Jenjang :
Sekolah Menengah
Pertama
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas / Semester : VIII / Semester 2
Bab :
Sistem
Transportasi Darah
Alokasi waktu : 1 x 30 menit (1 jam pelajaran)
A.
Kompetensi Inti ( KI )
1. Kompetensi Inti 1
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama
yang dianutnya
2. Kompetensi Inti 2
Menghayati,
mengamalkan perilaku jujur, disiplin,tanggung jawab, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri
sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
3. Kompetensi Inti 3
Memahami,
menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah.
4. Kompetensi Inti 4
Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu
menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
B.
Kompetensi Dasar ( KD ) dan Indikator
1. KD pada KI-1
1.1
Mengagumi keteraturan dan
kompleksitas ciptaan Tuhan tentang keanekaragaman hayati, ekosistem, dan
lingkungan hidup.
1.2
Menyadari dan mengagumi pola pikir
ilmiah dalam kemampuan mengamati bioproses.
1.3
Peka dan peduli terhadap
permasalahan lingkungan hidup, menjaga dan menyayangi lingkungan sebagai
manisfestasi pengamalan ajaran agama yang dianutnya.
2. KD pada KI-2
2.1
Berperilaku ilmiah: teliti, tekun,
jujur sesuai data dan fakta, disiplin, tanggung jawab,dan peduli dalam
observasi dan eksperimen, berani dan santun dalam mengajukan pertanyaan dan
berargumentasi, peduli lingkungan, gotong royong, bekerjasama, cinta damai,
berpendapat secara ilmiah dan kritis, responsif dan proaktif dalam dalam setiap
tindakan dan dalam melakukan pengamatan dan percobaan di dalam
kelas/laboratorium maupun di luar kelas/laboratorium.
2.2
Peduli terhadap keselamatan diri
dan lingkungan dengan menerapkan prinsip keselamatan kerja saat melakukan
kegiatan pengamatan dan percobaan di laboratorium dan di lingkungan sekitar.
3. KD pada KI-3
3.4 Memahami sifat fluida dan menerapkannya
untuk menjelaskan transportasi darah dalam sistem peredaran darah serta transportasi
cairan pada tumbuhan, tekanan osmosis, difusi pada peristiwa respirasi serta
dalam kehidupan sehari-hari
Indikator :
3.4.1
Menjelaskan organ penyusun sistem peredaran darah
manusia
3.4.2
Menjelaskan jenis peredaran darah pada manusia
4. KD pada KI-4
4.4
Melakukan percobaan untuk menyelidiki tekanan cairan pada kedalaman tertentu,
gaya apung, kapilaritas, dan tekanan cairan pada ruangan tertutup
- Tujuan Pembelajaran
1.
Peserta didik mampu
mengetahui menjelaskan organ penyusun sistem
peredaran darah manusia
2.
Peserta didik mampu menjelaskan sistem peredaran darah pada manusia
D.
Materi
Pembelajaran
1.Komponen Darah pada Sistem Peredaran Darah Manusia
Jantung
Jantung terletak dalam
rongga dada. Ukuran jantung sebesar genggaman tangan pemiliknya dengan berat
sekitar 300 gram. Jantung dalam sistem sirkulasi berfungsi sebagai alat pemompa
darah. Jantung tersusun atas otot jantung (miokardium). Bagian jantung luar
dilapisi oleh selaput jantung (perikardium). Perikardium terdiri dari 2 lapisan.
Lapisan luar disebut lamina panistalis dan lapisan dalam yang menempel pada
dinding jantung disebut lamina viseralis. Di antara kedua lapisan tersebut
terdapat ruangan kavum perikardii yang berisi cairan perikardii. Cairan ini
berfungsi untuk menahan gesekan. Bagian dalam jantung
dilapisi endokardium.
Jantung mempunyai empat
ruangan, yaitu atrium sinister (serambi kiri), atrium dexter (serambi kanan),
ventrikel sinister (bilik kiri), dan ventrikel dexter (bilik kanan). Antarsisi
kiri dan kanan jantung dipisahkan oleh septum (sekat) yang berupa otot yang
padat.
