RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN Virus, Ciri-ciri virus

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan                : SMA
Mata Pelajaran                       : Biologi
Kelas/semester                       : X/ Satu
Materi Pokok                         : Virus, Ciri-ciri virus
Alokasi Waktu                      : 1 x 30 menit (1JP)


A.    Kompetensi Inti (KI)
1.      Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.      Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
3.      Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
4.      Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan

B.     Kompetensi Dasar dan Indikator
No.
Kompetensi Dasar
Indikator
KI-1
1.1 Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang keanekaragaman hayati, ekosistem, dan lingkungan hidup.
1.1.1 Menjaga kesehatan sebagai wujud syukur terhadap Tuhan Yang Maha Esa
KI-2
2.1 Berperilaku ilmiah: teliti, tekun, jujur sesuai data dan fakta, disiplin, tanggung jawab,dan peduli dalam observasi dan eksperimen, berani dan santun dalam mengajukan pertanyaan dan berargumentasi, peduli lingkungan, gotong royong, bekerjasama, cinta damai, berpendapat secara ilmiah dan kritis, responsif dan proaktif dalam setiap tindakan dan dalam melakukan pengamatan dan percobaan di dalam kelas/laboratorium maupun di luar kelas/laboratorium.
2.1.1 Menunjukkan  sikap dan  perilaku  yang ilmiah dalam observasi video virus
2.1.2 Menunjukkan sikap yang berani dan santun dalam  presentasi ataupun dalam mengajukan pertanyaan mengenai materi virus
2.1.3  Menunjukkan sikap kerja sama dalam membuat charta mengenai virus

KI-3
3.3 Mendeskripsikan ciri-ciri, replikasi dan peran virus bagi kehidupan


3.3.1 Menganalisis video tentang virus yang ditayangkan oleh guru
3.3.2 Menarik kesimpulan dari video yang diamati tentang ciri-ciri virus
KI-4
4.3   Menyajikan data tentang ciri, replikasi, dan peran virus dalam aspek kesehatan dalam bentuk model/charta

4.3.1 Membuat charta tentang  ciri, replikasi dan peran virus dalam aspek kesehatan dari tayangan video yang telah disaksikan.
4.3.2 Mengkomunikasikan charta tentang ciri, dan peran virus dalam aspek kesehatan.

C.    Tujuan Pembelajaran
1.        Peserta didik mampu menganalisis ciri-ciri virus melalui kegiatan pengamatan video
2.        Peserta didik mampu menarik kesimpulan tentang ciri-ciri virus dari video yang diamati
3.        Peserta didik mampu menyajikan hasil pengamatan tentang ciri virus dalam bentuk charta.
4.        Peserta didik mampu mempresentasikan charta tentang ciri virus
5.        Peserta didik mampu menunjukkan  sikap dan  perilaku  yang ilmiah dalam observasi video virus
6.        Peserta didik mampu menunjukkan sikap yang berani dan santun dalam  presentasiataupun dalam mengajukan pertanyaan mengenai materi virus.
7.        Peserta didik mampu menunjukkan sikap kerja sama dalam membuat charta mengenai virus

D.    Materi Pembelajaran
·           Mengenai ciri-ciri fisik virus, meliputi ukuran, bentuk, serta struktur dan fungsi komponen penyusun tubuh virus.
contoh
 
contoh
 
contoh
 
contoh
 
contoh
 
dimiliki oleh
 
merupakan ciri
 
seperti
 
menentukan
 
tersusun dari
 
menjadi ciri
 
terdiri dari
 
membungkus
 
memiliki komponen
 
memiliki komponen
 

E.    Pendekatan dan Metode Pembelajaran
·           Pendekatan yang digunakan yaitu Pendekatan Ekspositori
·           Metode yang digunakan selama proses pembelajaran yaitu:
1.                                                    Observasi/pengamatan
2.                                                    Diskusi Kelompok
3.                                                    Presentasi

F.     Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.         Media : Video, LKS, dan PPT
2.         Alat/Bahan: Laptop dan proyektor
3.         Sumber Belajar: Buku Biologi SMA Kelas X

