A. Identitas
Satuan Pendidikan :
SMP
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas/Semester : VII
Materi Pokok : Interaksi Makhluk Hidup dan Lingkungan
Alokasi Waktu : 1 x 30 menit
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator
1.1 Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan
tentang aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam ekosistem, dan peranan manusia
dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang
dianutnya.
1.1.1
Menjaga segala sesuatu yang telah diciptakan oleh
Tuhan Yang Maha Esa serta bersyukur atas nikmat yang telah
diberikan oleh-Nya.
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu;
objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka;
kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari
sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan dan berdiskusi.
2.1.1
Menunjukkan sikap teliti, tanggung jawab, dan
kerjasama saat mengadakan kegiatan baik diskusi di kelas maupun percobaan
di laboratorium.
3.8 Mendeskripsikan interaksi antar makhluk hidup dan lingkungannya.
3.8.1 Menjelaskan konsep tentang lingkungan.
3.8.2 Mengidentifikasi komponen biotik dan abiotik yang ada di lingkungan
sekitar.
3.8.3 Mendeskripsikan pola-pola interaksi yang terjadi dalam ekosistem.
4.12 Menyajikan hasil observasi terhadap interaksi makhluk hidup dengan
lingkungan sekitarnya
C.
Tujuan Pembelajaran
1. Mengembangkan sikap mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan
tentang respirasi.
2. Bertanggung
jawab dalam mengkomunikasikan pendapat di kelas dengan jelas.
3. Peserta didik dapat menjelaskan konsep
tentang lingkungan.
4. Peserta didik dapat mengidentifikasi
komponen biotik dan abiotik yang ada di lingkungan sekitar.
5. Peserta didik dapat mendeskripsikan
pola-pola interaksi yang terjadi dalam ekosistem.
D.
Materi Pembelajaran
Fakta :
Lingkungan
terdiri atas dua komponen utama, yaitu: 1) Komponen biotik, terdiri atas
makhluk hidup seperti: manusia, hewan, tumbuhan, dan jasad renik. 2) Komponen
biotik, terdiri atas benda-benda mati seperti: air, tanah, udara, cahaya, dan
sebagainya.
Konsep
:
Istilah
lingkungan berasal dari kata “Environment”,
yang memiliki makna “The physical,
chemical, and biotic condition surrounding an organism”. Berdasarkan
istilah tersebut, maka lingkungan secara umum diartikan sebagai segala sesuatu
di luar individu. Segala sesuatu di luar individu merupakan sistem yang
kompleks sehingga dapat mempengaruhi satu sama
lain.
Prinsip :
Setiap
organisme tidak dapat hidup sendiri dan selalu bergantung pada organisme yang
lain dan lingkungannya. Saling ketergantungan ini akan membentuk suatu pola
interaksi. Terjadi pula interaksi antara komponen biotik dengan
komponen abiotik dan terjadi interaksi antara komponen biotik dan biotik..
Prosedur:
Pengamatan
lingkungan dilakukan untuk
mengetahui bahwa lingkungan hidup merupakan suatu kesatuan hidup antara kondisi
fisik yang mencakup keadaan sumber daya alam seperti tanah, air, energi surya,
mineral, serta flora dan fauna yang tumbuh di atas tanah maupun di dalam
lautan, dengan kelembagaan yang meliputi ciptaan manusia seperti keputusan
bagaimana menggunakan lingkungan fisik tersebut.
E.
Metode Pembelajaran
Pendekatan : Scientific
Metode : Ceramah, Diskusi, Tanya jawab
F.
Media Pembelajaran
Media presentasi
power point, gambar komponen biotik dan abiotik, video interaksi makhluk hidup
dengan lingkungan, LKS.
G.
Sumber Belajar
1. Buku pelajaran biologi :
Nuh, Mohammad.
2014. Ilmu Pengetahuan Alam SMP/MTs Kelas
VII. Jakarta : Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
H.
Langkah-langkah Pembelajaran
1.
