RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) “KINGDOM PLANTAE”

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
KD 3.7

Satuan Pendidikan    : SMA NEGERI 1 KARAWANG
Mata Pelajaran          : Biologi
Kelas/Semester          : X/ Genap
Materi Pokok             : Plantae
Alokasi Waktu           : 30 menit
 

A.    Kompetensi Inti
KI.1  Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI.2 Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI.3 Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI.4 Mengolah, menalar dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.



B.     Kompetensi Dasar dan Indikator
Kompetensi Dasar
3.7  Menerapkan prinsip klasifikasi untuk menggolongkan tumbuhan ke dalam divisi berdasarkan pengamatan morfologi dan metagenesis tumbuhan serta mengaitkan peranannya dalam kelangsungan kehidupan di bumi.
        Indikator :
3.7.1        Menyebutkan dan menjelaskan karakteristik dari tumbuhan Spermatophyta
3.7.2        Membedakan tumbuhan Spermatophyta berdasarkan penggolongan divisi
3.7.3        Mengidentifikasi dan membedakan kelas yang ada pada divisi Angiospermae

C.    Tujuan Pembelajaran
  Setelah mempelajari materi plantae, diharapkan peserta didik dapat:
1.      Peserta didik mampu menjelaskan kembali krakteristik dari tumbuhan Spermatophyta secara tepat melalui studi literatur
2.      Peerta didik mampu membedakan tumbuhan Spermatophyta berdasarkan penggologan divisi secara teliti dan tepat melalui diskusi dan presentasi hasil pemahamnnya secara tepat
3.      Peserta didik mamp mengidentifikasi dan menjelaskan kembali perbedaan dari kelas yang ada pada divisi Spermatophyta secara tepat melalui diskusi dan pengamatan











D.    Materi Ajar

Dunia tumbuhan (Kingdom Plantae) beranggotakan semua jenis organisme yang mengandung klorofil, tidak dapat berpindah tempat, memiliki tubuh yang tersusun atas banyak sel yang membentuk jaringan dan organ, memiliki organ kelamin, serta menghasilkan keturunan. Tumbuhan berbiji (Spermatophyta) memiliki ciri utama menghasilkan biji. Tumbuhan berbiji termasuk tumbuhan berkormus sejati (Cormophyta) dan tumbuhan berpembuluh (Tracheophyta). Tumbuhan berbiji dibedakan menjadi tumbuhan berbiji terbuka (Gymnospermae) dan tumbuhan berbiji tertutup (Angiospermae). Gymnospermae memiliki cirri utama biji tidak dibentuk di dalam bakal buah. Ada empat divisi Gymnospermae, yaitu :




1.      Cycadophyta
Contoh Divisi Cychadophyta, Cycas rumphii
2.      Ginkgophyta
Contoh Divisi Ginkgophyta, Ginkgo biloba
3.      Gnetophyta
Contoh Divisi Gnetophyta, Gnetum gnemon



4.      Pinophyta (Tumbuhan Konifer)
Contoh Divisi Pinophyta, Pinus merkusi

      Angiospermae  membentuk biji yang dibungkus oleh bakal buah. Angiospermae disebut juga tumbuhan berbunga (Anthophyta) karena menghasilkan bunga. Berdasarkan struktur bijinya, Angiospermae dibagi menjadi dua kelas, yaitu
1.      Dicotyledoneae
Dicotyledoneae atau dikotil memiliki dua keping biji (kotiledon), bertulang daun menyirip atau dengan pola jaring, batang berkambium dan bercabang, berakar tunggang, ikatan pembuluh tersusun dalam pola radial, serta bagian-bagian bunga berjumlah 4,5, atau kelipatannya.
Contoh Kelas Dicotyl, Solanum tuberosum


2.      Monocotyledoneae.
Monocotyledoneae atau  monokotil memiliki satu keeping biji, bertulang daun sejajar, batang tidak berkambium dan tidak bercabang, berakar serabut, ikatan pembuluh tersebar secara acak, serta bagian-bagian bunganya berjumlah tiga atau kelipatannya.
Contoh Kelas Monocotyl, Musa paradisaca

E.     Metode Pembelajaran
Pendekatan     : Saintifik
Model              : Discovery dan Kooperatif Learning
Metode            : Ceramah, tanya jawab, diskusi, pengamatan langsung

