RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Sistem Reproduski


Identitas sekolah                    : SMA Negeri 1 Tangerang Selatan
Identitas Mata Pelajaran      : BIOLOGI
Kelas/ Semester                     : XI/2
Materi Pokok                         : Sistem Reproduski
Alokasi Waktu                       : 30 menit
Kompetensi Inti
1.      Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.      Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran), santun, responsif dan pro-aktif dalam menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.      Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.      Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan diri yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
Kompetensi Dasar
1.1 Menghayati dan mengamalkan keteraturan dan komplesitas ciptaan Tuhan tentang struktur dan fungsi sel, jaringan, organ dan sistem dalam tubuh manusia, dengan cara menjaga serta memeliharanya menurut ajaran agama yang dianutnya.
2.1 Berperilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu, objektif, disiplin, jujur, teliti, cermat, tekun, hati-hati, bertanggung jawab, terbuka, kritis, kreatif, inovatif dan peduli lingkungan) secara gotong royong, kerjasama, responsif dan proaktif dalam melakukan percobaan dan diskusi.
3.13 Mendeskripsikan keterkaitan antara struktur, fungsi, dan proses yang meliputi pembentukan sel kelamin, ovulasi, menstruasi, fertilisasi, dan pemberian ASI, serta kelainan penyakit yang dapat terjadi pada sistem reproduksi manusia.
4.17 Menyajikan hasil diskusi tentang siklus menstruasi dibantu charta siklus menstruasi.
Indikator Pencapaian
1.      Menganalisis keterkaitan struktur organ reproduksi manusia dengan fungsinya.
2.      Menyajikan data hasil diskusi mengenai kelainan penyakit yang dapat terjadi pada sistem reproduksi manusia serta upaya pencegahan dan pengobatannya.
Tujuan Pembelajaran
1.      Peserta didik mampu menganalisis keterkaitan struktur organ reproduksi manusia dengan fungsinya secara tepat melalui diskusi dan studi literasi.
2.      Peserta didik mampu menyajikan data hasil diskusi mengenai kelainan penyakit yang dapat terjadi pada sistem reproduksi manusia serta upaya pencegahan dan pengobatannya dengan benar secara berkelompok.
Materi Pembelajaran
Saluran reproduksi pria terdiri atas duktus epididimis, yaitu tempat pematangan sperma lebih lanjut dan tempat penyimpanan sementara sperma. Selanjutnya, terdapat vas deferens yang merupakan suatu saluran untuk mengangkut sperma ke vesikula seminalis (kantung sperma). Arah vas deferens ini ke atas, kemudian melingkar dan salah satu ujungnya berakhir pada kelenjar prostat dan di belakang kandung kemih, saluran ini bersatu membentuk duktus ejakulatorius pendek yang berakhir di uretra. Uretra dari duktus ejakulatorius sama-sama berakhir di ujung penis.
2) Saluran tuba fallopii
Saluran tuba fallopii atau oviduk berjumlah sepasang, di kanan dan di kiri. Saluran ini menghubungkan ovarium dengan rahim. Bagian pangkalnya berbentuk corong disebut tuba infundibulum. Tuba infundibulum ini dilengkapi dengan jumbai-jumbai yang dinamakan fimbriae. Fimbriae berfungsi menangkap sel telur yang telah masak dan lepas dari ovarium. Tuba fallopii berfungsi untuk menggerakkan ovum ke arah rahim dengan gerak peristaltik dan dengan bantuan silia.
3) Uterus (rahim)
Rahim manusia memiliki satu ruangan dan berbentuk buah pir, pada bagian bawahnya mengecil dan disebut leher rahim atau serviks uteri, bagian ujung yang besar disebut badan rahim atau corpus uteri. Lapisan terdalam yang membatasi rongga rahim terdiri atas jaringan epitel yang disebut endometrium atau selaput rahim. Lapisan ini menghasilkan banyak lendir dan pembuluh darah. Sebulan sekali, pada saat menstruasi (haid) lapisan ini dilepaskan diikuti dengan pendarahan. Dinding pada rahim selalu mengalami perubahan ketebalan, peristiwa ini dipengaruhi hormon, di antaranya adalah:
a) Menjelang ovulasi dinding menebal, karena pengaruh hormon estrogen.
b) Dinding rahim akan semakin menebal setelah ovulasi, karena pengaruh hormon progesteron.
c) Pada saat menstruasi dinding rahim tipis kembali, karena dinding endometrium mengelupas. Setelah menstruasi, dinding dibentuk kembali, peristiwa ini disebut siklus menstruasi.
d) Uterus atau rahim merupakan ruangan tempat janin menempel, tumbuh dan berkembang.
4) Vagina (liang peranakan)
Vagina adalah sebuah tabung berlapiskan otot yang membujur ke arah belakang dan atas. Dinding vagina lebih tipis dari rahim dan banyak lipatan-Iipatan. Hal ini untuk mempermudah jalan kelahiran bayi. Selain itu, juga terdapat lendir yang dihasilkan oleh dinding vagina dan suatu kelenjar, yaitu kelenjar barlholini.
Gangguan pada sistem reproduksi wanita di antaranya :
1.      Gangguan menstruasi
2.      Kanker genitalia :
·         Kanker vagina
·         Kanker serviks
·         Kanker ovarium
3.      Endometriosis
4.      Infeksi vagina
Gangguan pada sistem reproduksi pria di antaranya adalah hipogonadisme, kriptorkidisme, uretritis, prostatitis, epididimitis, dan orkitis.
Metode Pembelajaran
Pendekatan     : Saintifik
Metode            : ceramah, diskusi
Media Pembelajaran
Media : Papan tulis, Powerpoint materi
Sumber : Buku paket Biologi SMA Kelas XI
Langkah-Langkah Pembelajaran
      `
1.      Pendahuluan
Kegiatan
Kegiatan Guru
Kegiatan Peserta Didik
Alokasi Waktu
Apersepsi
·       Guru memasuki kelas dan memberikan salam kepada peserta didik.
Peserta didik menjawab salam guru dan berada pada tempat duduk masing-masing untuk bersiap memulai kegiatan pembelajaran.

