Pertimbangan
|
Ide Besar A
|
Ide Besar
B
|
Ide Besar
C
|
Fungsi makanan
|
Metabolisme zat makanan yang
diperlukan tubuh
|
Enzim yang berperan dalam
mencerna zat makanan
|
|
Mengidentifikasi tujuan pembelajaran bagi siswa
dalam pelajaran ini.
|
Siswa harus memahami pentingnya makanan bagi makhluk hidup
• sumber energi.
• penyusun komponen tubuh.
• sebagai pelindung tubuh terhadap lingkungan yang buruk.
|
Siswa harus memahami bagaimana metabolisme zat pada makanan:
• Karbohidrat
• Protein
•Lemak
|
Siswa dapat
mengetahui enzim yang berperan mencerna zat makanan yang diperlukan tubuh:
• amilase, maltase, lactase,
dsb.
• pepsin, tripsin, dsb.
• lipase
|
Mengapa penting bagi siswa untuk mengetahui konten
ini?
[Pengetahuan kurikulum]
|
Makanan sangat
penting untuk proses hidup dan kehidupan:
• menjaga kelangsungan hidup.
• menjaga kesehatan tubuh.
• meningkatkan ketahanan tubuh
|
Zat makana tersebut
merupakan sumber energi yang tinggi bagi kehidupan
|
Penting untuk mengetahui bagaimana
proses metabolisme pencernaan zat makanan terjadi.
|
Mengidentifikasi potensi kesulitan siswa dan
keterbatasan yang terkait dengan mengajar ide ini.
[Pengetahuan siswa sebagai peserta didik]
|
Tidak dapat melihat secara
langsung bahwa makanan berfungsi sebagai komponen penyusun tubuh
|
Tidak dapat melihat secara
langsung proses metabolism yang terjadi dalam pencernaan
|
Tidak dapat melihat secara
langsung kerja enzim tersebut.
|
Mengidentifikasi pengetahuan siswa yang mempengaruhi
pengajaran ide ini.
[Pengetahuan siswa sebagai peserta didik]
|
• Mengaitkan hubungan antara konsep dengan
pengalaman siswa
|
• Membuat hubungan antara
konsep dan pengetahuan siswa sebelumnya:
Meminta siswa menjelaskan
mengapa makhluk hidup memerlukan energi
|
• Membuat hubungan antara
konsep dan pengetahuan siswa sebelumnya:
• Meminta siswa untuk menyebutkan enzim yang berperan dalam metabolism zat makanan.
|
Strategi pengajaran dan representasi
diimplementasikan dan alasan tertentu untuk menggunakan strategi ini untuk
melibatkan para siswa dengan ide ini.
[Pengetahuan tentang strategi instruksional dan
representasi]
|
Memberikan contoh dalam
kehidupan sehari-hari mengenai dampak kekurangan makanan.
|
Menampilkan media berupa
gambar dan memberikan penjelasan mengenai proses metabolisme yang
menghasilkan energi
|
• Memberikan penjelasan
mengenai enzim yang berperan dalam metabolism zat makanan
|
Mengidentifikasi cara memastikan bahwa konsep siswa
diajarkan.
[Pengetahuan tentang Penilaian]
|
Mempertanyakan siswa:
• meminta siswa menjelaskan pentingnya makanan bagi makhluk hidup
|
Menilai akurasi penjelasan siswa:
• Meminta siswa menjelaskan
proses metabolisme zat makanan
|
Menilai akurasi prediksi siswa untuk menentukan
pemahaman siswa:
• Prediksi enzim yang dibutuhkan
dalam proses metabolisme
• Prediksi manfaat enzim
tertentu dalam proses metabolisme
|
CoRe (Core Representation) Energi dalam Sistem Kehidupan
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
No comments:
Post a Comment