F.     Sumber / Bahan / Alat
Sumber           
1.      Buku         :  Prawihartono, Slamet dan Sri Hidayati. Konsep dan Penerapan Biologi SMA/MA Kelas X. Jakarta : PT Bumi Aksara. 2015

Bahan              : -  lembar kerja siswa yang dipersiapkan oleh guru
                          -  PPT
                          -  herbarium
                         

Alat                 : - Proyektor
                          - Laptop
                          - Whiteboard
                          - Spidol


G.    Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Ketiga (30 menit)

No.
Tahapan Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Guru
Kegiatan Peserta Didik
Alokasi Waktu
1.
Pendahuluan
Salam dan doa

·         Mempersiapkan peserta didik dengan berdoa.
·         Mempersiapkan diri dan berdoa.
7 menit
Memotivasi
ü  Guru menyampaikan KD, indikator, dan tujuan mengenai pembelajaran yang akan berlangsung serta memberikan motivasi kepada peserta didik tentang materi Plantae dan mengaitkannya dengan ayat suci Al-Qur’an
ü  Peserta didik termotivasi untuk mempelajari materi plantae
Apersepsi
ü  Guru menampilkan peta konsep dan menanyakan kembali materi sebelumnya mengenai perbedaan dari Bryophyta, Pteridophyta, dan Spermatophyta serta kelas dari anggota Gymnospermae.
ü  Guru membagi peserta didik dalam berbagai kelompok
ü   
ü  Peserta didik menjawab pertanyaan guru mengenai materi pada pertemuan sebelumnya
ü  Peserta didik bergabung kedalam berbagai kelompok.
2.
Kegiatan Inti
Observasi

·        Guru meminta peserta didik untuk mengamati slide yang berisi gambar  berbagai tumbuhan, contohnya kembang sepatu, melinjo, rumput teki, padi, mangga,dll.  
·         Peserta didik mengamati gambar berbagai tumbuhan, contohnya kembang sepatu, melinjo, rumput teki, padi, mangga,dll.



1 menit







1 menit






5 menit





1 menit










10 menit





Question

Peserta didik dimotivasi untuk menanyakan :
-    Bagaimana karakteristik dari tiap tumbuhan berdasarkan penggolongan divisi dan kelasnya?


Peserta didik termotivasi untuk menanyakan tentang :
-    Bagaimana karakteristik dari tiap tumbuhan berdasarkan penggolongan divisi dan kelasnya?
Eksplorasi

Guru membagikan berbagai herbarium serta LKS kepada masing-masing kelompok dan membimbing jalannya diskusi.
Peserta didik melakukan pengamatan pada herbarium serta berdiskusi mengenai penugasan yang terdapat pada LKS.
Assosiation

Guru meminta peserta didik mengaitkan ciri-ciri yang diamati dengan klasifikasi tumbuhan berdasarkan sumber referensi.
Peserta didik mengaitkan cirri-ciri yang diamati dengan klasifikasi tumbuhan berdasarkan sumber referensi.
Comunication

·         Guru meminta masing-masing kelompok untuk mencatat hasil pengamatan di papan tulis dan mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas berdasarkan penugasan yang terdapat pada LKS

Guru memperkuat pernyataan peserta didik
Masing-masing kelompok mencatat hasil pengamatan di papan tulis dan mempresentasikan hasil diskusi kelompok berdasarkan penugasan yang terdapat pada LKS

Penutup
Review






Evaluasi


Salam dan doa

·         Guru meriview materi pembelajaran dan meminta peserta didik untuk menyimpulkan



·         Guru menampilkan soal berbentuk PG kepada peserta didik
·         Guru menyiapkan peerta didik untuk berdoa
·         Peserta didik menyimak pengulasan dari guru dan menyimpulkan dan materi pembelajaran
·         Peserta didik menjawab soal yang diberikan guru
·         Peserta didik mempersiapkan diri untuk berdoa





5 menit


H. Penilaian (terlampir)
No.
Penilaian
Teknik
Instrumen
1.
Kompetensi Sikap Spiritual
Observasi
Skala Penilaian
2.
Kompetensi Sikap Sosial
Observasi
Skala Penilaian
3.
Kompetensi Pengetahuan
Tes Lisan
Pilihan Ganda
4.
Kompetensi Keterampilan
Tes Praktik
Skala Penilaian



