Konten Representasi (CORE) SISTEM PENCERNAAN


Konten Representasi (CORE)
Pertimbangan
Ide Besar A
Ide Besar B
Ide Besar C
Ide Besar D

Nutrisi pada tubuh manusia berasal dari makanan seperti karbohidrat,protein, lemak, vitamin dan air
Sistem pencernaan adalah proses pengubahan ukuran makanan dari ukuran kompleks menjadi ukuran yang lebih sederhana secara mekanik ataupun kimia dengan bantuan enzim
Organ-organ yang berperan dalam sistem pencernaan adalah Rongga Mulut, Esofagus, lambung, Usus Halus, Usus Besar, Rektum dan Anus
Gangguan yang terjadi pada sistem pencernaan sering dialami oleh diri sendiri dari makanan yang tidak diterima oleh tubuh atau kurangnya asupan nutrisi yang cukup
Mengidentifikasi tujuan pembelajaran bagi siswa dalam pelajaran ini.
Peserta didik dapat menjelaskan nutrisi yang dibutuhkan tubuh manusia

· Manfaat karbohidat sebagai sumber energi
· Protein sebagai nutrisi pertumbuhan
· Lemak sbg cadangan energi dan pelindung tubuh dari lingkungan
· Vitamin merupakan senyawa organik esensial
· Air merupakan pelarut senyawa yang dibutuhkan oleh tubuh
Peserta didik didapat menjelaskan sistem pencernaan

· Sistem pencernaan manusia dibagi menjadi dua secara mekanik dan kimia
· Sistem pencernaan mekanik terjadi prngoyakan makanan pada gigi dgn bantuan lidah dan peremasan dilambung
· Sistem pencernaan kimiawi terjadi dengan bantuan enzim pada saluran pencernaan
Peserta didik dapat menjelaskan mekanisme pencernaan yang terjadi di organ sistem pencernaan

·      Kovum Oris (Rongga mulut) didalamnya terdapat gigi dan lidah
·      Esofagus (saluran menuju lambung)
·      Ventrikulus (Lambung) pemecahan makanan menggunakan enzim
·      Intestinum (Usus Halus) terjadi penyerapan makanan
·      Kolon (Usus Besar) pembusukan sisa makanan
·      Rektum dan Anus Penyimpanan dan pengeluaran feses
Peserta didik dapat menyebutkan kelaianan yang terjadi pada sistem pencernaan

·      Sakit gigi
·      Sakit Maag
·      Apendisitis
·      Konstipasi
·      Laktosa Intoleren
·      Diare






















Mengapa penting bagi peserta didik mengetahui konten ini?
Makan merupakan rutinitas yang dilakukan makhluk hidup. Makan selain menghasilkan rasa kenyang makan dengan makanan yang bergizi diharapkan dapat memberikan manfaat tubuh dengan baik sehingga makanan yang dimakan tidak memberikan dampak jelek untuk tubuh
Sistem pencernaan pengubahan molekul pada makanan yang dilakuakn secara mekanis dan kimia.
·      Memahami pemecahan molekul senyawa makanan yang terjadi diorgan tubuh dengan cara mekanik atau pun dengan bantuan enzim (secara kimiawi)
Pemahaman mengenai sistem pencernaan pada manusia :
· Mendukung proses makan yang dilakukan untuk lebih memilih makan dengan nutrisi yang baik
· Mendukung pemahaman mengenai sistem yang terjadi pada tubuhnya dari Makan – Proses Pencernaan – Defekasi
· Menjelaskan perubahan struktur dan ukuran makanan yang masuk kedalam tubuh dengan makanan yang keluar dari tubun
Pemahaman mengenai kelaianan pada sistem pencernaan manusia :
·     Mendukung peserta didik untuk lebih menjaga kandungan nutrisi yang di masukan kedalam tubuh
·     Mendukung pengetahuan peserta didik mengenai kemungkinan yang terjadi pada organ pencernaan
·     Menjelaskan kepada peserta didik untuk dapat menjaga kebersihan makanan yang  akan masuk kedalam tubuh
Mengidentifikasi potensi kesulitan peserta didik dan keterbatasan yang terkait dengan mengajar ide ini.
[Pengetahuan siswa sebagai peserta didik]
·   Metabolisme pemecahan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh
·   Kemampuan tubuh dalam memakan setiap nutrisi setiap harinya
·   Makanan yang mengandung nutrisi yang baik untuk tubuh
·      Proses pencernaan kimiawi dengan berbagai macam enzim dengan fungsi yang berbeda

