RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Plantae


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan      : Sekolah Menengah Atas
Mata Pelajaran            : IPA
Kelas / Semester          : X/ Semester II
Sub Materi Pokok       : Plantae
Alokasi Waktu            : 1 x 30 menit



A.      Kompetensi Dasar dan Indikator

1.2    Menyadari dan mengagumi pola pikir ilmiah dalam kemampuan mengamati bioproses
Indikator :
1.2.1    Berdo’a sebelum memulai pembelajaran
1.2.2    Bersyukur atas karunia Tuhan
1.2.3    Memberi salam sebelum dan sesudah memberi pendapat/presentasi
1.2.4   Mengagumi ciptaan Tuhan berupa berbagai jenis tumbuhan yang memiliki peranan penting dalam kehidupan di bumi

2.1    Berperilaku ilmiah: teliti, tekun, jujur terhadap data dan fakta, disiplin, tanggung jawab, dan peduli dalam observasi dan eksperimen, berani dan santun dalam mengajukan pertanyaan dan berargumentasi, peduli lingkungan,  gotong royong, bekerjasama, cinta damai, berpendapat secara ilmiah dan kritis, responsif dan proaktif dalam dalam setiap tindakan dan dalam melakukan pengamatan dan percobaan di dalam kelas/laboratorium maupun di luar kelas/laboratorium
Indikator :
2.1.1    Memiliki rasa ingin tahu
2.1.2   Menunjukkan ketekunan dan tanggungjawab dalam belajar dan bekerja baik secara individu maupun berkelompok
2.1.3   Menghargai pendapat orang lain
2.1.4   Menunjukkan sikap dan perilaku yang arif dalam memanfaatkan berbagai jenis tumbuhan dan menjaga kelestariannya
3.9    Mendeskripsikan ciri-ciri Divisio dalam dunia tumbuhan dan perananya bagi kelangsungan hidup di bumi
Indikator :
3.9.1   Mengidentifikasi ciri-ciri umum plantae
3.9.2   Menjelaskan klasifikasi Bryophyta
3.9.3   Menjelaskan metagenesis Bryophyta
3.9.4   Menjelaskan peranan Bryophyta dalam kehidupan sehari-hari
4.11 Melakukan pengamatan berbagai jenis tumbuhan yang ada di lingkungan sekitar dan mengelompokkan menurut ciri Divisionya dan menyusun laporan
          Indikator :
4.11.1  Menyajikan data tentang morfologi Bryophyta

B.       Tujuan Pembelajaran
1.    Peserta didik mampu mengidentifikasi ciri-ciri umum plantae secara tepat melalui studi pustaka
2.    Peserta didik mampu menjelaskan klasifikasi Bryophyta dengan tepat melalui diskusi kelompok dan studi pustaka
3.    Peserta didik mampu menjelaskan metagenesis Bryophyta dengan tepat melalui diskusi kelompok dan studi pustaka
4.    Peserta didik mampu menjelaskan peranan Bryophyta kehidupan sehari-hari berdasarkan pengalaman dan studi pustaka
5.      Peserta didik mampu menyajikan data morfologi Bryophyta secara tepat berdasarkan pengamatan

C.      Materi Pembelajaran
·      Fakta : Gambar berbagai tumbuhan
·      Konsep
1.    Ciri-ciri umum plantae
2.    Klasifikasi tumbuhan Bryophyta
3.    Contoh tumbuhan Bryophyta
4.    Metagenesis tumbuhan Bryophyta
5.    Manfaat dan peran tumbuhan Bryophyta bagi kelangsungan hidup di bumi
Peta Konsep

