RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP



Satuan Pendidikan    : SMP
Mata Pelajaran          : IPA TERPADU
Kelas/Semester          : VII/1
Materi Pokok             : KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP
Pertemuan                 : 1
Alokasi Waktu           : 30 menit (1 x pertemuan)

A.    KOMPETENSI INTI
KI 1.    Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya
KI 2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI 3.    Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
KI 4.    Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan,mengurai, merangkai, memodifikasi,dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori


B.     KOMPETENSI DASAR

1.1   Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya
2.1  Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan dan berdiskusi
3.3  Memahami prosedur pengklasifikasian makhluk hidup dan benda-benda tak-hidup sebagai bagian kerja ilmiah, serta mengklasifikasikan berbagai makhluk hidup dan benda-benda tak-hidup berdasarkan ciri yang diamati
4.3  Mengumpulkan data dan melakukan klasifikasi terhadap benda-benda, tumbuhan, dan hewan yang ada di lingkungan sekitar


C.    INDIKATOR
1.      Mengidentifikasi variasi pada makhluk hidup
2.      Menjelaskan pengertian klasifikasi makhluk hidup
3.      Menjelaskan tujuan dan manfaat klasifikasi makhluk hidup
4.      Mengklasifikasikan makhluk hidup berdasarkan ciri-ciri yang dimiliki.


D.    TUJUAN PEMBELAJARAN
1.      Peserta didik dapat menjelaskan pengertian klasifikasi makhluk hidup
2.      Peserta didik dapat menjelaskan alasan mengapa makhluk hidup perlu diklasifikasikan
3.      Peserta didik dapat menjelaskan tujuan dan manfaat klasifikasi makhluk hidup
4.      Peserta didik dapat menjelaskan dasar yang dipakai dalam mengklasifikasikan makhluk hidup
5.      Peserta didik mampu mengklasifikasikan makhluk hidup berdasarkan ciri-ciri yang dimiliki

E.     MATERI PEMBELAJARAN
Keanekaragaman adalah ciri utama kehidupan. Para ahli biologi sudah mengidentifikasi dan memberi nama sekitar 1,5 juta spesies termasuk di dalamnya lebih dari 260.000 tumbuhan, hampir 50.000 vertebrata, dan lebih dari 750.000 serangga. Ribuan spesies yang baru ditemukan menambah daftar tersebut setiap tahunnya.
Diperkirakan jumlah totalnya adalah 5 juta sampai lebih dari 100 juta. Dalam satu negara sering pula dijumpai spesies hewan atau tumbuhan memiliki nama daerah berbeda, misalnya pisang di Jawa Tengah dikenal dengan gedang, di Jawa Barat disebut dengan cau, sedang gedang di Jawa Barat yang dimaksud adalah pepaya.
Makhluk hidup di dunia ini sangat beragam. Hal ini mendorong para ahli mencari cara untuk mempelajarinya, yaitu dengan menggunakan suatu sistem tertentu yang disebut klasifikasi. Klasifikasi makhluk hidup adalah suatu cara mengelompokkan makhluk hidup berdasarkan kesamaan ciri yang dimiliki. Perbedaan antarindividu yang masih satu jenis disebut variasi.

1) Tujuan dan manfaat klasifikasi
Klasifikasi bertujuan menyederhanakan objek studi makhluk hidup yang sangat beraneka ragam, sehingga akan lebih mudah dalam mempelajarinya. Adapun manfaatnya adalah:
a. Untuk penelitian lebih lanjut sehingga makhluk hidup yang telah dikenal melalui klasifikasi dapat dimanfaatkan.
b. Untuk dipelajari agar dapat melestarikan keanekaragaman hayati dimasa mendatang.
c. Untuk mengetahui hubungan antara organisme satu dengan lainnya.

Manfaat lain yang diperoleh dalam mempelajari keanekaragaman makhluk hidup, antara lain memahami ciri-ciri setiap makhluk hidup, mengetahui peran setiap makhluk hidup,
dan dapat mengetahui manfaatnya bagi manusia.

2) Prosedur pengklasifikasian makhluk hidup
Pengelompokan makhluk hidup dilakukan berdasarkan persamaan dan perbedaan ciri-ciri yang dimiliki berbagai makhluk hidup tersebut. Jika ada beberapa jenis hewan dan tumbuhan yang akan dikelompokkan, maka hewan yang memiliki persamaan ciri, dijadikan satu kelompok. Misalnya domba dan sapi satu kelompok mamalia karena memiliki persamaan ciri, yakni memiliki rambut pada kulitnya, dan hewan betinanya memiliki kelenjar susu. Suatu kelompok akan terbentuk dari berbagai jenis hewan yang memiliki persamaan ciri tubuh. Hewan yang memiliki ciri berbeda membentuk kelompok lain. Langkah selanjutnya pemberian nama untuk setiap kelompok makhluk hidup.

