Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas / Semester : VIII / Genap
Materi Pokok : Sistem Transportasi Pada Manusia
Alokasi Waktu : 2 x 30 menit
A.
Kompetensi Inti
1.
Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.
Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi,
gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3.
Memahami
dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena
dan kejadian tampak mata
4.
Mengolah,
menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut pandang/teori
B. Kompetensi
Dasar dan Indikator
1.1
Mengagumi
keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi,
kehidupan dalam ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta
mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya
2.1 Menunjukkan
perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat;
tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan
peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap
dalam melakukan pengamatan,percobaan, dan berdiskusi
3.4 Memahami
sifat fluida dan menerapkannya untuk menjelaskan transportasi darah dalam
sistem peredaran darah serta transportasi cairan pada tumbuhan, tekanan
osmosis, difusi pada peristiwa respirasi serta penerapan dalam kehidupan
sehari-hari
4.4 Melakukan
percobaan untuk menyelidiki tekanan cairan pada kedalaman tertentu, gaya apung,
kapilaritas, dan tekanan cairan pada ruang tertutup
Indikator
3.4.1
Menyebutkan
dan membedakan komponen darah beserta fungsinya (eritrosit,
leukosit dan trombosit)
3.4.2
Menyebutkan dan menjelaskan organ peredaran
darah pada manusia
3.4.3
Menjelaskan proses peredaran darah kecil dan
besar
C. Tujuan
Pembelajaran
Setelah dipelajari materi pembelahan
sel peserta didik diharapkan dapat:
1.
Peserta
didik dapat menyebutkan dan membedakan komponen darah beserta fungsinya melalui
kerja kelompok dengan tepat
2.
Peserta
didik dapat menyebutkan dan menjelaskan organ peredaran darah melalui kerja
kelompok dengan tepat dan benar.
3.
Peserta
didik dapat menjelaskan proses peradaran kecil dan besar melalui eksplorasi
dengan tepat dan benar
D.
Materi Pembelajaran
Poin Penting
·
Komponen
darah terdiri atas eritrosit, trombosit, leukosit dan plasma darah
Ø Fungsi ertirosit untuk membawa O2 dari paru-paru
keseluruh bagian tubuh
Ø Fungsi trombosit berperan dalam pembekuan darah
Ø Fungsi leukosit untuk membunuh kuman
Ø plasma darah merupakan cairan darah yang mengandung air dan
beberapa proein
·
Organ
peredaran darah terdapat jantung dan pembuluh darah
Ø Jantung
memiliki 4 ruang yaitu serambi (atrium) kiri, serambi kanan, bilik (ventrikel)
kiri, dan bilik kanan.
Ø Pembuluh
darah terdapat pembuluh vena dan pembuluh arteri
·
Peredaran darah
terdapat peredaran darah besar dan peredaran darah kecil
Ø Peredaran
darah besar dari darah dari jantung ke seluruh tubuh kemudian kembali ke jantung
lagi.
Ø Peredaran
darah kecil merupakan peredaran darah yang dimulai dari jantung menuju ke paru-paru
kemudian kembali lagi ke jantung
E.
Metode Pembelajaran
Pendekatan : Pendekatan Scientific
Model : Cooperative Learning
Metode : Ceramah, diskusi dan Tanya jawab
F.
Media, Alat dan Sumber Pembelajaran
Media : LKS
Power Point
Alat dan Bahan : LCD
Laptop
Sumber buku : Kementrian Pendidikan dan
Kebudayaan. 2014. Ilmu Pengetahuan Alam. Pusat Kurikulum dan Perbukuan,
Balitbang Kemdikbud.
G.
Langkah – Langkah Kegiatan Pembelajaran
Pendekatan Cooperative
|
Kegiatan Guru
|
Kegiatan Siswa
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
|||
Salam dan Doa
|
Guru masuk kekelas dan memberi salam
|
Peserta didik
menjawab salam guru
|
30 detik
|
Guru menunjuk ketua kelas untuk memimpin doa.
|
Mempersiapkan
diri dan berdoa.
|
30 detik
|
|
Memotivasi
|
Memotivasi peserta didik dengan
pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan materi system transportasi darah
pada manusia. Ketika kalian sedang istirahat, beraktivitas ataupun olahraga
adakah bagian yang berdetak di bagian dada kalian ? bagian organ apa
itu?
|
Siswa menyumbang
ide atau pendapat, sementara siswa lain mendengarkan pendapat temannya dan
terbuka ketika mendengarkan pendapat teman,
serta tidak mencela pendapat teman dengan kasar.
