Konten
Representasi (CORE)
|
|||
Pertimbangan
|
Ide Besar
A
|
Ide Besar
B
|
Ide Besar
C
|
Definisi dan hakikat virus dalam klasifikasi
makhluk hidup
|
Ukuran dan bentuk virus
|
Struktur dan fungsi tubuh virus sebagai benda
mati dan makhluk hidup
|
|
Mengidentifikasi tujuan pembelajaran bagi siswa
dalam pelajaran ini.
|
Siswa harus memahami definisi dan hakikat dari
virus:
• Berdasarkan bahasa latin,
virus berarti racun.
• Definisi virus dalam klasifikasi makhluk hidup berdasarkan ciri hidup dan
ciri tak hidupnya, bahwa virus bukan berupa sel (aseluler)
• Virus merupakan partikel
yang disebut Virion.
|
Siswa harus memahami bahwa virus memiliki
ciri-ciri:
• Ukurannya sangat renik
(25-300 nm).
• Virus memiliki bentuk
bermacam-macam seperti bulat, batang, dan seperti huruf T.
|
Siswa harus memahami bahwa virus dianggap bukan
makhluk hidup dan juga sebagai makhluk hidup karena:
• Virus dianggap sebagai
makhluk hidup karena dapat menunjukkan ciri kehidupan seperti reproduksi,
meskti hanya dapat dilakukan di dalam organisme lain.
• Virus bukan makhluk hidup
karena menunjukkan ciri mineral yang dapat dikristalkan daripada ciri
kehidupan.
• Virus bukan sel, karena
tidak memiliki organel-organel sel, namun tersusun atas asam nukleat dan
selubung protein.
|
Mengapa penting bagi siswa untuk mengetahui konten
ini?
[Pengetahuan kurikulum]
|
Definisi virus yang tepat sangat penting untuk dapat masuk ke penjelasan
selanjutnya:
• Virus merupakan partikel
sehingga dianggap sebagai makhluk
hidup dan juga tidak.
• Virus memiliki ciri khusus
yang membedakan dengan kelompok makhluk hidup lain.
|
Bentuk dan ukuran virus penting karena:
• termasuk ciri-ciri fisik
virus yang dapat diamati dengan pasti menggunakan mikroskop
• penting untuk membantu siswa
mengetahui macam-macam jenis virus dengan identifikasi bentuknya.
|
Struktur dan fungsi virus:
• menjelaskan mengapa virus
dikatakan sebagai makhluk hidup dan juga bukan makhluk hidup.
• membantu siswa
memahami virus dari sudut pandang sebagai makhluk hidup atau
bukan makhluk hidup.
|
Mengidentifikasi potensi kesulitan siswa dan
keterbatasan yang terkait dengan mengajar ide ini.
[Pengetahuan siswa sebagai peserta didik]
|
Definisi virus:
• Virus merupakan partikel
• mengetahui hakikat virus
sebagai makhluk hidup atau bukan
|
Ukuran dan bentuk virus:
• melihat kepastian ukuran dan
bentuk virus walaupun menggunakan alat bantu mikroskop
|
Stuktur dan fungsi virus:
• siswa harus memahami
terlebih dahulu mengenai materi genetik (DNA/RNA)
• analogi unik dan mudah
dipahami untuk menjelaskan struktur virus
|
Mengidentifikasi pengetahuan siswa yang mempengaruhi
pengajaran ide ini.
[Pengetahuan siswa sebagai peserta didik]
|
• Pentingnya pengetahuan mengenai
definisi virus berdasarkan bahasa latin dan hakikat virus didasarkan pada
pendapat para ilmuwan yang dilihat dari ciri-cirinya
|
• Memberikan gambaran nyata
mengenai ciri fisik virus berdasarkan pengetahuan sebelumnya:
• Menampilkan gambaran nyata berupa media secara audio-visual video yang dapat memudahkan siswa untuk melihat dan memahami.
|
• Menggunakan video ciri
struktur virus sebagai gambaran nyata
• Meminta siswa untuk membuat charta biologi mengenai ciri-ciri virus termasuk di dalamnya ukuran,
bentuk, struktur dan fungsinya.
|
Strategi pengajaran dan representasi
diimplementasikan dan alasan tertentu untuk menggunakan strategi ini untuk
melibatkan para siswa dengan ide ini.
[Pengetahuan tentang strategi instruksional dan
representasi]
|
• Meninjau definisi virus
dengan memahamii hakikatnya
• Gunakan
power point slide untuk dapat membantu siswa memahami definisi dan hakikat virus
|
• Menampilkan video mengenai
struktur virus untuk menentukan hasil diskusi ciri-ciri virus
• Menggunakan LKS sebagai
acuan pelaksanaan diskusi kelompok mengenai ciri virus
|
• Menampilkan video mengenai
struktur virus untuk menentukan hasil diskusi ciri-ciri virus
• Menggunakan LKS sebagai
acuan pelaksanaan diskusi kelompok mengenai ciri virus
|
Mengidentifikasi cara memastikan bahwa konsep siswa
diajarkan.
[Pengetahuan tentang Penilaian]
|
Mempertanyakan siswa:
• meminta siswa untuk menjelaskan hakikat
virus seperti apa yang dipahami
|
Meminta siswa untuk:
• membuat penjelasan
ciri-ciri virus dalam bentuk nyata (charta)
|
Meminta siswa untuk:
• membuat penjelasan
ciri-ciri virus dalam bentuk nyata (charta)
|
Konten Representasi (CORE ) Virus, Ciri-ciri virus
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
No comments:
Post a Comment