3) Tata nama makhluk hidup
Menurut para sainstis khususnya biologis, nama memiliki arti yang penting. Nama sangat berfungsi dalam hal penyampaian informasi, selain itu juga untuk memudahkan penelusuran dalam hal lokasi ditemukannya makhluk hidup itu. Contoh: Bos javanicus menunjukkan lokasi ditemukannya spesies tersebut. Nama (nama ilmiah) juga dapat menunjukkan siapa penemu spesies tersebut, dan juga karakteristik dari spesies yang ditemukan. Contoh Solanum nigrum menunjukkan karakteristik dari spesies tumbuhan tersebut yang memiliki buah berwarna hitam.
Semua naskah ilmu pengetahuan hingga abad ke-18 masih menggunakan bahasa Latin sebagai bahasa para ilmuwan, Pemberian namanyapun masih panjang-panjang (polinomial) contoh “Sambucus caule arboreo ramose floribus umbellatis” yang artinya tumbuhan Sambucus dengan batang berkayu yang bercabang-cabang dengan bunga berbentuk payung. Namun sejak Carolus Linnaeus (1707-1778) memperkenalkan sistem penulisan baru, polinomial diubah menjadi binomial dan hingga kini masih dipergunakan. Prinsip utama binomial Carolus Linnaeus bagi tumbuhan maupun hewan dan mikroorganisme lainnya adalah:
a. Menggunakan bahasa Latin.
b. Menggunakan kategori.
c. Menggunakan dua kata.

Contoh Panthera pardus, Zea mays, Amoeba proteus, Entamoeba coli dan lain-lain. Selain nama ilmiah yang diberikan para ahli, juga dikenal nama daerah (nama biasa) yang berbeda sesuai dengan nama dan bersifat setempat atau lokal (local name). Namun nama lokal belum dapat dijadikan patokan. Oleh karena itu disusunlah nama ilmiah yang diatur oleh ICBN (International Code of Botanical Nomenclature) untuk tumbuhan, dan ICZN (International Code of Zoological Nomenclature) untuk hewan.
Dalam pengelompokan dan pemberian nama makhluk hidup didasarkan pada ciri-ciri yang dimiliki, dan diterapkan sistem-sistem tertentu sehingga muncul istilah sistematika. Sampai saat ini dikenal 3 (tiga) sistem klasifikasi yaitu:
a.       Sistem alami; takson yang terbentuk merupakan anggota-anggota yang sewajarnya diklasifikasikan dalam satu kelompok seperti dikehendaki oleh alam, terutama berdasarkan ciri-ciri morfologinya.
b.       Sistem artifisial; pengelompokan berdasarkan tujuan praktis, misalnya tumbuhan obat-obatan.
c.       Sistem filogenetis; pengelompokan berdasarkan jauh dekatnya kekerabatan dan urutan perkembangan makhluk hidup menurut sejarah filogenetiknya. Muncul setelah berkembangnya teori evolusi.
                                    Makhluk hidup

Sumber: Biology: Concepts & Connections, 2006
Pengelompokan makhluk hidup menurut Whittaker.

Tujuan umum klasifikasi makhluk hidup adalah mempermudah mengenali, membandingkan, dan mempelajari makhluk hidup. Tujuan khusus/lain dari klasifikasi makhluk hidup adalah seperti berikut.
1. Mengelompokkan makhluk hidup berdasarkan persamaan dan perbedaan ciri-ciri yang dimiliki
2. Mendeskripsikan ciri-ciri suatu jenis makhluk hidup untuk membedakannya dengan makhluk hidup dari jenis yang lain
3. Mengetahui hubungan kekerabatan antar makhluk hidup
4. Memberi nama makhluk hidup yang belum diketahui namanya

Dasar-dasar klasifikasi makhluk hidup.
1. Klasifikasi makhluk hidup berdasarkan persamaan dan perbedaan yang dimilikinya.
2. Klasifikasi makhluk hidup berdasarkan ciri bentuk tubuh (morfologi) dan alat dalam tubuh (anatomi).
3. Klasifikasi makhluk hidup berdasarkan manfaat, ukuran, tempat hidup, dan cara hidupnya.