Pembuluh Darah
Selain alat pemompa, darah juga memerlukan pembuluh
untuk dapat beredar ke seluruh tubuh. Pembuluh ini berbentuk bulat, dengan
ukuran berbeda-beda, dan berdiameter antara 0,01 mm hingga 10 mm. Ada tiga
macam pembuluh darah, yaitu arteri, vena, dan kapiler. Ketiga pembuluh darah
tersebut selalu berhubungan satu dengan lainnya dan membentuk suatu sistem.
Arteri (Pembuluh Nadi)
Arteri merupakan pembuluh darah yang membawa darah keluar
dari jantung. Arteri yang membawa darah dari bilik kiri menuju seluruh tubuh
disebut aorta. Sementara itu, pembuluh yang membawa darah dari bilik kanan
menuju paru-paru disebut arteri pulmonalis. Arteri mengandung darah kaya
oksigen, kecuali arteri pulmonalis mengandung darah kaya karbon dioksida.
Arteri bercabang-cabang membentuk cabang lebih kecil yang disebut arteriole.
Arteriole ini membentuk cabang-cabang lebih kecil dan ujung-ujungnya
berhubungan langsung dengan sel-sel tubuh. Cabangcabang
ini disebut kapiler.
Vena (Pembuluh Balik)
Vena merupakan pembuluh yang membawa darah ke jantung.
Vena bercabang-cabang membentuk venula. Venula membentuk cabang-cabang lebih
kecil yang disebut kapiler. Vena yang berhubungan langsung dengan jantung atau
paru-paru dikenal dengan vena kava. Vena mengandung banyak darah kaya karbon
dioksida, kecuali vena pulmonalis mengandung banyak oksigen. Vena merupakan
pembuluh berdinding lebih tipis, kurang elastis, dan lubang pembuluh lebih besar daripada arteri.
Kapiler
Kapiler merupakan pembuluh darah berukuran kecil
sebagai perpanjangan arteri dan vena. Dinding sel pembuluh ini bersifat
permeabel sehingga cairan tubuh dan zat-zat terlarut dapat keluar masuk melalui
dinding selnya. Selain itu, juga terjadi pertukaran oksigen, karbon dioksida,
zat-zat makanan, serta hasil-hasil ekskresi dengan jaringan yang ada di
sekeliling kapiler. Beberapa pembuluh kapiler mempunyai lubang berukuran sempit
sehingga sel darah merah dapat rusak jika melewatinya. Diameter pembuluh ini
dapat berubahubah. Kapiler dapat menyempit karena pengaruh temperatur
lingkungan yang rendah dan membesar bila ada pengaruh temperatur lingkungan
yang tinggi serta bahan kimia, seperti histamin. Meskipun ukuran arteriole dan
kapiler lebih kecil dibandingkan dengan arteri dan vena, tetapi jumlah volume
darah secara keseluruhan lebih besar di arteriole dan kapiler. Volume darah di
dalam kapiler 800 kali volume darah di dalam
arteri dan vena.Jadi, antara arteri, vena, dan kapiler bekerja sama mengedarkan
darah. Berdasarkan peredarannya, system sirkulasi darah manusia dibedakan
menjadi dua macam, yaitu sirkulasi darah kecil dan sirkulasi darah besar.
2.Jenis Sirkulasi Darah
Sirkulasi pulmonal ( Sistem peredaran
kecil).
Ø
Sirkulasi pulmonal atau disebut juga
sistem peredaran darah kecil adalah sirkulasi darah antara jantung dan
paru-paru. ( Jantung - Paru paru - Jantung lagi)
Ø
Detailnya darah dari jantung (ventrikel kanan) dialirkan ke paru-paru
melalui arteri pulmonalis, darah ini banyak mengandung
karbondioksida sebagai sisa metabolisme untuk dibuang melalui alveolus
paru-paru ke atmosfer.
Ø
Selanjutnya darah akan teroksigenasi pada kapiler paru dan kembali ke
jantung (atrium kiri) melalui vena pulmonalis.
Arteri Pulmonalis adalah satu satunya aretri yang kaya Carbon dioksida
Vena Pulmonalis adalah satu satunya pembuluh darah vena / balik yang kaya akan
Oksigen
Sirkulasi Sistemik (Sistem peredaran darah
besar)
Ø
Sirkulasi sistemik atau peredaran
darah besar / Magna sirkulatoria adalah srikulasi darah dari jantung (ventrikel
kiri) ke seluruh tubuh (kecuali paru-paru).( Jantung - Tubuh - Jantung )
Ø
Darah dari ventrikel kiri dipompakan ke seluruh tubuh melalui aorta,
kemudian pembuluh darah Aorta bercabang-cabang menjadi arteri dan arteri
bercabang lagii membentuk aeteriol / arteri yang lebih kecil yang tersebar dan
bisa mengakses ke seluruh sel tubuh kita .
