RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN “Interaksi Makhluk Hidup dan Lingkungan”


A.  Identitas
Satuan Pendidikan : SMP
Mata Pelajaran        :  Biologi
Kelas/Semester       :  VII
Materi Pokok          :  Interaksi Makhluk Hidup dan Lingkungan
Alokasi Waktu       :  1 x 30 menit

B.  Kompetensi Dasar dan Indikator
1.1  Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya.
1.1.1        Menjaga segala sesuatu yang telah diciptakan oleh Tuhan Yang Maha Esa serta bersyukur atas nikmat yang telah diberikan oleh-Nya.
2.1  Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan dan berdiskusi.
2.1.1        Menunjukkan sikap teliti, tanggung jawab, dan kerjasama saat mengadakan  kegiatan baik diskusi di kelas maupun percobaan di laboratorium.
3.8 Mendeskripsikan interaksi antar makhluk hidup dan lingkungannya.
3.8.1 Menjelaskan konsep tentang lingkungan.
3.8.2 Mengidentifikasi komponen biotik dan abiotik yang ada di lingkungan sekitar.
3.8.3 Mendeskripsikan pola-pola interaksi yang terjadi dalam ekosistem.
4.12 Menyajikan hasil observasi terhadap interaksi makhluk hidup dengan lingkungan sekitarnya

C.  Tujuan Pembelajaran
1.      Mengembangkan sikap mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang respirasi.
2.      Bertanggung jawab dalam mengkomunikasikan pendapat di kelas dengan jelas.
3.      Peserta didik dapat menjelaskan konsep tentang lingkungan.
4.      Peserta didik dapat mengidentifikasi komponen biotik dan abiotik yang ada di lingkungan sekitar.
5.      Peserta didik dapat mendeskripsikan pola-pola interaksi yang terjadi dalam ekosistem.

D.  Materi Pembelajaran
Fakta :
Lingkungan terdiri atas dua komponen utama, yaitu: 1) Komponen biotik, terdiri atas makhluk hidup seperti: manusia, hewan, tumbuhan, dan jasad renik. 2) Komponen biotik, terdiri atas benda-benda mati seperti: air, tanah, udara, cahaya, dan sebagainya.
Konsep :
Istilah lingkungan berasal dari kata “Environment”, yang memiliki makna “The physical, chemical, and biotic condition surrounding an organism”. Berdasarkan istilah tersebut, maka lingkungan secara umum diartikan sebagai segala sesuatu di luar individu. Segala sesuatu di luar individu merupakan sistem yang kompleks sehingga dapat mempengaruhi satu sama lain.
Prinsip :
Setiap organisme tidak dapat hidup sendiri dan selalu bergantung pada organisme yang lain dan lingkungannya. Saling ketergantungan ini akan membentuk suatu pola interaksi. Terjadi pula interaksi antara komponen biotik dengan komponen abiotik dan terjadi interaksi antara komponen biotik dan biotik..
Prosedur:
Pengamatan lingkungan dilakukan untuk mengetahui bahwa lingkungan hidup merupakan suatu kesatuan hidup antara kondisi fisik yang mencakup keadaan sumber daya alam seperti tanah, air, energi surya, mineral, serta flora dan fauna yang tumbuh di atas tanah maupun di dalam lautan, dengan kelembagaan yang meliputi ciptaan manusia seperti keputusan bagaimana menggunakan lingkungan fisik tersebut.

E.  Metode Pembelajaran
Pendekatan : Scientific
Metode       : Ceramah, Diskusi, Tanya jawab

F.   Media Pembelajaran
Media presentasi power point, gambar komponen biotik dan abiotik, video interaksi makhluk hidup dengan lingkungan, LKS.