Kegiatan Awal
No
|
Tahap
|
Deskripsi
|
Alokasi Waktu
|
||
Guru
|
Peserta didik
|
Nilai Karakter
|
|||
1.
|
Orientasi
|
Berdoa
sebelum memulai pembelajaran dan mengabsen kehadiran siswa
|
Berdoa
dan menyimak guru
|
Religius dan tanggung jawab
|
1 menit
|
Menunjukkan
gambar suatu kawasa/
lingkungan (ekosistem) untuk
menarik perhatian siswa.
|
Menyimak
penjelasan dan demonstrasi dari guru
|
Toleransi
|
|||
2.
|
Apersepsi
|
Mengajukan
pertanyaan secara umum mengenai gambar yang telah di
tunjukkan pada powerpoint.
|
Berdiskusi
untuk menjawab pertanyaan yang diajukan oleh guru.
|
Jujur, berpikir kritis dan berpikir
kreatif
|
2 menit
|
Meminta
perwakilan siswa menjawab dan mengemukakan pendapatnya.
|
Menyimak
|
Keberanian
|
|||
3.
|
Motivasi
|
Menimbulkan
rasa ingin tahu.
“Apa yang kalian lihat terkait dengan komponen biotik
dan abiotik pada lingkungan disekitar kita?”
|
Merespon
motivasi yang guru berikan dengan cara menjawab dan menanggapi
pertanyaan yang diberikan oleh guru.
|
Keberanian dan berpikir kritis
|
2 menit
|
4.
|
Tujuan dan Pemberian Acuan
|
Memaparkan
tujuan dari materi yang akan diajarkan.
|
Menyimak
pemaparan guru.
|
Toleransi
|
1 menit
|
Memberitahukan
kepada siswa buku yang akan digunakan proses pembelajaran.
|
Menyimak
informasi yang disampaikan guru.
|
Toleransi
|
2.
Kegiatan Inti
No
|
Tahap
|
Deskripsi
|
Alokasi Waktu
|
||
Guru
|
Peserta didik
|
Nilai karakter
|
|||
1.
|
Mengamati
|
Menampilkan gambar atau video terkait interaksi makhluk
hidup dengan lingkungannya.
|
Menyimak dan
mencari informasi yang terdapat dalam video yang ditayangkan oleh guru.
|
Berpikir
kritis
|
3 menit
|
2.
|
Menanya
|
Memberi kesempatan
kepada peserta didik untuk bertanya mengenai hal apa saja yang dapat
dipelajari dalam sistem peredaran darah
§
“silahkan masing-masing membuat pertanyaan mengenai
hal-hal yang ingin dipelajari hari ini tentang interaksi
makhluk hidup dengan lingkungan”
|
Merumuskan pertanyaan dengan menanyakan hal-hal yang berkaitan dengan interaksi makhluk hidup dan lingkungan.
|
Kejujuran dan
keberanian
|
2 menit
|
3.
|
Mengeksplorasi
|
Membagi siswa
ke dalam 3 kelompok diskusi
|
Membentuk
kelompok diskusi, agar suasana belajar lebih menyenangkan dan tidak
membosankan.
|
Tanggung
jawab
|
1 menit
|
Memberikan lembar kerja siswa untuk
diskusi
|
Mengerjakan LKS yang diberikan guru dengan berdiskusi
|
Tanggung
jawab dan berpikir kritis.
|
7 menit
|
||
4.
|
Mengasosiasi
|
Membimbing
dan memantau siswa yang sedang melakukan diskusi.
|
Melakukan
diskusi aktif
|
Kejujuran,
tanggung jawab, berpikir kritis.
|
1 menit
|
5.
|
Mengkomunikasikan
|
Meminta siswa
mempresentasikan hasil diskusinya dengan menunjuk satu siswa secara acak pada
tiap kelompoknya.
|
Mempresentasikan
hasil diskusi, untuk tiap kelompok diwakilkan oleh satu orang
|
Kejujuran
|
3 menit
|
Memberitahu
kesalahan yang terjadi dalam menjawab LKS yang diberikan guru.
|
Menyimak
informasi yang disampaikan oleh guru.
|
Toleransi
|
3 menit
|
||
Berdiskusi
bersama siswa untuk memecahkan masalah.
|
Berdiskusi
aktif bersama guru untuk memecahkan masalah.
|
Berpikir
kritis dan menghargai pendapat orang lain.
|
3.
