CoRe (Core Representation) Energi dalam Sistem Kehidupan

Pertimbangan
Ide Besar A
Ide Besar B
Ide Besar C
Fungsi makanan
Metabolisme zat makanan yang diperlukan tubuh
Enzim yang berperan dalam mencerna zat makanan
Mengidentifikasi tujuan pembelajaran bagi siswa dalam pelajaran ini.
Siswa harus memahami pentingnya makanan bagi makhluk hidup
sumber energi.
penyusun komponen tubuh.
sebagai pelindung tubuh terhadap lingkungan yang buruk.
Siswa harus memahami bagaimana metabolisme zat pada makanan:
Karbohidrat
Protein
Lemak
Siswa dapat mengetahui enzim yang berperan mencerna zat makanan yang diperlukan tubuh:
amilase, maltase, lactase, dsb.
pepsin, tripsin, dsb.
lipase
Mengapa penting bagi siswa untuk mengetahui konten ini?
[Pengetahuan kurikulum]
Makanan sangat penting untuk proses hidup dan kehidupan:
menjaga kelangsungan hidup.
menjaga kesehatan tubuh.
meningkatkan ketahanan tubuh
Zat makana tersebut merupakan sumber energi yang tinggi bagi kehidupan
Penting untuk mengetahui bagaimana proses metabolisme pencernaan zat makanan terjadi.
Mengidentifikasi potensi kesulitan siswa dan keterbatasan yang terkait dengan mengajar ide ini.
[Pengetahuan siswa sebagai peserta didik]
Tidak dapat melihat secara langsung bahwa makanan berfungsi sebagai komponen penyusun tubuh  
Tidak dapat melihat secara langsung proses metabolism yang terjadi dalam pencernaan
Tidak dapat melihat secara langsung kerja enzim tersebut.  
Mengidentifikasi pengetahuan siswa yang mempengaruhi pengajaran ide ini.
[Pengetahuan siswa sebagai peserta didik]
• Mengaitkan hubungan antara konsep dengan pengalaman siswa
Membuat hubungan antara konsep dan pengetahuan siswa sebelumnya:
Meminta siswa menjelaskan mengapa makhluk hidup memerlukan energi
Membuat hubungan antara konsep dan pengetahuan siswa sebelumnya:
• Meminta siswa untuk menyebutkan enzim yang berperan dalam metabolism zat makanan.
Strategi pengajaran dan representasi diimplementasikan dan alasan tertentu untuk menggunakan strategi ini untuk melibatkan para siswa dengan ide ini.
[Pengetahuan tentang strategi instruksional dan representasi]
Memberikan contoh dalam kehidupan sehari-hari mengenai dampak kekurangan makanan.
Menampilkan media berupa gambar dan memberikan penjelasan mengenai proses metabolisme yang menghasilkan energi
Memberikan penjelasan mengenai enzim yang berperan dalam metabolism zat makanan
Mengidentifikasi cara memastikan bahwa konsep siswa diajarkan.
[Pengetahuan tentang Penilaian]
Mempertanyakan siswa:
• meminta siswa menjelaskan pentingnya makanan bagi makhluk hidup
Menilai akurasi penjelasan siswa:
Meminta siswa menjelaskan proses metabolisme zat makanan
Menilai akurasi prediksi siswa untuk menentukan pemahaman siswa:
Prediksi enzim yang dibutuhkan dalam proses metabolisme
Prediksi manfaat enzim tertentu dalam proses metabolisme

No comments:

Post a Comment