RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) : Energi dalam Sistem Kehidupan



Nama Sekolah           : ................
Mata Pelajaran          : Biologi
Kelas / Semester        : VII / 2
Materi Pokok             : Energi dalam Sistem Kehidupan
Sub Materi                 : Sistem Pencernaan Makanan
Pertemuan                 : Ke-6
Alokasi waktu            : 1 x 30 menit

A.    Kompetensi Inti (KI)
KI 1.       Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2.       Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI 3.       Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI 4.       Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan,mengurai, merangkai, memodifikasi,dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B.     Kompetensi Dasar
3.6    Mengenal konsep energi, berbagai sumber energi, energi dari makanan, transformasi energi dalam sel, metabolisme sel, respirasi, sistem pencernaan makanan, dan fotosintesis.
4.6    Melakukan percobaan sederhana untuk menyelidiki proses fotosintesis pada tumbuhan hijau
4.7    Melakukan percobaan untuk menyelidiki pengaruh kalor terhadap perubahan suhu dan perubahan wujud benda
4.8    Melakukan penyelidikan terhadap karakteristik perambatan kalor secara konduksi, konveksi, dan radiasi
4.9 Melakukan percobaan untuk menyelidiki respirasi pada hewan
C.    Indikator Pencapaian Kompetensi
3.6.1.   Menjelaskan metabolisme karbohidrat dalam tubuh.
3.6.2.   Menjelaskan metabolisme protein dalam tubuh.
3.6.3.   Menjelaskan metabolisme lemak dalam tubuh.
3.6.4.   Menyebutkan enzim yang berperan dalam sistem pencernaan.

D.    Tujuan Pembelajaran
3.6.1.   Peserta didik mampu menjelaskan metabolisme karbohidrat dalam tubuh dengan benar melalui studi literature.
3.6.2.   Peserta didik mampu menjelaskan metabolisme protein dalam tubuh dengan benar melalui studi literatur.
3.6.3.   Peserta didik mampu menjelaskan metabolisme lemak dalam tubuh dengan benar melalui studi literatur.
3.6.4.   Peserta didik mampu menyebutkan enzim yang berperan dalam sistem pencernaan
E.     Materi Pembelajaran
Makhluk hidup mendapatkan energinya salah satunya adalah dari makanan. Bahan makanan tersebut harus diolah sehingga tubuh dapat menyerapnya. Proses pengolahan bahan makanan tersebut disebut pencernaan. Pencernaan makanan dapat dilakukan secara mekanis dan kimiawi. Pada proses kimiawi ini diperlukan enzim. Enzim dapat mempercepat proses pencernaan makanan.
1.      Metabolisme Karbohidrat dalam Tubuh
Pencernaan karbohidrat di mulai dari mulut. Makanan berkarbohidrat yang diperoleh kemudian dikunyah bercampur dengan ludah yang mengandung enzim ptialin. Enzim ini mengubah amilum menjadi maltosa (pati). Kemudian pencernaan diteruskan ke ulambung dan usus dua belas jari.
Di dalam usus dua belas jari, makanan keudian bercampur dengan getah pancreas yang mengandung amilase. Amilase menguraikan pati menjadi glukosa, fruktosa, galaktosa, dsb. Pencernaan karbohidrat di dalam usus halus dilakukan oleh enzim-enzim disakarida yang dikeluarkan oleh sel-sel mukosa usus halus berupa maltase, sukrase, dan laktase. Hidrolisis disakarida oleh enzim-enzim ini terjadi di dalam mikrovili dan monosakarida.
2.      Metabolisme Protein dalam Tubuh
Pencernaan protein dimulai di lambung yaitu oleh bantuan enzim pepsin dan disekresi dalam bentuk tidak aktif yaitu pepsinogen. Kondisi lambung yang asam akan mengaktifkan pepsinogen menjadi pepsin. Pepsin memecah protein menjadi pepton, proteosa, dsb dengan bantuan air.
Pencernaan protein berlanjut di usus halus atau duodenum. Enzim-enzim pankreas yaitu tripsin, kimotripsin, dan karbosipeptidase disekresi dalam bentuk tidak aktif. Enzim-enzim tersebut akan mencerna polipeptida menjadi peptide dan dipeptida. Keudian, dipecah lagi menjadi asam amino sehingga dapat diserap oleh dinding usus halus untuk disebarkan kesel-sel tubuh elalui pembuluh darah. Protein yang tidak dapat terurai bersamaan dengan yang lainnya akan bercampur dengan air dan akan masuk ke dalam kolon atau usus besar.
3.      Metabolisme Lemak dalam Tubuh.
Enzim pencerna lemak dihasilkan oleh pankreas eksokrin dan disekresi ke dalam duodenum. Lemak (trigliserida) dapat dihidrolisis oleh enzim lipase yang dihasilkan oleh pankreas (steapsin) menjadi gliserol dan asam-asam lemak. Pencernaan lemak terjadi apabila lemak dihidrolisis menjadi asam lemak dan gliserol, semakin banyak asam lemak yang dibebaskan, maka semakin banyak larutan NaOH yang dibutuhkan untuk menetralisir kadar asam lambung.
Setelah melalui lambung, senyawa lemak masuk ke dalam usus sehingga merangsang enzim kolesistokinin. Hormon kolesistokinin menyebabkan kantung empedu mengeluarkan cairan empedu (bilus) ke dalam usus dua belas jari.

