Identitas sekolah : SMA Negeri 1 Tangerang
Selatan
Identitas Mata
Pelajaran : BIOLOGI
Kelas/ Semester : XI/2
Materi Pokok :
Sistem Reproduski
Alokasi Waktu : 30 menit
Kompetensi Inti
1.
Menghargai dan
menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.
Menghargai dan
menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran), santun, responsif dan pro-aktif dalam menunjukkan sikap
sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara
efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai
cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.
Memahami, menerapkan,
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab
fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang
kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.
Mengolah, menalar,
dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan
diri yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda
sesuai kaidah keilmuan.
Kompetensi Dasar
1.1
Menghayati dan mengamalkan keteraturan dan komplesitas ciptaan Tuhan tentang
struktur dan fungsi sel, jaringan, organ dan sistem dalam tubuh manusia, dengan
cara menjaga serta memeliharanya menurut ajaran agama yang dianutnya.
2.1
Berperilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu, objektif, disiplin, jujur,
teliti, cermat, tekun, hati-hati, bertanggung jawab, terbuka, kritis, kreatif,
inovatif dan peduli lingkungan) secara gotong royong, kerjasama, responsif dan
proaktif dalam melakukan percobaan dan diskusi.
3.13
Mendeskripsikan keterkaitan antara struktur, fungsi, dan proses yang meliputi
pembentukan sel kelamin, ovulasi, menstruasi, fertilisasi, dan pemberian ASI,
serta kelainan penyakit yang dapat terjadi pada sistem reproduksi manusia.
4.17
Menyajikan hasil diskusi tentang siklus menstruasi dibantu charta siklus menstruasi.
Indikator
Pencapaian
1.
Menganalisis
keterkaitan struktur organ reproduksi manusia dengan fungsinya.
2.
Menyajikan data
hasil diskusi mengenai kelainan penyakit yang dapat terjadi pada sistem
reproduksi manusia serta upaya pencegahan dan pengobatannya.
Tujuan
Pembelajaran
1.
Peserta didik
mampu menganalisis keterkaitan struktur organ reproduksi manusia dengan
fungsinya secara tepat melalui diskusi dan studi literasi.
2.
Peserta didik
mampu menyajikan data hasil diskusi mengenai kelainan penyakit yang dapat
terjadi pada sistem reproduksi manusia serta upaya pencegahan dan pengobatannya
dengan benar secara berkelompok.
Materi
Pembelajaran
Saluran reproduksi pria terdiri atas duktus epididimis, yaitu tempat pematangan sperma lebih lanjut dan tempat
penyimpanan sementara sperma. Selanjutnya, terdapat vas deferens yang merupakan suatu saluran
untuk mengangkut sperma ke vesikula seminalis (kantung sperma). Arah vas deferens ini ke atas, kemudian
melingkar dan salah satu ujungnya berakhir pada kelenjar prostat dan di
belakang kandung kemih, saluran ini bersatu membentuk duktus ejakulatorius
pendek yang berakhir di uretra. Uretra dari duktus ejakulatorius sama-sama
berakhir di ujung penis.
2) Saluran tuba
fallopii
Saluran tuba fallopii atau oviduk berjumlah
sepasang, di kanan dan di kiri. Saluran ini menghubungkan ovarium dengan rahim.
Bagian pangkalnya berbentuk corong disebut tuba infundibulum. Tuba infundibulum ini
dilengkapi dengan jumbai-jumbai yang dinamakan fimbriae. Fimbriae berfungsi menangkap
sel telur yang telah masak dan lepas dari ovarium. Tuba fallopii berfungsi
untuk menggerakkan ovum ke arah rahim dengan gerak peristaltik dan dengan
bantuan silia.
3) Uterus (rahim)
Rahim manusia memiliki satu ruangan dan berbentuk
buah pir, pada bagian bawahnya mengecil dan disebut leher rahim atau serviks uteri, bagian
ujung yang besar disebut badan rahim atau corpus uteri. Lapisan terdalam yang membatasi rongga rahim
terdiri atas jaringan epitel yang disebut endometrium atau selaput rahim. Lapisan ini
menghasilkan banyak lendir dan pembuluh darah. Sebulan sekali, pada saat
menstruasi (haid) lapisan ini dilepaskan diikuti dengan pendarahan. Dinding
pada rahim selalu mengalami perubahan ketebalan, peristiwa ini dipengaruhi
hormon, di antaranya adalah:
a) Menjelang ovulasi dinding menebal, karena
pengaruh hormon estrogen.
b) Dinding rahim akan semakin menebal setelah
ovulasi, karena pengaruh hormon progesteron.
c) Pada saat menstruasi dinding rahim tipis kembali,
karena dinding endometrium mengelupas. Setelah menstruasi, dinding dibentuk
kembali, peristiwa ini disebut siklus menstruasi.
d) Uterus atau rahim merupakan ruangan tempat janin
menempel, tumbuh dan berkembang.
4) Vagina (liang
peranakan)
Vagina adalah sebuah tabung berlapiskan otot yang membujur
ke arah belakang dan atas. Dinding vagina lebih tipis dari rahim dan banyak
lipatan-Iipatan. Hal ini untuk mempermudah jalan kelahiran bayi. Selain itu,
juga terdapat lendir yang dihasilkan oleh dinding vagina dan suatu kelenjar, yaitu
kelenjar barlholini.
Gangguan pada sistem reproduksi wanita di
antaranya :
1.
Gangguan
menstruasi
2.
Kanker genitalia :
·
Kanker vagina
·
Kanker serviks
·
Kanker ovarium
3.
Endometriosis
4.