|
1 menit
|
Menyampaikan Tujuan
|
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran
|
Peserta didik
mendengarkan tujuan yang disampaikan oleh guru.
|
1 menit
|
Kegiatan Inti
|
|||
Mengamati
|
Memberikan
gambar tentang komponen darah dan organ peredaran darah kepada peserta didik yang bertujuan agar
peserta didik dapat memahami tentang materi yang akan diajarkan oleh guru.
|
Peserta didik
mengamati gambar tentang komponen darah yang telah diberikan oleh guru
|
1 menit
|
Guru menjelaskan gambar tersebut
|
Peserta
didik mengamati dan memahami penjelasan yang diberikan oleh guru.
|
6 menit
|
|
Menanya
|
Guru memberikan kesempatan kepada
peserta didik untuk mengajukan pertanyaan berdasarkan penjelasan yang
telah disampaikan
|
Peserta
didik bertanya tentang penjelasan yang belum dimengerti
|
1 menit
|
Mencoba
|
Guru mengorganisasikan peserta didik dalam
kelompok-kelompok, setiap kelompok terdiri atas 3-5 orang peserta didik.
Kemudian guru memberikan LKS pada tiap-tiap kelompok untuk mendiskusikan
pertanyaan yang terdapat dalam LKS tersebut
|
Peserta didik dibagi menjadi beberapa kelompok dan menerima
LKS
|
1 menit
|
Menalar
|
Kemudian guru mengarahkan
kepada peserta didik untuk melakukan diskusi kelompok dan mencatat hasil
diskusinya didalam LKS. Guru
membimbing peserta didiknya dalam berdiskusi.
Guru menilai sikap peserta dalam berpendapat atau menerima
pendapat pada saat diskusi kelompok.
|
Peserta didik berdiskusi dan mengerjakan LKS secara berkelompok..
|
10 menit
|
Mengkomunikasikan
|
Guru mempersilakan
siswa untuk menjawab dan mengkomunikasikan hasil diskusinya berdasarkan
pertanyaan yang ada di LKS
|
Peserta
didik mempersentasikan hasil diskusi kelompoknya didepan kelas.
|
3 menit
|
Penutup
|
|||
Kesimpulan
|
Guru membimbing siswa dalam menyimpulkan materi tentang materi system
transportasi darah pada manusia
|
Menyimpulkan materi pembelajaran
|
1 menit
|
Evaluasi
|
Guru memberikan post test untuk dikerjakan secara
individu
|
Peserta didik mengerjakan post test
|
3 menit
|
Salam dan
doa
|
Guru menunjuk ketua kelas untuk memimpin doa
|
Peserta didik mempersiapkan diri untuk berdoa
|
1 menit
|
H.
Penilaian
Instrumen
|
Teknik Penilaian
|
Kompetensi Inti
|
Observasi
|
Panca Indera
|
Sikap Spiritual
|
Penilaian antar peserta didik
|
Lembar penilaian antar peserta didik
|
Sikap Sosial
|
Post Test
|
PG
|
Pengetahuan
|
Penyampaian Hasil Diskusi
|
Lembar keterampilan berbicara
|
Keterampilan
|
·
Sikap Spiritual
INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP SPIRITUAL
(LEMBAR PENILAIAN DIRI)
A.
Petunjuk Umum
1.
Instrumen
penilaian sikap spiritual ini berupa Lembar Penilaian Diri.
2. Instrumen
ini mulai diisi peserta didik untuk menilai dirinya sendiri.
B.
Petunjuk Pengisisan
Berdasarkan perilaku kalian selama dua minggu
terakhir, nialialah sikap diri kalian dengan memberi tanda centang (v) pada
kolom skor 4, 3, 2, atau 1 pada Lembar
Penilaian Diri dengan ketentuan sebagai berikut:
Skor 4 apabila
selalu melakukan perilaku yang dinyatakan.
Skor 3 apabila
sering melakukan perilaku yang dinyatakan.
Skor 2 apabila
kadang-kadang melakukan perilaku yang dinyatakan.
Skor 1 apabila
tidak pernah melakukan perilaku yang dinyatakan.
C.
Lembar Penilaian Diri
LEMBAR PENILAIAN DIRI
Nama Peserta Didik : …..…..
Kelas/Semester : ………
Hari/Tanggal Pengisian : ……....