Contoh

Membahas Tentang

D.   Metode Pembelajaran
1.    Pendekatan     :   Saintifik
2.   Metode           : ceramah, kajian pustaka, diskusi, eksperimen, penugasan/kerja kelompok
E.   Media, alat, dan sumber pembelajaran
1.      Media              : LCD, laptop, papan tulis, spidol
2.    Sumber            :
(1) Prawihartono, Slamet dan Sri Hidayati. Konsep dan Penerapan Biologi SMA/MA kelas X. Jakarta : PT. Bumi Aksara. 2015
F.    Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan I
1.      Kegiatan Pendahuluan (5 menit)
Kegiatan
Kegiatan Guru
Kegiatan Peserta Didik
Alokasi Waktu
Pendahuluan
·       Guru memberikan salam kepada peserta didik dengan ramah
·   Peserta didik menjawab salam guru dengan ramah
45   detik
·       Guru meminta peserta didik untuk berdoa bersama
·   Peserta didik melakukan doa bersama yang dipimpin oleh ketua kelas
·       Guru mengabsen peserta didik di kelas dengan menanyakan siapa yang tidak hadir pada hari ini (untuk mengefisiensikan waktu)
·   Peserta didik menyebutkan siapa saja yang tidak hadir pada hari ini
15 detik

·         Guru memberikan apersepsi pada peserta didik.Guru menanyakan materi yang sudah dipelajari yang terkait dengan materi yang akan dipelajari, dengan pertanyaan : ”Masih ingatkah kalian tentang Jamur? Apa perbedaan antara jamur  dengan 
tanaman lumut?”
·   Peserta didik menjawab pertanyaan guru.

60 detik
·       Guru memberikan motivasi pada peserta didik . Guru menampilkan gambar tumbuhan lumut
·       Guru memberikan pertanyaan : ”Dari gambar yang kalian amati apa yang dapat kamu simpulkan?

·   Peserta didik menyimak dengan seksama




·   Peserta didik menjawab pertanyaan guru
60 detik
·       Guru menyampaikan KD/ indikator serta tujuan pembelajaran

·   Peserta didik mendengarkan guru.

60 detik
·       Guru membagi peserta didik menjadi 3 kelompok
·   Peserta didik membentuk kelompok
60 detik

2.      Kegiatan Inti (18 menit)

No
Pendekatan Saintifik
Kegiatan Guru
Kegiatan Peserta Didik
Alokasi Waktu
1.
Mengamati
·      Guru menyajikan gambar/video tentang hutan hujan tropis dengan berbagai  jenis tumbuhan yang membentuk strata di dalamnya, atau guru memperagakan beberapa contoh tanaman lumut
·      Guru menjelaskan konten materi
·      Peserta didik mengamati dengan seksama gambar/video yang ditampilkan






·      Peserta didik mengamati dan menyimak penjelasan dari guru.
5 menit
2.
Menanya
·      Guru menstimulus peserta didik untuk bertanya mengenai :
1.    berbagai jenis tumbuhan yang membentuk strata di hutan hujan tropis
2.    cara mengenali nama dan me-ngelompokkan-nya
3.    Ciri-ciri masing-masing tumbuhan lumut
·         Peserta didik diharapkan mengajukan pertanyaan mengenai berbagai jenis tumbuhan dan cara pengelom-pokkannya berdasarkan ciri masing-masing kelompok plantae
2 menit
3.
Mencoba
·         Guru mengarahkan peserta didik melakukan praktikum
·         Guru mengamati dan membimbing  peserta didik
·         Peserta didik melakukan percobaan dan mendiskusikan hasil yang diperolehnya
5 menit
4.
Menalar
·         Guru meminta peserta didik untuk menuliskan hasil diskusi pada lembar kerja siswa (LKS)
·         Peserta didik menuliskan hasil diskusi pada lembar kerja siswa (LKS).
3 menit
5.
Mengkomunikasikan
·         Guru meminta peserta didik untuk menyampaikan hasil diskusinya.
·         Salah satu peserta didik menyampaikan hasil diskusi
3 menit