Kegiatan Penutup
No.
|
Tahap
|
Deskripsi
|
Alokasi Waktu
|
||
Guru
|
Peserta didik
|
Nilai karakter
|
|||
1.
|
Kesimpulan
|
Guru mengajak peserta didik menyimpulkan hasil
pembelajaran pada hari ini.
|
Menentukan
kesimpulan yang harus diambil dari pembelajaran.
|
Berpikir
kritis
|
2 menit
|
2.
|
Evaluasi
|
Memberikan beberapa pertanyaan sesuai dengan indikator pembelajaran
|
Menjawab pertanyaan yang diberikan guru
|
Menghargai
pendapat orang lain.
|
5 menit
|
3.
|
Tindak lanjut
|
Mengklarifikasi
apabila terdapat kesalahan yang bisa mengakibatkan miskonsepsi.
|
Menyimak
informasi yang disampaikan oleh guru.
|
Toleransi
|
1 menit
|
I.
Penilaian Hasil Pembelajaran
1.
Jenis/ Teknik Penilaian
a.
Penilaian Keterampilan
Menggunakan penilaian portofolio.
b.
Penilaian Pengetahuan
Menilai hasil diskusi yang dilakukan siswa
dengan kelompoknya pada lembar diskusi dan pengadaan ujian tertulis.
c.
Penilaian Sikap
Menilai sikap siswa pada saat proses
pembelajaran berlangsung.
2.
Bentuk Instrumen
a.
Tes (soal pilihan ganda).
b.
Non tes (lembar observasi sikap,
lembar diskusi dan lembar dokumen)
LAMPIRAN 1
1.
Instrumen Non Tes
Instrumen
Penilaian Sikap Ilmiah
No
|
Nama Siswa
|
Aspek Yang Ingin
Dinilai
|
Skor
|
Nilai
|
||||||||||||
Rasa ingin tahu
|
Ketelitian dan
kehati-hatian
|
Ketekunan dan
tanggung jawab
|
Keterampilan
komunikasi
|
|
|
|||||||||||
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
|
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Nilai
= x 100
Rubrik
No.
|
Aspek yang Dinilai
|
Skor
|
Kriteria
|
1.
|
Rasa ingin tahu
|
1
|
Tidak
menunjukkan rasa ingin tahu, tidak antusias, pasif
|
2
|
Menunjukkan
rasa ingin tahu, namun tidak antusias, pasif
|
||
3
|
Menunjukkan
rasa ingin tahu yang besar, antusias, aktif
|
||
2.
|
Ketelitian dan kehati-hatian
|
1
|
Mengamati
hasil percobaan
sesuai prosedur,
kurang hati- hati
dalam melakukan percobaan
|
2
|
Mengamati hasil percobaan sesuai prosedur, kurang hati-
hati dalam melakukan
percobaan.
|
||
3
|
Mengamati hasil
percobaan sesuai prosedur, hati-hati dalam
melakukan percobaan.
|
||
3.
|
Ketekunan dan tanggungjawab
|
1
|
Tidak berupaya sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas, dan
tugasnya tidak selesai
|
2
|
Berupaya tepat waktu dalam menyelesaikan
tugas, namun belum menunjukkan
upaya terbaiknya
|
||
3
|
Tekun dalam menyelesaikan tugas dengan
hasil terbaik yang bisa dilakukan, berupaya tepat waktu
|
||
4.
|
Keterampilan komunikasi
|
1
|
Aktif dalam
tanya jawab, tidak ikut mengemukakan gagasana atau ide, kurang menghargai
pendapat siswa lain
|
2
|
Aktif dalam
tanya jawab, tidak ikut mengemukaka gagasan atau ide, menghagai pendapat
siswa lain
|
||
3
|
Aktif dalam
tanya jawab dapat mengemukakan gagasan atau ide, menghargai pendapat siswa
lain
|
Instrumen
Penilaian Sikap
No.
