Mata
Pelajaran : Biologi
Kelas/Semester : VII/1
Materi
Pokok : Ciri-Ciri Makhluk
Hidup dan Tidak Hidup (Klasifikasi Benda)
Pertemuan
ke : 2 (Kedua)
Alokasi
Waktu : 1 x 30 menit (1
Pertemuan)
A.
Kompetensi Inti :
1.
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama
yang dianutnya.
2.
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan
keberadaannya.
3.
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural)
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
4.
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan,
mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis,
membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari
di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
B. Kompetensi Dasar
3.2 Mengidentifikasi
ciri hidup dan tak hidup dari benda-benda dan makhluk hidup yang ada di lingkungan sekitar
4.2 Menyajikan hasil analisis data observasi
terhadap benda (makhluk) hidup dan tak hidup
C. Indikator
1.
Mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup dan tak hidup
2.
Menyajikan gejala-gejala kehidupan
D. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik
mampu mengidentifikasi perbedaan makhluk hidup dengan benda tak hidup dengan
baik melalu studi literatur dan diskusi kelompok
E. Materi Pembelajaran
·
Ciri-ciri Makhluk Hidup Secara umum,
ciri-ciri yang ditemukan pada makhluk hidup adalah bernapas, bergerak, makan dan minum, tumbuh dan
berkembang, berkembang biak, regulasi, mengeluarkan zat sisa, peka terhadap
rangsang, dan menyesuaikan diri terhadap lingkungan.
1.
Bernapas
Setiap saat kita
bernapas, yaitu menghirup oksigen dan mengeluarkan karbon dioksida. Kita dapat
merasakan kebutuhan bernapas dengan cara menahan untuk tidak menghirup udara
selama beberapa saat. Tentunya kita akan merasakan lemas sebagai tanda
kekurangan oksigen.
2.
Memerlukan Makanan dan Minuman Untuk
beraktivitas,
Setiap makhluk hidup
memerlukan energi. Dari manakah energi tersebut diperoleh? Untuk memperoleh
energi tersebut, makhluk hidup memerlukan makanan dan minuman.
3.
Bergerak
Kita dapat berjalan,
berlari, berenang, dan menggerakkan tangan. Itu merupakan ciri bergerak. Tubuh
kita dapat melakukan aktivitas karena memiliki sistem gerak. Sistem gerak terdiri
atas tulang, sendi, dan otot. Ketiganya bekerja sama membentuk sistem gerak.
4.
Tumbuh dan Berkembang
Perhatikan tubuhmu,
samakah tinggi dan berat badanmu sekarang dengan tinggi dan berat badanmu waktu
masih kecil?. Hewan juga mengalami hal yang sama. Kupu-kupu bertelur, telur
tersebut kemudian menetas menjadi ulat, lalu menjadi kepompong, kepompong
berubah bentuk menjadi kupu-kupu muda, dan akhirnya berkembang menjadi
kupu-kupu dewasa.
5.
Berkembang Biak (reproduksi)
Sebagai contoh kita lahir dari ayah dan
ibu, ayah dan ibu kita masing-masing juga mempunyai orang tua yang kita panggil
kakek, nenek dan seterusnya sehingga diperoleh keturunan. Kemampuan makhluk
hidup untuk memperoleh keturunan disebut dengan berkembang biak. Berkembang
biak bertujuan untuk melestarikan keturunannya agar tidak punah.
6.
Re g u l a s i
Regulasi adalah proses pengaturan
keserasian di dalam tubuh organisme yang diatur oleh syaraf dan hormon.
7.
E k s k r e s i
Ekskresi adalah proses
pengeluaran sisa-sisa metabolisme tubuh. Dalam proses oksidasi makanan selain
menghasilkan energi, tubuh organisme juga menghasilkan zat sisa yang harus
dikeluarkan dari tubuh. Apabila zat sisa tersebut tidak dikeluarkan akan
membahayakan tubuh. Contoh: Manusia mengeluarkan karbondioksida melalui paru–paru,
ikan mengeluarkan karbondioksida melalui insang.
8.
