Konten Representasi (CORE)
|
|||
Pertimbangan
|
Ide Besar A
|
Ide Besar B
|
Ide Besar C
|
Klasifikasi Makhluk
Hidup dan Tak Hidup
|
Terdapat sembilan
ciri-ciri makhluk hidup
|
Contoh dari aktifitas
makhluk hidup
|
|
Mengidentifikasi
tujuan pembelajaran bagi siswa dalam pelajaran ini.
|
Siswa harus
membedakan antara makhluk hidup dan tak hidup dengan ciri-ciri yang dimiliki
|
Siswa harus memahami 9
ciri-ciri makhluk hidup :
·
bernapas,
·
bergerak,
·
makan dan minum,
·
tumbuh dan berkembang,
·
berkembang biak,
·
regulasi,
·
mengeluarkan zat sisa,
·
peka terhadap rangsang,
·
dan menyesuaikan diri terhadap lingkungan.
|
Siswa dapat memahami
contoh aktifitas makhluk hidup, sebagai contoh :
-
Katak Melompat
-
Daun putri malu menutup ketiak disentuh
-
Bunglon merubah warna
-
Ayam bertelur
-
Ulat menjadi kupu-kupu
|
Mengapa penting bagi
siswa untuk mengetahui konten ini?
[Pengetahuan
kurikulum]
|
Dengan mengetahui
konten ini diharapkan siswa mampu membedakan makhluk hidup dan tak hidup yang
ada di sekitar
|
Siswa mampu
menjelaskan ciri-ciri makhluk hidup yang ada disekitar mereka
|
Siswa mampu memahami
aktifitas dari ciri-ciri makhlukhidup
|
Mengidentifikasi
potensi kesulitan siswa dan keterbatasan yang terkait dengan mengajar ide
ini.
[Pengetahuan siswa
sebagai peserta didik]
|
Tidak ada
|
Konsep sulit dijelaskan tanpa adanya contoh yang nyata dari setiap ciri
|
Keterbatasan media
dapat menghambat dalam memberikan contoh aktifitas dalam bentuk nyata
|
Mengidentifikasi
pengetahuan siswa yang mempengaruhi pengajaran ide ini.
[Pengetahuan siswa
sebagai peserta didik]
|
Ciri-Ciri makhluk
hidup
|
Aktifitas-aktifitas
kehidupan yang mendukung setiap cirinya
|
Gejala serta fenomena
yang terjadi di alam sekitar
|
Strategi pengajaran
dan representasi diimplementasikan dan alasan tertentu untuk menggunakan
strategi ini untuk melibatkan para siswa dengan ide ini.
[Pengetahuan tentang
strategi instruksional dan representasi]
|
Menggunakan video
dokumenter dan animasi
Menyediakan
powerpoint interaktif yang berisikan materi dan gambar
Metode ceramah
|
Menyajikan gambar
yang sesuai dengan ciri-ciri yang ada
Menyediakan Mind
Map
Metode ceramah
|
Menampilkan video
fenomena alam dan kegiatan sehari-hari
|
Mengidentifikasi cara
memastikan bahwa konsep siswa diajarkan.
[Pengetahuan tentang
Penilaian]
|
Menanyakan siswa
mengenai beberapa makhlukyang ditampilkan untuk digolongkan apakah makhluk
terebut hidup atau tak hidup
|
Menginstruksikan
siswa menyebutkan ciri-ciri dari makhluk hidup pada gambar yang ditampilkan
dalam slide
|
Mencocokan
keterkaitan antara ciri-ciri dengan gambar yang menunjukan fenomena alam dan
aktifitas sehari
|
Core Representation pada materi Avertebrata
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
No comments:
Post a Comment