|
Nama
|
Skor Untuk Sikap
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
Predikat
|
||
Santun
|
Jujur
|
Cinta Damai
|
|||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Nilai
= X
100
Rubrik
Kriteria
|
Skor
|
Indikator
|
Sangat Baik
|
4
|
Selalu
santun/jujur/cinta damai kepada guru dan teman
|
Baik
|
3
|
Sering
santun/jujur/cinta damai kepada guru dan teman
|
Cukup
|
2
|
Kadang-kadang
santun/jujur/cinta damai kepada guru dan teman
|
Kurang
|
1
|
Tidak pernah
santun/jujur/cinta damai kepada guru dan teman
|
LAMPIRAN
2
Instrumen
Penilaian Diskusi
No
|
Nama
|
Aspek yang Dinilai
|
Skor
|
Nilai
|
|||||||||||
Keterampilan Bertanya
|
Menyampaikan Pendapat
|
Menanggapi Pendapat
|
Kesesuaian Topik
|
|
|
||||||||||
|
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Nilai
= X 100
Rubrik
No.
|
Aspek yang Dinilai
|
Skor
|
Kriteria
|
1.
|
Keterampilan berkomunikasi
|
1
|
Dalam penyampaian tidak menarik perhatian peserta
diskusi.
|
2
|
Dalam penyampaian kurang menarik perhatian
peserta diskusi.
|
||
3
|
Dalam penyampaian menarik perhatian peserta
diskusi.
|
||
2.
|
Menyampaikan pendapat.
|
1
|
Pendapat tidak sesuai dengan masalah.
|
2
|
Pendapat sesuai dengan masalah tapi belum benar.
|
||
3
|
Pendapat sesuai dengan masalah dan benar.
|
||
3.
|
Menanggapi pendapat
|
1
|
Setuju/menyanggah pendapat dengan alasan yang
tidak benar.
|
2
|
Setuju/menyanggah pendapat dengan alasan yang
benar
|
||
3
|
Setuju/menyanggah pendapat dengan benar dan
disertai dengan referensi.
|
||
4.
|
Kesesuaian topic
|
1
|
Pertanyaan tidak sesuai dengan topik.
|
2
|
Pertanyaan kurang sesuai dengan topik.
|
||
3
|
Pertanyaan sesuai dengan topik.
|
LAMPIRAN
3
Lembar Penilaian Dokumen
Judul Dokumen :..........................................................................
Kelas/Kelompok :..........................................................................
No.
|
Kriteria Penilaian
|
Nilai
|
Catatan
|
1
|
Kelengkapan:
Apakah dokumen lengkap untuk menjawab
suatu permasalahan
|
|
|
2
|
Kejelasan:
|
|
|
3
|
Informasi:
|
|
|
4
|
Dukungan:
|
|
|
5
|
Data Grafis:
|
|
|
6
|
Bagian Dokmentasi:
|
|
|
|
Jumlah skor
|
|
|
Petunjuk penilaian
- Setiap
kriteria diberi skor dalam skala 1-5
- Nilai
dinyatakan sebagai berikut:
1 = Rendah 3 = Rata-rata 5
= Istimewa
2 = Cukup 4 = Baik
LAMPIRAN 4
Instrumen
Tes
Soal Uraian
Indikator
|
Soal
|
Kunci jawaban
|
Skor
|
3.8.1
Menjelaskan konsep tentang lingkungan.
3.8.2
Mengidentifikasi komponen biotik dan abiotik yang ada di lingkungan
sekitar.
3.8.3
Mendeskripsikan pola-pola interaksi yang terjadi dalam ekosistem
|
1.
Jelaskan apa yang dimaksud
lingkungan!
2.
Berikan 4 contoh dari komponen abiotic beserta fungsinya!
3.
Apakah yang terjadi bila salah
satu Organisme ini tidak tersedia di alam!
4.
Jelaskan apa yang dimaksud dengan
simbiosis mutualisme dan beri contoh!
|
1. Lingkungan
secara umum diartikan sebagai segala sesuatu di luar individu.