Tahun Pelajaran : ………
Butir Nilai : Menghayati dan mengamalkan ajaran
agama yang dianutnya
Pernyataan
|
Skor
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
Saya berdoa sebelum dan sesudah melakukan sesuatu kegiatan
|
|||||
Saya mengucapkan rasa syukur atas segala karunia Tuhan
|
|||||
Saya memberi salam sebelum dan sesudah mengungkapkan pendapat di
depan umum
|
|||||
Saya dapat mengagumi ciptaan Tuhan berupa berbagai jenis tumbuhan
yang memiliki peranan penting dalam kehidupan di bumi
|
|||||
Saya mengungkapkan keagungan Tuhan apabila melihat kebesaranNya
|
|||||
Petunjuk
Penskoran
Skor akhir menggunakan skala 1
sampai 4
Perhitungan skor akhir menggunakan
rumus
Peserta didik memperoleh nilai :
Sangat Baik :
skor 3,20 – 4,00 (80 – 100)
Baik :
skor 2,80 – 3,19 (70 – 79)
Cukup : skor 2.40
– 2,79 (60 – 69)
Kurang : skor
< 2.40 (< 60%)
·
Sikap Sosial
INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP SOSIAL
(LEMBAR PENILAIAN ANTARPESERTA DIDIK)
A.
Petunjuk Umum
1.
Instrumen
penilaian sikap sosial ini berupa Lembar Penilaian Antarpeserta Didik.
2. Instrunen
ini dimulai diisi peserta didik untuk menilai pesertadidik lain/temannya.
B. Petunjuk
Pengisian
Berdasarkan
perilaku teman kalian selama dua minggu terakhir, nialialah sikap temanmu
dengan memberi tanda centang (v) pada kolom
skor 4, 3, 2, atau 1 pada Lembar Penilaian Antarpeserta Didik dengan
ketentuan sebagai berikut:
Skor 4 apabila
selalu melakukan perilaku yang dinyatakan.
Skor 3 apabila
sering melakukan perilaku yang dinyatakan.
Skor 2 apabila
kadang-kadang melakukan perilaku yang dinyatakan.
Skor 1 apabila
tidak pernah melakukan perilaku yang dinyatakan.
C.
Lembar Penilaian Antarpeserta Didik
LEMBAR PENILAIAN ANTARPESERTA DIDIK
Nama Teman :
…..…..
Kelas/Semester : ………
Hari/Tanggal Pengisian : ……....
Tahun Pelajaran : ………
Butir Nilai :
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli
(gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan
menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
Sikap
|
Pernyataan
|
Skor
|
||||
4
|
3
|
2
|
1
|
|||
1
|
Jujur
|
Temanku menyampaikan informasi sesuai
dengan fakta yang ada
|
||||
2
|
Disiplin
|
Temanku masuk
kelas tepat waktu
|
||||
Temanku
mengumpulkan tugas tepat waktu
|
||||||
Temanku
memakai seragam sesuai tata tertib
|
||||||
Temanku
mengerjakan tugas yang diberikan
|
||||||
Temanku
tertib dalam mengikuti pembelajaran
|
||||||
Temanku
membawa buku tulis sesuai mata pelajaran
|
||||||
Temanku
membawa buku teks mata pelajaran
|
||||||
3
|
Tanggung Jawab
|
Temanku melakukan tugas-tugas dengan baik
|
||||
Temanku berani mengambil keputusan secara cepat dan bisa
dipertanggungjawabkan
|
||||||
4
|
Toleransi, peduli, santun
|
Temanku menghormati
perbedaan pendapat
|
||||
Temanku menghormati
teman yang berbeda suku, agama, ras,
budaya, dan gender
|
||||||
Temanku menerima
kekurangan orang lain
|
||||||
Temanku memaafkan kesalahan orang lain
|
||||||
Temanku dapat menunjukkan sikap dan perilaku yang arif dalam
memanfaatkan berbagai jenis tumbuhan dan menjaga kelestariannya
|
||||||
5
|
Percaya diri
|
Temanku berani berpendapat, bertanya,
atau menjawab pertanyaan di hadapan guru dan teman-temannya.
|
||||
Jumlah
|
Penskoran
(Lihat penskoran pada penilaian diri
sikap spiritual!)
