Konten
Representasi (Core)
|
|||
Pertimbangan
|
Ide Besar A
|
Ide Besar B
|
Ide Besar C
|
|
Organ
reproduksi pada manusia meliputi organ reproduksi dalam dan organ reproduksi
luar
|
Manusia
melakukan reproduksi untuk melestarikan keturunannya melalui suatu sistem
yang disebut sistem reproduksi
|
Sistem
reproduksi manusia dapat mengalami gangguan baik disebabkan oleh kelainan
maupun penyakit
|
Mengidentifikasi
tujuan pembelajaran bagi siswa dalam pelajaran ini.
|
Peserta
didik harus mengidentifikasi organ reproduksi dalam dan organ reproduksi luar
pada pria dan wanita
Organ
reproduksi dalam :
Pria
: testis, saluran pengeluaran, dan kelenjar asesoris
Wanita
: ovarium, oviduk, uterus, vagina
Organ
reproduksi luar :
Pria
: penis dan skrotum
Wanita
: vulva, labium mayor, labium minor, klitoris
|
Peserta
didik harus memahami fungsi tiap organ pada sistem reproduksi.
·
Pada wanita akan menghasilkan sel
telur melalui proses oogenesis
·
Pada pria akan menghasilkan
sperma melalui proses spermatogenesis
|
Peserta
didik harus mengetahui apa saja kelainan dan penyakit pada sistem reproduksi
·
Kelainan : gangguan menstruasi
pada wanita
·
Penyakit :
-
Pria : Hipogonadisme,
Kriptorkidisme, Uretritis, dll.
-
Wanita : kanker genitalia,
Endometriosis, inveksi vagina
|
Mengapa penting bagi siswa untuk mengetahui konten
ini?
[Pengetahuan
kurikulum]
|
Organ
reproduksi dalam dan organ reproduksi luar tidak terpisah satu dengan
lainnya, melainkan saling berhubungan.
·
Organ reproduksi dalam
Pria : menghasilkan sperma
Wanita : menghasilkan sel telur
·
Organ reproduksi luar sebagai
alat senggama
|
Dalam
oviduk, oosit sekunder yang mengandung ovum dibuahi oleh sel sperma yang
disebut fertilisasi atau pembuahan.
|
Baik
pria maupun wanita perlu menjaga kesehatan organ-organ reproduksinya.
Kesehatan organ-organ reproduksi perlu diperhatikan agar fertilitas
(kesuburan) tetap terjaga sehingga dapat menghasilkan keturunan
|
Mengidentifikasi potensi kesulitan siswa dan
keterbatasan yang terkait dengan mengajar ide ini.
[Pengetahuan
siswa sebagai peserta didik]
|
Menunjukkan
secara gamblang gambaran organ-organ reproduksi manusia baik pada pria maupun
wanita
|
·
Membedakan fungsi-fungsi dari
tiap organ reproduksi pria maupun wanita
·
Kekeliuran pada sistematika
pembentukan sel kelamin
·
Kesalahan membaca grafik siklus
menstruasi pada wanita
|
Memberi
pengertian pada peserta didik mengenai bahaya penyakit yang menyerang sistem
reproduksi serta pentingnya menjaga kesehatan organ-organ reproduksi
|
Mengidentifikasi pengetahuan siswa yang mempengaruhi
pengajaran ide ini.
[Pengetahuan
siswa sebagai peserta didik]
|
Pentingnya
membuat hubungan antara pemahaman peserta didik terhadap kebutuhan konsep
reproduksi dalam mata pelajaran Biologi
|
Studi
literasi keterkaitan antara struktur organ reproduksi dengan fungsinya
·
Mempelajari pembentukan sel
kelamin. Pembentuka sel sperma pada pria dan pembentukan sel telur pada
wanita
·
Mempelajari siklus menstruasi dan
ovulasi yang terjadi pada wanita
·
Setelah terjadi pembuahan
(bertemunya sel perma dan sel telur), zigot akan diimplantasikan pada
endometirum uterus yang disebut gestasi (kehamilan)
|
Observasi
kejadian nyata di sekitar siswa mengenai kelainan dan penyakit pada sistem
reproduksi
Observasi
upaya apa saja yang dapat mencegah maupun mengobati kelainan dan penyakit
pada sistem reproduksi
|
Strategi pengajaran dan representasi
diimplementasikan dan alasan tertentu untuk menggunakan strategi ini untuk
melibatkan para siswa dengan ide ini.
[Pengetahuan
tentang strategi instruksional dan representasi]
|
Meninjau
struktur organ reproduksi berdasarkan gambar
|
Meninjau
kepentingan mempelajari sistem reproduksi bagi kehidupan tiap peserta didik
|
Meninjau
kepentingan mempelajari kelainan dan penyakit pada sistem reproduksi manusia
bagi kelangsungan hidup peserta didik
·
Memahami secara teori upaya
mencegah terjadinya kelainan atau penyakit pada sistem reproduksi
|
Mengidentifikasi cara memastikan bahwa konsep siswa
diajarkan.
[Pengetahuan tentang Penilaian]
|
Mempertanyakan
siswa :
Meminta
peserta didik menggambarkan organ reproduksi tanpa merasa itu suatu hal yang
tabu
|
Menilai
ketepatan peserta didik :
·
Pemahaman peserta didik mengenai
keterkaitan struktur organ reproduksi dan fungsinya
·
Pemahaman peserta didik
menjelaskan secara urut proses pembentukan sel kelamin pada pria dan wanita
·
Pemahaman peserta didik
menjelaskan grafik siklus menstruasi
·
Pemahaman peserta didik
menjelaskan fertilisasi, gestasi, persalinan, dan manfaat pemberian ASI
|
Memastikan
peserta didik menerapkan upaya menjaga kesehatan organ reproduksi agar
terhindar dari kelainan atau penyakit pada sistem reproduksi
Memastikan
peserta didik memeriksakan dan memperhatikan organ-organ reproduksi sejak
dini
|
CoRe (Core Representation) Sistem Reproduski
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
No comments:
Post a Comment