F.     METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan
Scientific

Metode
1.      Tanya jawab
2.      Diskusi kelompok
3.      Studi literature

Model
-          Problem Based Learning (PBL)
-          Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning)

G.    MEDIA PEMBELAJARAN
1.      Media
Powerpoint, video pembelajaran, gambar
2.      Alat
Proyektor, berbagai macam buah dan sayur

H.    SUMBER BELAJAR
-Syamsuri, Istamar, dkk. 2003. IPA Biologi Untuk SLTP Kelas 1. Jakarta : Erlangga. hal.44-46.
- Wahono, dkk. 2013. Ilmu Pengetahuan Alam SMP/MTs Kelas VII Buku Siswa. Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan: hal 46 - 82.
- Wahono, dkk. 2013. Ilmu Pengetahuan Alam SMP/MTS Kelas VII Buku Guru. Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan: hal 62 - 94.

I.       LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
  1. Guru membuka pelajaran dengan mengucapkan salam disertai senyum, kemudian menanyakan kabar peserta didik. Dilanjutkan dengan doa bersama dipimpin oleh seorang peserta didik dengan khidmat
  2. Guru memperlihatkan kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan mengabsen siswa, serta memeriksa kerapihan pakaian, posisi, dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
  3. Motivasi; guru memotivasi peserta didik untuk merangsang keterkaitan peserta didik terhadap materi yang akan dipelajari.
  4. Apersepsi; guru mengajukan pertanyaan secara komunikatif kepada semua peserta didik, mengapa mereka dimasukan ke dalam kelas ini dan bukan pada kelas yang lain? Dan untuk mendorong rasa ingin tahu dan berpikir kritis, guru mengajak peserta didik memecahkan masalah mengenai bagaimana cara mengelompokan tumbuhan dan hewan
  5. Kemudian guru memberikan pertanyaan dan menunjuk beberapa siswa untuk menjawabnya . “Bagaimana cara mengelompokkan hewan?” dan “Bagaimana cara mengelompokkan tumbuhan?”
  6. Guru menyebutkan tentang pokok bahasan pertemuan kali ini yaitu klasifikasi makhluk hidup.
  7. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dalam rangka mencapai indikator kompetensi yang ditetapkan
  8. Guru menjelaskan sedikit gambaran mengenai keanekaragaman makhluk hidup di muka bumi dan menjelaskan kegiatan selanjutnya yang akan dilakukan peserta didik.
5 menit
Inti
  1. Mengamati
Ø Guru menayangkan video pembelajaran terkait kenanekaragamn makhluk hidup dan pengklasifikasiannya; peserta didik mengamati video tersebut.
Ø  Disaat peserta didik mengamati video pembelajaran, guru menilai aspek sikap siswa (disiplin, bertanggung jawab, percaya diri, antusias, dll).
  1. Menanya
Ø  Guru menanyakan kepada peserta didik apa yang mereka pelajari dari video tersebut?
Ø  Peserta didik diberikan waktu untuk bertanya mengenai video yang telah diputarkan ataupun materi yang guru sampaikan
  1. Eksplorasi
Ø  Guru mengorganisasikan peserta didik menjadi
2 kelompok dan membagikan LKS
Ø  Guru membawa beberapa gambar hewan dan tumbuhan
Ø  Secara berkelompok, peserta didik melakukan pengamatan tentang pengelompokkan makhluk hidup (tumbuhan dan hewan) dari gambar-gambar yang telah dibawa oleh guru
  1. Asosiasi
Ø  Peserta didik berdiskusi kelompok untuk mengkaji dan membuat kesimpulan tentang klasifikasi hewan dan tumbuhan
Ø  Peserta didik mengerjakan soal yang diberikan guru sebagai referensi tambahan pengetahuan
  1. Mengkomunikasikan
Ø  Perwakilan kelompok mempresentasikan hasil diskusi mengenai klasifikasi hewan dan tumbuhan.
20 Menit
Penutup
  1. Guru membimbing peserta didik untuk menyusun kesimpulan dan melakukan penguatan (reinforcement) terhadap peserta didik serta melakukan klarifikasi untuk menghindari adanya miskonsepsi.
  2. Guru melaksanakan penilaian dan refleksi dengan mengajukan pertanyaan atau tanggapan peserta didik dari kegiatan yang telah dilaksanakan sebagai bahan masukan untuk perbaikan langkah selanjutnya
  3. Guru merencanakan kegiatan tindak lanjut dengan memberikan tugas, baik tugas individu maupun tugas kelompok bagi peserta didik berupa artikel yang berkaitan dengan sistem penamaan nomenclature binomial.
  4. Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
5 Menit


J.      PENILAIAN HASIL BELAJAR
Kompetensi Inti
Kompetensi Dasar
Indikator
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Sikap Spiritual
1.1.Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang keanekaragaman hayati, ekosistem, dan lingkungan hidup.