Lampiran II
Tabel Penskoran
No
|
Indikator
|
Soal
|
Kunci
|
Skor
|
1.
|
3.4.1
|
Darah manusia berwarna merah karena mengandung…
|
Hemoglobin
|
10
|
2
|
3.4.1
|
Komponen darah yang berfungsi dalam proses pengangkutan oksigen dan
karbondioksida adalah..
|
eritrosit
|
10
|
3
|
3.4.1
|
Komponen darah yang berfungsi dalam pembekuan
darah adalah…
|
Trombosit
|
10
|
4
|
3.4.2
|
Sebutkan organ peredaran darah …
|
Jantung , Pembuluh darah
|
10
|
5.
|
3.4.1
|
Protein dalam plasma darah terdiri atas…
|
Albumin, Fibrinogen dan globulin
|
10
|
6
|
3.4.2
|
Memiliki dinding pembuluh tebal, kuat dan elastis
merupakan ciri dari pembuluh…
|
Pembuluh Nadi (arteri)
|
10
|
7
|
3.4.3
|
Peredaran darah dari jantung menuju ke paru-paru
kemudian kembali ke jantung disebut …
|
Peredaran darah kecil
|
10
|
8
|
3.4.2
|
Pembuluh darah yang mengalirkan darah masuk
kedalam jantung, berisi darah kotor adalah…
|
Pembuluh vena
|
10
|
9
|
3.4.3
|
Peredaran darah dari jantung melalui aorta menuju
ke seluruh tubuh kemudian kembali melalui vena cava kembali ke jantung disebut peredaran darah …
|
Peredaran darah besar
|
10
|
10
|
3.4.3
|
Peredaran darah besar berasal dari jantung bagian
bilik kiri diedarkan ke seluruh tubuh lalu masuk ke jantung bagian ….
|
Serambi Kanan
|
10
|
Lampiran III
Penilian Kompetensi Keterampilan
Penilaian Keterampilan Berbicara
Mata Pelajaran :
Kelas / Semester :
No
|
Nama Peserta Didik
|
Aspek Pengamatan
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
Ket.
|
|||
Kelancaran
|
Pengucapan
|
Intonasi
|
Pilihan Kata
|
|||||
1
|
||||||||
2
|
Topik :
Rubrik Kerampilan Berbicara
Kriteria
|
Skor
|
Indikator
|
Kelancaran
(Fluency)
|
3
|
Lancar
|
2
|
Kurang Lancar
|
|
1
|
Tidak Lancar
|
|
Pengucapan
(pronunciation)
|
3
|
Baik
|
2
|
Kurang Baik
|
|
1
|
Tidak Baik
|
|
Intonasi
(Intonation)
|
3
|
Sesuai
|
2
|
Kurang Sesuai
|
|
1
|
Tidak Sesuai
|
|
Pilihan
Kata (Diction)
|
3
|
Tepat
|
2
|
Kurang Tepat
|
|
1
|
Tidak Tepat
|
LEMBAR
KERJA SISWA
(LKS)
A. Judul Kegiatan
Sistem
Transportasi Manusia (Peredaran darah)
B. Kompetensi Dasar
3.4 Memahami
sifat fluida dan menerapkannya untuk menjelaskan transportasi darah dalam
sistem peredaran darah serta transportasi cairan pada tumbuhan, tekanan
osmosis, difusi pada peristiwa respirasi serta penerapan dalam kehidupan
sehari-hari
C. Tujuan
1.
Peserta didik dapat membedakan komponen penyusun darah
(eritrosit, leukosit dan trombosit)
2.
Peserta didik dapat membedakan pembuluh darah nadi
(arteri) dan pembuluh
3.
Peserta didik dapat menjelaskan proses pembekuan darah
4.
Peserta didik dapat menjelaskan proses peredaran darah besar dan
peredaran darah kecil
D. Landasan Teori
Sistem Peredaran Darah pada Manusia -
Sistem peredaran darah berfungsi untuk mengedarkan zat makanan ke seluruh
tubuh. Zat makanan berguna untuk pertumbuhan, mengganti sel-sel yang rusak, dan
untuk beraktivitas. Pada manusia, sistem transportasi atau peredaran darah
terdiri atas tiga bagian utama, yaitu jantung, pembuluh darah, dan darah
Jantung terletak di rongga dada,
diselaputi oleh suatu membran pelindung yang disebut perikardium. Dinding jantung
terdiri atas jaringan ikat padat yang membentuk suatu kerangka fibrosa dan otot
jantung. Serabut otot jantung bercabang-cabang dan beranastomosis secara erat
Pembuluh
darah terdapat pembuluh arteri, pembuluh vena dan pembuluh kapiler. Arteri
merupakan pembuluh darah yang mengalirkan darah keluar dari jantung.
