Konten Representasi (CORE)
|
|||
Pertimbangan
|
Ide BesarA
|
Ide Besar B
|
Ide Besar C
|
Hasil pada sistem ekskresi manusia berbeda-beda.
|
Pada organ sistem ekskresi manusia memiliki fungsi yang berbeda.
|
Banyak kelainan—kelainan yang terjadi pada sistem ekskresi manusia.
|
|
Mengidentifikasi tujuan pembelajaran bagi siswa dalam pelajaran ini.
|
Siswa harus memahami hasil dari sistem ekskresi:
·
Ginjal mengeluarkan urin
·
Paru-paru mengeluarkan CO2 dan H2O.
·
Hati
mengeluarkan empedu.
·
Kulit
mengeluarkan keringat.
|
Siswa harus memahami fungsi dari organ sistem ekskresi:
·
Ginjal sebagai tempat pembentukan urin
·
Paru-paru sebagai organ pernapasan mengeluarkan CO2
dan H2O.
·
Hati
kelenjar terbesar dalam tubuh yang terletak di bagian kanan atas rongga perut
dan mengeluarkan empedu.
·
Kulit terdapat di seluruh permukaan tubuh untuk
mengeluarkan keringat.
|
Siswa harus memahami kelainan-kelainan yang terjadi pada sistem ekskresi:
• kelainan pada ginjal : batu ginjal, gagal ginjal, diabetes mellitus.
• kelainan pada paru-paru : pneumonia, tuberculosis, asma.
• kelainan pada hati : hepatitis, sirosis hati, kanker hati.
·
Kelainan pada kulit : jerawat, eksim, kanker kulit.
|
Mengapa penting bagi siswa untuk mengetahui konten ini?
[Pengetahuan kurikulum]
|
Struktur organ pada sistem ekskresi manusia sangat penting untuk proses
hidup dan kehidupan:
· Mengetahui
bagian-bagian organ dari sistem ekskresi pada manusia beserta fungsinya
|
Fungsi sistem ekskresi manusia :
•mengeluarkan zat metabolisme yang tidak dibutuhkan lagi oleh tubuh.
|
Kelainan sistem ekskresi manusia:
• mendukung pemahaman siswa terhadap struktur dan fungsi pada organ sistem
ekskresi pada manusia.
• mendukung pemahaman siswa dalam hal memprediksi kelainan yang terjadi dan
upaya pencegahannya.
|
Mengidentifikasi potensi kesulitan siswa dan keterbatasan yang terkait
dengan mengajar ide ini.
[Pengetahuan siswa sebagai peserta didik]
|
Struktur organ pada sistem ekskresi manusia:
• struktur dari sistem eksresi pada manusia berupa ginjal, paru-paru,
hati, dan kulit.
|
Fungsi sistem ekskresi pada manusia:
• fungsi dari sistem eksresi pada manusia berupa ginjal, paru-paru, hati,
dan kulit.yang berbeda-beda yang di sesuaikan dengan struktur atau
bagian-bagiannya.
|
Kelainan sistem ekskresi pada manusia:
·
Mengaitkan kelainan yang terjadi pada sistem eksresi
manusia dengan struktur dan fungsinya.
|
Mengidentifikasi pengetahuan siswa yang mempengaruhi pengajaran ide ini.
[Pengetahuan siswa sebagai peserta didik]
|
• Pentingnya membuat hubungan antara pemahaman siswa terhadap struktur
organ sistem eksresi pada manusia
|
• Membuat hubungan antara konsep dan siswa sebelum pengetahuan dan
pengalaman hidupnya
|
• Meminta siswa untuk memprediksi kelainan-kelainan yang terjadi pada
sistem eksresi manusia melalui studi kasus.
|
Strategi pengajaran dan representasi diimplementasikan dan alasan
tertentu untuk menggunakan strategi ini untuk melibatkan para siswa dengan
ide ini.
[Pengetahuan tentang strategi instruksional dan representasi]
|
Ekspositori dengan media gambar
·
Siswa mengamati gambar yang di tampilkan guru
·
Siswa bersama guru menentukan struktur organ pada
sistem eksresi manusia
|
Ekspositori dengan media gambar
· Siswa
mengamati gambar yang di tampilkan guru
· Siswa
bersama guru menentukan fungsi pada sistem eksresi manusia
|
Studi kasus kelainan pada sistem eksresi manusia
Siswa:
1.Siswa membaa studi kasus yang di berikan guru
2. siswa memprediksi kelainan-kelainan yang terjadi pada sistem eksresi
manusia.
3. siswa menuliskan pada lembar kerja yang sudah di sediakan mengenai
kelainan yang terjadi pada sistem eksresi manusia.
4. siswa bersama guru membahas seara bersama-sama.
|
Mengidentifikasi cara memastikan bahwa konsep siswa diajarkan.
[Pengetahuan tentang Penilaian]
|
Mempertanyakan siswa:
• meminta siswa menjelaskan struktur organ dari sistem eksresi pada
manusia
|
Menilai akurasi penjelasan siswa:
• penjelasan siswa tentang struktur dan fungsi organ sistem eksresi pada
manusia melalui media gambar.
|
Menilai akurasi prediksi siswa untuk menentukan pemahaman siswa:
• prediksi kelainan yang terjadi pada sistem eksresi manusia melalui
studi kasus
|
CoRe (Core Representation) Sistem Ekskresi Pada Manusia
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
No comments:
Post a Comment