                                                                                    Tangerang Selatan, 12 September 2015

Mengetahui,
Kepala Sekolah SMAN 1 Karawang,                                             Guru Biologi Kelas X,



Drs. H. C.A Bachtiar, M.Pd                                                            Artha, S.Pd
NIP. 19690509 1984021001                                                              NIP. 198505012014021001











Lampiran 1
LEMBAR KERJA SISWA (LKS)
PERBEDAAN MONOKOTIL DAN DIKOTIL
Kelas                                       :
Anggota Kelompok               :          

A.    Kompetensi Dasar
3.7  Menerapkan prinsip klasifikasi untuk menggolongkan tumbuhan ke dalam divisi berdasarkan pengamatan morfologi dan metagenesis tumbuhan serta mengaitkan peranannya dalam kelangsungan kehidupan di bumi.
B.     Tujuan
1.      Untuk mengetahui ciri-ciri berbagai tumbuhan
2.      Untuk menggolongkan tumbuhan ke dalam kelas monokotil dan dikotil
3.      Untuk mengetahui perbedaan antara tumbuhan monokotil dan dikotil
C.    Landasan Teori
      Pada Tumbuhan kelas / tingkat tinggi dapat dibedakan menjadi 2 macam yaitu tumbuh-tumbuhan berbiji keping satu atau monokotil dan tumbuh – tumbuhan berbiji keping dua atau dikotil. Ciri – ciri tumbuhan monokotil dan dikotil hanya dapat ditemukan pada tumbuhan subdivisi angiospermae karena memiliki bunga yang sesungguhnya Tumbuhan tingkat tinggi, memiliki ciri-ciri :.
a.       Berkormus sehingga disebut Cormophyta.
b.      Organ sudah dapat dibedakan dengan nyata/kjelas antara akar, daun dan batang.
c.       Mempunyai jaringan pengangkutan/vasikuler.
d.      Ex : Angiospermae (Dikotil dan Monokotil) dan Gymnospermae.
Dikotil merupakan tumbuhan berbiji keping satu, sedangkan tumbuhan monokotil merupakan tumbuhan berbiji keping dua (Anonim,2009). Tumbuhan berkeping biji tunggal (atau monokotil) adalah salah satu dari dua kelompok besar tumbuhan berbunga yang secara klasik diajarkan; kelompok yang lain adalah tumbuhan berkeping biji dua atau dikotil. Ciri yang paling khas adalah bijinya tidak membelah karena hanya memiliki satu daun lembaga. Kelompok ini diakui sebagai takson (sebagai kelas maupun subkelas) dalam berbagai  sistem klasifikasi tumbuhan dan mendapat berbagai nama, seperti Monocotyledoneae, Liliopsida, danLiliidae ( Anonim, 2009 ).

Contoh Kelas Dicotyl, Solanum tuberosum
Dapat di ketahui bahwa perbedaan yang mencolok antara tumbuhan dikotil terletak pada berkas pembuluh, berkas pembuluh pada tumbuhan dikotil terlihat lebih teratur, sedangkan berkas pembuluh pada tumbuhan monokotil terlihat berkas pembuluh yang tidak teratur. Berkas pembuluh terdiri dari xylem atau suatu alat transportasi yang digunakan untuk mengangkut sari makanan dan unsur hara dari tanah keseluruh tubuh tumbuhan dan floem yaitu berkas yang berfungsi sebagai pengangkut hasil fotosintesis dari daun keseluruh tubuh tumbuhan (Aryuliana, 2004). Pada akar tumbuhan dikotil, di antara xylem dan floem terdapat kambium, sedangkan pada akar tumbuhan monokotil di antara xylem dan floem tidak di jumpai kambium. Kambium merupakan titik pertumbuhan sekunder kearah dalam membentuk xylem dan kearah luar membentuk floem. Sedangkan pada batang monokotil memiliki ikatan pembuluh angkut dan anatomi batang muda dan batang tua sama. Dan untuk batang dikotil memiliki ikatan pembuluh angkut dan anatomi batang muda dan batang muda berbeda yaitu di temukannya empelur pada batang muda dan sebaliknya pada batang tua (Atinirmala, 2006).
Tumbuhan dikotil memiliki ciri berupa akar tunggang, bentuk tulang daun menjari, tidak di temukannya tudung akar, bunga kelipatan 5 dan biji berkeping 2, sedangkan pada tumbuhan monokotil memiliki ciri berupa akar serabut, bentuk tulang daun sejajar, di temukannya tudung akar, bunga kelipatan 3 dan biji berkeping 1 (Anonim C, 2009).
Monocotyledoneae atau  monokotil memiliki satu keeping biji, bertulang daun sejajar, batang tidak berkambium dan tidak bercabang, berakar serabut, ikatan pembuluh tersebar secara acak, serta bagian-bagian bunganya berjumlah tiga atau kelipatannya.
                                  Contoh Kelas Monocotyl, Musa paradisiaca

