Identitas
Sekolah : SMP/MTS
Mata
Pelajaran : IPA
Kelas/Semester :
VIII/Genap
Materi
Pokok : Reproduksi
Hewan
Alokasi Waktu :
1x30 menit (1 Pertemuan)
A.
Kompetensi Inti
:
1.
Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.
Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi dan
gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.
Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan
kejadian tampak mata.
4.
Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut pandang/teori
B.
Kompetensi Dasar :
3.11.Memahami reproduksi pada tumbuhan, hewan, dan manusia, sifat
keturunan, serta kelangsungan makhluk hidup
C.
Indikator
:
3.9.1.
Memahami
konsep reproduksi pada hewan.
3.9.2.
Menyebutkan
macam-macam reproduksi aseksual pada hewan
3.9.3.
Memahami
mekanisme reproduksi aseksual pada hewan.
D.
Tujuan Pembelajaran :
Setelah
mengikuti kegiatan pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat :
1.
Melalui
studi literatur peserta didik dapat memahami konsep reproduksi pada hewan
secara tepat.
2.
Melalui
studi literatur peserta didik dapat menyebutkan macam-macam reproduksi aseksual
pada hewan secara tepat.
3.
Melalui
studi literatur peserta didik dapat m Memahami mekanisme reproduksi aseksual
pada hewan secara tepat.
E.
Materi Pembelajaran
Hewan dapat melakukan reproduksi
secara seksual dan aseksual.Reproduksi seksual adalah reproduksi yang
melibatkan sel kelamin (sel sperma dan sel telur) serta melalui proses
fertilisasi (peleburan inti sel sperma dan inti sel telur) untuk membentuk
zigot. Zigot akan tumbuh dan berkembang menjadi individu baru. Reproduksi
aseksual ialah reproduksi tanpa melalui proses fertilisasi. Reproduksi
berlangsung dengan menggunakan potongan bagian tubuh hewan atau tumbuhan yang
selanjutnya dapat tumbuh menjadi individu baru. Berikut ini
beberapa reproduksi hewan secara aseksual :
a. Pembelahan Biner
Pembelahan biner terjadi pada
makhluk hidup uniseluler, yaitu dari golongan Monera dan Protista. Pada
pembelahan biner, dari satu individu membelah secara langsung menjadi dua sel anak.
Pembelahan biner terdiri dari lima jenis, yaitu pembelahan ortodoks, melintang,
membujur, miring, dan strobilasi. Pembelahan biner secara ortodoks/umum terjadi
pada Amoeba dan mikroorganisme lain dari golongan Rhizopoda. Pembelahan biner
secara melintang terjadi pada Paramecium. Pembelahan dengan tipe membujur
contohnya pada Euglena. Tipe pembelahan miring terjadi pada Dinoflagellata.
Sedangkan pembelahan biner tipe strobilasi menghasilkan individu baru dari
bagian tubuh induk yang lepas, contohnya pada cacing pita (Taenia sp).
b. Membentuk Tunas
Reproduksi
aseksual dengan cara membentuk tunas untuk menghasilkan keturunan. Contoh hewan
yang melakukan reproduksi dengan cara ini antara lain Hydra sp., Porifera,
dan Coelenterata.
c.
Fragmentasi
Planaria merupakan
salah satu contoh hewan yang melakukan fragmentasi. Reproduksi dengan cara ini
terjadi melalui dua tahap. Tahap pertama adalah fragmentasi, yaitu pematahan
atau pemotongan tubuh induk menjadi dua bagian atau lebih. Selanjutnya terjadi
tahap regenerasi, yaitu setiap potongan tubuh induk tersebut membentuk bagian
tubuh lain yang tidak ada pada bagian tersebut. Pada akhirnya, setiap potongan
tubuh tersebut akan membentuk individu baru dengan bagian tubuh yang lengkap
seperti induknya.
d. Partenogenesis
Partenogenesis
secara alami dapat terjadi pada hewan seperti lebah, semut, tawon, kutu daun,
dan kutu air. Pada hewan tertentu, misalnya lebah, ovum yang dibuahi akan
tumbuh dan berkembang menjadi lebah betina, sedangkan yang tidak dibuahi akan
tumbuh menjadi lebah jantan. Lebah betina bersifat steril dan memiliki tugas
sebagai pekerja dalam kawanan lebah. Lebah jantan bersifat fertil. Lebah jantan
mampu menghasilkan sel kelamin yang digunakan untuk membuahi sel telur yang
dihasilkan oleh lebah ratu.