G. Sumber Belajar
1.    Buku pelajaran biologi :
Nuh, Mohammad. 2014. Ilmu Pengetahuan Alam SMP/MTs Kelas VII. Jakarta : Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

H.  Langkah-langkah Pembelajaran
1.      Kegiatan Awal
No
Tahap
Deskripsi
Alokasi Waktu
Guru
Peserta didik
Nilai Karakter
1.
Orientasi
Berdoa sebelum memulai pembelajaran dan mengabsen  kehadiran siswa
Berdoa dan menyimak guru
Religius dan tanggung jawab
1 menit
Menunjukkan gambar suatu kawasa/ lingkungan (ekosistem) untuk menarik perhatian siswa.
Menyimak penjelasan dan demonstrasi dari guru
Toleransi
2.
Apersepsi
Mengajukan pertanyaan secara umum mengenai gambar yang telah di tunjukkan pada powerpoint.
Berdiskusi untuk menjawab pertanyaan yang diajukan oleh guru.
Jujur, berpikir kritis dan berpikir kreatif
2 menit
Meminta perwakilan siswa menjawab dan mengemukakan pendapatnya.
Menyimak
Keberanian
3.
Motivasi
Menimbulkan rasa ingin tahu.

Apa yang kalian lihat terkait dengan komponen biotik dan abiotik pada lingkungan disekitar kita?
Merespon motivasi yang guru berikan dengan cara menjawab dan menanggapi pertanyaan  yang diberikan oleh guru.
Keberanian dan berpikir kritis
2 menit
4.
Tujuan dan Pemberian Acuan
Memaparkan tujuan dari materi yang akan diajarkan.
Menyimak pemaparan guru.
Toleransi
1 menit
Memberitahukan kepada siswa buku yang akan digunakan proses pembelajaran.
Menyimak informasi yang disampaikan guru.
Toleransi

2.      Kegiatan Inti
No
Tahap
Deskripsi
Alokasi Waktu
Guru
Peserta didik
Nilai karakter
1.
Mengamati
Menampilkan gambar atau video terkait interaksi makhluk hidup dengan lingkungannya.
Menyimak dan mencari informasi yang terdapat dalam video yang ditayangkan oleh guru.
Berpikir kritis
3 menit
2.

Menanya
Memberi kesempatan kepada peserta didik untuk bertanya mengenai hal apa saja yang dapat dipelajari dalam sistem peredaran darah
§  silahkan masing-masing membuat pertanyaan mengenai hal-hal yang ingin dipelajari hari ini tentang interaksi makhluk hidup dengan lingkungan”
Merumuskan pertanyaan dengan menanyakan hal-hal yang berkaitan dengan interaksi makhluk hidup dan lingkungan.
Kejujuran dan keberanian
2 menit
3.
Mengeksplorasi
Membagi siswa ke dalam 3 kelompok diskusi
Membentuk kelompok diskusi, agar suasana belajar lebih menyenangkan dan tidak membosankan.
Tanggung jawab
1 menit
Memberikan lembar kerja siswa untuk diskusi
Mengerjakan LKS yang diberikan guru dengan berdiskusi
Tanggung jawab dan berpikir kritis.
7 menit
4.
Mengasosiasi
Membimbing dan memantau siswa yang sedang melakukan diskusi.
Melakukan diskusi aktif
Kejujuran, tanggung jawab, berpikir kritis.
1 menit
5.
Mengkomunikasikan
Meminta siswa mempresentasikan hasil diskusinya dengan menunjuk satu siswa secara acak pada tiap kelompoknya.
Mempresentasikan hasil diskusi, untuk tiap kelompok diwakilkan oleh satu orang
Kejujuran
3 menit
Memberitahu kesalahan yang terjadi dalam menjawab LKS yang diberikan guru.
Menyimak informasi yang disampaikan oleh guru.
Toleransi
3 menit
Berdiskusi bersama siswa untuk memecahkan masalah.
Berdiskusi aktif bersama guru untuk memecahkan masalah.
Berpikir kritis dan menghargai pendapat orang lain.