F.     Strategi Pembelajaran
1.      Pendekatan                : Pendekatan Ilmiah (Scientific Approach)
2.      Model pembelajaran  : Discovery Learning
3.      Metode                      : Diskusi

G.    Media Pembelajaran
1.      LKS
2.      LCD
3.      Laptop
4.      Media peraga
5.      Papan Tulis

H.    Sumber Belajar
Tim Kreatif. 2013. Ilmu Pengetahuan Alam SMP/MTs. Jakarta: Bumi Aksara.

I.       Langkah-Langkah Pembelajaran
Langkah Pembelajaran
Kegiatan Guru
Kegiatan Siswa
Waktu
Kegiatan Awal (4 menit)
1.      Pembukaan
·      Guru memberi salam dan menanyakan kabar
·      Mengecek kesiapan siswa
·      Menyiapkan media pembelajaran
·      Siswa menjawab salam dan  mempersiapkan pelajaran
2 menit
2.      Apersepsi & Motivasi
·      Guru mengingatkan siswa kembali mengenai apa yang telah dipelajari tentang sumber energi:
Anak-anak, kemarin kita telah mempelajari mengenai sumber energi, apa saja bentuk-bentuk energi itu?
Dari mana saja makhluk hidup mendapatkan energinya?
·     Memuji siswa yang berani menjawab
·     Guru membimbing siswa untuk menyebutkan tujuan pembelajaran
·      Siswa menjawab pertanyaan guru, dengan  harapan jawaban:
Energi panas, kimia, nuklir, bunyi, mekanik….
Dari makanan, proses fotosintesis, pernapasan...
·     Siswa menyebutkan tujuan pembelajaran
2 menit
Kegiatan Inti (22 menit)
1.      Mengamati
·    Guru menampilkan media berupa gambar organ, siswa diminta untuk mengamati media, kemudian memberikan pertanyaan:
Ada yang tau gambar apa ini?
Apa saja bagian-bagiannya?
·     Memuji siswa yang berani menjawab
·      Siswa memperhatikan gambar dan menjawab pertanyaan guru.
Organ pencernaan, Bu”.
mulut, kerongkongan, usus halus, usus besar…
3 menit
2.      Menanya
·     Guru membuka kesempatan secara luas kepada peserta didik untuk bertanya mengenai apa yang sudah diamati.
·     Guru memberikan sedikit penjelasan setelah peserta didik bertanya.
·      Peserta didik mengajukan   pertanyaan yang bersifat faktual sampai kepada pertanyaan yang bersifat hipotetik. Hal yang mungkin ditanyakan peserta didik yakni :
Apakah enzim pencernaan pada setiap organ berbeda, Bu?
Mengapa enzimnya berbeda?
·       Siswa memperhatikan penjelasan guru
9 menit
3.      Mencoba
·      Guru membagi siswa menjadi 4 kelompok.
·      Guru membagikan LKS untuk tiap kelompok.
·      Guru memberikan kesempatan kepada peserta  didik secara berkelompok untuk mencari informasi untuk melengkapi tabel pengamatan.
·      Peserta didik secara berkelompok mencari informasi untuk melengkapi tabel pengamatan.
2 menit
4.      Menalar
·     Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mendiskusikan hasil informasi yang telah didapat.
·     Kelompok mendiskusikan jawaban yang benar dan memastikan tiap anggota kelompok dapat mengerjakannya atau mengetahui jawabannya.
3 menit
5.      Mengkom-unikasikan
·      Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan hasil diskusinya.
·      Guru mempersilahkan siswa lain yang ingin menyampaikan tanggapannya.
·      Siswa yang dipanggil secara acak menjawab pertanyaaan dan hasil diskusi di depan kelas.
·      Siswa menanggapi penampilan siswa yang dipanggil. Kemudian siswa yang dipanggil menjawab hasil diskusi dan pertanyaan di depan kelas.
5 menit
Kegiatan Akhir (4 menit)

