Konten Representasi (CORE) Plantae

Konten Representasi (CORE)
Pertimbangan
Ide Besar A
Ide Besar B
Ide Besar C
Ciri umum divisi dalam kingdom plantae
Klasifikasi Bryophyta (tumbuhan lumut)
Metagenesis Bryophyta
Mengidentifikasi tujuan pembelajaran bagi siswa dalam pelajaran ini.
Peserta didik mengetahui ciri umum divisi dalam kingdom tumbuhan (plantae) :
·      Ciri-ciri tubuh
·      Cara hidup
·      Habitat
·      Reproduksi tumbuhan
Peserta didik mampu menjelaskan klasifikasi Bryophyta:
·      Bentuk tubuh
·      Perkembangan sporangium
Peserta didik mampu menjelaskan metagenesis Bryophyta:
·      Reproduksi secara aseksual (vegetatif) dan reproduksi secara seksual (generatif)
·      Generasi sporofit dan gametofit pada tumbuhan lumut
Mengapa penting bagi siswa untuk mengetahui konten ini?
[Pengetahuan kurikulum]
·      Dengan mengetahui ciri umum divisi dalam kingdom plantae, peserta didik dapat membedakan dengan kingdom lain
·      Mengetahui peranan tumbuhan dalam kelangsungan kehidupan di bumi


Untuk mengetahui klasifikasi Bryophyta :
·      Bryophyta -> peralihan antara Thallophyta atau tumbuhan bertalus dengan Cormophyta atau tumbuhan berkosmus. Klasifikasi : Hepaticopsida (lumut hati), Anthoceropsida (lumut tanduk), Bryopsida (lumut daun)
Penting mengetahui metagenesis pada tumbuhan Bryophyta Pada lumut, metagenesis terjadi antara generasi gametofit yang berkromosom haploid (n) dengan generasi saprofit yang berkromosom diploid (2n)
·      Pada tumbuhan lumut, bentuk gametofit lebih dominan.
Mengidentifikasi potensi kesulitan siswa dan keterbatasan yang terkait dengan mengajar ide ini.
[Pengetahuan siswa sebagai peserta didik]
Membedakan kingdom plantae dengan kingdom lainnya, misalnya fungi 
Kesulitan pada klasifikasi tumbuhan ini adalah karena banyaknya pengelompokkan pada tumbuhan lumut dan paku, serta sulitnya mengingat nama ilmiah
·      Kurangnya pengetahuan peserta didik mengenai fase vegetatif dan fase generatif
Mengidentifikasi pengetahuan siswa yang mempengaruhi pengajaran ide ini.
[Pengetahuan siswa sebagai peserta didik]
Pentingnya membuat keterkaitan antara tumbuhan dan peranan dalam kelangsungan kehidupan di bumi 
·      Menampilkan video/gambar hutan hujan tropis  pada beberapa strata tumbuhan, kemudian peserta didik mengidentifikasi jenis tumbuhan yang tumbuh pada setiap strata di hutan hujan tropis
Mengaitkan hubungan antara konsep dengan pengetahuan awal peserta didik :
·      Menampilkan gambar tumbuhan lumut
Membuat hubungan antara konsep dan pengalaman peserta didik
·      Meminta peserta didik  untuk membuat bagan daur hidup tumbuhan lumut
Strategi pengajaran dan representasi diimplementasikan dan alasan tertentu untuk menggunakan strategi ini untuk melibatkan para siswa dengan ide ini.
[Pengetahuan tentang strategi instruksional dan representasi]
Menampilkan gambar/video agar peserta didik lebih mudah memahami keterkaitan tumbuhan dan peranan  dalam kelangsungan kehidupan di bumi
Membagikan Lembar Kerja Siswa (LKS) dan meminta peserta didik melakukan pengamatan mengenai tumbuhan lumut, kemudian mendiskusikan hasilnya secara berkelompok. Hal ini bertujuan memperdalam pemahaman peserta didik melalui pengamatan
·      Peserta didik membuat bagan daur hidup tumbuhan lumut, kemudian menjelaskan di depan kelas. Ini bertujuan agar peserta didik lebih memahami apabila penjelasan disampaikan oleh teman sebaya
·      Guru melakukan klarifikasi
Mengidentifikasi cara memastikan bahwa konsep siswa diajarkan.
[Pengetahuan tentang Penilaian]
Mempertanyakan peserta didik:
·      Meminta peserta didik menjelaskan ciri-ciri umum tumbuhan dan pentingnya tumbuhan dalam kehidupan
Meminta peserta didik menjelaskan klasifikasi tumbuhan:
·      Penjelasan peserta didik tentang klasifikasi tumbuhan lumut
Menilai akurasi prediksi peserta didik untuk menentukan pemahaman peserta didik:
·      Prediksi metagenensis tumbuhan lumut


No comments:

Post a Comment