RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan                  : SMP
Mata Pelajaran                        : IPA Biologi
Kelas/semester                        : VIII/ II
Materi
Pokok                          
:Pengaruh
Kepadatan Populasi terhadap Lingkungan
Alokasi Waktu                        : 1 x 30 menit (1JP)
A.   
Kompetensi Inti (KI)
1.     
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.     
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan
pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan
dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
3.     
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan,
dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan
minatnya untuk memecahkan masalah
4.     
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai
kaidah keilmuan
B.    
Kompetensi Dasar (KD)
3.12
Mendeskripsikan penyebab perkembangan penduduk dan dampaknya bagi lingkungan
C.   
Indikator
1.    Peserta didik menjelaskan dampak dari
kepadatan populasi penduduk di Indonesia
2.    Peserta didik menjelaskan upaya untuk
mengatasi masalah kepadatan penduduk di Indonesia terhadap lingkungan
3.    Peserta didik menjelaskan pengaruh antara pertambahan
jumlah atau kepadatan penduduk terhadap lingkungan
D.   
Tujuan Pembelajaran
1.    Peserta didik mampu menjelaskan akibat
kepadatan populasi manusia.
2.    Peserta didik mampu menyebutkan
syarat-syarat air bersih.
3.    Peserta didik mampu menjelaskan pengaruh
antara populasi penduduk terhadap lingkungan.
E.    Materi
Pembelajaran
1.      Dampak kepadatan
penduduk terhadap lingkungan
a.    Meningkatnya
Kebutuhan Air Bersih
Didaerah
yang penduduk padat maka kebutuhan air bersih juga meningkat. Bila air bersih
disuatu lingkungan padat penduduk tidak terpenuhi maka dapat menurunkan tingkat
kesehatan seseorang atau masyarakat, khususnya timbulnya penyakit saluran
pernapasan.
b.    Berkurangnya
ketersediaan lahan
Peningkatan
populasi manusia atau meningkatnya jumlah penduduk menyebabkan tingkat
kepadatan semakin tinggi. Pada sisi lain luas tanah atau lahan tidak bertambah.
Kepadatan penduduk dapat mengakibatkan tanah pertanian semakin berkuarng karena
digunakan untuk permukiman penduduk.
c.    Kerusakan
lingkungan
Setiap
tahun, hutan dibuka untuk kepentingan hidup manusia seperti untuk lahan
pertanian atau permukiman. Perubahan hutan atau rawa menjadi sawah dan ladang
bila tidak dibatasi akan mengakiabtkan penurunan keanekaragaman hayati dan
mengganggu keseimbangan lingkungan.
d.   Terbatasnya
ruang gerak
Suatu
daerah dengan kepadatan penduduk yang tinggi kalau tidak memperhatikan
kesehatan lingkungan dengan baik maka keadaan lingkungan menjadi tidak nyaman
bagi penduduknya. Dampak negatif pada kesehatan penduduk misalnya penduduk
mudah terjangkit penyakit menular, kebutuhan udara bersih tidak terpenuhi atau
banyaknya sampah rumah tangga yang tidak dibuang pada tempatnya.
e.    Kekurangan
makanan
Manusia
sebagai makhluk hidup membutuhkan makanan. Dengan bertambahnya jumlah populasi