Ø
Selanjutnya darah dikembalikan ke jantung bagian kanan tepatnya ke serambi
kanan)/ ventrikel dexter melalui vena cava baik Vena cava superior ( tubuh
sebelah atas jantung ) maupun Vena cava inferior
Ø
Sirkulasi darah antara jantung dan seluruh tubuh berjalan satu arah.
Ø
Darah dari ventrikel kanan dialirkan ke paru-paru kemudian kembali ke
jantung dan diedarkan ke seluruh tubuh dari ventrikel kiri melalui aorta.
Ø
Aorta akan bercabang-cabang menjadi arteri, arteriola / pembuluh kapiler.
Ø
Selanjutnya dikembalikan ke jantung melalui venula -vena - vena cava
(pembuluh balik).
Pembuluh Darah
Selain alat pemompa, darah juga memerlukan pembuluh
untuk dapat beredar ke seluruh tubuh. Pembuluh ini berbentuk bulat, dengan
ukuran berbeda-beda, dan berdiameter antara 0,01 mm hingga 10 mm. Ada tiga
macam pembuluh darah, yaitu arteri, vena, dan kapiler. Ketiga pembuluh darah
tersebut selalu berhubungan satu dengan lainnya dan membentuk suatu sistem.
.
E. Pendekatan,
Model,dan Metode Pembelajaran
Pendekatan :
Saintifik
Metode
: ceramah, diskusi atau kerja kelompok, tanya jawab
F. Media
, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.
Media :
LCD dan proyektor, PPT, gambar
2.
Alat
: Whiteboard, laptop,
spidol
3.
Sumber
Belajar : Buku Biologi SMP Semester 2
, internet
Zubaidah,
Siti.2014.Ilmu Pengetahuan Alam SMP Kelas
VIII Semester 2.Jakarta:Kemendikbud
G.
Langkah – langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Awal (5 menit)
No.
|
Pendekatan Saintifik
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
|
Guru
|
Peserta didik
|
|||
1.
|
PENDAHULUAN
|
1.Guru
mengucapkan salam kepada peserta didik, berdoa, dan absensi
2.
Guru memberikan apersepsi dan motivasi
3.Guru
meminta siswa membaca KD dan tujuan
pembelajaran
4.
Menjelaskan peta konsep terkait materi tersebut
|
1. Peserta didik menjawab salam dan berdoa
2.Peserta
didik mengikuti apersepsi dan
motivasi dari guru
3.Peserta didik membacakan KD dan tujuan
pembelajaran
4Peserta
didik memperhatikan guru
|
5Menit
|
2.
|
KEGIATAN INTI
Mengamati
|
1. Guru menampilkan gambar mengenai organ penyusun pada sistem
peredaran darah
2. Guru menjelaskan materi mengenai sistem
peredaran darah manusia secara umum
|
1. Peserta didik mengamati dan mencermati gambar yang ditampilkan oleh guru
2. Peserta didik
mengati dn menyimak pnjelasan yang di lakukan oleh guru
|
4 Menit
|
3.
|
Menanya
|
1. Guru memotivasi peserta didik untuk
bertanya/ menanggapi terkait dengan penjelasan matei yang telah disampaikan
|
1. Peserta
didik diharapkan
bertanya mengenai gambar yang telah diamati maupun
penjelasan guru
|
2 Menit
|
4.
|
Mencoba
|
1. Guru membagi peserta didik menjadi 2 kelompok
besar. Guru membagikan LKS pada
masing-masing kelompok
2. Guru menginstruksikan
dan mempersilakan peserta didik mencari informasi yang dibutuhkan untuk
mengerjakan LKS (buku, internet
|
1.
Peserta didik membuat kelompok
2.