3.      Kegiatan Penutup
No.
Tahap
Deskripsi
Alokasi Waktu
Guru
Peserta didik
Nilai karakter
1.
Kesimpulan
Guru mengajak peserta didik menyimpulkan hasil pembelajaran pada hari ini.
Menentukan kesimpulan yang harus diambil dari pembelajaran.
Berpikir kritis
2 menit
2.
Evaluasi
Memberikan beberapa pertanyaan sesuai dengan indikator pembelajaran
Menjawab pertanyaan yang diberikan guru
Menghargai pendapat orang lain.
5 menit
3.
Tindak lanjut
Mengklarifikasi apabila terdapat kesalahan yang bisa mengakibatkan miskonsepsi.

Menyimak informasi yang disampaikan oleh guru.

Toleransi
1 menit


I.     Penilaian Hasil Pembelajaran
1.      Jenis/ Teknik Penilaian
a.       Penilaian Keterampilan
Menggunakan penilaian portofolio.
b.      Penilaian Pengetahuan
Menilai hasil diskusi yang dilakukan siswa dengan kelompoknya pada lembar diskusi dan pengadaan ujian tertulis.
c.       Penilaian Sikap
Menilai sikap siswa pada saat proses pembelajaran berlangsung.
2.      Bentuk Instrumen
a.       Tes (soal pilihan ganda).
b.      Non tes (lembar observasi sikap, lembar diskusi dan lembar dokumen)             


LAMPIRAN 1
1.      Instrumen Non Tes
Instrumen Penilaian Sikap Ilmiah
No
Nama Siswa
Aspek Yang Ingin Dinilai
Skor
Nilai
Rasa ingin tahu
Ketelitian dan kehati-hatian
Ketekunan dan tanggung jawab
Keterampilan komunikasi


1
2
3
1
2
3
1
2
3
1
2
3


















































 
                                                   Nilai =                                  x 100

     Rubrik
No.
Aspek yang Dinilai
Skor
Kriteria
1.
Rasa ingin tahu
1
Tidak menunjukkan rasa ingin tahu, tidak antusias, pasif
2
Menunjukkan rasa ingin tahu, namun tidak antusias, pasif
3
Menunjukkan rasa ingin tahu yang besar, antusias, aktif
2.
Ketelitian dan kehati-hatian
1
Mengamati hasil percobaan sesuai prosedur, kurang hati- hati dalam melakukan percobaan
2
Mengamati hasil percobaan sesuai prosedur, kurang hati- hati dalam melakukan percobaan.
3
Mengamati hasil percobaan sesuai prosedur, hati-hati dalam melakukan percobaan.
3.
Ketekunan dan tanggungjawab
1
Tidak berupaya sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas, dan tugasnya tidak selesai
2
Berupaya tepat waktu dalam menyelesaikan tugas, namun belum menunjukkan upaya terbaiknya
3
Tekun dalam menyelesaikan tugas dengan hasil terbaik yang bisa dilakukan, berupaya tepat waktu
4.
Keterampilan komunikasi
1
Aktif dalam tanya jawab, tidak ikut mengemukakan gagasana atau ide, kurang menghargai pendapat siswa lain
2
Aktif dalam tanya jawab, tidak ikut mengemukaka gagasan atau ide, menghagai pendapat siswa lain
3
Aktif dalam tanya jawab dapat mengemukakan gagasan atau ide, menghargai pendapat siswa lain

Instrumen Penilaian Sikap
No.
Nama
Skor Untuk Sikap
Jumlah Skor
Nilai
Predikat
Santun
Jujur
Cinta Damai








































 
Nilai =                                       X 100

Rubrik
Kriteria
Skor
Indikator
Sangat Baik
4
Selalu santun/jujur/cinta damai kepada guru dan teman
Baik
3
Sering santun/jujur/cinta damai kepada guru dan teman
Cukup
2
Kadang-kadang santun/jujur/cinta damai kepada guru dan teman
Kurang
1
Tidak pernah santun/jujur/cinta damai kepada guru dan teman



