Konten Representasi (CORE)
|
|||
Pertimbangan
|
Ide Besar A
|
Ide Besar B
|
Ide Besar C
|
Pemanasan global adalah meningkatnya suhu rata-rata
pada lapisan atmosfer dan permukaan bumi.
|
Penyebab pemanasan global penting untuk diketahui.
|
Dampak pemanasan global bagi ekosistem
|
|
Mengidentifikasi tujuan pembelajaran bagi siswa
dalam pelajaran ini.
|
Peserta didik mampu memahami konsep pemanasan
global:
·
Mengetahui
lapisan atmosfer bumi
·
Mengetahui
fungsi lapisan atmosfer bumi
|
Peserta mampu menjelaskan penyebab pemansan global
·
Gas rumah
kaca
·
Efek rumah
kaca
|
Peserta didik mampu menjelaskan dampak pemanasan
global.
·
Perubahan
cuaca dan iklim
·
Kenaikan
permukaan laut
·
Mempengaruhi
kehidupan hewan dan tumbuhan
·
Mempengaruhi
kesehatan manusia
|
Mengapa penting bagi siswa untuk mengetahui konten
ini?
[Pengetahuan kurikulum]
|
Pemanasan global sangat penting untuk mengetahui
|
Dengan mengetahui penyebab terjadinya pemanasan
global, peserta didik dapat mengurangi pemakaian AC, kulkas, hair spray dan lain sebagainya yang
dapat merusak bumi.
|
Dengan mengetahui dampak pemanasan global, peserta
didik dapat akan lebih berhati-hati atau tidak menggunakan sesuatu yang
menghasilkan gas yang dapat merusak bumi.
|
Mengidentifikasi potensi kesulitan siswa dan
keterbatasan yang terkait dengan mengajar ide ini.
[Pengetahuan siswa sebagai peserta didik]
|
·
Keterbatasan
fasilitas untuk menampilkan gambar dan video.
|
Menilai pemahaman peserta didik mengenai:
·
CFC
·
Karbon
dioksida
·
Ozon
|
·
Pengaruh terhadap kesehatan manusia
·
Pengaruh
terhadap perubahan cuaca dan iklim.
|
Mengidentifikasi pengetahuan siswa yang mempengaruhi
pengajaran ide ini.
[Pengetahuan siswa sebagai peserta didik]
|
· Menampilkan gambar lapisan atmosfer
|
·
Menampilkan
gambar atau video mengenai penyebab terjadinya pemanasan global, seperti
penggunaan hair spray, asap
kendaraan, dll.
|
·
Membuat
simulasi penanganan kecelakaan kerja.
·
Memberikan
tugas untuk mencari tahu dampak pemanasan global yang terjadi pada ekosistem untuk
didiskusikan oleh peserta didik.
|
Strategi pengajaran dan representasi diimplementasikan
dan alasan tertentu untuk menggunakan strategi ini untuk melibatkan para
siswa dengan ide ini.
[Pengetahuan tentang strategi instruksional dan
representasi]
|
·
Menampilkan
gambar lapisan atmosfer.
·
Menjelaskan
lapisan atmosfer dan pengertian pemanasan global.
|
·
Menampilkan
gambar atau video penyebab terjadinya pemanasan global, seperti penggunaan hair spray, asap kendaraan, dll.
·
Peserta
didik menuliskan penyebab terjadinya pemanasan global
|
·
Memberikan
tugas untuk mencari tahu dampak lain dari pemanasan global selain peristiwa
mencairnya es di kutub.
1.
Peserta
didik berdiskusi dengan teman sekelompoknya.
2.
Mencari
tahu dampak lain dari pemanasan global.
3.
Peserta
didik berbagi penjelasan dan menerima umpan balik dari rekan-rekan dan guru.
|
Mengidentifikasi cara memastikan bahwa konsep siswa
diajarkan.
[Pengetahuan tentang Penilaian]
|
Mempertanyakan siswa:
·
Meminta
peserta didik menjelaskan pemanasan global.
·
Menjelaskan
lapisan atmosfer
|
Menilai pemahaman peserta didik tentang pemyebab
pemanasan global:
·
Menjelaskan
penyebab terjadinya pemanasan global
·
Menjelaskan
proses terjadinya efek rumah kaca
|
Menilai pemahaman tentang dampak pemanasan global:
·
Perubahan
cuaca dan iklim
·
Kenaikan
permukaan laut
·
Mempengaruhi
kehidupan hewan dan tumbuhan
·
Mempengaruhi
kesehatan manusia
|
Konten Representasi (CORE) Pemanasan Global
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
No comments:
Post a Comment