G.   Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
TAHAP
KEGIATAN PBM
WAKTU
 a.      Pendahuluan 
1)         Guru memberi salam dan menyapa peserta didik
2)         Peserta didik bersama guru berdoa untuk memulai pelajaran
3)         Guru memeriksa kehadiran  peserta didik
4)         Guru  membagi kelas menjadi beberapa kelompok yang heterogen.
5)         Guru memotivasi peserta didik dengan memberikan pertanyaan sederhana mengenai materi pembelajaran (virus).
6)         Guru menjelaskan maksud pembelajaran dan tugas kelompok yang harus dikerjakan.
5  menit
b. Inti kegiatan
Kerja Kelompok
1)           Mengamati
·         Guru menayangkan video tentang virus kepada peserta didik 
·         Guru meminta peserta didik untuk mengamati dengan seksama video tersebut
2)           Menanya
·         Guru mempersilahkan kepada peserta didik untuk menganalisa dan bertanya tentang maksud video yang ditampilkan
3)       Mengumpulkan data
·         Peserta didik bekerja dalam kelompok untuk menyusun laporan sederhana tentang ciri-ciri virus
4)        Mengasosiasi
·         Peserta didik mendiskusikan  hasil laporan tentang ciri-ciri virus
5)        Mengkomunikasi
·          Menyampaikan hasil diskusi oleh perwakilan kelompok
·          Menanggapi hasil presentasi (melengkapi dan  mengkonfirmasi)
·          Menyampaikan kesimpulan hasil diskusi kelompok

20 menit
b.      Penutup
1)       Guru memberikan penjelasan singkat (klarifikasi) bila  terjadi kesalahan  konsep dan memberikan kesimpulan.
2)       Guru memberikan post test secara lisan kepada peserta didik sebagai evaluasi hasil pembelajaran.
5 menit


H.    Penilaian
1)      Kognitif
a.       Teknik             : Tes (tulis)
b.      Instrumen        : Soal
2)         Afektif
                                     a.      Teknik             : Observasi
                                     b.      Instrumen        : Lembar Observasi
3)         Psikomotorik
                                      a.       Teknik                       : Observasi
                                     b.      Instrumen       : Lembar Observasi



Kompetensi Inti
Kompetensi Dasar
Indikator
Teknik Penilaian
Instrumen
Sikap Spiritual
1.1 Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang keanekaragaman hayati, ekosistem, dan lingkungan hidup.
1.1     Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang keanekaragaman hayati, ekosistem, dan lingkungan hidup.
Observasi
Lembar observasi
Sikap Sosial
2.1 Berperilaku ilmiah: teliti, tekun, jujur sesuai data dan fakta, disiplin, tanggung jawab,dan peduli dalam observasi dan eksperimen, berani dan santun dalam mengajukan pertanyaan dan berargumentasi, peduli lingkungan, gotong royong, bekerjasama, cinta damai, berpendapat secara ilmiah dan kritis, responsif dan proaktif dalam setiap tindakan dan dalam melakukan pengamatan dan percobaan di dalam kelas/laboratorium maupun di luar kelas/laboratorium.
2.1.1 Menunjukkan  sikap dan  perilaku  yang ilmiah dalam observasi video virus
2.1.2 Menunjukkan sikap yang berani dan santun dalam  presentasi ataupun dalam mengajukan pertanyaan mengenai materi virus
2.1.3  Menunjukkan sikap kerja sama dalam membuat charta mengenai virus
Peer Asessment
Lembar penilaian peserta didik
Pengetahuan
3.3 Mendeskripsikan ciri-ciri, replikasi dan peran virus bagi kehidupan
3.3.1    Menganalisis video tentang virus yang ditayangkan oleh guru
3.3.2    Menarik kesimpulan dari video yang diamati tentang ciri-ciri virus
Penugasan
Lembar Kerja Siswa (LKS)
Keterampilan
4.3   Menyajikan data tentang ciri, replikasi, dan peran virus dalam aspek kesehatan dalam bentuk model/charta
4.3.1     Membuat charta tentang  ciri, replikasi dan peran virus dalam aspek kesehatan dari tayangan video yang telah disaksikan.