LAMPIRAN 2
Instrumen Penilaian Diskusi
No
Nama
Aspek yang Dinilai
Skor
Nilai
Keterampilan Bertanya
Menyampaikan Pendapat
Menanggapi Pendapat
Kesesuaian Topik




1
2
3
1
2
3
1
2
3
1
2
3


















 
                                                    Nilai =                                X 100   
Rubrik
No.
Aspek yang Dinilai
Skor
Kriteria
1.
Keterampilan berkomunikasi
1
Dalam penyampaian tidak menarik perhatian peserta diskusi.
2
Dalam penyampaian kurang menarik perhatian peserta diskusi.
3
Dalam penyampaian menarik perhatian peserta diskusi.
2.
Menyampaikan pendapat.
1
Pendapat tidak sesuai dengan masalah.
2
Pendapat sesuai dengan masalah tapi belum benar.
3
Pendapat sesuai dengan masalah dan benar.
3.
Menanggapi pendapat
1
Setuju/menyanggah pendapat dengan alasan yang tidak benar.
2
Setuju/menyanggah pendapat dengan alasan yang benar
3
Setuju/menyanggah pendapat dengan benar dan disertai dengan referensi.
4.
Kesesuaian topic
1
Pertanyaan tidak sesuai dengan topik.
2
Pertanyaan kurang sesuai dengan topik.
3
Pertanyaan sesuai dengan topik.



LAMPIRAN 3
Lembar Penilaian Dokumen
Judul Dokumen           :..........................................................................
Kelas/Kelompok         :..........................................................................
No.
Kriteria Penilaian
Nilai
Catatan
1
Kelengkapan:
Apakah dokumen lengkap untuk menjawab suatu permasalahan


2
Kejelasan:
  1. Tersusun dengan baik.
  2. Tertulis dengan baik
  3. Mudah dipahami


3
Informasi:
  1. Akurat
  2. Memadai
  3. Penting


4
Dukungan:
  1. Memuat contoh untuk hal-hal utama
  2. Memuat alasan yang baik


5
Data Grafis:
  1. Berkaitan dengan isi setiap bagian
  2. Diberi judul yang tepat
  3. Memberikan informasi
  4. Meningkatkan pemahaman


6
Bagian Dokmentasi:
  1. Cukup memadai
  2. Dapat dipercaya
  3. Berkaitan dengan hal yang dijelaskan
  4. Terpilih (terseleksi)



Jumlah skor


Petunjuk penilaian
  1. Setiap kriteria diberi skor dalam skala 1-5
  2. Nilai dinyatakan sebagai berikut:
1 = Rendah                 3 = Rata-rata               5 = Istimewa
2 = Cukup                   4 = Baik

LAMPIRAN 4
Instrumen Tes
Soal Uraian
Indikator
Soal
Kunci jawaban
Skor
3.8.1   Menjelaskan konsep tentang lingkungan.
3.8.2   Mengidentifikasi komponen biotik dan abiotik yang ada di lingkungan sekitar.
3.8.3   Mendeskripsikan pola-pola interaksi yang terjadi dalam ekosistem
1.    Jelaskan apa yang dimaksud lingkungan!
2.    Berikan 4 contoh dari komponen abiotic beserta fungsinya!
3.    Apakah yang terjadi bila salah satu Organisme ini tidak tersedia di alam!
4.    Jelaskan apa yang dimaksud dengan simbiosis mutualisme dan beri contoh!
1.     Lingkungan secara umum diartikan sebagai segala sesuatu di luar individu.
2.     Tanah : tempat hidup bagi organisme
Air: untuk kelangsungan hidup organisme
Suhu: syarat yang diperlukan untuk hidup
Sinar matahari: menentukan suhu
3.    Akan terjadinya ketidakstabilan lingkungan
4.    Simbiosis mutualisme: hubungan antara dua jenis makhluk hidup yang saling menguntungkan
Contoh: lebah madu dengan tanaman bunga
25