Lebah ratu adalah
lebah yang menghasilkan telur-telur yang menjadi lebah betina dan lebah jantan. Selain lebah, kutu daun dan kutu air
juga dapat bereproduksi dengan cara partenogenesis. Kutu daun betina dan kutu
air betina dapat terus menerus bertelur. Te lur yang dihasilkan akan berkembang
dan menetas menjadi kutu betina tanpa didahului proses fertilisasi. Meski
demikian fertilisasi tetap diperlukan untuk menghasilkan individu baru setelah
beberapa generasi kutu mengalami partenogenesis.
(Peta Konsep Reproduksi Hewan)
F.
Metode Pembelajaran
Pendekatan
: Saintifik
Metode : Ceramah, Cooperative Work Groups,
Diskusi Mandiri, dan Tanya-Jawab
G.
Media Pembelajaran
Digital
Projector, papan tulis, dan spidol.
Sumber
Belajar :
Buku Ilmu
Pengetahuan Alam SMP/MTS kelas XI. Penerbit : Pusat
Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemdikbud.
H.
Langkah-Langkah Pembelajaran dengan
Pendekatan Saintifik :
a. Kegiatan Pendahuluan
Kegiatan
|
Kegiatan Guru
|
Kegiatan Peserta
Didik
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
o
Guru
memberikan salam kepada peserta didik dengan ramah.
|
o Peserta didik menjawab salam guru dengan ramah.
|
5
menit
|
o Guru meminta peserta
didik untuk berdoa bersama dan menanyakan kehadiran siswa.
|
o
Peserta didik melakukan doa bersama yang dipimpin oleh ketua murid (KM).
|
||
o Guru melakukan apersepsi dengan menayangkan video
dan menanyakan pertanyaan berikut ini :
“Pernahkah kalian memancing ikan dilaut?mengapa ikan
tidak pernah habis?”
|
o
Peserta
didik mendengarkan guru dan menjawab pertanyaan dari guru. Jawabawan yang diharapkan akan muncul
: “karena ikan bertelur dan telurnya menjadi ikan lagi.”
|
||
o Guru memberikan motivasi pada peserta didik : “Kita hendaknya
selalu bersyukur dengan karunia Allah yang berlimpah adanya sistem reproduksi sehingga tidak
terjadi kepunahan.”
|
o Peserta didik mendengarkan motivasi yang diberikan guru
|
||
o Guru menyampaikan
KD dan tujuan pembelajaran
|
o Peserta didik mendengarkan
guru dan duduk secara berkelompok.
|
b. Kegiatan inti
No
|
Pendekatan
Saintifik
|
Kegiatan Guru
|
Kegiatan Siswa
|
Alokasi waktu
|
1
|
Mengamati
|
o
Guru menampilkan dan
menjelaskan materi tentang reproduksi
hewan menggunakan dengan PPT
|
o Peserta didik
mengamati meteri yang disampaikan oleh guru.
o Peserta didik
mencatat poin-poin penting dari materi yang disampaikan oleh guru.
|
3
menit
|
2
|
Menanya
|
o Guru memotivasi
dan membimbing peserta didik untuk
membuat pertanyaan tentang : “Konsep reproduksi aseksual pada hewan”
o Dengan menggunakan
papan tulis dan spidol, guru mencatat pertanyaan-pertanyaan yang diajukan
oleh siswa.
|
o Peserta didik
mengajukan pertanyaan, baik pertanyaan faktual atau pertanyaan hipotesis.