Infeksi vagina
Gangguan
pada sistem reproduksi pria di antaranya adalah hipogonadisme, kriptorkidisme,
uretritis, prostatitis, epididimitis, dan orkitis.
Metode
Pembelajaran
Pendekatan : Saintifik
Metode : ceramah, diskusi
Media Pembelajaran
Media
: Papan tulis, Powerpoint materi
Sumber
: Buku paket Biologi SMA Kelas XI
Langkah-Langkah
Pembelajaran
`
1. Pendahuluan
Kegiatan
|
Kegiatan Guru
|
Kegiatan Peserta
Didik
|
Alokasi Waktu
|
Apersepsi
|
·
Guru memasuki kelas dan memberikan salam kepada peserta didik.
|
Peserta didik menjawab salam guru dan berada pada tempat duduk masing-masing untuk bersiap
memulai kegiatan pembelajaran.
|
1 menit |
Motivasi
|
· Guru meminta peserta
didik untuk berdoa bersama.
|
Peserta didik melakukan doa bersama dipimpin oleh ketua
kelas.
|
|
·
Guru menanyakan siapa saja peserta didik yang tidak hadir.
|
Peserta didik menjawab teman yang tidak hadir pada jam
pelajaran.
|
||
Tujuan pembelajaran
|
· Guru menyampaikan
tujuan pembelajaran hari ini beserta kompetensi
dasar dan indikator.
|
Peserta didik mendengarkan guru dengan seksama
|
1 menit |
Mengaitkan materi
sebelumnya
|
· Guru menguji pemahaman peserta didik secara lisan
mengenai materi sebelumnya melalui soal
yang ditampilkan
|
Peserta didik yang ditunjuk atau memberanikan diri,
menjawab pertanyaan yang ditampilkan
|
3 menit |
2.
Kegiatan
Inti
No
|
Pendekatan
Saintifik
|
Kegiatan
Guru
|
Kegiatan
Peserta Didik
|
Alokasi
Waktu
|
1.
|
Mengamati
|
Guru membagi peserta didik dalam 4
kelompok
Guru memberikan materi mengenai fungsi
dari organ reproduksi pada pria maupun wanita melalui media power point.
|
Duduk bersama kelompoknya
Diharapkan memperhatikan guru dan
mencatat hal penting berkaitan dengan materi tersebut
|
6 menit
|
2.
|
Menanya
|
Guru
memperlihatkan gambaran kelainan atau penyakit pada sistem reproduksi
|
Peserta didik diharapkan bertanya
mengenai penyebab kelainan dan penyakit itu terjadi.
|
1 menit
|
3.
|
Mencoba/mencari info
|
Guru meminta peserta didik mencari
sendiri jawaban dari pertanyaan tersebut dengan bekerja sama dalam kelompok.
|
Peserta didik dapat mencari informasi
mengenai jawaban pertanyaan tersebut dengan berdiskusi dan berdasarkan
pengalaman-pengalaman yang ada.
|
10 menit
|
4.
|
Menalar
|
Guru meminta tiap kelompok meringkas
hasil diskusi dan menarik kesimpulan.
|
Peserta didik bertukar pendapat dan
menarik kesimpulan melalui metode diskusi dengan cara berkelompok.
Melalui diskusi mengenai kelainan dan
penyakit pada sistem reproduksi manusia, diharapkan dapat merinci upaya apa
saja untuk mencegah dan mengobatinya
|
|
5.
|
Mengkomunikasikan
|
Guru menugaskan perwakilan tiap kelompok
mempresentasikan hasil diskusi.
|
Tiap perwakilan kelompok
mempresentasikan hasil diskusi.
|
3 menit
|
1. Penutup
Kegiatan
|
Kegiatan Guru
|
Kegiatan Peserta
Didik
|
Alokasi Waktu
|
Penutup
|
·
Guru mengklarifikasi hasil diskusi tiap kelompok jika ada kesalahan agar
tidak ada miskonsepsi.
|
Peserta didik mendengarkan penjelasan guru dengan
seksama dan mencatat hal penting.
|
1 menit |
· Guru meminta peserta didik menyimpulkan hasil
pembelajaran hari ini berdasarkan kesimpulan dari tiap-tiap kelompok.
|
Peserta didik mengacungkan tangan dan menyimpulkan
hasil pembelajaran hari ini berdasarkan hasil diskusi dari tiap-tiap
kelompok.
|
||
·
Guru memberikan evaluasi ketercapaian indikator mengenai hasil belajar
hari ini melalui pertanyaan lisan.
|
Peserta didik mengacungkan tangan dan menjawab
pertanyaan tersebut secara lisan.
|
3 menit
|
|
· Guru memberikan penghargaan bagi kelompok yang
mengemukakan kesimpulan dengan benar dan memberikan motivasi bagi peserta
didik lain agar lebih baik lagi ke depannya.
|
Peserta didik mendengarkan guru dengan seksama.
|
1 menit |
|
|
· Guru menyudahi kegiatan pembelajaran dan memberi
salam kepada peserta didik.
|
Peserta didik menjawab salam guru.
|
Penilaian
Kompetensi Inti 3
|
Teknik Penilaian
|
Instrumen
|
Sikap
spiritual
|
Observasi
|
Lembar
observasi
|
Sikap
sosial
|
Observasi
|
·
Lembar observasi
·
Lembar penilaian
antarpeserta didik
|
Pengetahuan
|
Tes
tulis
|
Lisan
|
Keterampilan
|
Observasi
|
Lembar
penilaian performa saat berdiskusi
|
Tangerang Selatan, 5 November 2015
Mengetahui,
Kepala SMAN 1 Tangerang Selatan Guru Biologi Kelas XI
NIP.195905091984021001 NIP.199408222014021001
No comments:
Post a Comment