Non-tes: Penilaian terhadap sikap spiritual dan perilaku peserta didik
Penilaian diri

1.2.Menyadari dan mengagumi pola pikir ilmiah dalam kemampuan mengamati bioproses.




1.3. Peka dan peduli terhadap permasalahan lingkungan hidup, menjaga dan menyayangi lingkungan sebagai manisfestasi pengamalan ajaran agama yang dianutnya.



Sikap Sosial
2.1.Berperilaku ilmiah: teliti, tekun, jujur sesuai data dan fakta, disiplin, tanggung jawab, dan peduli dalam observasi dan eksperimen, berani dan santun dalam mengajukan pertanyaan dan berargumentasi, peduli lingkungan, gotong royong, bekerjasama, cinta damai, berpendapat secara ilmiah dan kritis, responsif dan proaktif dalam dalam setiap tindakan dan dalam melakukan pengamatan dan percobaan di dalam kelas/laboratorium maupun di luar kelas/laboratorium.

Non-test










Observasi










Pengetahuan
3.3 Memahami prosedur pengklasifikasian makhluk hidup dan benda-benda tak-hidup sebagai bagian kerja ilmiah, serta mengklasifikasikan berbagai makhluk hidup dan benda-benda tak-hidup berdasarkan ciri yang diamati
1.Menjelaskan pengertian klasifikasi makhluk hidup
2.Menjelaskan tujuan klasifikasi makhluk hidup
3.Menjelaskan manfaat klasifikasi makhluk hidup
4.Menentukan langkah-langkah pengklasifikasikan tumbuhan dan hewan
1.    Tes tertulis (test)





1.Tes objektif 2.Tes uraian




Keterampilan
4.3 Mengumpulkan data dan melakukan klasifikasi terhadap benda-benda, tumbuhan, dan hewan yang ada di lingkungan sekitar


Non-test
Rubrik Penilaian Keterampilan
























LAMPIRAN-LAMPIRAN
Lampiran 1                : Instrumen Penilaian (Aspek Sikap Spiritual)
Nama Siswa               :..........................................
Kelas/Semester          : VII/I
Teknik Penilaian       : Penilaian diri (self-assesment)

No.
PERNYATAAN
PILIHAN JAWABAN
SKOR
Sangat setuju
Setuju
Ragu-ragu
Tidak setuju
1.
Setiap hendak belajar dan sebelum mengakhirinya saya terbiasa untuk berdo’a





2.
Setiap akan memulai aktivitas saya selalu mengucapkan kalimat basmalah





JUMLAH SKOR

NILAI


KETERANGAN
NILAI
NILAI AKHIR
Sangat Setuju = Skor 4
Setuju            = Skor 3
Ragu-ragu      = Skor 2
Tidak setuju   = Skor 1
Skor yang diperoleh
                                      x 100 = ....
  Skor maksimal



Lampiran 2    : Instrumen Penilaian (Aspek Sikap Sosial)

LEMBAR OBSERVASI
SIKAP PESERTA DIDIK DALAM DISKUSI KELOMPOK

Nama                          : ........................
Mata Pelajaran          : IPA TERPADU
Kelas/Semester          : VII/1
Kompetensi Inti Sosial          : Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
Kompetensi Dasar                 : 2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan dan berdiskusi
Kompetensi sosial yang diamati       : Sikap sosial dalam diskusi kelompok
Pengamatan                                       :
Tema diskusi                                      :
No.
Aspek yang Diamati
B
C
K
1.
Kepatuhan terhadap aturan dalam diskusi



2.
Memberikan ide, usul, dan saran dalam kelompok



3.
Menyimak atau memperhatikan ketika teman lain sedang menyampaikan presentasi atau pendapat



4.
Menghargai pendapat atau usul yang disampaikan teman lain atau kelompok lain



5.
Mengikuti diskusi dengan semangat atau antusias



6.
Tanggung jawab dalam kelompok



7.
Kerjasama dalam kelompok



8.
Kesantunan dalam menyampaikan pendapat



9.
Cara menyanggah atau menanggapi pendapat teman lain



10.
Penerimaan terhadap hasil diskusi




Keterangan :
B         = baik; jika aspek atau kriteria yang diamati muncul dengan nyata dan sesuai dengan indikator aspek yang diamati.
C         = cukup; jika aspek atau kriteria yang diamati muncul cukup nyata dan cukup sesuai dengan indikator aspek yang diamati.
K         = kurang; jika aspek atau kriteria yang diamati muncul kurang nyata dan kurang sesuai dengan indikator aspek yang diamati.