Pertanyaan yang diharapkan muncul mengenai : “Konsep reproduksi aseksual pada
hewan”
o
|
2 menit
|
3
|
Mencoba/Mengumpulkan Informasi
|
o
Guru membagi siswa menjadi 3 kelompok.
o
Guru membagikan LKS Reproduksi Hewan.
o
Guru membicarakan poin-poin penting diskusi
kepada peserta didik yaitu konsep reproduksi aseksual pada hewan dan
macam-macam reproduksi aseksual apada hewan.
o
Guru memberikan siswa alamat website yang
dapat diakses sebagai sumber pembelajaran dari internet (ada di sumber
belajar)
|
o
Melalui studi
literatur (ada di sumber belajar) peserta didik secara berkelompok
mengumpulkan informasi mengenai konsep reproduksi aseksual pada hewan dan
macam-macam reproduksi aseksual apada hewan.
o
Peserta didik secara berkelompok mengumpulkan
informasi mengenai konsep reproduksi aseksual pada hewan dan
macam-macam reproduksi aseksual apada hewan
melalui sumber buku/internet yang telah
disediakan (ada di sumber belajar)
|
5 menit
|
4
|
Menalar
|
o Guru membimbing
dan mengamati kegiatan diskusi yang
dilakukan oleh peserta didik.
o Guru meminta siswa
untuk menyimpulkan hasil diskusinya.
o Selama proses
diskusi guru memperhatikan situasi secara keseluruhan, termasuk memberikan
dorongan dan bantuan terhadap kesulitan-kesulitan yang dihadapi oleh peserta
didik.
|
o Peserta didik
mendiskusikan dan mengolah informasi mengenai jaringan penyusun organ
ekskresi manusia.
o Peserta didik
menyimpulkan hasil diskusinya.
|
5 menit
|
5
|
Mengkomunikasikan
|
o Guru menilai hasil
diskusi yang dipresentasikan sebagai hasil belajar kelompok peserta didik
tersebut
|
o Tiap-tiap kelompok
mempresentasikan hasil diskusi dan kesimpulan secara singkat dan jelas.
o
Kelompok yang lain menyimak hasil diskusi
yang dipresentasikan kelompok temannya.
o Peserta didik
melakukan tanya-jawab singkat berdasarkan materi yang dipresentasikan
kelompok temannya.
|
5 menit
|
Kegiatan
|
Kegiatan Guru
|
Kegiatan Peserta didik
|
Alokasi Waktu
|
Penutup
|
o
Guru bersama peserta didik melakukan refleksi dengan
menyimpulkan dan mereview hasil pembelajaran.
o
Guru memberikan umpan balik/konfirmasi mengenai hasil diskusi peserta
didik.
|
o Peserta
didik bersama-sama menyimpulkan hasil pembelajaran hari ini.
o Peserta
didik menyimak konfirmasi yang berikan oleh guru.
|
3 menit |
o Guru memberikan apresiasi kepada semua kelompok dan memberikan
penghargaan berupa pujian.
|
o Peserta
didik memperhatikan guru dan memberikan apresiasi kepada tiap kelompok untuk
saling menghargai.
|
||
o Guru memberi salam kepada peserta didik
|
o Peserta didik menjawab salam.
|
a.
Kegiatan Penutup
I. Penilaian
Teknik dan Bentuk Instrumen
1.
Sikap Spiritual
Teknik
Penilaian : Nontes (Penilaian
Diri)
Instrumen
Penilaian : Lembar Penilaian Diri
INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP SPIRITUAL
(LEMBAR PENILAIAN DIRI)
A.
Petrunjuk Umum
1.
Instrument penilaian sikap spiritual ini berupa
Lembar Penilaian Diri.
2. Instrunen ini dimulai diisi peserta didik untuk menilai dirinya sendiri.
B.
Petunjuk Pengisisan
Berdasarkan
perilaku kalian selama dua minggu terakhir, nialialah sikap diri kalian dengan
memberi tanda centang (√) pada kolom
skor pada Lembar Penilaian Diri dengan
ketentuan:
Skor 4 apabila
selalu melakukan perilaku yang dinyatakan.
Skor 3 apabila
sering melakukan perilaku yang dinyatakan.
Skor 2 apabila
kadang-kadang melakukan perilaku yang dinyatakan.
Skor 1 apabila tidak
pernah melakukan perilaku yang dinyatakan.
C.
Lembar Penilaian Diri
LEMBAR PENILAIAN DIRI
Nama Peserta Didik : …..…..