Peka terhadap Rangsang (Iritabilitas)
Bagaimanakah reaksi kita jika tibatiba
ada sorot lampu yang sangat terang masuk? Tentu secara spontan akan segera
menutup kelopak mata. Dari contoh di
atas menunjukkan bahwa manusia mempunyai kemampuan untuk memberikan tanggapan
terhadap rangsangan yang diterima. Kemampuan menanggapi rangsangan disebut iritabilitas.
.
9. Menyesuaikan Diri terhadap Lingkungan
Kemampuan makhluk hidup
untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan disebut adaptasi, Contoh: tumbuhan
yang di tempat kering memiliki daun yang sempit dan tebal, sedangkan tumbuhan
yang hidup di tempat lembab memiliki daun lebar dan tipis.
F. Model Pembelajaran
·
Pendekatan = Saintifik
·
Metode = Ceramah, Tanya jawab, Diskusi,
Presentasi
·
Model = Problem
Based Learning
G. Alat dan Media Pembelajaran
1. Alat
Pembelajaran
-
Laptop
-
Infokus
2.
Media Pembelajaran
-
Powerpoint
H. Sumber Belajar
-
Anonim. 2013. Ciri-Ciri Makhluk Hidup. http://www.artikelbiologi.com/2012/02/ciri-ciri-makhluk-hidup.html
-
Widodo, Wahono, dkk. 2014. Ilmu Pengetahuan Alam Untuk SMP/MTS
Edisi Revisi. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
I. Langkah-langkah Pembelajaran
a)
Kegiatan Awal (4 menit)
·
Guru dan peserta didik berdoa bersama untuk memulai kegiatan
pembelajaran
·
Presensi peserta didik oleh guru
·
Guru menyampaikan apersepsi :
-
Menyajikan gambar benda-benda seperti batu, nyamuk, pohon mangga,
manusia, dan batu karang dan bertanya “apakah ini semua makhluk hidup ? Apa
ciri”nya ?”
-
Menyampaikan pengetahuan dasar
·
Guru membentuk kelompok kecil untuk peserta didik
b)
Kegiatan Inti (21 menit)
No
|
Tahap
Pembelajaran
|
Peranan Guru
|
Peranan Siswa
|
Alokasi Waktu
|
1
|
Mengamati
|
Guru memfasilitasi peserta didik dengan menampilkan slide berisi
materi serta gambar mengenai ciri-ciri makhluk hidup beserta gejalanya
|
Peserta didik mengamati setiap bahasan mengenai ciri-ciri makhluk
hidup beserta gejalanya yang dijelaskan oleh guru
|
10 menit
|
2
|
Menanya
|
Guru memberikan peserta didik kesempatan untuk dapat mengajukan
pertanyaan mengenai bahasan-bahasan yang belum dimengerti
|
Peserta didik mengajukan pertanyaan mengenai apa yang mereka
belum pahami dan mengerti dari media powerpoint interaktif mengenai
invertebrata yang mereka amati
|
2 menit
|
3
|
Mencoba
|
-
Guru
menampilkan slide yang berisi gambar sebuah pemandangan dan memberikan tabel
untuk hasil diskusi
-
Guru
memberikan arahan pada peserta didik untuk menuliskan karakteristik hewan
yang tertera dan mengelompokannya sesuai dengan karakteristik yang ada
|
-
Peserta didik
melakukan diskusi dengan teman sekelompoknya mengenai gambar pemandangan
diberikan oleh guru dan menuliskan ciri-cirinya benda yang ada pada gambar
serta menyimpulkannya apakah termasuk makhluk hidupa atau bukan
|
4 menit
|
4
|
Menalar
|
Guru memberikan instuksi kepada peserta didik untuk menyimpulkan
secara singkat dan jelas hasil dari diskusi yang mereka lakukan dengan mengisi
tabel
|
Peserta didik menyimpulkan hasil diskusi yang dilakukan dalam
satu kelompok dengan mengisi tabel yang disediakan
|
2 menit
|
5
|
Mengkomunikasikan
|
Guru memberikan instruksi kepada peserta didik untuk menyampaikan
apa yang telah mereka dapatkan dari kegiatan diskusi mengenai identifikasi
benda-benda apakah termasuk makhluk hidup atau bukan
|
Peserta didik menyampaikan hasil dari kegiatan diskusi kepada seluruh
peserta didik didepan kelas mengenai identifikasi benda-benda apakah termasuk
makhluk hidup atau bukan
|
3 menit
|
c)
Kegiatan Akhir (5 menit)
·
Peserta didik mengerjakan soal evaluasi secara bersama-sama melalui
powerpoint
·
Guru memberikan refleksi berupa lagu makhluk hidup
·
Guru dan peserta didik berdoa kembali untuk menutup kegiatan pembelajaran
J. Penilaian Hasil Pembelajaran
Lembar
Penilaian Spiritual
Nama :
Kelas :
Berilah tanda X pada kolom yang disediakan
No
|
Aspek
|
Skala
|
||
S
|
J
|
TP
|
||
1
|
Berdoa sebelum dan sesudah pembelajaran
|
|||
2
|
Memberikan
salam ketika bertemu dengan guru
|
|||
3
|
Mengucap
salam ketika masuk kelas
|
Keterangan : S = Sering
J =
Jarang
TP =
Tidak Pernah
LEMBAR PENILAIAN SIKAP
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas/Semester : XI/1
Tahun Pelajaran : 2014/2015
Waktu Pengamatan :
Indikator sikap aktif
dalam pembelajaran
1.