·     Guru memberikan kesimpulan tentang fungsi makanan serta zat-zat makanan yang diperlukan oleh tubuh
·     Guru mengevaluasi ketercapaian indikator
·         Siswa mendengarkan penjelasan guru
·         Siswa menjawab pertanyaan evaluasi
4 menit



J.      Penilaian Hasil Pembelajaran
1.      Kognitif
·         Teknik Penilaian : Tes Tertulis
·         Instrumen Penilaian       : LKS
2.      Psikomotorik
·         Teknik Penilaian : Observasi
·         Instrumen Penilaian       : Lembar Observasi
3.      Afektif
·         Teknik Penilaian : Observasi
·         Instrumen Penilaian       : Lembar Observasi

Tangerang Selatan, 3 November 2015

Mengetahui,                                                                                     
Kepala SMA                                                                                Guru Biologi Kelas VII



.............................................                                                        ............................................
NIP/NIK.                                                                                    NIP/NIK.


























Lampiran 1    : Penilaian Kognitif

Mata Pelajaran          : Biologi
Kelas / Semester        :  VII / 2
Materi Pokok             :  Energi dalam Sistem Kehidupan
Sub Materi                 : Sistem Pencernaan Makanan
Pertemuan                 :  Ke-6
Hari/Tanggal             :  ...
Waktu                        : 1 x 30 menit


Indikator
Soal
Kunci
Skor
Menjelaskan metabolisme karbohidrat dalam tubuh.
1.   Di mana metabolisme karbohidrat terjadi?
1.   Metabolisme karbohidrat terjadi di mulut dan usus halus.
5
Menjelaskan metabolisme protein dalam tubuh.
2.   Di mana metabolisme protein terjadi?
2.   Metabolisme protein terjadi di lambung dan usus halus.
5
Menjelaskan metabolisme lemak dalam tubuh
3.   Bagaimana proses metabolisme lemak terjadi?
3.      Setelah melalui lambung, senyawa lemak masuk ke dalam usus sehingga merangsang enzim kolesistokinin. Hormon kolesistokinin menyebabkan kantung empedu mengeluarkan cairan empedu (bilus) ke dalam usus dua belas jari
10
Menyebutkan enzim yang berperan dalam sistem pencernaan.

4.      Sebutkan enzim yang berperan untuk mencerna karbohidrat!
5.      Mengapa enzim yang dibutuhkan berbeda-beda pada tiap organ?
4.      Ptyalin, amylase, maltase, lactase, pepsin, tripsin, lipase.
5.      Karena senyawa yang dipecah berbeda beda seperti isalnya karbohidrat, protein, lemak.
5


5







Lembar Penilaian

No
Nama
No Soal
Skor
Keterangan
1
2
3
4
5












































































































































































Keterangan:






Lampiran 2    : Penilaian Afektif

Nama Siswa               :  .....
Mata Pelajaran          : Biologi
Kelas / Semester        :  VII / 2
Materi Pokok             :  Energi dalam Sistem Kehidupan
Sub Materi                 : Sistem Pencernaan Makanan
Pertemuan                 :  Ke-6
Hari/Tanggal             :  ...
Waktu                        : 1 x 30 menit

No
Pernyataan / indikator
5
4
3
2
1
Skor
1
Kehadiran






2
Membaca buku referensi






3
Kerjasama dalam kelompok






4
Bertanya






5
Menghargai pendapat orang lain







Keterangan:
5        =  sangat baik / sangat sering
4        =  baik / sering
3        =  cukup
2        =  kurang / jarang
1    =  sangat kurang / sangat jarang












Lampiran 3    : Penilaian Psikomotorik

Mata Pelajaran          : Biologi
Kelas / Semester        :  VII / 2
Materi Pokok             :  Energi dalam Sistem Kehidupan
Sub Materi                 : Sistem Pencernaan Makanan
Pertemuan                 :  Ke-6
Hari/Tanggal             :  ...
Waktu                        : 1 x 30 menit

No
Nama
Aspek penilaian
Jumlah skor
nilai
Ketepatan menjawab
Kecepatan mengerjakan
Kemandirian
Ketelitian











Keterangan
1      =  tidak tepat / tidak teliti
2      =  kurang tepat / kurang teliti
3      =  tepat / teliti
4      =  tepat / teliti / cermat



No comments:

Post a Comment