3.      Kegiatan Penutup (7 menit)

Kegiatan
Kegiatan Guru
Kegiatan Peserta didik
Alokasi Waktu
Penutup
·         Guru bersama peserta didik melakukan refleksi untuk mengevaluasi hasil pembelajaran.
·         Guru memberikan evaluasi dan umpan balik/ konfirmasi mengenai hasil diskusi peserta didik.
·   Peserta didik bersama-sama menyimpulkan hasil pembelajaran hari ini.
·   Peserta didik menyimak penjelasan dan konfirmasi yang berikan oleh guru.
6 menit
·    Guru memberikan apresiasi
kepada semua kelompok dan memberikan penghargaan berupa pujian.
·   Peserta didik ikut
memberikan apresiasi kepada tiap kelompok untuk saling menghargai.
15 detik
·    Guru memberikan tugas individu berupa soal pilihan ganda (PG) dan uraian

·   Peserta didik menyimak dan mencatat tugas yang diberikan guru
30 detik
·    Guru menutup pembelajaran dan memberi salam kepada peserta didik
·   Peserta didik menjawab salam.
15 detik

G. Penilaian
  Teknik dan Bentuk Instrumen
·      Sikap Spiritual
Penilaian diri                    : Lembar penilaian diri
·      Sikap Sosial
Peniaaian antartenan        : Lembar penilaian antar teman
·      Pengetahuan
Tes tulis                            : Pilihan Ganda (PG) dan Uraian
·      Keterampilan
Nontes                              : Portofolio
INSTRUMEN PENILAIAN

·      Sikap Spiritual

INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP SPIRITUAL
(LEMBAR PENILAIAN DIRI)

A.        Petunjuk Umum
1.    Instrumen penilaian sikap spiritual ini berupa Lembar Penilaian Diri.
2.    Instrumen ini mulai diisi peserta didik untuk menilai dirinya sendiri.

B.        Petunjuk Pengisisan
Berdasarkan perilaku kalian selama dua minggu terakhir, nialialah sikap diri kalian dengan memberi tanda centang (v) pada kolom  skor 4, 3, 2, atau 1 pada Lembar Penilaian Diri dengan ketentuan sebagai berikut:
Skor 4 apabila selalu melakukan perilaku yang dinyatakan.
Skor 3 apabila sering melakukan perilaku yang dinyatakan.
Skor 2 apabila kadang-kadang melakukan perilaku yang dinyatakan.
Skor 1 apabila tidak pernah melakukan perilaku yang dinyatakan.
                      
C.        Lembar Penilaian Diri
LEMBAR PENILAIAN DIRI
Nama Peserta Didik           : …..…..
Kelas/Semester                   : ………
Hari/Tanggal Pengisian       : ……....
Tahun Pelajaran                 : ………
Butir Nilai                          : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.





No
Pernyataan
Skor
1
2
3
4
1
Saya berdoa sebelum dan sesudah melakukan sesuatu kegiatan




2
Saya mengucapkan rasa syukur atas segala karunia Tuhan




3
Saya memberi salam sebelum dan sesudah mengungkapkan pendapat di depan umum 




4
Saya dapat mengagumi ciptaan Tuhan berupa berbagai jenis tumbuhan yang memiliki peranan penting dalam kehidupan di bumi




5
Saya mengungkapkan keagungan Tuhan apabila melihat kebesaranNya




Jumlah





Petunjuk Penskoran
Skor akhir menggunakan skala 1 sampai 4
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus


Peserta didik memperoleh nilai :
Sangat Baik           : skor  3,20 – 4,00 (80 – 100)
Baik                       : skor  2,80 – 3,19 (70 – 79)
Cukup                   : skor  2.40 – 2,79 (60 – 69)
Kurang                  : skor <  2.40 (<  60%)




·                Sikap Sosial

INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP SOSIAL
(LEMBAR PENILAIAN ANTARPESERTA DIDIK)

A.      Petunjuk Umum
1.    Instrumen penilaian sikap sosial ini berupa Lembar Penilaian Antarpeserta Didik.
2.    Instrunen ini dimulai diisi peserta didik untuk menilai pesertadidik lain/temannya.