Peserta didik mencari informasi yang dibutuhkan
dari buku/internet
|
5 Menit
|
Menalar
|
1. Guru memberi kesempatan kepada peserta
didik untuk mencari informasi sendiri tentang pengamatan yang dilakukan
|
1. Peserta didik diberi kesempatan untuk
mengkaji dan mencari informasi dari literature yang ada
2. Peserta didik mencari informasi dan
mengaitkan informasi yang telah
didapat dan mencari solusi untuk pengolahan informasi yang memiliki pendapat
yang berbeda
|
4 Menit
|
|
Mengkomunikasi
|
1. Guru memfasilitasi peserta didik yaitu
perwakilan kelompok untuk mengkomunikasikan hasil diskusi.
|
1. Perwakilan masing-masing kelompok
mengemukakan jawaban atau mengkomunikasikan hasil diskusi dari pengamatan tersebut
|
5 Menit
|
|
3.
|
PENUTUP
|
1. Guru memfasilitasi peserta didik untuk
menyimpulkan materi yang telah dipelajari, dan guru juga memberikan
kesimpulan
2.
Guru memberikan evaluasi kepada peserta didik
3.
Guru memberikan penugasan untuk mengumpulkan hasil diskusi dan mengerjakan
soal yang ada di buku ajar
4.Guru
menutup pelajaran hari ini dengan membaca doa dan mengucapkan salam
|
1.Peserta
didik menyimpulkan materi tentang sistem peredaran darah yang telah
dipelajari lalu peserta didik juga mendengarkan kesimpulan yang disampaikan
oleh guru
2. Peserta didik menjawab soal-soal yang di berikan
3.
Peserta didik membaca doa dan mengucapkan salam
|
5 Menit
|
H.
Penilaian
1.
Jenis/ Teknik Penilaian
Jenis Penilaian
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Penilaian Sikap
Spiritual
|
Lembar
Pengamatan Sikap dan Rubrik
|
Sikap, catatan guru
|
Penilaian Sosial
|
Penilaian antar
teman
|
Lembar penelitian antar
teman
|
Penilaian Hasil Belajar
/ pengetahuan (kognitif)
|
Tes tulis
|
Soal PG dan Essay
|
Penilaian
Keterampilan (psikomotorik)
|
Non tes
|
Projek
|
2.
Bentuk
Instrumen: tes dan non tes
3.
Instrument
Penilaian (telampir)
4.
Pedoman
Penskoran (terlampir)
Lampiran-Lampiran
Aspek penilaian sikap
Lembar Pengamatan Sikap
Kelas : …VIII-B………………….
Hari,
tanggal : …Kamis,
12-11-2015…………………….
Materi
Pokok/Tema : …Sistem Peredaran
Darah…………………….
No.
|
Nama
Siswa
|
KRITERIA
SIKAP
|
Nilai
|
Kategori
|
||||
Kerajinan
|
Sopan
|
Kepedulian
|
Keaktifan
|
Tanggung
jawab
|
||||
1.
|
||||||||
2.
|
||||||||
3.
|
||||||||
4.
|
||||||||
5.
|
||||||||
dst
|
Rubrik penilaian :
Kerajinan
|
Skor 4 =
siswa selalu hadir dalam mengikuti pelajaran di kelas dan datang tepat waktu
|
Skor 3 = siswa selalu hadir dalam mengikuti
pelajaran di kelas dan datang tidak tepat waktu
|
Skor 2 = siswa kadang-kadang hadir dalam mengikuti pelajaran di kelas
|
Skor 1 =
siswa selalu tidak hadir untuk mengikuti pelajaran
|
Sopan
|
Skor 4 = siswa berbicara dengan menggunakan
bahasa yang baik dan berperilaku
Sopan
|
Skor 3 = siswa berbicara dengan menggunakan
bahasa yang kurang baik, tetapi
berperilaku sopan
|
Skor 2 = siswa berbicara dengan menggunakan
bahasa yang kurang baik dan
berperilaku kurang sopan
|
Skor 1 = siswa menggunakan bahasa yang