Kelas/Semester : ………
Hari/Tanggal Pengisian : ……....
Tahun Pelajaran : ………
Butir Nilai : Menghayati dan mengamalkan
ajaran agama yang dianutnya.
Indikator Sikap :
1.
Berdo’a sebelum memulai pembelajaran
2.
Memberi salam sebelum dan sesudah memberi
pendapat/presentasi
3. Menghubungkan
peristiwa pewarisan sifat dengan ajaran agama
2.
Sikap Sosial
2.
Sikap
Sosial
Teknik Penilaian : Non Tes (Penilaian Antarteman)
Instrumen
Penilaian : Lembar Penilaian
Antarteman
INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP SOSIAL
(LEMBAR PENILAIAN ANTARPESERTA DIDIK)
A.
Petrunjuk Umum
1.
Instrument penilaian sikap sosial ini berupa
Lembar Penilaian Antarpeserta Didik.
2.
Instrunen ini dimulai diisi peserta didik untuk
menilai pesertadidik lain/temannya.
B.
Petunjuk Pengisisan
Berdasarkan perilaku teman kalian selama dua minggu terakhir, nialialah
sikap temanmu dengan memberi tanda centang (√) pada kolom skor 4, 3, 2, atau 1 pada Lembar Penilaian
Antarpeserta Didik dengan ketentuan sebagai berikut:
Skor 4 apabila
selalu melakukan perilaku yang dinyatakan.
Skor 3 apabila
sering melakukan perilaku yang dinyatakan.
Skor 2 apabila
kadang-kadang melakukan perilaku yang dinyatakan.
Skor 1 apabila tidak
pernah melakukan perilaku yang dinyatakan.
C.
Lembar Penilaian Antarpeserta Didik
LEMBAR PENILAIAN ANTARPESERTA DIDIK
Nama Peserta Didik yang
dinilai : …..…..
Kelas/Semester : ………
Hari/Tanggal Pengisian : ……....
Tahun Pelajaran : ………
Butir Nilai : Menghargai dan
menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri,
dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam
jangkauan pergaulan dan keberadaannya
Indikator Sikap :
1.
Memiliki rasa ingin tahu
2.
Menunjukkan
ketekunan dan tanggungjawab dalam belajar dan bekerja baik secara individu
maupun berkelompok
3.
Menghargai pendapat orang lain
Sikap
|
Pernyataan
|
Skor
|
|||
4
|
3
|
2
|
1
|
||
Tanggung Jawab
|
Temanku tekun dan melaksanakan setiap pekerjaan yang menjadi tanggung
jawabnya.
|
|
|
|
|
Temanku bertanggung jawab dalam bekerja secara individu dan kelompok.
|
|
|
|
|
|
Toleransi
|
Temanku menerima perbedaan dengan orang lain dalam hal sikap,
perilaku, tradisi, suku, bahasa, dan agama.
|
|
|
|
|
Temanku menghargai pendapat orang
lain.
|
|
|
|
|
|
Kritis
|
Temanku memiliki rasa
ingin tahu yang tinggi.
|
|
|
|
|
Jumlah Skor
|
|
|
|
|
|
Nilai
|
|
|
|
|
Petunjuk
penskoran:
Skor akhir menggunakan skala 1 sampai 4
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus:
Skor akhir menggunakan skala 1 sampai 4
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus:
Peserta didik memperoleh nilai :
Sangat baik :apabila
memperoleh nilai 3,20-4,00 (80-100)
Baik :apabila
memperoleh nilai 2,80-3,19 (70-79)
Cukup :apabila
memperoleh skor 2,40-2,79 (60-69)
Kurang :apanila
memperoleh skor kurang 2,40 (kurang dari 60 %)
3. Pengetahuan
(kognitif)
Tes Tulis : Pilihan Ganda (PG)
INSTRUMEN PENILAIAN
PENGETAHUAN
TES TERTULIS PILIHAN GANDA
(PG)
Jawablah soal dengan tepat !
|
|||
Indikator
|
Soal
|
Kunci Jawaban
|
Skor
|
3.9.1.Memahami konsep reproduksi pada hewan.
|
1.