B.     Petunjuk Pengisian
Berdasarkan perilaku teman kalian selama dua minggu terakhir, nialialah sikap temanmu dengan memberi tanda centang (v) pada kolom  skor 4, 3, 2, atau 1 pada Lembar Penilaian Antarpeserta Didik dengan ketentuan sebagai berikut:
Skor 4 apabila selalu melakukan perilaku yang dinyatakan.
Skor 3 apabila sering melakukan perilaku yang dinyatakan.
Skor 2 apabila kadang-kadang melakukan perilaku yang dinyatakan.
Skor 1 apabila tidak pernah melakukan perilaku yang dinyatakan.
                      
C.      Lembar Penilaian Antarpeserta Didik

LEMBAR PENILAIAN ANTARPESERTA DIDIK
Nama Teman                      : …..…..
Kelas/Semester                   : ………
Hari/Tanggal Pengisian       : ……....
Tahun Pelajaran                  : ………
Butir Nilai                          : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
No
Sikap
Pernyataan
Skor
4
3
2
1
1
Jujur
Temanku menyampaikan informasi sesuai dengan fakta yang ada




2
Disiplin
Temanku masuk kelas tepat waktu




Temanku mengumpulkan tugas tepat waktu




Temanku memakai seragam sesuai tata tertib




Temanku mengerjakan tugas yang diberikan




Temanku tertib dalam mengikuti pembelajaran




Temanku membawa buku tulis sesuai mata pelajaran




Temanku membawa buku teks mata pelajaran




3
Tanggung Jawab
Temanku melakukan tugas-tugas dengan baik




Temanku berani mengambil keputusan secara cepat dan bisa dipertanggungjawabkan




4

Toleransi, peduli, santun
Temanku menghormati  perbedaan pendapat




Temanku menghormati teman yang berbeda suku, agama, ras, budaya, dan gender




Temanku menerima kekurangan orang lain




Temanku memaafkan kesalahan orang lain




Temanku dapat menunjukkan sikap dan perilaku yang arif dalam memanfaatkan berbagai jenis tumbuhan dan menjaga kelestariannya




5
Percaya diri
Temanku berani berpendapat, bertanya, atau menjawab pertanyaan di hadapan guru dan teman-temannya.




Jumlah




Penskoran
(Lihat penskoran pada penilaian diri sikap spiritual!)


·      Pengetahuan
Pilihan Ganda
Indikator
No.
Soal
Soal
Kunci Jawaban
Skor
3.9.1     
Mengidentifi-kasi ciri-ciri umum plantae

1
Perhatikan ciri-ciri organisme berikut.
1.   Multiseluler eukariotik
2.   Uniseluler eukariotik
3.   Multiseluler prokariotik
4.   Dinding sel dari selulosa
5.   Dinding sel dari zat kitin
6.   Telah memiliki organ tubuh
Yang merupakan ciri dunia tumbuhan adalah…..
A.    1,4,dan 5
B.     1, 4, dan 6
C.     2,4, dan 6
D.    2,5, dan 6
E.     3,5 dan 6
B
5
3.9.2 Menjelaskan klasifikasi Brophyta

2
Penyebab lumut hati termasuk lumut berumah dua adalah?
a.     Dalam satu individu terdapat dua macam spora
b.     Setiap individu hanya menghasilkan satu macam gamet
c.     Gamet jantan dan betina terdapat dalam satu individu
d.    Spora yang dihasilkan berbeda jenis dan ukurannya
e.     Lumut hati mempunyai anteridium dan arkegonium
E
5
3.9.3
Menjelaskan metagenesis Bryophyta
3
Berikut ini merupaka tahapan metagenesis lumut :
1.      Spora
2.      Sel gamet
3.      Tumbuhan lumut
4.      Alat kelamin
5.      Zigot
6.      Sporangium
7.      Protonema
Urutan tahapan metagenesis tumbuhan lumut yang benar adalah…….
a.       1-2-3-4-5-6-7
b.      1-3-7-4-5-2-6
c.       1-7-3-4-2-5-6
d.      5-7-3-1-2-4-6
e.       7-5-4-6-2-1-3
C
5