Kurang baik jika menunjukkan sama sekali tidak ambil bagian dalam pembelajaran
2.
Baik jika
menunjukkan sudah ada usaha ambil
bagian dalam pembelajaran tetapi
belum ajeg/konsisten
3.
Sangat baik jika menunjukkan sudah ambil bagian
dalam menyelesaikan tugas kelompok
secara terus menerus dan ajeg/konsisten
Indikator sikap
bekerjasama dalam kegiatan kelompok.
1.
Kurang baik, jika sama sekali
tidak berusaha untuk bekerjasama
dalam kegiatan kelompok.
2.
Baik, jika menunjukkan sudah ada usaha untuk bekerjasama dalam kegiatan kelompok tetapi masih belum ajeg/konsisten.
3.
Sangat baik, jika menunjukkan
adanya usaha bekerjasama dalam kegiatan kelompok secara terus menerus dan ajeg/konsisten.
Indikator
sikap toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif.
1. Kurang baik, jika sama sekali tidak bersikap toleran terhadap proses pemecahan
masalah yang berbeda dan kreatif.
2. Baik, jika menunjukkan sudah ada usaha untuk bersikap toleran terhadap
proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif tetapi masih belum
ajeg/konsisten.
3. Sangat baik, jika menunjukkan sudah ada usaha untuk bersikap toleran terhadap proses pemecahan
masalah yang berbeda dan kreatif secara terus menerus dan ajeg/konsisten.
Bubuhkan tanda √pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan.
No
|
Nama Siswa
|
Sikap
|
||||||||
Aktif
|
Bekerjasama
|
Toleran
|
||||||||
KB
|
B
|
SB
|
KB
|
B
|
SB
|
KB
|
B
|
SB
|
||
1
|
||||||||||
2
|
||||||||||
3
|
||||||||||
4
|
||||||||||
5
|
Keterangan:
KB : Kurang baik
B : Baik
SB : Sangat baik
Penilaian
Kognitif
Soal Pilihan Ganda
Indiktor
|
Soal
|
Jawaban
|
Skor
|
C1
|
a.
Bintang laut
b.
Spons laut
c.
Pasir
d.
Kepiting
|
c
|
20
|
C2
|
a.
Ikan yang
berenang
b.
Kuda yang
berlari
c.
Elang yang
terbang
d.
Kereta yang
berjalan
|
d
|
20
|
C2
|
a.
Melompat
b.
Hidup di dua
tempat
c.
A dan b benar
d.
Salah semua
e.
|
a
|
20
|
C2
|
a.
Manusia
berlari saat olahraga
b.
Putri malu
menutup daunnya setelah disentuh
c.
Katak hidup
di dua tempat
d.
Bunglon yang
merubah warnanya
|
b
|
20
|
C2
|
a.
Bergerak
b.
Peka terhadap
rangangan
c.
Adaptasi
d.
Tumbuh
|
a
|
20
|
No comments:
Post a Comment