tidak baik dan berperilaku tidak sopan
|
Kepedulian
|
Skor 4 = siswa memiliki rasa
kepedulian yang tinggi, saling tenggang rasa terhadap temannya, menghormati
baik teman yang berbeda suku, agama, ras, budaya, dan gender
|
Skor 3 = siswa memiliki rasa
kepedulian yang tinggi, saling tenggang rasa terhadap temannya, tetapi kurang
bisa menghormati baik teman yang berbeda suku, agama, ras, budaya, dan gender
|
Skor 2 = siswa kurang memiliki
rasa kepedulian yang tinggi, kurang memiliki
tenggang rasa
terhadap temannya, kurang bisa menghormati baik teman
|
Skor 1 = siswa tidak memiliki
rasa kepedulian yang tinggi, saling tenggang rasa
terhadap temannya, tidak bisa menghormati baik
teman
|
Keaktifan
|
Skor 4 = siswa memperhatikan
dengan baik penjelasan guru, berani
mengemukakan pendapat dan mengajukan pertanyaan, tidak
mudah putus asa
|
Skor 3 = siswa memperhatikan
dengan baik penjelasan guru, kurang berani
mengemukakan pendapat dan mengajukan pertanyaan, tidak
mudah putus asa
|
Skor 2 = siswa memperhatikan
dengan baik penjelasan guru, tidak berani mengemukakan pendapat dan
mengajukan pertanyaan, tidak mudah putus asa
|
Skor 1 = siswa tidak
memperhatihan penjelasan guru, tidak berani mengemukakan
pendapat dan
mengajukan pertanyaan, tidak mudah putus asa
|
Tanggung jawab
|
Skor 4
= siswa bersikap jujur dan melaksanakan tugas individu/ kelompok
dengan baik, mampu bekerja sama dengan baik dalam kelompok, mengumpulkan
tugas pada waktunya, menerima resiko dari tindalan yang dilakukan
|
Skor 3 =
siswa bersikap jujur dan melaksanakan
tugas individu/ kelompok dengan baik, kurang bekerja sama dengan baik dalam
kelompok, mengumpulkan tugas pada waktunya, menerima resiko dari tindalan
yang dilakukan
|
Skor 2 =
siswa belum bersikap jujur dan
melaksanakan tugas individu/ kelompok kurang baik, kurang bekerja sama
dengan baik dalam kelompok, mengumpulkan tugas tidak pada waktunya, menerima
resiko dari tindalan yang dilakukan
|
Skor 1 =
siswa belum bersikap jujur dan
melaksanakan tugas individu/ kelompok tidak baik, tidak mampu bekerja
sama dengan baik dalam kelompok, mengumpulkan tugas tidak pada waktunya,
tidak mau menerima resiko dari tindalan yang dilakukan
|
FORMAT PENILAIAN
Perhitungan
skor akhir menggunakan rumus :
Sesuai
Permendikbud No 81A Tahun 2013 peserta didik memperoleh nilai adalah:
Sangat Baik : apabila memperoleh skor : 3,33 < skor ≤ 4,00
Baik : apabila memperoleh skor
: 2,33 < skor ≤ 3,33
Cukup : apabila memperoleh skor : 1,33 < skor ≤ 2,33
Kurang : apabila memperoleh skor: skor ≤
1,33
Aspek
Penilaian Sosial
Lembar Penilaian Antar peserta Didik
Sikap Disiplin
Petunjuk
Lembaran
ini diisi oleh peserta didik untuk menilai sikap sosial peserta didik lain
dalam kedisiplinan. Berilah tanda cek (√) pada kolom skor sesuai sikap disiplin
yang ditampilkan oleh teman anda!
Nama
penilai :Tidak
diisi
Nama
teman yang dinilai : ...............
Kelas :
...............
Mata
pelajaran :
...............
