Konten Representasi (CORE ) Virus, Ciri-ciri virus


Konten Representasi (CORE)
Pertimbangan
Ide Besar A
Ide Besar B
Ide Besar C
Definisi dan hakikat virus dalam klasifikasi makhluk hidup
Ukuran dan bentuk virus
Struktur dan fungsi tubuh virus sebagai benda mati dan makhluk hidup
Mengidentifikasi tujuan pembelajaran bagi siswa dalam pelajaran ini.
Siswa harus memahami definisi dan hakikat dari virus:
Berdasarkan bahasa latin, virus berarti racun.
Definisi virus dalam klasifikasi makhluk hidup berdasarkan ciri hidup dan ciri tak hidupnya, bahwa virus bukan berupa sel (aseluler)
Virus merupakan partikel yang disebut Virion.
Siswa harus memahami bahwa virus memiliki ciri-ciri:
Ukurannya sangat renik (25-300 nm).
Virus memiliki bentuk bermacam-macam seperti bulat, batang, dan seperti huruf T.
Siswa harus memahami bahwa virus dianggap bukan makhluk hidup dan juga sebagai makhluk hidup karena:
Virus dianggap sebagai makhluk hidup karena dapat menunjukkan ciri kehidupan seperti reproduksi, meskti hanya dapat dilakukan di dalam organisme lain.
Virus bukan makhluk hidup karena menunjukkan ciri mineral yang dapat dikristalkan daripada ciri kehidupan.
Virus bukan sel, karena tidak memiliki organel-organel sel, namun tersusun atas asam nukleat dan selubung protein.
Mengapa penting bagi siswa untuk mengetahui konten ini?
[Pengetahuan kurikulum]
Definisi virus yang tepat sangat penting untuk dapat masuk ke penjelasan selanjutnya:
Virus merupakan partikel sehingga dianggap sebagai  makhluk hidup dan juga tidak.
Virus memiliki ciri khusus yang membedakan dengan kelompok makhluk hidup lain.
Bentuk dan ukuran virus penting karena:
termasuk ciri-ciri fisik virus yang dapat diamati dengan pasti menggunakan mikroskop
penting untuk membantu siswa mengetahui macam-macam jenis virus dengan identifikasi bentuknya.
Struktur dan fungsi virus:
menjelaskan mengapa virus dikatakan sebagai makhluk hidup dan juga bukan makhluk hidup.
membantu siswa memahami  virus dari sudut pandang  sebagai makhluk hidup atau bukan makhluk hidup.
Mengidentifikasi potensi kesulitan siswa dan keterbatasan yang terkait dengan mengajar ide ini.
[Pengetahuan siswa sebagai peserta didik]
Definisi virus:
Virus merupakan partikel
mengetahui hakikat virus sebagai makhluk hidup atau bukan
Ukuran dan bentuk virus:
melihat kepastian ukuran dan bentuk virus walaupun menggunakan alat bantu mikroskop
Stuktur dan fungsi virus:
siswa harus memahami terlebih dahulu mengenai materi genetik (DNA/RNA)
analogi unik dan mudah dipahami untuk menjelaskan struktur virus
Mengidentifikasi pengetahuan siswa yang mempengaruhi pengajaran ide ini.
[Pengetahuan siswa sebagai peserta didik]
• Pentingnya pengetahuan mengenai definisi virus berdasarkan bahasa latin dan hakikat virus didasarkan pada pendapat para ilmuwan yang dilihat dari ciri-cirinya
Memberikan gambaran nyata mengenai ciri fisik virus berdasarkan pengetahuan sebelumnya:
Menampilkan gambaran nyata berupa media  secara audio-visual video yang dapat memudahkan siswa untuk melihat dan memahami.
Menggunakan video ciri struktur virus sebagai gambaran nyata
• Meminta siswa untuk membuat charta biologi mengenai ciri-ciri virus termasuk di dalamnya ukuran, bentuk, struktur dan fungsinya.
Strategi pengajaran dan representasi diimplementasikan dan alasan tertentu untuk menggunakan strategi ini untuk melibatkan para siswa dengan ide ini.
[Pengetahuan tentang strategi instruksional dan representasi]
Meninjau definisi virus dengan memahamii hakikatnya
Gunakan power point slide untuk dapat membantu siswa memahami definisi dan hakikat virus
Menampilkan video mengenai struktur virus untuk menentukan hasil diskusi ciri-ciri virus
Menggunakan LKS sebagai acuan pelaksanaan diskusi kelompok mengenai ciri virus 
Menampilkan video mengenai struktur virus untuk menentukan hasil diskusi ciri-ciri virus
Menggunakan LKS sebagai acuan pelaksanaan diskusi kelompok mengenai ciri virus
Mengidentifikasi cara memastikan bahwa konsep siswa diajarkan.
[Pengetahuan tentang Penilaian]
Mempertanyakan siswa:
• meminta siswa untuk menjelaskan hakikat virus seperti apa yang dipahami
Meminta siswa untuk:
membuat penjelasan ciri-ciri virus dalam bentuk nyata (charta)
Meminta siswa untuk:
membuat penjelasan ciri-ciri virus dalam bentuk nyata (charta)

No comments:

Post a Comment