25





25


25
Rubrik penilaian
No
Uraian
Skor
1
Jika terjawab dengan benar dan lengkap
25
2
Jika menjawab 4 komponen
Jika menjawab 3 komponen
Jika menjawam 2 komponen
10
10
5

3
Jika jawaban terjawab dengan benar dan lengkap
25
4
Jika jawaban terjawab dengan benar dan lengkap
25

LAMPIRAN 5
Lembar Kerja Siswa
“Interaksi makhluk hidup dan lingkungan”

A.    Kompetensi Dasar
3.8 Mendeskripsikan interaksi antar makhluk hidup dan lingkungannya.
B.     Tujuan
1.                                          Peserta didik dapat menjelaskan konsep tentang lingkungan dan komponennya.
2.    Peserta didik dapat Mengidentifikasi komponen biotik dan abiotik yang ada di lingkungan sekitar.
3.                                          Peserta didik dapat mendeskripsikan pola-pola interaksi yang terjadi dalam ekosistem.
C.    Dasar Teori
Di sekolah, kamu menghabiskan waktu dalam ruangan berinteraksi dengan teman dan guru. Setelah kegiatan sekolah selesai, mungkin kamu ke lapangan olahraga,ke toko buku, atau berjalan menuju tempat bermain. Setiap hari, kamu menuju ke tempat yang berbeda di sekitarmu. Pernahkah kamu mencatat tempat yang kamukunjungi sekaligus mempelajari interaksimu dengan komponen lingkungan pada tempat yang kamu kunjungi? Setiap makhluk hidup memerlukan lingkungan tertentu sebagai tempat hidupnya. Tahukah kamu tempat hidup itu disebut habitat. Dalam suatu habitat, terdapat berbagai jenis makhluk hidup (biotik) dan lingkungan tak hidup (abiotik). Nah, tempat yang kamu kunjungi itu bisa jadi merupakan suatu habitat bagi suatu makhluk hidup. Dan pada tempat tersebut terjadi interaksi antara makhluk hidup dan makhluk tak hidup.

Untuk mempelajari adanya interaksi makhluk hidup dengan lingkungan ini, cobalah lakukan kegiatan di bawah ini!

D.    Alat dan Bahan
-          Buku IPA SMP/MTs kelas VII
-          Internet
-          Alat tulis

E.     Prosedur Kerja
a.       Bacalah secara cermat petunjuk sebelum melakukan  kegiatan.
b.      Bentuklah kelompok sebanyak 6 orang untuk tiap kelompoknya.
c.       Tuliskan nama anggota kelompok di tempat yang telah disediakan.
d. Baca buku-buku IPA SMP/MTs kelas VII yang relevan untuk memperkuat konsep dan pemahaman Anda.
e.       Diskusikanlah pertanyaan yang terdapat dalam LKS ini dengan anggota kelompokmu.
f.       Presentasikan hasil diskusi di depan kelas.
g.      Tanyakan kepada guru pembimbing apabila ada hal-hal yang kurang jelas.

Selamat mengerjakan J
F.   Tugas Diskusi
1.      Berdasarkan pengamatan di lingkungan sekitar, identifikasilah komponen yang telah kamu amati dalam tabel berikut !
NO
MAKHLUK HIDUP
(BIOTIK)
PERAN DI LINGKUNGAN
BENDA MATI (ABIOTIK)
PERAN DI LINGKUNGAN
1




2




3




4




5





2.      Jodohkanlah gambar dibawah ini sesuai dengan konsep pola interaksi dan beri keterangan yang tepat dengan konsep tersebut !

Gambar
Pola interaksi
Keterangan
Predasi

Mutualisme

Parasitisme

Komensalisme


3.      Jelaskanlah skema rantai makanan pada gambar berikut!


Nama anggota kelompok :

Kelas                                :

No comments:

Post a Comment