D.    Alat dan Bahan
1.      Herbarium
2.      Alat tulis

E.     Langkah Kerja
1.      Siapkan alat dan bahan yang akan digunakan
2.      Amati struktur dari tumbuhan sesuai dengan herbarium yang ada
3.      Tuliskan ciri-ciri dari tumbuhan tersebut
4.      Golongkan tumbuhan tersebut ke dalam kelas monokotil atau dikotil





F.     Hasil Pengamatan
Nama Tumbuhan :……………….
Akar
Batang
Daun






Kelas :………………..


Nama Tumbuhan :……………….
Akar
Batang
Daun






Kelas :………………..


G.    Pertanyaan Diskusi
1.      Jelaskan perbedaan monokotil dan dikotil berdasarkan tumbuhan yang kalian amati!
2.      Selain dari hasil pengamatan, ciri-ciri apa saja yang kalian ketahui dari kelas monokotil dan dikotil?
3.      Sebutkan contoh-contoh tumbuhan yang ada di sekitarmu yang tergolong dalam kelas monokotil dan dikotil!

H.    Pembahasan
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

I.       Kesimpulan
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

J.      Daftar Pustaka
Anonim. 2013. Pembelajaran IPA di Kelashttp://www.academia.edu/6845510/makalah_ipa. Diakses pada tanggal 12 September 2015 Pukul 16.00 WIB













Lampiran 2
1)      Penilaian Sikap Spiritual
a.      Petunjuk Umum
1.      Instrumen penilaian sikap spiritual ini berupa Lembar Observasi.
2.      Instrumen ini diisi oleh guru yang mengajar peserta didik yang dinilai.

b.      Petunjuk Pengisian
Berilah tanda cek (v) pada kolom skor sesuai sikap spiritual yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut :
skor 4 apabila selalu melakuka perilaku yang diamati
skor 3 apabila sering melakukan perilaku yang diamati
skor 2 apabila kadang-kadang melakukan perilaku yang diamati
skor 1 apabila tidak pernah melakukan perilaku yang diamati

c.       Format Lembar Observasi

LEMBAR OBSERVASI

Kelas/Semester                  :
Tahun Pelajaran                 :
Periode pengamatan          :
Butir Nilai                         :
Indikator Sikap                 :
1.      Mengucapkan kalimat pujian pada kepada Tuhan YME atas nikmat dan karunia-Nya
2.      Mensyukuri dan menghargai keberagaman antar sesama sebagai anugerah Tuhan
3.      Mengagumi setiap ciptaan Tuhan YME

No.
Nama Peserta Didik
Skor Indikator Sikap Spiritual (1-4)
Jumlah Skor
Nilai
Indikator 1
Indikator 2
Indikator 3
1.       






2.       






3.       
dst





d.      Penskoran :
Kriteria penilaian               Nilai

2)      Penilaian Sikap Sosial
a.      Petunjuk Umum
1.      Instrumen penilaian sikap spiritual ini berupa Lembar Observasi.
2.      Instrumen ini diisi oleh guru yang mengajar peserta didik yang dinilai.

b.      Petunjuk Pengisian
Berilah tanda cek (v) pada kolom skor sesuai sikap spiritual yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut :
skor 4 apabila selalu melakuka perilaku yang diamati
skor 3 apabila sering melakukan perilaku yang diamati
skor 2 apabila kadang-kadang melakukan perilaku yang diamati
skor 1 apabila tidak pernah melakukan perilaku yang diamati

c.       Format Lembar Observasi

LEMBAR OBSERVASI

Kelas/Semester            :
Tahun Pelajaran           :
Periode pengamatan    :
Butir Nilai                   :
Indikator Sikap           :
1.      Saling menghargai satu sama lain
2.      Menggunakan bahasa yang baik saat berkomunikasi
3.      Tidak menyela pembicaraan pada saat berkomunikasi

No.
Nama Peserta Didik
Skor Indikator Sikap Sosial (1-4)
Jumlah Skor
Nilai
Indikator 1
Indikator 2
Indikator 3
1.       