manusia atau penduduk maka jumlah jumlah kebutuhan makanan yang diperlukan juga
semakin banyak. Bila hal ini tidak diimbangi denga peningkatan produksi pangan,
maka dapat terjadi kekurangan makanan.
f.     Menurunnya
Tingkat Kesehatan Penduduk
Tingkat kesehatan masyarakat
saat ini dinilai sebagian kalangan masih rendah atau jauh dari harapan.
Terutama warga yang tinggal di lingkungan perumahan kumuh sehingga
mengakibatkan warga rentan terserang wabah penyakit. Masalah ini diperparah
dengan rendahnya perilaku serta pengetahuan masyarakat mengenai kesehatan.
Karena itu, tampaknya, pelayanan kesehatan menjadi masalah yang krusial di
Ibukota.
2.      Upaya
Mengatasi Masalah Kepadatan Penduduk
a)      Jumlah
penduduk dan pertumbuhannya diatasi dengan program Keluarga Berencana (KB)
b)      Persebaran
dan Kepadatan penduduk diatasi dengan:
§  Program
Transmigrasi
§  Pembangunan
lebih intensif di Kawasan Indonesia Timur.
c)      Tingkat
kesehatan yang rendah diatasi dengan:
§  Pembangunan
fasilitas kesehatan seperti Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) dan Rumah
Sakit Umum Daerah (RSUD)
§  Pelayanan
kesehatan gratis bagi penduduk miskin
3.      Upaya
Mengatasi Permasalahan Kepadatan Penduduk terhadap Lingkungan
§ Menjaga
kebersihan lingkungan, seperti: membuang sampah pada tempatnya, dll.
§ Membatasi
pembangunan industri,  dan menambah lahan
hijau sebagai paru-paru kota.
§ Meningkatkan
sumber penghasil pangan, seperti sawah dan ladang pertanian
4.      Pengaruh peningkatan jumlah penduduk yang
terjadi terhadap lingkungan
§  Dengan adanya peningkatan atau pertambahan
jumlah populasi penduduk di suatu daerah, tentu akan berdampak pula pada
tingkat kebutuhan pokok (sandang, pangan, papan) di daerah tersebut.
§  Bertambahnya jumlah angka kehidupan
manusia di suatu wilayah akan mempengaruhi kepadatan wilayah itu sendiri, dan
tentunya mempersempit lahan yang tersedia di lingkungan. Baik lahan untuk
tempat tinggal maupun lahan bergerak atau mobilisasi.
§  Semakin banyak jumlah penduduk, akan
semakin tinggi juga kebutuhan akan fasilitas kehidupan, seperti fasilitas air
bersih, terutama fasilitas pendidikan dan kesehatan.
§  Yang paling banyak terjadi khususnya di
Indonesia, semakin bertambahnya jumlah penduduk tentu akan menambah tingkat
kerusakan atau pencemaran lingkungan, seperti kebakaran hutan, polusi udara
dari (asap kendaraan, asap rokok, dll.), 
penebangan hutan secara liar (menyebabkan longsor), dsb.
F.     Pendekatan
dan Metode Pembelajaran
·          
Pendekatan
yang digunakan yaitu Pendekatan Saintifik.
·          
Metode
yang digunakan selama proses pembelajaran yaitu:
1.       
Ceramah
2.       
Diskusi
Kelompok
3.       
Presentasi
G.   Media,
Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.        
Media
: LKS, dan PPT
2.        
Alat/Bahan:
Laptop dan proyektor
3.        
Sumber
Belajar: Buku IPA SMP Kelas VIII
H.    Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
TAHAP 
 | 
   