No
|
Sikap
yang diamati
|
||||
TP
|
KD
|
SR
|
SL
|
||
1
|
Masuk kelas tepat waktu
|
||||
2
|
Mengumpulkan tugas tepat waktu
|
||||
3
|
Memakai seragam sesuai tata tertib
|
||||
4
|
Mengerjakan tugas yang diberikan
|
||||
5
|
Tertib dalam mengikuti
pembelajaran
|
||||
6
|
Mengikuti praktikum sesuai dengan
langkah yang ditetapkan
|
||||
7
|
Membawa buku tulis sesuai mata
pelajaran
|
||||
8
|
Membawa buku teks mata pelajaran
|
||||
9
|
Melakukan
tugas-tugas dengan baik
|
||||
10
|
Menghormati perbedaan pendapat
|
||||
11
|
menghormati
teman yang berbeda suku, agama, ras, budaya, dan gender
|
||||
12
|
Menerima
kekurangan orang lain
|
||||
13
|
Memaafkan
kesalahan orang lain
|
||||
14
|
Berani
mengambil keputusan secara cepat dan bisa dipertanggungjawabkan
|
||||
15
|
Aktif
dalam kerja kelompok
|
||||
Jumlah
|
Keterangan:
SL = selalu,
apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
SR = sering,
apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukannya
KD = kadang-kadang,
apabila kadang-kadang melakukan dan
sering tidak melakukan
TP = tidak
pernah, apabila tidak pernah melakukan
Petunjuk Penskoran
Skor
akhir menggunakan skala 1 sampai 4
Perhitungan
skor akhir menggunakan rumus
Peserta
didik memperoleh nilai
Sangat Baik : apabila memperoleh skor 3,20 – 4,00 (80 – 100)
Baik : apabila memperoleh skor 2,80 – 3,19 (70 – 79)
Cukup
: apabila memperoleh skor 2.40 – 2,79 (60 – 69)
Kurang
: apabila memperoleh skor
kurang 2.40 (kurang dari 60%)
Aspek Penilaian Kognitif
Nama : ________________
Mata Pelajaran :
_______________
No. Absen : ________________ Tanggal :
_______________
Kelas/semester : ________________ Guru :
_______________
a. Berilah tanda silang (x) pada salah satu
huruf a, b, c, d, atau e pada jawaban yang paling tepat!
No.
|
Indikator
|
Soal
|
Kunci Jawaban
|
Skors
|
|||||||
B
|
S
|
||||||||||
1.
|
3.4.2.Menjelaskan
organ penyusun sistem peredaran darah manusia
|
·
Organ yang
berfungsi memompa darah ke seluruh tubuh yaitu....
a.
Paru-paru
b.
Pembuluh
darah
c.
Jantung
d.
Hati
·
Sistem
peredaran darah terdiri dari 3 komponen kecuali...
a.
Hati
b.
Jantung
c.
Darah
d.
Pembuluh
darah
|
·
C
·
A
|
20
20
|
0
0
|
||||||
3.
|
3.4.2.Menjelaskan
jenis sistem peredaran darah pada manusia
|
·
Perhatikan tabel berikut.
Tabel perbedaan vena dan arteri
Perbandingan yang
benar pada tabel di atas adalah pada . . . .
a.denyut b.aliran c.dinding d. sel otot
·
Peredaran
darah manusia selalu berada di dalam pembuluh darah.Keadaan seperti ini
merupakan...
a.
Sistem
peredaran darah besar
b.
Sistem
peredaran darah kecil
c.
Sistem
peredaran darah terbuka
d.
Sistem
peredaran darah tertutup
·
Peredaran
darah dari paru-paru menuju jantung kemudian kembali lagi ke jantung disebut
sistem peredaran darah....
a.
Peredaran
darah kecil
b.
Peredaran
darah besar
c.
Peredaran
darah sistemik
d.
Peredaran
darah vena
|
·
C
·
D
·
A
|
20
20
20
|
0
0
0
|
Kunci Jawaban
1. C
|
2.A
|
3.C
|
4.D
|
5.C
|
B.
Essay!
1.Sebutkan bagian-bagian
jantung manusia?
2.Jelaskan perbedaan
antara pembuluh nadi dan pembuluh vena!
3.Sebutkan organ dalam
sistem peredaran darah?
4.Apa fngsi pembuluh nadi
dan vena?
5.Jelaskan perbedaan
antara peredaran darah kecil dan peredaran darah besar!
Jawaban
No.
|
Jawaban
|
1.
|
Jantung
manusia terdiri dari 4 ruang yaitu 2 serambi dan 2 bilik yaitu serambi kanan,
serambi kiri, bilik kanan, dan bilik kiri
|
2.
|
Pembuluh
nadi (arteri)
Ciri-ciri
: berdinding tebal dan elastis, terletak di dalam, tersembunyi, dan memiliki
satu katup dekat jantung
Pembuluh
balik (vena)
Ciri-ciri:
berdinding tipis, terletak di permukaan, dan memiliki katup di sepanjang
pembuluh
|
3.
|
Organ
pada sistem peredaran darah terdiri dari jantung dan pembuluh darah
|
4.
|
Fungsi
dari pembuluh nadi (arteri) yaitu membawa darah dari jantung sedangkan fungsi
dari pembuluh balik (vena) yaitu membawa darah menuju jantung
|
5.