2. Tanah : tempat hidup bagi organisme
Air: untuk kelangsungan hidup organisme
Suhu: syarat yang diperlukan untuk hidup
Sinar matahari: menentukan suhu
3. Akan terjadinya ketidakstabilan lingkungan
4. Simbiosis mutualisme: hubungan antara dua jenis makhluk
hidup yang saling menguntungkan
Contoh: lebah madu dengan tanaman bunga
|
25
25
25
25
|
Rubrik penilaian
No
|
Uraian
|
Skor
|
1
|
Jika terjawab dengan benar dan lengkap
|
25
|
2
|
Jika menjawab 4 komponen
Jika menjawab 3 komponen
Jika menjawam 2 komponen
|
10
10
5
|
3
|
Jika jawaban terjawab dengan benar dan
lengkap
|
25
|
4
|
Jika jawaban terjawab dengan benar dan
lengkap
|
25
|
LAMPIRAN 5
Lembar
Kerja Siswa
“Interaksi makhluk hidup dan lingkungan”
A.
Kompetensi Dasar
3.8 Mendeskripsikan interaksi antar makhluk hidup dan lingkungannya.
B.
Tujuan
1.
Peserta didik
dapat menjelaskan konsep tentang lingkungan dan komponennya.
2. Peserta didik dapat Mengidentifikasi komponen biotik
dan abiotik yang ada di lingkungan sekitar.
3.
Peserta didik
dapat mendeskripsikan pola-pola interaksi yang terjadi dalam
ekosistem.
C.
Dasar Teori
Di sekolah, kamu
menghabiskan waktu dalam ruangan berinteraksi dengan teman dan
guru. Setelah kegiatan sekolah selesai, mungkin kamu ke lapangan olahraga,ke
toko buku, atau berjalan menuju tempat bermain. Setiap hari, kamu menuju ke tempat
yang berbeda di sekitarmu. Pernahkah kamu mencatat tempat yang kamukunjungi
sekaligus mempelajari interaksimu dengan komponen lingkungan pada tempat
yang kamu kunjungi? Setiap makhluk hidup memerlukan lingkungan tertentu sebagai
tempat hidupnya. Tahukah kamu tempat hidup itu disebut habitat. Dalam
suatu habitat, terdapat berbagai jenis makhluk hidup (biotik) dan
lingkungan tak hidup (abiotik). Nah, tempat yang kamu kunjungi itu bisa
jadi merupakan suatu habitat bagi suatu makhluk hidup. Dan pada tempat tersebut
terjadi interaksi antara makhluk hidup dan makhluk tak hidup.
Untuk mempelajari adanya interaksi makhluk
hidup dengan lingkungan ini, cobalah lakukan kegiatan di bawah ini!
D.
Alat
dan Bahan
-
Buku IPA SMP/MTs kelas VII
-
Internet
-
Alat tulis
E.
Prosedur
Kerja
a.
Bacalah secara cermat petunjuk
sebelum melakukan kegiatan.
b.
Bentuklah kelompok sebanyak 6
orang untuk tiap kelompoknya.
c.
Tuliskan nama anggota kelompok di
tempat yang telah disediakan.
d.
Baca buku-buku IPA SMP/MTs kelas VII yang relevan untuk memperkuat konsep dan pemahaman
Anda.
e.
Diskusikanlah pertanyaan yang
terdapat dalam LKS ini dengan anggota kelompokmu.
f.
Presentasikan hasil diskusi di
depan kelas.
g.
Tanyakan kepada guru pembimbing
apabila ada hal-hal yang kurang jelas.
Selamat
mengerjakan J
F.
Tugas Diskusi
1. Berdasarkan pengamatan di lingkungan sekitar, identifikasilah komponen yang
telah kamu amati dalam tabel berikut !
NO
|
MAKHLUK
HIDUP
(BIOTIK)
|
PERAN
DI LINGKUNGAN
|
BENDA MATI (ABIOTIK)
|
PERAN
DI LINGKUNGAN
|
1
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
2.
Jodohkanlah
gambar dibawah ini sesuai dengan konsep pola interaksi dan beri keterangan yang
tepat dengan konsep tersebut !
Gambar
|
Pola
interaksi
|
Keterangan
|
|
Predasi
|
|
|
Mutualisme
|
|
|
Parasitisme
|
|
|
Komensalisme
|
|
3.
Jelaskanlah
skema rantai makanan pada gambar berikut!
Nama anggota
kelompok :
Kelas :
No comments:
Post a Comment