Konten
Representasi (CORE)
|
|||
Pertimbangan
|
Ide Besar
A
|
Ide Besar
B
|
Ide Besar
C
|
Definisi penduduk
|
Akibat kepadatan penduduk
|
Hubungan antara populasi penduduk dengan
kebutuhan air bersih
|
|
Mengidentifikasi tujuan pembelajaran bagi siswa
dalam pelajaran ini.
|
Siswa harus memahami definisi penduduk:
• Berdasarkan kamus umum
bahasa indonesia
• Definisi penduduk berdasarkan teori sosial dan kependudukan
• Hakikat penduduk dalam kehidupan sosial
|
Siswa harus memahami bahwa kepadatan populasi
penduduk dapat menimbulkan banyak akibat negative di lingkungan seperti:
• Bertambahnya kebutuhan air
bersih
• Bertambahnya kebutuhan akan
lahan
• Berkurang/terbatasnya ruang
gerak
• Semakin banyaknya kerusakan
lingkungan yang terjadi
|
Siswa harus memahami bahwa:
• Semakin bertambahnya
jumlah penduduk di suatu wilayah akan
secara otomatis meningkat pula kebutuhan akan air bersih di lingkungan
tersebut
• Semakin banyak volume air bersih yang akan diperlukan untuk memenuhi
keseharian penduduk.
|
Mengapa penting bagi siswa untuk mengetahui konten
ini?
[Pengetahuan kurikulum]
|
Definisi penduduk yang tepat sangat penting untuk dapat masuk ke penjelasan
selanjutnya:
• Penduduk merupakan inti dari
pembahasan materi ini
• Penduduk merupakan pelaku sekaligus objek dalam pembahasan konsep ini
|
Mengetahui dampak atau akibat dari kepadatan populasi penduduk yang
bertambah sangat penting karena:
• Dampak ini akan membantu
dalam proses penanggulangan kerusakan lingkungan
• Penting dalam menyadarkan
orang banyak akan pentingnya kepedulian terhadap lingkungan terutama untuk
peserta didik
|
Jika mengetahui hubungan antar keduanya maka:
• Akan sangat mudah untuk memahami konsep materi ini
• Inti dari pembahasan materi ini akan sangat mudah tersampaikan pada
peserta didik
|
Mengidentifikasi potensi kesulitan siswa dan
keterbatasan yang terkait dengan mengajar ide ini.
[Pengetahuan siswa sebagai peserta didik]
|
Definisi penduduk:
• Definisi penduduk ini secara
umum sangatlah dianggap sepele bagi para siswa
• Hakikat penduduk secara
definisi dan pemahaman dalam konsep
|
Dampak atau akibat kepadatan penduduk:
• Cukup umum untuk dijelaskan,
namun mungkin akan sulit karena dampak akan lebih termaknai oleh peserta
didik jika dapat turun langsung mengobservasi keadaan di lapangan tempat
tinggal, dan hal tersebut membutuhkan waktu yang cukup banyak
|
Hubungan kepadatan penduduk dan lingkungan:
• siswa harus memahami lebih
dahulu hakikat penduduk dan dinamika kependudukan seperti apa
• Analogi keterkaitan keduanya
tidak terlalu menarik, harus mencari ide yang baik
|
Mengidentifikasi pengetahuan siswa yang mempengaruhi
pengajaran ide ini.
[Pengetahuan siswa sebagai peserta didik]
|
• Pentingnya pengetahuan mengenai definisi penduduk
atau kependudukan adalah untuk bisa memahami kehidupan sosial masyarakat dan
juga untuk lanjut pada tahap pemahaman selanjutnya
|
• Memberikan gambaran
nyata/real akan pengaruh kepadatan penduduk berdasarkan pengetahuan
sebelumnya
• Memberikan kesadaran lebih
bagi siswa untuk lebih menjaga dan peduli pada lingkungan sekitar
|
• Pengetahuan akan lingkungan
dan kependudukan meskipun dalam cakupan global dan cukup luas
|
Strategi pengajaran dan representasi
diimplementasikan dan alasan tertentu untuk menggunakan strategi ini untuk
melibatkan para siswa dengan ide ini.
[Pengetahuan tentang strategi instruksional dan
representasi]
|
• Meninjau definisi penduduk
dengan memahamii hakikatnya
• Gunakan
power point slide untuk dapat membantu siswa memahami definisi dan hakikat penduduk
dan tunjukan gambar-gambar menarik
|
• Menampilkan gambar-gambar
menarik mengenai dampak nyata yang sudah terjadi di lingkungan sekitar
• Menggunakan LKS sebagai
acuan pelaksanaan diskusi kelompok mengenai dampak
|
• Menampilkan gambar-gambar
• Menggunakan LKS sebagai
acuan pelaksanaan diskusi kelompok mengenai kepadatan populasi dan lingkungan
|
Mengidentifikasi cara memastikan bahwa konsep siswa
diajarkan.
[Pengetahuan tentang Penilaian]
|
Mempertanyakan siswa:
• meminta siswa untuk menjelaskan definisi
penduduk hingga mendekati hakikatnya
|
Meminta siswa untuk:
• Meminta siswa untuk
menyebutkan dampak atau akibat jumlah kepadatan penduduk yang meningkat di
lingkungan sekitar tempat tinggal
|
Meminta siswa untuk:
• Meminta siswa untuk menarik
kesimpulan hubungan antara kepadatan populasi terhadap lingkungan
|
·
Pengetahuan
kurikulum yang dimiliki yaitu mengenai kurikulum dalam hal ini konten mengenai pengaruh kepadatan populasi penduduk terhadap
lingkungan dalam kehidupan sehari-hari dan juga dimanfaatkan dalam jangka waktu yang lama.
·
Pengetahuan
tentang siswa sebagai pebelajar, dengan menyampaikan pendahuluan dengan ekspositori power point
slide (PPT) mengenai isu-isu dan juga
definisi, dampak kepadatan penduduk yang ada.
·
Pengetahuan
representasi dan strategi pembelajaran. Dengan menampilkan gambar-gambar dampak negative terhadap lingkungan pada PPT dan
memberikan pedoman berupa LKS (Lembar kerja Siswa).
·
Pengetahuan
asesmen, yaitu dengan meminta siswa untuk menjawab
soal pada LKS dan mengevaluasi dengan soal-soal singkat
No comments:
Post a Comment