|
1) Peredaran Darah Kecil
Peredaran darah kecil merupakan peredaran darah yang dimulai
dari jantung menuju ke
paru-paru
kemudian kembali lagi ke jantung
2) Peredaran Darah Besar
Peredaran darah besar adalah
peredaran darah dari jantung ke seluruh tubuh kemudian kembali ke jantung
lagi.
|
Aspek Penilaian Psikomotor
Petunjuk Pengisian:
Lembaran ini diisi oleh guru
untuk menilai keaktifan dan tanggung jawab peserta didik dalam melakukan
diskusi kelompok. Berilah tanda cek (√) pada kolom skor sesuai aspek penilaian
pada kolom yang disediakan, dengan
kriteria sebagai berikut:
3
= Selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
2
= Sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan
dan kadang-kadang tidak melakukan
2 = Kadang-kadang,
apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan
1 = Tidak
pernah, apabila tidak pernah melakukan
Kelas : …………………..
Kelompok : …………………..
Tanggal Pengamatan : …………………..
Materi Pokok : …………………..
No
|
Aspek Penilaian
|
Nama
|
Kriteria
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|||
1.
|
Keaktifan dalam membuat poster tentang sel dan
bagian-bagiannya
|
|||||
2.
|
Keaktifan berdiskusi didalam kelompok.
|
|||||
3.
|
Kemampuan berkomunikasi dan menyampaikan pendapat
|
|||||
LEMBAR KERJA SISWA
A.Judul
Membedakan sistem peredaran darah
pada manusia
B.Kompetensi Dasar
3.4
Memahami sifat fluida dan menerapkannya untuk menjelaskan transportasi darah
dalam sistem peredaran darah serta transportasi cairan pada tumbuhan, tekanan
osmosis, difusi pada peristiwa respirasi serta dalam kehidupan sehari-hari
C.Tujuan
1.Peserta
didik mampu membedakan sistem peredaran darah pada manusia
D.Landasan Teori
Organ Peredaran Darah
1) Jantung
Organ dalam tubuh yang berdetak pada daerah dada adalah jantung.
Jantung merupakan salah satu organ peredaran darah yang penting bagi tubuh
manusia. Seperti pompa, jantung berfungsi memompa darah, sehingga darah dapat diedarkan
ke seluruh tubuh.Meskipun kerja jantung sangat berat, tetapi jantung kamu
bukanlah organ yang ukurannya sangat besar. Besar jantung manusia kira-kira
sebesar sekepalan tangan. Jantung terdiri atas 4 ruangan, yaitu serambi (atrium)
kiri, serambi kanan, bilik (ventrikel) kiri, dan bilik kanan. Serambi
jantung berada di sebelah atas, sedangkan bilik jantung di sebelah bawah.Antara
serambi kiri dan bilik kiri terdapat dua buah katup yang disebut bikuspidalis.
Antara serambi kanan dan bilik kanan terdapat tiga buah katup yang disebut trikuspidalis.
Katupkatup tersebut berfungsi menjaga agar darah dari bilik tidak kembali ke
serambi. Dinding jantung di bagian bilik kiri lebih tebal karena bilik kiri
berfungsi memompa darah ke seluruh tubuh. Saat berdenyut, setiap ruang jantung
mengendur mengendur dan terisi darah. Selanjutnya, otot-otot jantung
berkontraksi dan memompa darah keluar ruang jantung. Kedua serambi mengendur
dan berkontraksi secara bersamaan, begitu juga kedua bilik akan mengendur dan
berkontraksi secara bersama-sama.
Untuk
memahami bagian-bagian jantung perhatikan gambar dibawah ini !
Darah yang mengandung banyak karbondioksida dari seluruh tubuh
mengalir melalui dua pembuluh darah vena besar (vena kava) menuju serambi
kanan. Setelah atrium kanan terisi darah, akan di dorong ke bilik kanan. Darah
dari bilik kanan akan dipompa melalui katup pulmoner ke dalam arteri pulmonalis
menuju paru-paru.Darah yang mengandung banyak oksigen mengalir melalui pembuluh
darah yang disebut vena pulmonalis menuju ke serambi kiri. Peredaran darah yang
terjadi di antara bagian kanan jantung, paru-paru, dan atrium kiri disebut sirkulasi pulmoner atau
peredaran darah kecil. Darah dalam serambi kiri akan didorong menuju bilik
kiri. Selanjutnya, darah yang mengandung banyak oksigen ini dipompa melewati
katup aorta yang masuk ke dalam pembuluh darah yang disebut aorta (arteri
terbesar dalam tubuh). Kemudian, darah kaya oksigen ini diedarkan ke seluruh
tubuh, kecuali paru-paru.