KEGIATAN PBM 
 | 
   
WAKTU 
 | 
  |
 a.     
  Pendahuluan 
   
 | 
  
1)        
  Guru
  memberi salam dan menyapa peserta didik 
2)        
  Peserta
  didik bersama guru berdoa untuk memulai pelajaran 
3)        
  Guru
  memeriksa kehadiran  peserta didik 
4)        
  Guru
  menampilkan gambar (kondisi daerah dengan tingkat kepadatan penduduk rendah
  dan tinggi) sebgai kegiatan apersepsi 
5)        
  Guru
  menjelaskan kompetensi dasar dan tujuan pembelajaran dari materi yang akan
  dipelajari 
6)        
  Guru memotivasi
  peserta didik dengan memberikan pertanyaan sederhana mengenai jumlah penduduk
  Indonesia 
7)        
  Guru memberikan
  data terbaru perkembangan jumlah penduduk di Indonesia kepada peserta didik
  sebagai informasi awal untuk masuk pada proses pembelajaran 
 | 
  
5  menit 
 | 
 |
b. Kegiatan
  Inti 
 | 
  
1)     Mengamati  
·     
  Guru
  menampilkan gambar-gambar mengenai permasalahan lingkungan yang terjadi di
  Indonesia yang terjadi akibat pertambahan jumlah populasi penduduk di
  Indonesia yang tak terkendali 
·     
  Peserta
  didik mengamati gambar yang ditampilkan oleh guru dengan seksama  
2)   Menanya 
·     
  Guru mempersilahkan peserta didik untuk bertanya
  mengenai gambar yang telah ditampilkan dan menjawab pertanyaan yang diajukan
  oleh peserta didik 
·     
  3)
   Mengumpulkan Data/Eksperimen 
·     
  Guru
  memaparkan materi mengenai permasalahan kepadatan penduduk yang terjadi di
  Indonesia, serta dampak yang disebabkan oleh permasalahan tersebut, hingga
  upaya yang dilakukan untuk mengatasinya 
·     
  Peserta
  didik mempersiapkan diri dengan membaca buku pelajaran dan menyimak
  penjelasan guru 
·     
  Peserta
  didik dibentuk dalam kelompok-kelompok kecil dalam kelas oleh guru 
4) 
  Mengasosiasi 
·    
  Peserta
  didik berdiskusi secara kelompok mengenai permasalahan kepadatan penduduk di
  Indonesia, mulai dari dampak, upaya untuk mengatasi permasalahan yang terjadi,
  hingga pengaruh pertambahan jumlah penduduk yang terjadi terhadap lingkungan 
5)  Mengkomunikasi 
·     
  Peserta didik menyampaikan hasil diskusi oleh tiap
  perwakilan kelompoknya masing-masing 
·     
  Kelompok peserta didik yang lain dapat menanggapi
  hasil presentasi (melengkapi dan 
  mengkonfirmasi) 
·     
  Peserta didik menyampaikan kesimpulan hasil
  diskusi kelompok  
 | 
  
20 menit 
 | 
 |
b.     
  Penutup 
 | 
  
Evaluasi 
·      Guru membuat rangkuman/simpulan pelajaran mengenai
  kepadatan populasi penduduk di Indonesia, dampaknya, hingga upaya yang
  dilakukan untuk mengatasi permasalahan yang terjadi 
·      Guru melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah
  dilaksanakan, mengevaluasi dengan memberikan pertanyaan secara lisan terkait
  materi dampak kepadatan populasi terhadap lingkungan 
·      Guru memberikan tugas (baik tugas individual maupun
  kelompok) sesuai dengan materi yang telah dipelajari 
 | 
  
5 menit 
 | 
  |
I.       Penilaian
1)      Kognitif
a.       Teknik             :
Tes (tulis)
b.      Instrumen        :
Soal
2)        
Afektif
                                    
a.     
Teknik             : Observasi
                                    
b.     
Instrumen        : Lembar Observasi
3)        
Psikomotorik
                                     
a.       Teknik                       :
Observasi
                                    
b.      Instrumen       :
Lembar Observasi
Kompetensi Inti 
 | 
  
Kompetensi Dasar 
 | 
  
Indikator 
 | 
  
Teknik Penilaian 
 | 
  
Instrumen 
 | 
 
Sikap
  Spiritual 
 | 
  
1.1 Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan
  Tuhan tentang keanekaragaman hayati, ekosistem, dan lingkungan hidup. 
 | 
  
1.1
  Mengagumi keteraturan dan
  kompleksitas ciptaan Tuhan tentang keanekaragaman hayati, ekosistem, dan
  lingkungan hidup. 
 | 
  
Observasi
   
 | 
  
Lembar
  observasi 
 | 
 
Sikap
  Sosial 
 | 
  
2.1
  Berperilaku ilmiah: teliti, tekun, jujur sesuai data dan fakta, disiplin,
  tanggung jawab,dan peduli dalam observasi dan eksperimen, berani dan santun
  dalam mengajukan pertanyaan dan berargumentasi, peduli lingkungan, gotong
  royong, bekerjasama, cinta damai, berpendapat secara ilmiah dan kritis,
  responsif dan proaktif dalam setiap tindakan dan dalam melakukan pengamatan
  dan percobaan di dalam kelas/laboratorium maupun di luar kelas/laboratorium. 
 | 
  
2.1.1 Menunjukkan  sikap dan 
  perilaku  yang ilmiah dalam memperhatikan penjelasan guru 
2.1.2 Menunjukkan sikap yang
  berani dan santun dalam  presentasi
  ataupun dalam mengajukan pertanyaan mengenai materi pengaruh kepadatan populasi di Indonesia 
2.1.3  Menunjukkan sikap kerja sama dalam mengerjakan
  LKS dan diskusi kelompok 
 | 
  
Peer
  Asessment 
 | 
  
Lembar
  penilaian peserta didik 
 | 
 
Pengetahuan
   
 | 
  
3.12 
  Mendeskripsikan penyebab perkembangan penduduk dan dampaknya bagi
  lingkungan 
 | 
  
3.12.1    Peserta didik menjelaskan dampak kepadatan
  penduduk yang terjadi di Indonesia 
3.12.2    Peserta didik menyebutkan upaya-upaya
  yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah kepadatan penduduk di Indonesia 
3.12.3    Peserta didik memprediksi pengaruh
  antara peningkatan jumlah penduduk terhadap lingkungan 
 | 
  
