Konten Representasi (CORE) Pemanasan Global






Konten Representasi (CORE)
Pertimbangan
Ide Besar A
Ide Besar B
Ide Besar C
Pemanasan global adalah meningkatnya suhu rata-rata pada lapisan atmosfer dan permukaan bumi.
Penyebab pemanasan global penting untuk diketahui.
Dampak pemanasan global bagi ekosistem
Mengidentifikasi tujuan pembelajaran bagi siswa dalam pelajaran ini.
Peserta didik mampu memahami konsep pemanasan global:
·    Mengetahui lapisan atmosfer bumi
·    Mengetahui fungsi lapisan atmosfer bumi
Peserta mampu menjelaskan penyebab pemansan global
·     Gas rumah kaca
·     Efek rumah kaca
Peserta didik mampu menjelaskan dampak pemanasan global.
·    Perubahan cuaca dan iklim
·    Kenaikan permukaan laut
·    Mempengaruhi kehidupan hewan dan tumbuhan
·    Mempengaruhi kesehatan manusia
Mengapa penting bagi siswa untuk mengetahui konten ini?
[Pengetahuan kurikulum]
Pemanasan global sangat penting untuk mengetahui

Dengan mengetahui penyebab terjadinya pemanasan global, peserta didik dapat mengurangi pemakaian AC, kulkas, hair spray dan lain sebagainya yang dapat merusak bumi.
Dengan mengetahui dampak pemanasan global, peserta didik dapat akan lebih berhati-hati atau tidak menggunakan sesuatu yang menghasilkan gas yang dapat merusak bumi.
Mengidentifikasi potensi kesulitan siswa dan keterbatasan yang terkait dengan mengajar ide ini.
[Pengetahuan siswa sebagai peserta didik]
·    Keterbatasan fasilitas untuk menampilkan gambar dan video.
Menilai pemahaman peserta didik mengenai:
·      CFC
·      Karbon dioksida
·      Ozon
·     Pengaruh terhadap kesehatan manusia
·    Pengaruh terhadap perubahan cuaca dan iklim.
Mengidentifikasi pengetahuan siswa yang mempengaruhi pengajaran ide ini.
[Pengetahuan siswa sebagai peserta didik]
·  Menampilkan gambar lapisan atmosfer
·      Menampilkan gambar atau video mengenai penyebab terjadinya pemanasan global, seperti penggunaan hair spray, asap kendaraan, dll.
·         Membuat simulasi penanganan kecelakaan kerja.
·         Memberikan tugas untuk mencari tahu dampak pemanasan global yang terjadi pada ekosistem untuk didiskusikan oleh peserta didik.

Strategi pengajaran dan representasi diimplementasikan dan alasan tertentu untuk menggunakan strategi ini untuk melibatkan para siswa dengan ide ini.
[Pengetahuan tentang strategi instruksional dan representasi]
·         Menampilkan gambar lapisan atmosfer.
·         Menjelaskan lapisan atmosfer dan pengertian pemanasan global.
·   Menampilkan gambar atau video penyebab terjadinya pemanasan global, seperti penggunaan hair spray, asap kendaraan, dll.
·   Peserta didik menuliskan penyebab terjadinya pemanasan global
·         Memberikan tugas untuk mencari tahu dampak lain dari pemanasan global selain peristiwa mencairnya es di kutub.
1.     Peserta didik berdiskusi dengan teman sekelompoknya.
2.     Mencari tahu dampak lain dari pemanasan global.
3.     Peserta didik berbagi penjelasan dan menerima umpan balik dari rekan-rekan dan guru.
Mengidentifikasi cara memastikan bahwa konsep siswa diajarkan.
[Pengetahuan tentang Penilaian]
Mempertanyakan siswa:
·       Meminta peserta didik menjelaskan pemanasan global.
·       Menjelaskan lapisan atmosfer
Menilai pemahaman peserta didik tentang pemyebab pemanasan global:
·     Menjelaskan penyebab terjadinya pemanasan global
·     Menjelaskan proses terjadinya efek rumah kaca
Menilai pemahaman tentang dampak pemanasan global:
·    Perubahan cuaca dan iklim
·    Kenaikan permukaan laut
·    Mempengaruhi kehidupan hewan dan tumbuhan
·    Mempengaruhi kesehatan manusia



No comments:

Post a Comment