2.       






3.       






4.       






d.      Penskoran :
Kriteria penilaian               Nilai

3)      Penilaian Kompetensi Pengetahuan
SOAL PILIHAN GANDA
Jawablah pertanyaan dibawah  ini dengan tepat!
INDIKATOR
SOAL
KUNCI JAWABAN
SKOR
1.       Menyebutkan dan menjelaskan karakteristik dari tumbuhan Spermatophyta

1.     Berikut ini yang bukan cirri-ciri dari Spermatophyta adalah..
a.      Berkembang biak dengan biji
b.      Dapat dibedakan dengan jelas akar, batang, dan daunnya.
c.       Bereproduksi dengan spora
d.      Memiliki jaringan pembuluh, yang terdiri dari floem dan xylem.
e.      Alat perkembangbiakannya terdapat pada organ bunga (kumpulan sporofil) atau berupa strobilus.
C






            20
2.      Membedakan tumbuhan Spermatophyta berdasarkan penggolongan divisi

2.   Ciri-ciri tumbuhan berikut yang merupakan ciri Angiospermae adalah….
a. Daun kecil, kaku, dan tebal
b.Telah memiliki bunga sebenarnya
c. Bakal biji menempel pada duan buah
d. Pada bakal biji terjadi pembuahan tunggal
e. Urat daun belum tampak bentuknya

3.   Angiospermae sering disebut sebagai tumbuhan berbiji tertutup. Disebut berbiji tertutup karena bakal bijinya ditutupi oleh…
a.        Kulit buah
b.       Bakal buah
c.        Endosperma
d.       Kulit biji tebal
e.        Berada dalam strobilus






C












B





             20












            20
3. Mengidentifikasi dan membedakan kelas yang ada pada divisi Angiospermae
4.      Berikut ini yang bukan ciri-ciri tanaman dikotil adalah…
a.         Berakar serabut
b.        Berkambium
c.         Tulang daun menjari atau menyirip
d.        Berkas pengangkut teratur
e.         Jumlah mahkota bunga 4,5, atau kelipatannya


5.      Monokotil dapat dibedakan dari dikotil berdasarkan ciri-ciri khas yang terdapat pada semua struktur di bawah ini, kecuali…
a.        Susunan akarnya
b.     Susunan anatomi batangnya
c.      Morfologi bunganya
d.     Sifat haploid sel kelaminnya
e.      Bangun dasar daunnya






        A










D





          
            20










20

Nilai    : Jumlah benar X 5





















4)      Penilaian Psikomotorik

INSTRUMEN PENILAIAN PSIKOMOTORIK
No
Nama
Aspek yang dinilai
Skor
Nilai
Melakukan Eksperimen
Pengolahan data
Presentasi
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1















2















3















4
















Rubrik Penilaian Psikomotorik
NO
ASPEK PENILAIAN
PENILAIAN
K
C
B
SB
1
Melakukan Eksperimen
Tidak melakukan eksperimen tetapi melakukan kegiatan lain selama waktu pengamatan.
Tidak melakukan eksperimen dan hanya berdiam diri saja.
Melakukan eksperimen tetapi kurang berkontribusi.
Melakukan eksperimen dan berkontribusi penuh selama kegiatan pengamatan.
2
Pengolahan Data
Tidak mampu mengolah data hasil pengamatan.
Kurang mampu dalam mengolah data hasil pengamatan
Mampu mengolah data hasil pengamatan tetapi dengan bantuan teman
Mampu mengolah dta hasil pengamatan dengan baik dan benar secara individual
3
Presentasi
Tidak dapat mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas
Kurang dapat mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas tetapi
Dapat mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas tetapi masih ragu-ragu
Dapat mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas dengan baik dan lancer

Keterangan :
1        : Kurang
2        : Cukup
3        : Baik
4        : Sangat Baik
FORMAT PENILAIAN PSIKOMOTOR
Nilai : Jumlah Skor   X 100
                   12

No comments:

Post a Comment