1.    Peserta didik menyebutkan dan menjelaskan dampak peningkatan jumlah penduduk atau kepadatan penduduk yang terjadi di Indonesia
1. Yang bukan merupakan dampak dari peningkatan jumlah populasi manusia adalah….
a.    Bertambahnya kebutuhan air bersih
b.    Berkurangnya lahan gerak
c.    Berkurangnya tingkat kesehatan masyarakat
d.   Meningkatnya kesejahteraan penduduk

D
2.    Peserta didik menyebutkan upaya-upaya yang dilakukan untuk mengatasi masalah kepadatan penduduk di Indonesia
2.Upaya pengatasan masalah kepadatan penduduk di Indonesia di bawah ini, Kecuali
a.    Mewajibkan tiap keluarga memiliki banyak anak
b.    Menggalakan program Keluarga Berencana (KB)
c.    Mengadakan program transmigrasi
d.   Menambah fasilitas kesehatan di daerah

A
3.      Peserta didik memprediksi dan menjelaskan pengaruh peningkatan jumlah penduduk terhadap lingkungan
3. Salah satu pengaruh fenomena peningkatan jumlah penduduk terhadap lingkungan adalah…
a.    Semakin tinggi populasi, semakin rendah pencemaran terjadi
b.    Semakin tinggi populasi, semakin berkurang lahan gerak
c.    Semakin rendah populasi, semakin tinggi pencemaran lingkungan terjadi
d.   Semakin rendah populasi, semakin tinggi angka kemiskinan

B


Lampiran 4: Kompetensi Psikomotorik/ Keterampilan
1.      Judul Projek: Mendiskusikan dampak, upaya, dan pengaruh kepadatan penduduk terhadap lingkungan
2.      Uraian tugas:
a.       Menyimak materi yang disampaikan oleh guru di kelas
b.      Mendiskusikan permasalahan yang mungkin muncul dengan kompetensi yang diharapkan oleh guru serta dikaitkan dengan materi pembelajaran mengenai kepadatan populasi dan dampaknya terhadap lingkungan, kemudian buat laporan dari hasil diskusi tersebut
c.       Mempresentasikan hasil diskusi oleh perwakilan tiap kelompok
3.      Rubrik penilaian


1= tidak
2= kurang
3= cukup
4= sangat


Kompetensi yang Diukur
Deskripsi
Skor
Persiapan Menyimak dan Memahami Materi
·         Rencana kegiatan dan pemahaman tidak matang
·         Rencana kegiatan dan pemahaman kurang matang
·         Rencana kegiatan dan pemahaman cukup matang
·         Rencana kegiatan dan pemahaman sangat matang

Pelaksanaan Diskusi
·         Pelaksanaan diskusi tidak terstruktur
·         Pelaksanaan diskusi kurang terstruktur
·         Pelaksanaan diskusi cukup terstruktur
·         Pelaksanaan diskusi sangat terstruktur

Laporan
·         Laporan hasil diskusi tidak lengkap
·         Laporan hasil diskusi kurang lengkap
·         Laporan hasil diskusi cukup lengkap
·         Laporan hasil diskusi sangat lengkap
                   


Rumus menghitung nilai akhir: Nilai Akhir = 

No comments:

Post a Comment