·   Proses pencernaan makanan dari makanan masuk ke dalam tubuh hingga makanan keluar dalam bentuk lain dengan serangakaian proses
·   Mekanisme kerja Ventrikulus dan Intestinum dalam proses pencernaan kimiawi yang melibatkan berbagai macam enzim
·    Banyak organ tubuh manusia yang berperan dalam proses pencernaan seperti : Kovum Oris (Gigi dan Lidah)- Esofagus-Ventrikulus-Intestinum-Kolon-Rektum dan Anus dan melibatkan nutrisi yang baik dan cukup (karbohidrat, lemak, protein, vitamin dan air) memungkinkan terjadi penyakit yang terjadi aibat sistem pencernaan ataupuna kibat kekurangan nutrisi yang dapat menghambat sistem pencernaan pada tubuh
Mengidentifikasi pengetahuan siswa yang mempengaruhi pengajaran ide ini.
[Pengetahuan siswa sebagai peserta didik]
·  Pentingnya membuat hubungan antara makanan yang dikonsumsi dengan kandungan nutrisi
·      Membuat hubungan antara konsep dengan kehidupan
·      Mengunyah makanan dengan gigi contoh pencernaan mekanis
·      Menggunakan media inetraksi lain seperti video agar peserta didik dapat menghubungkan konsep dengan kehidupan nyata
·  Menggunakan model seperti torso untuk membuat pemahan manusia atau menggunakan contoh tubuh peserta didik disaat makan
·  Meminta peserta didik untuk menjelaskan organ apa saja yang bereperan dalam sistem pencernaan
·         Menggunakan model torso atau menggunakaan media lain seperti gambar atau video atau menggunakan analisis artikel mengenai penyakit yang kemungkinan terjadi pada sistem pencernaan
Strategi pengajaran dan representasi diimplementasikan dan alasan tertentu untuk menggunakan strategi ini untuk melibatkan para siswa dengan ide ini.
[Pengetahuan tentang strategi instruksional dan representasi]
· Peserta didik membawa berbagai makanan yang menjadi sumber nutrisi (karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan air)
·    Pencernaan mekanis dengan peserta didik mencoba mengunyah makanan pada dirinya sendiri dan melihat bentuk awal makanan sebelum terjadi proses pencernaan mekanis dengan bentuk akhir
·    Proses pencernaan kimia dengan bantuan enzim disajikan dengan menggunakan media yang dikaitkan dalam kehidupan sehari-hari
· Peserta didik akan mengaitkan proses makan yang dilakukan dengan materi pembelajaran
· Peserta didik akan memprediksi bagaimana makanan diproses disetiap organ tubuh manusia sehingga makanan yang masuk dan keluar dan masuk berbeda bentuk
·  Peserta didik dapat mengaitkan meteri proses pencernaan dengan kehidupan sehari-hari
·         Peserta didik dapat menganalisis dari beberapa gejala dan artikel mengenai kelaianan-kelaianan yang terjadi pada sistem pencernaan
·         Peserta didik dapat mengaitkan artikel-artikel yang dilampirkan dalam pengalaman yang pernah terjadi pada peserta didik
Mengidentifikasi cara memastikan bahwa konsep siswa diajarkan.
[Pengetahuan tentang Penilaian
Mempertanyakan peserta didik
·         Meminta penjelasan mengenai nutrisi yang dibutuhkan tubuh
·         Meminta peserta didik menyebutkan sumber nutrisi yang diperlukan
Menilai penjelasan peserta didik:
·   Peserta didik diminta menjelaskan mengenai pencernaan mekanik dan pencernaan kimiawi
·   Peserta didik menjelaskan pencernaan mekanik dengan menghubungkan makanan yang berubah ukuran sebelum di makan dan sesudah dimakan
·   Peserta didik menjelaskan pencernaan kimiawi dengan menghubungkan media (video atau gambar) dengan perubahan bentuk makanan saat dimakan dengan dikeluarkan dari tubuh
Menilai pemahaman peseta didik :
·         Peserta didik diberikan soal-soal untuk mengetahui pemahaman materi yang diterima peserta didik pada materi sistem pencernaan
Menilai analisis artikel mengenai kelainan pada sistem pencernaan :
· Peserta didik mencari artikel mengenai judul yang telah dtentukan dengan tema penyakit pada sistem pencernaan
· Peserta didik diberikan mengenai artikel kelaianan pada sistem pencernaan, lalu peserta didik mencari penyebab dan tanda-tanda penyakit dengan studi refrensi


No comments:

Post a Comment