4.3.2 Mengkomunikasikan charta tentang ciri, dan peran virus dalam aspek kesehatan.
Projek
Laporan projek termasuk charta









Lampiran 1: Keterampilan Sikap Spiritual

INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP SPIRITUAL
(LEMBAR OBSERVASI)
A.    Petunjuk Pengisian
Berdasarkan pengamatan Anda selama proses pembelajaran, nilailah sikap setiap peserta didik Anda dengan memberi skor  4, 3, 2, atau 1 pada Lembar Observasi dengan ketentuan sebagai berikut:
Skor 4 apabila selalu melakukan perilaku yang diamati
Skor 3 apabila sering melakukan perilaku yang diamati
Skor 2 apabila kadang-kadang melakukan perilaku yang diamati
Skor 1 apabila tidak pernah melakukan perilaku yang diamati
LEMBAR OBSERVASI
Kelas/Semester             :
Tahun Pelajaran          : …
Butir Penilaian              : Menghargai keberagaman organisme sebagai anugerah Tuhan
Indikator sikap             :
1. Berusaha menemukan potensi keberagaman organisme
No
Nama Peserta Didik
Skor Indikator Sikap Spiritual
Jumlah Skor
Nilai
Jujur
Disiplin
Tanggung jawab
1






2






3






4






5






6






7 dst







Lampiran 2: Kompetensi Sikap Sosial
INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP SOSIAL
(LEMBAR PENILAIAN ANTARPESERTA DIDIK)
A.    Petunjuk Umum
1.      Instrument penilaian sikap sosial ini berupa Lembar Penilaian Antarpeserta Didik
2.      Instrument ini diisi oleh peserta didik untuk menilai peserta didik/temannya.
B.     Petunjuk Pengisian
Berdasarkan perilaku teman kalian selama bekerja dalam satu kelompok ini, nilailah sikap temanmu dengan memberi tanda centang (ü) pada kolom skor 4, 3, 2, dan 1 pada Lembar Penilaian Antarpeserta Didik dengan ketentuan sebagai berikut:
Skor 4 apabila selalu melakukan perilaku yang dinyatakan
Skor 3 apabila sering melakukan perilaku yang dinyatakan
Skor 2 apabila kadang-kadang melakukan perilaku yang dinyatakan
Skor 1 apabila jarang melakukan perilaku yang dinyatakan
C.     Lembar Penilaian Antarpeserta Didik

LEMBAR PENILAIAN ANTARPESERTA DIDIK
Nama Peserta Didik yang dinilai       : …
Kelas/Semester                                    : …
Hari/Tanggal Pengisian                       : …
Tahun Pengajaran                                : …
Butir Nilai                                        : Menunjukkan rasa ingin tahu dan sikap santun dalam menggali informasi tentang keberagaman organisme dari sel sebagai unit terkecil kehidupan makhluk hidup
Indakor Sikap                                      :
1.      Menggunakan bahasa yang baik saat berkomunikasi secara lisan dengan teman
2.      Menghargai pendapat orang lain
3.      Bersikap terbuka dan bergaul dengan orang lain

Sikap
Pernyataan
Skor
4
3
2
1
Santun
Temanku menggunakan bahasa yang baik saat berkomunikasi lisan dengan teman yang lain




Rendah hati
Temanku menghargai pendapat teman yang lain




Ramah
Temanku dapat bersikap terbuka dan sangat bergaul dengan teman yang lain





Jumlah skor





Nilai













                                                                                                                                  

Lampiran 3: Kompetensi Kognitif

LEMBAR KERJA SISWA

Judul               : Ciri-ciri Struktur  Tubuh Virus
Tujuan             : Memahami ciri-ciri struktur tubuh virus
Metode            : Observasi dan diskusi
Waktu             : 10 menit
Cara Kerja       :
1.      Buatlah gambar struktur tubuh virus kompleks dan tuliskan bagian-bagian tubuhnya  berdasarkan analisa video yang diamati pada kotak di bawah ini!
 














