CORE Ciri – ciri Protista Mirip Hewan

Konten Representasi (CORE)
Pertimbangan
Ide Besar A
Ide Besar B
Ide Besar C

Ciri-ciri Protista


Klasifikasi kelas pada protista
Peranan protista dalam kehidupan
Mengidentifikasi tujuan pembelajaran bagi siswa dalam pelajaran ini.
Peserta didik dapat menjelaskan ciri-ciri protista

Struktur  tubuh protista

Bagian-bagian protista


Peserta didik mampu mengklasifikasikan protista

Pengelompokkan protista berdasarkan sifat selnya mirip dengan hewan (protozoa), tumbuhan (alga), dan jamur

Peserta didik  dapat menjelaskan peranan protista dalam kehidupan

Penyakit yang diakibatkan oleh protista

Manfaat protista dalam pangan dan indikator lingkungan  
Mengapa penting bagi siswa untuk mengetahui konten ini?

(pengetahuan kurikulum)
Dengan mengetahui ciri-ciri protista, peserta didik dapat membedakannya dengan makhluk hidup yang lain


-          Sangat penting untuk mengklasifikasikan protista ke dalam kelasnya
-          Dapat menjelaskan perbedaan protozoa, alga dan protista mirip jamur berdasarkan pengamatan alat gerak maupun cirinya masing-masing  

- Protista dekat dengan kehidupan manusia, tersebar di kolam, laut dan sebagainya.
- Dapat memproteksi diri atau melakukan pencegahan penyakit yang disebakan protista, - Agar peserta didik bijak dalam memanfaatkan protista yang menguntungkan . seperti alga merah, untuk pembuatan agar dan sebaginya
 Mengidentifikasi potensi kesulitan siswa keterbatasaan yang terkait dengan mengajar protista

(pengetahuan siswa sebagai peserta didik)
 Diperlukan gambar/charta yang jelas dan menarik bagi peserta didik, karena terdapat pula ukuran protista yang mikroskopis
-          Dalam pengklasifikasian protozoa juga memerlukan lembar kerja siswa, agar peserta didik termotivasi mengetahui bagian-bagian dari protista

-          Perlu menambah wawasan denagn membaca buku, literatur protista, gambar dan sebagainya
Karena untuk dapat menjelaskan peranan protista, diperlukan kemampuan mengklasifikasikan protista dengan baik sebelumnya
Mengidentifikasi pengetahuan siswa yang mempengaruhi pengajaran ide ini

(pengetahuan siswa sebagai peserta didik)
Mengaitkan pembelajaran ciri protista dengan pengalaman peserta didik sehari-hari

Menampilkan gambar protista dan meminta peserta didik untuk menyebutkan protista tersebut masuk ke kelas apa
Dapat menyebutkan bagian-bagian dari tubuh protista. Mulai yang mirip hewan, tumbuhan maupun jamur
Membuat hubungan antara konsep dan pengalaman peserta didik sehari-hari

Meminta peserta didik untuk menyebutkan penyakit akibat protista dan peranan menguntungkannya dengan konsep protista melalui penulisan dalam bentuk tabel
Strategi pengajaran dan representasi diimplementasikan dan alasan tertentu untuk menggunakan strategi ini untuk melibatkan para siswa dengan dengan ide ini

(pengetahuan
tentang strategi intruksional dan representasi)
Menampilkan gambar dari bentuk protista agar peserta didik dapat lebih mudah untuk memahami ciri-ciri dan sifat virus
Memberikan tabel yang berisi pengelompokkan protista, agar peserta didik dapat menjelaskan perbedaan diantara masing – masing kelas dalam protista
Menampilkan  contoh gambar dari peranan menguntungkan dan merugikan yang disebabkan oleh protista
Mengidentifikasi cara memastikan bahwa konsep siswa diajarkan

(pengetahuan tentang penilaian)

Meminta siswa menjelaskan ciri-ciri protista, melalui pengamatan gambar / charta
Meminta siswa untuk menjelaskan masing-masing kelas protista, yaiitu protozoa, alga dan protista mirip jamur
Peserta didik dapat mengisi tabel pemahaman, tentang peranan protista dalam kehidupan

No comments:

Post a Comment