Core Representation pada materi Avertebrata

Konten Representasi (CORE)
Pertimbangan
Ide Besar A
Ide Besar B
Ide Besar C
Klasifikasi Makhluk Hidup dan Tak Hidup
Terdapat sembilan ciri-ciri makhluk hidup
Contoh dari aktifitas makhluk hidup
Mengidentifikasi tujuan pembelajaran bagi siswa dalam pelajaran ini.
Siswa harus membedakan antara makhluk hidup dan tak hidup dengan ciri-ciri yang dimiliki
Siswa harus memahami 9 ciri-ciri makhluk hidup :
·         bernapas, 
·         bergerak,
·         makan dan minum,
·         tumbuh dan berkembang,
·         berkembang biak,
·         regulasi,
·         mengeluarkan zat sisa,
·         peka terhadap rangsang,
·         dan menyesuaikan diri terhadap lingkungan.

Siswa dapat memahami contoh aktifitas makhluk hidup, sebagai contoh :
-          Katak Melompat
-          Daun putri malu menutup ketiak disentuh
-          Bunglon merubah warna
-          Ayam bertelur
-          Ulat menjadi kupu-kupu


Mengapa penting bagi siswa untuk mengetahui konten ini?
[Pengetahuan kurikulum]
Dengan mengetahui konten ini diharapkan siswa mampu membedakan makhluk hidup dan tak hidup yang ada di sekitar
Siswa mampu menjelaskan ciri-ciri makhluk hidup yang ada disekitar mereka
Siswa mampu memahami aktifitas dari ciri-ciri makhlukhidup
Mengidentifikasi potensi kesulitan siswa dan keterbatasan yang terkait dengan mengajar ide ini.
[Pengetahuan siswa sebagai peserta didik]
Tidak ada
Konsep sulit dijelaskan tanpa adanya contoh yang nyata dari setiap ciri
Keterbatasan media dapat menghambat dalam memberikan contoh aktifitas dalam bentuk nyata
Mengidentifikasi pengetahuan siswa yang mempengaruhi pengajaran ide ini.
[Pengetahuan siswa sebagai peserta didik]
Ciri-Ciri makhluk hidup
Aktifitas-aktifitas kehidupan yang mendukung setiap cirinya
Gejala serta fenomena yang terjadi di alam sekitar
Strategi pengajaran dan representasi diimplementasikan dan alasan tertentu untuk menggunakan strategi ini untuk melibatkan para siswa dengan ide ini.
[Pengetahuan tentang strategi instruksional dan representasi]
Menggunakan video dokumenter dan animasi
Menyediakan powerpoint interaktif yang berisikan materi dan gambar
Metode ceramah
Menyajikan gambar yang sesuai dengan ciri-ciri yang ada
Menyediakan Mind Map
Metode ceramah
Menampilkan video fenomena alam dan kegiatan sehari-hari
Mengidentifikasi cara memastikan bahwa konsep siswa diajarkan.
[Pengetahuan tentang Penilaian]
Menanyakan siswa mengenai beberapa makhlukyang ditampilkan untuk digolongkan apakah makhluk terebut hidup atau tak hidup
Menginstruksikan siswa menyebutkan ciri-ciri dari makhluk hidup pada gambar yang ditampilkan dalam slide
Mencocokan keterkaitan antara ciri-ciri dengan gambar yang menunjukan fenomena alam dan aktifitas sehari

No comments:

Post a Comment