Penugasan
   
 | 
  
Lembar
  Kerja Siswa (LKS) 
 | 
 
Lampiran 1: Keterampilan
Sikap Spiritual
INSTRUMEN
  PENILAIAN SIKAP SPIRITUAL 
(LEMBAR
  OBSERVASI) 
A.    Petunjuk Pengisian 
Berdasarkan pengamatan Anda selama
  proses pembelajaran, nilailah sikap setiap peserta didik Anda dengan memberi
  skor  4, 3, 2, atau 1 pada Lembar
  Observasi dengan ketentuan sebagai berikut: 
Skor 4 apabila selalu melakukan
  perilaku yang diamati 
Skor 3 apabila sering melakukan
  perilaku yang diamati 
Skor 2 apabila kadang-kadang
  melakukan perilaku yang diamati 
Skor 1 apabila tidak pernah
  melakukan perilaku yang diamati 
LEMBAR OBSERVASI 
Kelas/Semester             : 
Tahun Pelajaran            :
  … 
Butir Penilaian              : Menghargai keberagaman
  organisme sebagai anugerah Tuhan 
Indikator sikap              : 
1. Berusaha menemukan potensi
  keberagaman organisme 
  | 
 |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Lampiran 2: Kompetensi
Sikap Sosial
INSTRUMEN
  PENILAIAN SIKAP SOSIAL 
(LEMBAR
  PENILAIAN ANTARPESERTA DIDIK) 
A.    Petunjuk Umum 
1.      Instrument penilaian sikap sosial ini
  berupa Lembar Penilaian Antarpeserta Didik 
2.      Instrument ini diisi oleh peserta didik
  untuk menilai peserta didik/temannya. 
B.     Petunjuk Pengisian 
Berdasarkan
  perilaku teman kalian selama bekerja dalam satu kelompok ini, nilailah sikap
  temanmu dengan memberi tanda centang (ü)
  pada kolom skor 4, 3, 2, dan 1 pada Lembar Penilaian Antarpeserta Didik
  dengan ketentuan sebagai berikut: 
Skor
  4 apabila selalu melakukan perilaku yang dinyatakan 
Skor
  3 apabila sering melakukan perilaku yang dinyatakan 
Skor
  2 apabila kadang-kadang melakukan perilaku yang dinyatakan 
Skor
  1 apabila jarang melakukan perilaku yang dinyatakan 
C.     Lembar Penilaian Antarpeserta Didik 
LEMBAR
  PENILAIAN ANTARPESERTA DIDIK 
Nama
  Peserta Didik yang dinilai 
Kelas/Semester                                : 
Hari/Tanggal
  Pengisian                   : … 
Tahun
  Pengajaran                            : … 
Butir
  Nilai                                 : Menunjukkan rasa ingin tahu dan sikap
  santun dalam menggali informasi tentang pengaruh kepadatan populasi penduduk
  terhadap lingkungan 
Indikator
  Sikap                                 :  
1.      Menggunakan bahasa yang baik saat
  berkomunikasi secara lisan dengan teman 
2.      Menghargai pendapat orang lain 
3.      Bersikap terbuka dan bergaul dengan
  orang lain 
  | 
 ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Lampiran 3: Kompetensi
Kognitif
LEMBAR KERJA SISWA
- Judul
     Kegiatan: Pengaruh
     Kepadatan Populasi terhadap Lingkungan dan Upaya Pengatasannya
 - Kompetensi
     Dasar: 3.12  Mendeskripsikan
     penyebab perkembangan penduduk dan dampaknya bagi lingkungan 
 - Landasan
     Teori
 
