Konten Representasi (CORE)
|
|||
Pertimbangan
|
Ide Besar A
|
Ide Besar B
|
Ide Besar C
|
Konsep
lingkungan
|
Komponen biotik dan abiotik
|
Pola-pola interaksi dalam ekosistem
|
|
Mengidentifikasi
tujuan pembelajaran bagi siswa dalam pelajaran ini.
|
Peserta
didik dapat mengetahui pengertian lingkungan
|
Mengetahui
komponen biotik dan abiotik
|
Mengetahui
pola-pola interaksi dalam ekosistem
§
Rantai
makanan
§
Predasi
§
Netralisme
§
Simbiosis
§
Kompetisi
§
Antibiosis
|
Mengapa
penting bagi siswa untuk mengetahui konten ini?
[Pengetahuan
kurikulum]
|
Dengan
mengetahui konsep lingkungan dapat membuktikan bahwa lingkungan merupakan
komponen utama dalam interaksi makhluk hidup
|
Penting
untuk mengetahui komponen biotik dan abiotik
-dapat
membedakan komponen biotik dan abiotik
-mengetahui
faktor yang dapat mempengaruhi keseimbangan lingkungan.
|
-mengetahui
adanya pola interaksi dalam lingkungan/ekosistem.
-mengetahui
bagaimana interaksi dalam suatu pola
|
Mengidentifikasi
potensi kesulitan siswa dan keterbatasan yang terkait dengan mengajar ide
ini.
[Pengetahuan
siswa sebagai peserta didik]
|
pentingnya
konsep lingkungan merupakan penghantar utama dalam materi interaksi makhluk
hidup.
-berperan penting
dalam kelangsungan hidup
-mengetahui
komponen penyusun lingkungan.
|
Kesulitan
siswa dalam mengaitkan peran tiap komponen pada lingkungan diperlukan adanya contoh dari setiap komponen
biotik/abiotik yang berkaitan dengan konsep lingkungan
|
Kendala
siswa dalam medeskripsikan pola-pola interaksi makhluk hidup
|
Mengidentifikasi
pengetahuan siswa yang mempengaruhi pengajaran ide ini.
[Pengetahuan
siswa sebagai peserta didik]
|
Membuat hubungan antara konsep dan siswa sebelum
pengetahuan dan pengalaman hidup
-menampilkan
gambar suatu kawasan lingkungan
|
Membuat hubungan antara konsep dan siswa sebelum
pengetahuan dan pengalaman hidup
-menampilkan
gambar komponen biotik dan abiotik
-meminta
siswa menganalisis peran komponen biotik dan abiotik dalam lingkungan
|
Membuat hubungan antara konsep dan siswa sebelum
pengetahuan dan pengalaman hidup
-menampilkan
gambar berbagai pola interaksi makhluk hidup
- Meminta siswa untuk memberi contoh terkait pola
interaksi makhluk hidup
|
Strategi
pengajaran dan representasi diimplementasikan dan alasan tertentu untuk
menggunakan strategi ini untuk melibatkan para siswa dengan ide ini.
[Pengetahuan
tentang strategi instruksional dan representasi]
|
Menampilkan
gambar dari suatu kawasan/ lingkungan agar siswa lebih mudah memahami konsep lingkungan.
|
Menampilkan
gambar berbagai komponen biotik dan abiotik sehingga siswa dapat menganalisa keterkaitan
kompoen tersebut dengan lingkungan
|
Menunjukkan
gambar atau bagan pola-pola interaksi makhluk hidup agar lebih mudah memahami
pola interaksi.
|
Mengidentifikasi
cara memastikan bahwa konsep siswa diajarkan.
[Pengetahuan
tentang Penilaian]
|
Mempertanyakan siswa:
-meminta siswa menjelaskan pentingnya lingkungan
dalam kehidupan makhluk hidup.
|
Menilai akurasi penjelasan siswa:
-penjelasan siswa tentang komponen biotik dan abiotik
serta fungsinya
-penjelasan siswa tentang keterkaitan
kompoen tersebut dengan lingkungan
|
Menilai akurasi prediksi siswa untuk menentukan
pemahaman siswa:
-prediksi pola-pola interaksi makhluk hidup dan
lingkungan
|
CoRe (Core Representation) Interaksi Makhluk Hidup dan lingkungan
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
No comments:
Post a Comment