2.      Diskusikan dengan anggota kelompokmu untuk menjawab pertanyaan di bawah ini!
a.       Berfungsi untuk apakah serabut ekor?
...............................................................................................................................
b.      Terdapat apakah di kepala virus? Sebutkan!
...............................................................................................................................
...............................................................................................................................
c.       Ukuran tubuh virus yaitu ......................................................................................
d.      Kapsid virus tersusun  oleh ...................................................................................

3.      Tuliskan ciri-ciri virus berdasarkan hasil pengamatan kalian ! .....................................................................................................................................
.....................................................................................................................................
.....................................................................................................................................
.....................................................................................................................................




Indikator
Soal
Kunci Jawaban
3.3.1 Menganalisis video tentang virus yang ditayangkan oleh guru
No. 1 à Gambar struktur virus kompleks dan bagian-bagiannya
No. 2
a.  Fungsi serabut ekor

Untuk melekat pada sel yang diinfeksi
b. Struktur kepala virus

Kapsid dan Asam nukleat berupa DNA atau RNA
c. Ukuran tubuh virus
Sangat renik 25-300 nm
d. Penyusun kapsid virus
Kapsomer (subunit protein)
3.3.2 Menarik kesimpulan dari video yang diamati tentang ciri-ciri virus
No. 3 à Ciri-ciri tubuh virus
·         Ukuran sangat renik 25-300 nm
·         Bentuk berbagai macam: bulat, oval, batang, polihidris, dan huruf T
·         Tubuh virus tersusun atas Asam nukleat (DNA/RNA) dan Kapsid/selubung protein
·         Kapsid berbagai bentuk: Helix, Polihedral, dan Kompleks
·         Virus kompleks memiliki struktur kompleks: selubung ekor, lempengan dasar dan serabut ekor

Rubrik Penilaian Kognitif
Kompetensi yang Diukur
Deskripsi
Skor
Pemahaman terhadap materi
·         Memahami materi dengan lengkap
·         Memahami materi dengan tidak lengkap
·         Tidak memahami materi sama sekali

Penerapan Hasil Pengamatan
·         Menunjukkan kesinambungan dari isi video yang diamati dengan hasil pengamatan
·         Cukup menunjukkan kesinambungan dari isi video yang diamati dengan hasil pengamatan
·         Tidak menunjukkan kesinambungan dari isi video yang diamati dengan hasil pengamatan

Skor maksimal
9

Nilai tugas yang dikerjakan oleh peserta didik dihitung dengan rumus:
Nilai tugas peserta didik:

Lampiran 4: Kompetensi Psikomotorik/ Keterampilan (Projek)
1.      Judul Projek: Mengidentifikasi Ciri-ciri Struktur Tubuh Virus berdasarkan Pengamatan Video
2.      Uraian tugas:
a.       Mengamati video virus yang ditampilkan oleh guru
b.      Mendiskusikan hasil pengamatan dengan kompetensi yang diminta oleh guru, kemudian buat laporan dari hasil diskusi
c.       Mempresentasikan hasil diskusi oleh perwakilan kelompok
3.      Rubrik penilaian


1= tidak
2= kurang
3= cukup
4= sangat


Kompetensi yang Diukur
Deskripsi
Skor
Persiapan Mengamati Video
·         Rencana kegiatan tidak matang
·         Rencana kegiatan kurang matang
·         Rencana kegiatan cukup matang
·         Rencana kegiatan sangat matang

Pelaksanaan Diskusi
·         Pelaksanaan diskusi tidak terstruktur
·         Pelaksanaan diskusi kurang terstruktur
·         Pelaksanaan diskusi cukup terstruktur
·         Pelaksanaan diskusi sangat terstruktur

Laporan
·         Laporan tidak lengkap
·         Laporan kurang lengkap
·         Laporan cukup lengkap
·         Laporan sangat lengkap
                   


Rumus menghitung nilai akhir: Nilai Akhir =

No comments:

Post a Comment