Semua kebutuhan manusia dipasok dari
lingkungan yang merupakan sumber daya alam.Sumber daya alam adalah segala sesuatu yang dapat diperoleh dari
lingkungan untuk keperluan manusia. Semakin meningkat jumlah popolasi semakin
banyak sumber daya alam yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan. Contoh:
kebutuhan pangan, kebutuhan air bersih, kebutuhan udara bersih dan kebutuhan
lainnya. Kepadatan penduduk dapat mempengaruhi kualitas penduduknya. Pada
daerah yang kepadatannya tinggi, usaha peningkatan kualitas penduduk lebih
sulit dilaksanakan. Hal ini menimbulkan permasalahan sosial, ekonomi, keamanan,
kesejahteraan, ketersediaan lahan, air bersih, kebutuhan pangan, dan dapat
berdampak pada kerusakan lingkungan. Coba perhatikan tingkat pencemaran yang
diakibatkan oleh kendaraan bermotor antara daerah pedesaan dengan daerah
perkotaan. Tentu tingkat pencemaran udara di kota lebih tinggi. Kepadatan
penduduk mempengaruhi beberapa aspek yang berkaitan dengan kehidupan penduduk berikut ini.
1.        
Kebutuhan Udara
Bersih
2.        
Kebutuhan Pangan/Makanan
3.        
Kebutuhan Lahan
4.        
Kebutuhan Air Bersih
5.        
Pencemaran
Lingkungan
6.        
Tingkat Kesehatan
Menurun.
Ø  Upaya
Mengatasi Masalah Kepadatan Penduduk
a)   
Jumlah penduduk dan pertumbuhannya
diatasi dengan program Keluarga Berencana (KB)
b)  
Persebaran dan Kepadatan penduduk
diatasi dengan:
§ Program
Transmigrasi
§ Pembangunan
lebih intensif di Kawasan Indonesia Timur.
c)   
Tingkat kesehatan yang rendah
diatasi dengan:
§ Pembangunan
fasilitas kesehatan seperti Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) dan Rumah
Sakit Umum Daerah (RSUD)
§ Pelayanan
kesehatan gratis bagi penduduk miskin
Ø  Upaya
Mengatasi Permasalahan Kepadatan Penduduk terhadap Lingkungan
§ Menjaga
kebersihan lingkungan, seperti: membuang sampah pada tempatnya, dll.
§ Membatasi
pembangunan industri,  dan menambah lahan
hijau sebagai paru-paru kota.
§ Meningkatkan
sumber penghasil pangan, seperti sawah dan ladang pertanian
- Alat
     dan Bahan
 
1.   
Alat tulis
2.   
Lembar kerja kelompok
3.   
Buku pelajaran IPA kelas VIII
dan/atau sumber literatur lainnya
- Langkah
     Kerja
 
1.   
Bacalah
pertanyaan-pertanyaan yang terdapat pada lembar kerja kalian dengan seksama.
2.   
Diskusikan jawaban
yang tepat dengan semua anggota kelompok kalian.
3.   
Untuk tiap
kelompok menjawab semua soal yang ada, jawaban dapat dicari dalam buku
pelajaran IPA kelas VIII atau dengan sumber literatur lain yang berkaitan.
4.   
Perwakilan
kelompok akan mempresentasikan jawaban hasil diskusi kelompok di depan kelas.
5.   
Kerjakan dengan
tenang dan teliti.
- Soal
     Diskusi
 
1)       
Sebutkan
dan jelaskan dampak dari terjadinya peningkatan jumlah penduduk di Indonesia!
(Minimal 2)
...............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
2)       
Sebutkan upaya-upaya
yang dapat dilakukan untuk dapat mengatasi masalah peningkatan jumlah penduduk
yang terjadi di Indonesia!
...............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
3)       
Jelaskan
apakah hubungan antara kepadatan populasi penduduk terhadap lingkungan!
....................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
G.    Kesimpulan
Berilah
kesimpulan hasil kegiatan diskusi kalian di bawah ini!
H.    Sumber Pustaka
Buku
Pelajaran IPA kelas VIII Semester Genap
Rubrik
Penilaian Kognitif
Kompetensi
  yang Diukur 
 | 
  
Deskripsi 
 | 
  
Skor 
 | 
 
Pemahaman
  terhadap materi 
 | 
  
·        
  Memahami
  materi dengan lengkap 
·        
  Memahami
  materi dengan tidak lengkap 
·        
  Tidak
  memahami materi sama sekali 
 | 
  |
Penerapan
  Hasil Pengamatan 
 | 
  
·        
  Menunjukkan
  kesinambungan dari hasil materi yang disampaikan guru dengan hasil penyimakan 
·        
  Cukup
  menunjukkan kesinambungan dari hasil materi yang disampaikan guru dengan
  hasil penyimakan 
·        
  Tidak
  menunjukkan kesinambungan dari hasil materi yang disampaikan guru dengan
  hasil penyimakan 
 | 
  |
Skor maksimal 
 | 
  