Bila sampai di jaringan, arteri bercabang-cabang kecil yang disebut arteriole.
Vena: Merupakan pembuluh yang mengalirkan darah kembali menuju ke
jantung. Pembuluh vena yang menyebar di jaringan bercabang-cabang kecil dan
disebut venule. Arteriole dan venule dihubungkan oleh pembuluh kapiler.
Komponen penyusun darah dibagi menjadi 3 bagian yaitu, eritrosit, leukosit dan
trombosit.
E.
Pertanyaan
1.
Sebutkan perbedaan
antara eritrosit, leukosit dan trombosit?
No
|
Pembeda
|
Eritrosit
|
Leukosit
|
Trombosit
|
1
|
Inti
sel
|
|||
2
|
Bentuk
|
|||
3
|
Jumlah
|
|||
4
|
Fungsi
|
|||
5
|
Tempat
Produksi
|
2. Sebutkan Perbedaan
Pembuluh arteri dan pembuluh vena
No
|
Pembeda
|
Arteri
|
Vena
|
1
|
Tempat
|
||
2
|
Dinding
Pembuluh
|
||
3
|
Denyut
|
||
4
|
Katup
|
||
5
|
Aliran
darah
|
3.
Jelaskan proses
pembekuan darah!
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
4.
Jelaskan proses
peredaran darah besar dan peredaran kecil secara singkat!
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
F. Kesimpulan
Berdasarkan
hasil diskusi dengan teman sekelompok anda, cobalah Tarik kesimpulan dari hasil
diskusi tersebut pada kolom dibawah ini!
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
G. Daftar Pustaka
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2014. Ilmu Pengetahuan Alam. Pusat
Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang Kemdikbud.
Jawaban LKS
1.
No
|
Pembeda
|
Eritrosit
|
Leukosit
|
Trombosit
|
1
|
Inti
sel
|
Tanpa
Nukleus
|
Ada
Nukleus
|
Tanpa
nukleus
|
2
|
Bentuk
|
Bulat
pipih, bikonkaf
|
Tidak
beraturan
|
Tidak
beraturan
|
3
|
Jumlah
|
5.000.000/mm3
|
7.000/mm3
|
250.000/mm3
|
4
|
Fungsi
|
Membawa
O2 dari paru-paru ke seluruh bagian tubuh
|
Menghasilkan
antibody dan melawan penyakit dalam tubuh
|
Pembekuan
darah
|
5
|
Tempat
Produksi
|
Sumsum
tulang
|
Sumsum
tulang dan buku limfa
|
Sumsum
tulang
|
2.
No
|
Pembeda
|
Arteri
|
Vena
|
1
|
Tempat
|
Agak
tersembunyi di dalam tubuh
|
Dekat
dengan permukaan tubuh, tampak kebiru-biruan
|
2
|
Dinding
Pembuluh
|
Tebal,
kuat, elastis
|
Tipis
dan tidak elastis
|
3
|
Denyut
|
Terasa
|
Tidak
terasa
|
4
|
Katup
|
Satu
pada pangkal jantung
|
Banyak
disepanjang pembuluh
|
5
|
Aliran
darah
|
Meninggalkan
jantung
|
Menuju
jantung
|
3.
Di dalam trombosit
terdapat enzim trombokinase atau tromboplastin. Enzim tromboplastin akan
mengubah protein yang disebut protrombin (calon trombin) menjadi trombin karena
pengaruh ion kalsium dan vitamin K dalam darah. Trombin akan mengubah fibrinogen
(protein darah) menjadi benang-benang fibrin. Benangbenang fibrin ini akan
membentuk jaring-jaring di sekitar sel-sel darah, sehingga luka tertutup dan
darah tidak menetes lagi
4.
Peredaran darah kecil,
yaitu peredaran darah antara jantung ke paru-paru dan kembali lagi ke jantung.
Perjalanan darah melalui : Ventrikel kanan
--> Arteri pulmonalis --> Paru-paru--> Vena pulmonalis --> Atrium
kiri.
Peredaran darah besar,
yaitu peredaran darah dari jantung ke selurug organ-organ tubuh dan
kembali lagi ke jantung.
Perjalanan darah melalui :
Ventrikel kiri --> Aorta --> Arteri --> Arteriola --> Kapiler
--> Venula --> Vena --> Vena cava anterior dan vena cava posterior
-->Atrium kanan.
No comments:
Post a Comment