4
Pernyataan yang benar tentang lumut adalah……
a.       Gametofit lebih dominan dibanding sporofit
b.      Sporofit lebih dominan disbanding gametofit
c.       Gametofit berkromosom diploid (2n)
d.      Sporofit berkromosom haploid (n)
e.       Protonema berkromosom diploid (2n)
A
5
3.9.4
Menjelaskan peranan Bryophyta dalam kehidupan sehari-hari
5
Tumbuhan lumut yang dimanfaatkan sebagai tumbuhan obat adalah…..
a.       Sphagnum palustre
b.      Marchantia polymorpha
c.       Nothoceros
d.      Ricciocarpus natans
e.       Polytrichum commune
B
5

Uraian
Indikator
No.
Soal
Soal
Kunci Jawaban
Skor
3.9.2 Menjelaskan klasifikasi Brophyta

1
Jelaskan klasifikasi tumbuhan Bryophyta !
Klasifikasi Bryophyta dibedakan menjadi 3 kelas :
(1)       Musci atau Bryopsida (lumt daun). Memiliki organ yang menyerupai akar, batang dan daun,akar lumut terdiri atas selapis sel yang bersekat-sekat, disebut rhizoid. Contoh : Sphagnum sp.
(2)       Hepaticeae atau Hepaticopsida (lumut hati). Tumbuhan hijau kecil berbentuk seperti lembaran daun yang bercabang-cabang. Pada lumut ini belum ditemukan organ batang. Contoh : Marchantia polymorpha, dan
(3)       Anthocerotaceae (lumut tanduk). Menyerupai lumut hati, tetapi dapat dibedakan melalui sporofitnya yang membentuk kapsul memanjang yang tumbuh seperti tanduk dari gametofitnya. Contoh : Anthoceros laevis
25
3.9.3
Menjelaskan metagenesis Bryophyta
2
Gambarkan metagenensis Bryophyta !
30
3.9.4
Menjelaskan peranan Bryophyta dalam kehidupan sehari-hari
3
Jelaskan peranan Bryophyta dalam kehidupan sehari-hari !
Peranan Bryophyta dalam kehidupan sehari-hari :
meningkatkan kemampuan hutan untuk menahan air, sebagai tempat hidup beberapa invertebrate, media perkecam-bahan beberapa biji tumbuhan tinggi, memper-lembap batang pohon sehingga pertumbuhan anggrek menjadi lebih baik, bahan obat misalnya Marchantia polymorpha, Sphagnum digunakan sebagai pengganti kapas untuk pembalut, dan beberapa digunakan sebagai biokatali-sator pencemaran lingkungan
20




















·           Keterampilan
PENILAIAN PORTOFOLIO

Mata Pelajaran          :                                                           Alokasi Waktu            :
Kompetensi Dasar    :                                                           Nama Peserta Didik    :
Indikator                   :                                                           Kelas/Semester            :
No
Aspek yang dinilai
Skor (1-10)
1
Perencanaan :
a.    Persiapan praktikum

2
Pelaksanaan :
a.    Ketepatan penggunaan alat dan bahan
b.    Kedisiplinan
c.    Keselamatan Kerja
d.   Keakuratan Sumber Data/Informasi
e.    Penarikan Kesimpulan