Reproduksi
yang berlangsung dengan menggunakan potongan
bagian tubuh hewan atau tumbuhan yang selanjutnya dapat tumbuh menjadi individu
baru....
a. generatif
b. vegetatatif
c. seksual
d. Aseksual
|
d. Aseksual
|
2
|
3.9.2.Menyebutkan macam-macam reproduksi aseksual pada
hewan
|
2. Berikut ini beberapa reproduksi
hewan secara aseksual, kecuali .................
a. Tunas
b. Stek
c. Partenogenesis
d. Fragmentasi
|
b. Stek
|
2
|
3.9.2.Menyebutkan macam-macam reproduksi aseksual pada
hewan
|
3.Contoh hewan yang melakukan
reproduksi dengan membentuk tunas adalah .....
a. Planaria
b. Lebah jantan
c. Lebah Betina
d. Hydra
sp
|
d. Hydra sp
|
2
|
3.9.3.Memahami mekanisme reproduksi aseksual pada hewan.
|
4.Tahapan Fragmentasi yang membentuk individu baru dengan bagian tubuh yang terpotong merupakan tahapan........
a. Regenerasi
b.Pemotongan
c.Pematahan
d.Partenogenesis
|
a. Regenerasi
|
2
|
3.9.2.Menyebutkan macam-macam reproduksi aseksual pada
hewan
|
5.Partenogenesis secara alami
dapat terjadi pada hewan berikut kecuali ...
a.Lebah
b.semut
c.Kutu
d.Katak
|
d.Katak
|
2
|
4. Psikomotorik (Keterampilan)
Teknik : Nontes
Instrumen : Rubrik Portofolio
INSTRUMEN
PENILAIAN SIKAP PSIKOMOTORIK
(LEMBAR PORTOFOLIO)
A. Petunjuk Umum
1.
Instrument
penilaian sikap psikomotorik ini berupa
Lembar Portofolio.
2.
Instrunen ini
dimulai diisi oleh guru yang mengajar peserta didik yang dinilai.
B. Petunjuk Pengisian
Berdasarkan pengamatan Anda, nialialah sikap setiap peserta didik
Anda dengan dengan memberi tanda centang (√) pada kolom skor 4, 3, 2,
atau 1 pada Lembar Portofolio dengan ketentuan sebagai berikut:
Skor 4 apabila selalu melakukan perilaku yang diamati.
Skor 3 apabila sering melakukan perilaku yang diamati.
Skor 2 apabila kadang-kadang melakukan perilaku yang diamati.
Skor 1 apabila tidak pernah melakukan perilaku yang diamati.
C. Lembar Portofolio
LEMBAR PORTOFOLIO
Nama Peserta Didik :
…..…..
Kelas/Semester :
………
Hari/Tanggal Pengisian :
……....
Tahun Pelajaran :
………
Butir soal :
Membuat peta pikiran (mapping mind)
tentang struktur dan fungsi sistem ekskresi pada manusia dan penerapannya dalam
menjaga kesehatan diri
NO.
|
Kriteria Penialian
|
Hasil pengamatan
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1.
|
Laporan
dikumpulkan tepat waktu
|
|
|
|
|
2.
|
Penulisan
laporan rapih dan sistematis
|
|
|
|
|
3.
|
Referensi
yang dipakai resmi dan relevan
|
|
|
|
|
4.
|
Kesimpulan
sesuai dengan tujuan diskusi
|
|
|
|
|
5.
|
Tidak
plagiat
|
|
|
|
|
Jumlah
|
|
|
|
|
|
Nilai
|
|
|
|
|
Petunjuk penskoran:
Skor akhir menggunakan skala 1 sampai 4
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus:
Skor akhir menggunakan skala 1 sampai 4
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus:
Peserta didik memperoleh nilai :
Sangat baik :apabila
memperoleh nilai 3,20-4,00 (80-100)
Baik :apabila
memperoleh nilai 2,80-3,19 (70-79)
Cukup :apabila
memperoleh skor 2,40-2,79 (60-69)
Kurang :apanila
memperoleh skor kurang 2,40 (kurang dari 60 %)
No comments:
Post a Comment