9 
 | 
 
Keterangan Skor:
3 :  Lengkap
2 :  Tidak Lengkap
1 :  Tidak Sesuai Sama Sekali
Nilai tugas yang dikerjakan oleh peserta
didik dihitung dengan rumus:
Nilai tugas peserta
didik: 
 
 
  
  
  
  
  
  
  
  
  
  
  
  
              
 
 
    
 
  
Indikator 
 | 
  
Soal
   
 | 
  
Jawaban 
 | 
 
1.    Peserta didik menyebutkan dan
  menjelaskan dampak peningkatan jumlah penduduk atau kepadatan penduduk yang
  terjadi di Indonesia 
 | 
  
1. Yang bukan merupakan dampak dari peningkatan
  jumlah populasi manusia adalah…. 
a.   
  Bertambahnya
  kebutuhan air bersih 
b.   
  Berkurangnya
  lahan gerak 
c.   
  Berkurangnya
  tingkat kesehatan masyarakat 
d.  
  Meningkatnya
  kesejahteraan penduduk 
 | 
  
D 
 | 
 
2.    Peserta didik menyebutkan upaya-upaya
  yang dilakukan untuk mengatasi masalah kepadatan penduduk di Indonesia 
 | 
  
2.Upaya pengatasan masalah kepadatan penduduk di
  Indonesia di bawah ini, Kecuali… 
a.    Mewajibkan tiap keluarga memiliki banyak anak 
b.    Menggalakan program Keluarga Berencana (KB) 
c.    Mengadakan program transmigrasi 
d.   Menambah fasilitas kesehatan di daerah 
 | 
  
A 
 | 
 
3.      Peserta didik memprediksi dan
  menjelaskan pengaruh peningkatan jumlah penduduk terhadap lingkungan 
 | 
  
3. Salah satu pengaruh fenomena
  peningkatan jumlah penduduk terhadap lingkungan adalah… 
a.   
  Semakin tinggi
  populasi, semakin rendah pencemaran terjadi 
b.   
  Semakin tinggi
  populasi, semakin berkurang lahan gerak 
c.   
  Semakin rendah
  populasi, semakin tinggi pencemaran lingkungan terjadi 
d.  
  Semakin rendah
  populasi, semakin tinggi angka kemiskinan 
 | 
  
B 
 | 
 
Lampiran 4: Kompetensi Psikomotorik/
Keterampilan
1.     
Judul
Projek: Mendiskusikan dampak, upaya, dan pengaruh kepadatan penduduk terhadap lingkungan
2.     
Uraian
tugas:
a.       Menyimak materi yang disampaikan oleh guru
di kelas
b.      Mendiskusikan permasalahan yang mungkin
muncul dengan kompetensi yang diharapkan oleh guru serta dikaitkan dengan
materi pembelajaran mengenai kepadatan populasi dan dampaknya terhadap
lingkungan, kemudian buat laporan dari hasil diskusi tersebut
c.       Mempresentasikan hasil diskusi oleh
perwakilan tiap kelompok
3.     
Rubrik
penilaian
1=
tidak
2=
kurang
3=
cukup
4= sangat
Kompetensi
  yang Diukur 
 | 
  
Deskripsi 
 | 
  
Skor 
 | 
 
Persiapan
  Menyimak dan Memahami Materi 
 | 
  
·        
  Rencana
  kegiatan dan pemahaman tidak matang 
·        
  Rencana
  kegiatan dan pemahaman kurang matang 
·        
  Rencana
  kegiatan dan pemahaman cukup matang 
·        
  Rencana
  kegiatan dan pemahaman sangat matang 
 | 
  |
Pelaksanaan
  Diskusi 
 | 
  
·        
  Pelaksanaan
  diskusi tidak terstruktur 
·        
  Pelaksanaan
  diskusi kurang terstruktur 
·        
  Pelaksanaan
  diskusi cukup terstruktur 
·        
  Pelaksanaan
  diskusi sangat terstruktur 
 | 
  |
Laporan
   
 | 
  
·        
  Laporan
  hasil diskusi tidak lengkap 
·        
  Laporan
  hasil diskusi kurang lengkap 
·        
  Laporan
  hasil diskusi cukup lengkap 
·        
  Laporan
  hasil diskusi sangat lengkap 
 | 
  
Rumus menghitung nilai
akhir: Nilai Akhir = 
 
  
No comments:
Post a Comment