3
Laporan
a.    Ketepatan jawaban pertanyaan diskusi
b.    Presentasi

Jumlah















LEMBAR KERJA SISWA (LKS)
Tumbuhan Bryophyta

A.  Kompetensi Dasar
4.11. Melakukan pengamatan berbagai jenis tumbuhan yang ada di lingkungan sekitar dan mengelompokkan menurut ciri Divisionya serta menyusun laporan
B. Tujuan
     Mengamati struktur tumbuhan lumut (Bryophyta)
C. Landasan Teori
Tumbuhan merupakan organisme eukariotik (memiliki membrane inti sel), multiseluler (bersel banyak), memiliki akar batang, dan daun, memiliki dinding sel yang mengandung selulosa, pada umumnya memiliki klorofil a dan b sehingga dapat melakukan fotosintesis serta dapat menyimpan cadangan makanan.
Tumbuhan tidak berpembuluh, meliputi tumbuhan lumut
Tumbuhan lumut  merupakan sekumpulan tumbuhan kecil yang termasuk dalam Bryophytina (dari bahasa Yunani bryum, "lumut"). Tumbuhan ini sudah menunjukkan diferensiasi tegas antara organ penyerap hara dan organ fotosintetik namun belum memiliki akar dan daun sejati. Kelompok tumbuhan ini juga belum memiliki pembuluh sejati. Alih-alih akar, organ penyerap haranya adalah rizoid (harafiah: "serupa akar"). Daun tumbuhan lumut dapat berfotosintesis. Tumbuhan lumut merupakan tumbuhan pelopor, yang tumbuh di suatu tempat sebelum tumbuhan lain mampu tumbuh. Ini terjadi karena tumbuhan lumut berukuran kecil tetapi membentuk koloni yang dapat menjangkau area yang luas. Jaringan tumbuhan yang mati menjadi sumber hara bagi tumbuhan lumut lain dan tumbuhan yang lainnya..
Berdasarkan perbedaan bentuk tubuh, dan perkembangan sporogoniumnya, divisi Bryophyta dibedakan menjadi 3 kelas, yaitu :

7.    Hepaticeae (lumut hati)
Ciri-ciri morfologi gametofit Hepaticeae : Bentuk tubuh berupa lembaran dan banyak lekukan atau tepi bercuping (membelah dua), memiliki struktur serupa akar (rizoid), batang  dan daun (filoid), mempunyai urat daun.

2.    Musci atau Bryopsida (lumut daun)
Ciri-ciri morfologi Musci : Memiliki daun semu (filoid) dan batang semu (kauloid) yang tumbuh tegak. Pada bagian ujung batang terdapat pembentuk sl kelamin (antheridium dan archegonium), mempunyai akar semu  (rizoid) untuk menempl pada tempat hidupnya, musci yang hidup di tempat yang berair banyak tidak memiliki kutikula yang tebal, agar tidak terjadi penguapan secara berlebihan, sporofit dan gametofit menyatu, lumut daun bersifat homotalik dan heterotalik.

3.    Anthocerotaceae (lumut tanduk)
Ciri-ciri lumut tanduk antara lain sebagai berikut: Gametofit berbentuk lembaran yang bertoreh, gametofit dan sporofit menyatu, gametangia( antheridium dan archegonium) terdapat dalam lekukan  pada sisi dorsal.

D. Alat dan Bahan:
·         Lup/kaca pembesar
·         Alat tulis
·         Tumbuhan lumut

E. Langkah Kerja:
·         Siapkan alat dan bahan yang akan digunakan
·         Amati dengan seksama struktur tumbuhan lumut, mulai dari akar, batang dan daun
·         Tulislah hasil pengamatan pada tabel



F. Hasil Pengamatan
No
Bagian yang diamati
Hasil Pengamatan
Gambar
Keterangan
1
Akar


2
Batang


3
Daun



G. Pertanyaan untuk Diskusi
1.      Berdasarkan pengamatan kalian, bagaimana struktur morfologi tumbuhan lumut?




2.      Apa nama bagian tubuh yang menyerupai akar pada lumut?




3.      Dilindungi oleh apakah spora pada lumut?




Konten Representasi (CORE)





No comments:

Post a Comment