CoRe (Core Representation) Interaksi Makhluk Hidup dan lingkungan


Konten Representasi (CORE)
Pertimbangan
Ide Besar A
Ide Besar B
Ide Besar C
Konsep lingkungan
Komponen biotik dan abiotik
Pola-pola interaksi dalam ekosistem
Mengidentifikasi tujuan pembelajaran bagi siswa dalam pelajaran ini.
Peserta didik dapat mengetahui pengertian lingkungan

Mengetahui komponen biotik dan abiotik
Mengetahui pola-pola interaksi dalam ekosistem
§  Rantai makanan
§  Predasi
§  Netralisme
§  Simbiosis
§  Kompetisi
§  Antibiosis
Mengapa penting bagi siswa untuk mengetahui konten ini?
[Pengetahuan kurikulum]
Dengan mengetahui konsep lingkungan dapat membuktikan bahwa lingkungan merupakan komponen utama dalam interaksi makhluk hidup
Penting untuk mengetahui komponen biotik dan abiotik
-dapat membedakan komponen biotik dan abiotik
-mengetahui faktor yang dapat mempengaruhi keseimbangan lingkungan.

-mengetahui adanya pola interaksi dalam lingkungan/ekosistem.
-mengetahui bagaimana interaksi dalam suatu pola
Mengidentifikasi potensi kesulitan siswa dan keterbatasan yang terkait dengan mengajar ide ini.
[Pengetahuan siswa sebagai peserta didik]
pentingnya konsep lingkungan merupakan penghantar utama dalam materi interaksi makhluk hidup.
-berperan penting dalam kelangsungan hidup
-mengetahui komponen penyusun lingkungan.
Kesulitan siswa dalam mengaitkan peran tiap komponen pada lingkungan  diperlukan adanya contoh dari setiap komponen biotik/abiotik yang berkaitan dengan konsep lingkungan
Kendala siswa dalam medeskripsikan pola-pola interaksi makhluk hidup

Mengidentifikasi pengetahuan siswa yang mempengaruhi pengajaran ide ini.
[Pengetahuan siswa sebagai peserta didik]
Membuat hubungan antara konsep dan siswa sebelum pengetahuan dan pengalaman hidup
-menampilkan gambar suatu kawasan lingkungan

Membuat hubungan antara konsep dan siswa sebelum pengetahuan dan pengalaman hidup
-menampilkan gambar komponen biotik dan abiotik
-meminta siswa menganalisis peran komponen biotik dan abiotik dalam lingkungan
Membuat hubungan antara konsep dan siswa sebelum pengetahuan dan pengalaman hidup
-menampilkan gambar berbagai pola interaksi makhluk hidup
- Meminta siswa untuk memberi contoh terkait pola interaksi makhluk hidup
Strategi pengajaran dan representasi diimplementasikan dan alasan tertentu untuk menggunakan strategi ini untuk melibatkan para siswa dengan ide ini.
[Pengetahuan tentang strategi instruksional dan representasi]
Menampilkan gambar dari suatu kawasan/ lingkungan agar siswa lebih mudah memahami konsep lingkungan.
Menampilkan gambar berbagai komponen biotik dan abiotik sehingga siswa dapat menganalisa keterkaitan kompoen tersebut dengan lingkungan
Menunjukkan gambar atau bagan pola-pola interaksi makhluk hidup agar lebih mudah memahami pola interaksi.
Mengidentifikasi cara memastikan bahwa konsep siswa diajarkan.
[Pengetahuan tentang Penilaian]
Mempertanyakan siswa:
-meminta siswa menjelaskan pentingnya lingkungan dalam kehidupan makhluk hidup.
Menilai akurasi penjelasan siswa:
-penjelasan siswa tentang komponen biotik dan abiotik serta fungsinya
-penjelasan siswa tentang keterkaitan kompoen tersebut dengan lingkungan
Menilai akurasi prediksi siswa untuk menentukan pemahaman siswa:
-prediksi pola-pola interaksi makhluk hidup dan lingkungan


No comments:

Post a Comment