Konten Representasi (CORE)
|
|||
Pertimbangan
|
Ide Besar A
|
Ide Besar B
|
Ide Besar C
|
Ekosistem merupakan suatu sistem dimana terjadi hubungan
(interaksi), baik yang berupa makhluk hidup maupun tak hidup.
|
Interaksi antarkomponen biotik dapat terjadi antar
spesies yang sama maupun spesies yang berbeda.
|
Interaksi antara komponen biotik dengan komponen abiotik dapat mengakibatkan aliran
energy dan daur biogeokimia.
|
|
Mengidentifikasi tujuan pembelajaran bagi siswa dalam pelajaran ini.
|
Siswa harus mengetahui tentang:
• ekosistem
• komponen biotik
•komponen abiotik.
|
Siswa harus memahami konsep:
• interaksi yang timbul dari ekosistem
• macam –macam interaksi
• akibat dari interaksi tersebut.
|
Siswa harus memahami konsep :
• aliran energi
• produktivitas
|
Mengapa penting bagi siswa untuk mengetahui konten ini?
[Pengetahuan kurikulum]
|
Ekosistem merupakan komponen penting dalam alam semesta
• adanya interaksi antara makhluk hidup .
• pengelompokan komponen ekosistem
|
Interaksi antar komponen biotik:
• mengakibatkan rantai makanan dan jaring makanan
• untuk pertahanan hidup
|
Aliran energi:
• menghasilkan ion – ion, senyawa dan molekul yang di
butuhkan untuk berlangsungnya kehidupan
|
Mengidentifikasi potensi kesulitan siswa dan keterbatasan yang terkait
dengan mengajar ide ini.
[Pengetahuan siswa sebagai peserta didik]
|
ekosistem:
• membedakan konsep mengenai ekosistem, komunitas,
populasi, etc
|
Interaksi makhluk hidup:
•membedakan perbedaan rantai makanan dan jaring-jaring
makanan.
|
Aliran energi: menjelaskan
kembali siklus:
• daur biogeokimia
• daur karbon
• daur nitrogen
·
Daur fosfor
·
Daur
belerang
·
Daur air
|
Mengidentifikasi pengetahuan siswa yang mempengaruhi pengajaran ide ini.
[Pengetahuan siswa sebagai peserta didik]
|
• mengetahui tingkatan organisasi kehidupan mulai dari
yang kompleks sampai ke yang sederhana atau sebaliknya ( biosfer àekosistemà komunitasà populasi…dan seterusnya)
|
• Membuat hubungan antara konsep dan siswa sebelum pengetahuan dan
pengalaman hidup:
o melalui pengamatan lingkungan tempat tinggalnya atau sekolah
o dibawa langsung ke lingkungan luar dapat membantu siswa
memahami dan tidak jenuh karena tidak belajar hanya di ruang kelas.
|
• menggunakan media dua atau tiga dimensi untuk
menggambarkan lingkungan.
• Meminta siswa untuk mengelompokkan macam-macam
komponen ekosistem di dalamnya dan jenis interaksinya.
|
Strategi pengajaran dan representasi diimplementasikan dan alasan
tertentu untuk menggunakan strategi ini untuk melibatkan para siswa dengan
ide ini.
[Pengetahuan tentang strategi instruksional dan representasi]
|
• siswa mengelomokkan berbagai makhluk hidup yang di
temukan ke dalam jenis komponen penyusun ekosistem.
Identifikasi gambar
Tersedia gambar ekosistem sawah, sungai dan
ladang/hutan.
|
Interaksi biotik dan abiotik
• Gunakan gambar sebagai acuan untuk identifikasi interaksi yang terjadi.
• tulis di buku catatan
Diskusi kelompok:
•menjelaskan masalah yang timbul jika ekosistem tidak
seimbang
|
Diskusi kelompok
Siswa:
1. Siswa mencari info tentang masalah yang timbul dari ketidakseimbangan
ekosistem
2. semua info yang mendukung di diskusikan mana yang paling
relevan
3. catat semua hasil diskusi
4. utarakan dengan antar kelompok
5. Siswa berbagi penjelasan dan
menerima umpan balik dari rekan-rekan dan guru.
|
Mengidentifikasi cara memastikan bahwa konsep siswa diajarkan.
[Pengetahuan tentang Penilaian]
|
Mempertanyakan siswa:
• meminta siswa menjelaskan apa itu
ekosistem, komponen penyusunnya serta interaksi yang terjadi
|
Menilai akurasi penjelasan mahasiswa:
• penjelasan siswa tentang ekosistem
sesuai dengan gambar yang tersedia
• komponen di dalamnya di kelompokkan sesuai jenisnya dan
interaksi yang terjadi sesuai dengan kondisi sebenarnya
|
Menilai akurasi prediksi siswa untuk menentukan pemahaman siswa:
• prediksi masalah yang tejadi.
• prediksi dampak dari masalah tersebut.
|
Konten Representasi (CORE) Komponen Ekosistem
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
No comments:
Post a Comment