Skor akhir =    skor perolehan             x 100%
                        Skor maksimal




Lampiran 3    : Instrumen Penilaian (Aspek Pengetahuan)
Nama Siswa                           :..........................................
Kelas/Semester                      : VII/1
Teknik Penilaian                   : Tes


Indikator
Soal
Jawaban
Menjelaskan pengertian klasifikasi makhluk hidup

1. Ilmu tentang penggolongan makhluk hidup
disebut ....
a. taksonomi
b. ekologi
c. klasifikasi
d. zoology
a. taksonomi
Menjelaskan tujuan dan manfaat klasifikasi makhluk hidup

2. Makhluk hidup sangatlah beragam jenisnya. Untuk memudahkan dalam
mempelajarinya, para ahli membuat….
a. buku-buku penunjang
b. klasifikasi
c. cagar alam dan suaka margasatwa
d. sistem pengontrolan
b. klasifikasi
Menentukan langkah-langkah pengklasifikasikan tumbuhan dan hewan

3. Urutan setelah kingdom pada tingkatan
klasifikasi pada tumbuhan adalah ....
a. divisio
b. classis
c. filum
d. ordo
a. divisio
Mengidentifikasi variasi pada makhluk hidup

4. Pengelompokkan makhluk hidup ke dalam lima kingdom yang tepat adalah …
a. monera, Protista, jamur, tumbuhan, hewan
b. monera, Protista, fungi, jamur, plantae
c. monera, plantae, fungi, animalia, hewan
d. monera, Protista, fungi, plantae, tumbuhan
a. monera, Protista, jamur, tumbuhan, hewan
Mengidentifikasi variasi pada makhluk hidup

5. Perbedaan antarindividu yang masih satu jenis disebut….
a. klasifikasi
b. taksonomi
c. morfologi
d. variasi
d. variasi




Soal uraian :
1. Apa yang dimaksud dengan klasifikasi ?
2. Apa tujuan diadakan pengelompokkan makhluk hidup?
3. Jelaskan langkah-langkah pengelompokkan makhluk hidup?
4. Sebutkan 3 sistem klasifikasi yang dipakai dalam pengelompokkan makhluk hidup?
5. Jelaskan dasar-dasar klasifikasi makhluk hidup?

Jawaban:
1.      Adalah pengelompokan aneka jenis hewan atau tumbuhan ke dalam kelompok tertentu.

2.      Tujuan dari pengelompokkan makhluk hidup adalah:
a. mengelompokkan makhluk hidup berdasarkan persamaan ciri-ciri yang dimiliki
b. mendeskripsikan ciri-ciri suatu jenis makhluk hidup untuk membedakannya dengan makhluk hidup dari jenis yang lain
c. mengetahui hubungan kekerabatan antarmakhluk hidup
d. memberi nama makhluk hidup yang belum diketahui namanya

3. Langkah-langkah:
a. Mengidentifikasi objek berdasar ciri-ciri struktur tubuh makhluk hidup, misalnya, hewan atau tumbuhan yang sama jenis atau spesiesnya.
b. Setelah kelompok spesies terbentuk, dapat dibentuk kelompok-kelompok lain dari urutan tingkatan klasifikasi sebagai berikut:
1. Dua atau lebih spesies dengan ciri-ciri tertentu dikelompokkan untuk membentuk takson genus.
2. Beberapa genus yang memiliki ciri-ciri tertentu dikelompokkan untuk membentuk takson famili.
3. Beberapa famili dengan ciri tertentu dikelompokkan untuk membentuk takson ordo.
4. Beberapa ordo dengan ciri tertentu dikelompokkan untuk membentuk takson kelas.
Beberapa kelas dengan ciri tertentu dikelompokkan untuk membentuk takson filum (untuk hewan) atau divisio (untuk tumbuhan).

4. Tiga sistem klasifikasi yaitu:
a. Sistem artifisial / buatan
b. Sistem natural / alami
c. Sistem modern / filogenetik

5. Dasar-dasar klasifikasi makhluk hidup:
a. Klasifikasi makhluk hidup berdasarkan persamaan dan perbedaan yang di milikinya.
b. Klasifikasi makhluk hidup berdasarkan ciri bentuk tubuh (morfologi) dan alat adalam tubuh (anatomi).
c. Klasifikasi makhluk hidup berdasarkan manfaat, ukuran, tempat hidup, dan cara hidupnya









No comments:

Post a Comment