1 menit
Motivasi
·       Guru meminta peserta didik untuk berdoa bersama.
Peserta didik melakukan doa bersama dipimpin oleh ketua kelas.
·       Guru menanyakan siapa saja peserta didik yang tidak hadir.
Peserta didik menjawab teman yang tidak hadir pada jam pelajaran.
Tujuan pembelajaran
·       Guru menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini beserta kompetensi dasar dan indikator.
Peserta didik mendengarkan guru dengan seksama

1 menit
Mengaitkan materi sebelumnya
·       Guru menguji pemahaman peserta didik secara lisan mengenai materi sebelumnya melalui soal  yang ditampilkan
Peserta didik yang ditunjuk atau memberanikan diri, menjawab pertanyaan yang ditampilkan

3 menit

2.      Kegiatan Inti
No
Pendekatan Saintifik
Kegiatan Guru
Kegiatan Peserta Didik
Alokasi Waktu
1.
Mengamati
Guru membagi peserta didik dalam 4 kelompok

Guru memberikan materi mengenai fungsi dari organ reproduksi pada pria maupun wanita melalui media power point.
Duduk bersama kelompoknya


Diharapkan memperhatikan guru dan mencatat hal penting berkaitan dengan materi tersebut
6 menit
2.
Menanya

Guru memperlihatkan gambaran kelainan atau penyakit pada sistem reproduksi
Peserta didik diharapkan bertanya mengenai penyebab kelainan dan penyakit itu terjadi.
1 menit
3.
Mencoba/mencari info
Guru meminta peserta didik mencari sendiri jawaban dari pertanyaan tersebut dengan bekerja sama dalam kelompok.
Peserta didik dapat mencari informasi mengenai jawaban pertanyaan tersebut dengan berdiskusi dan berdasarkan pengalaman-pengalaman yang ada.
10 menit
4.
Menalar
Guru meminta tiap kelompok meringkas hasil diskusi dan menarik kesimpulan.
Peserta didik bertukar pendapat dan menarik kesimpulan melalui metode diskusi dengan cara berkelompok.
Melalui diskusi mengenai kelainan dan penyakit pada sistem reproduksi manusia, diharapkan dapat merinci upaya apa saja untuk mencegah dan mengobatinya
5.
Mengkomunikasikan
Guru menugaskan perwakilan tiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi.
Tiap perwakilan kelompok mempresentasikan hasil diskusi.
3 menit

1.      Penutup
Kegiatan
Kegiatan Guru
Kegiatan Peserta Didik
Alokasi Waktu
Penutup
·       Guru mengklarifikasi hasil diskusi tiap kelompok jika ada kesalahan agar tidak ada miskonsepsi.
Peserta didik mendengarkan penjelasan guru dengan seksama dan mencatat hal penting.

1 menit
·       Guru meminta peserta didik menyimpulkan hasil pembelajaran hari ini berdasarkan kesimpulan dari tiap-tiap kelompok.
Peserta didik mengacungkan tangan dan menyimpulkan hasil pembelajaran hari ini berdasarkan hasil diskusi dari tiap-tiap kelompok.
·       Guru memberikan evaluasi ketercapaian indikator mengenai hasil belajar hari ini melalui pertanyaan lisan.
Peserta didik mengacungkan tangan dan menjawab pertanyaan tersebut secara lisan.
3 menit
·       Guru memberikan penghargaan bagi kelompok yang mengemukakan kesimpulan dengan benar dan memberikan motivasi bagi peserta didik lain agar lebih baik lagi ke depannya.
Peserta didik mendengarkan guru dengan seksama.

1 menit

·       Guru menyudahi kegiatan pembelajaran dan memberi salam kepada peserta didik.
Peserta didik menjawab salam guru.

Penilaian
Kompetensi Inti 3
Teknik Penilaian
Instrumen
Sikap spiritual
Observasi
Lembar observasi
Sikap sosial
Observasi
·         Lembar observasi
·         Lembar penilaian antarpeserta didik
Pengetahuan
Tes tulis
Lisan  
Keterampilan
Observasi
Lembar penilaian performa saat berdiskusi



Tangerang Selatan, 5 November 2015
Mengetahui,

Kepala SMAN 1 Tangerang Selatan                                         Guru Biologi Kelas XI






Drs.H.Sukandi Mustafa, M.Pd                                                        Asiyah Nur J., S.Pd
NIP.195905091984021001                                                            NIP.199408222014021001


No comments:

Post a Comment