2) Pembuluh
Darah
Pembuluh darah dibedakan menjadi dua, yaitu pembuluh nadi (arteri)
dan pembuluh balik (vena). Arteri merupakan pembuluh darah yang
mengalirkan darah keluar jantung, sedangkan vena mengalirkan darah masuk ke
dalam jantung. Arteri berisi darah yang mengandung banyak oksigen, kecuali
arteri paru-paru. Vena berisi darah yang mengandung sedikit oksigen, kecuali
yang berasal dari paru-paru. Ujung arteri dan vena bercabangcabang menjadi
pembuluh-pembuluh kecil yang disebut pembuluh kapiler. Pembuluh kapiler
menghubungkan arteri dan vena dengan sel-sel tubuh.
Sistem
Peredaran Darah Manusia
Peredaran
darah manusia termasuk peredaran darah tertutup karena darah selalu beredar di
dalam pembuluh darah. Setiap beredar, darah melalui jantung dua kali sehingga
disebut peredaran darah ganda. Pada peredaran darah ganda tersebut dikenal
peredaran darah kecil dan peredaran darah besar.
1) Peredaran
Darah Kecil
Peredaran darah kecil merupakan
peredaran darah yang dimulai dari jantung menuju ke
paru-paru kemudian kembali lagi ke jantung
2)
Peredaran Darah Besar
Peredaran darah besar adalah peredaran darah dari jantung ke
seluruh tubuh kemudian
kembali ke jantung lagi.
E.Alat dan Bahan
·
Alat
tulis
·
LKS
·
Buku
sumber/sumber informasi lainnya
F.Langkah
Percobaan
·
Duduklah
sesuai dengan anggota kelompokmu
·
Bekerjasamalah
dengan anggota kelompokmu
·
Jawablah
pertanyaan dibawah ini dengan jawaban yang sesuai
G.Diskusi
Peredaran Darah Besar
|
Peredaran Darah Kecil
|
|
A
|
4-7-1
|
3-5-2
|
B
|
3-5-2
|
4-6-1
|
C
|
4-6-7-1
|
6-1-4
|
D
|
7-1-3
|
2-3-5
|
Jawablah
Pertanyaan dibawah ini dengan tepat!
1.Apa
yang disebut Sistem peredaran darah besar dan Jelaskan bagaimana proses sistem
peredaran darah besar!
2.Apa
yang disebut Sistem peredaran darah kecil dan Jelaskan sistem peredaran darah kecil!
Jawaban:
H.Kesimpulan
Setelah
melakukan kegiatan diatas, tuliskan kesimpulan yang dapat kalian ambil dengan
singkat dan jelas!
I.Daftar
pustaka
Zubaidah,
Siti.2014.Ilmu Pengetahuan Alam SMP Kelas
VIII Semester 2.Jakarta:Kemendikbud.
Jawaban Hasil Diskusi
1.Sistem
peredaran darah besar atau sistem peredaran darah sistemik yaitu peredaran
darah dari jantung ke seluruh tubuh kemudian kembali ke jantung lagi.
Proses
Sistem Peredaran darah besar yaitu:
Peredaran darah besar
bermula dari bilik kiri jantung (4) ke sel-sel tubuh (6 &7) dan kembali
lagi ke serambi kanan jantung (1)
Urutan
Sistem peredaran darah besar yaitu: 4-6-7-1
2.Sistem
peredaran darah kecil atau (sistem peredaran paru-paru) yaitu peredaran
darah yang dimulai dari jantung menuju ke paru-paru kemudian kembali lagi ke
jantung
Proses Sistem Peredaran darah kecil
yaitu:
Peredaran
darah kecil bermula dari bilik kanan jantung (3) ke paru-paru (5) dan kembali
lagi ke serambi kanan jantung (1)
Urutan
Sistem peredaran darah kecil yaitu: 3-5-2
No comments:
Post a Comment