Konten Representasi (CORE)
|
|||
Pertimbangan
|
Ide
Besar A
|
Ide
Besar B
|
Ide
Besar C
|
|
Ciri-ciri
Protista
|
Klasifikasi kelas pada protista
|
Peranan
protista dalam kehidupan
|
Mengidentifikasi
tujuan pembelajaran bagi siswa dalam pelajaran ini.
|
Peserta
didik dapat menjelaskan ciri-ciri protista
Struktur tubuh protista
Bagian-bagian
protista
|
Peserta
didik mampu mengklasifikasikan protista
Pengelompokkan protista berdasarkan sifat selnya mirip
dengan hewan (protozoa), tumbuhan (alga), dan jamur
|
Peserta
didik dapat menjelaskan peranan protista dalam kehidupan
Penyakit yang diakibatkan oleh protista
Manfaat
protista dalam pangan
dan indikator lingkungan
|
Mengapa
penting bagi siswa untuk mengetahui konten ini?
(pengetahuan
kurikulum)
|
Dengan
mengetahui ciri-ciri protista, peserta
didik dapat membedakannya dengan makhluk hidup yang lain
|
-
Sangat penting
untuk mengklasifikasikan protista ke dalam kelasnya
-
Dapat menjelaskan perbedaan protozoa, alga dan protista mirip jamur
berdasarkan pengamatan alat gerak maupun cirinya masing-masing
|
- Protista dekat dengan kehidupan manusia, tersebar di kolam, laut dan sebagainya.
- Dapat memproteksi diri atau melakukan pencegahan
penyakit yang disebakan protista, - Agar peserta didik bijak dalam
memanfaatkan protista yang menguntungkan . seperti alga merah, untuk pembuatan
agar dan sebaginya
|
Mengidentifikasi potensi kesulitan siswa
keterbatasaan yang terkait dengan mengajar protista
(pengetahuan
siswa sebagai peserta didik)
|
Diperlukan
gambar/charta yang jelas dan menarik bagi peserta didik, karena terdapat pula
ukuran protista yang mikroskopis
|
-
Dalam pengklasifikasian protozoa juga memerlukan lembar kerja siswa, agar
peserta didik termotivasi mengetahui bagian-bagian dari protista
-
Perlu menambah wawasan denagn membaca buku, literatur protista, gambar
dan sebagainya
|
Karena untuk dapat menjelaskan peranan protista,
diperlukan kemampuan mengklasifikasikan protista dengan baik sebelumnya
|
Mengidentifikasi
pengetahuan siswa yang mempengaruhi pengajaran ide ini
(pengetahuan
siswa sebagai peserta didik)
|
Mengaitkan
pembelajaran ciri protista dengan pengalaman
peserta didik sehari-hari
Menampilkan
gambar protista dan meminta peserta didik untuk menyebutkan
protista tersebut masuk ke kelas apa
|
Dapat menyebutkan
bagian-bagian dari tubuh protista. Mulai yang mirip hewan, tumbuhan maupun
jamur
|
Membuat
hubungan antara konsep dan pengalaman peserta
didik sehari-hari
Meminta
peserta didik untuk menyebutkan penyakit akibat protista dan peranan menguntungkannya
dengan konsep protista melalui penulisan dalam bentuk tabel
|
Strategi
pengajaran dan representasi diimplementasikan dan alasan tertentu untuk
menggunakan strategi ini untuk melibatkan para siswa dengan dengan ide ini
(pengetahuan
tentang
strategi intruksional dan representasi)
|
Menampilkan
gambar dari bentuk protista agar
peserta didik dapat lebih mudah untuk memahami ciri-ciri dan sifat virus
|
Memberikan tabel yang berisi pengelompokkan protista,
agar peserta didik dapat menjelaskan perbedaan diantara masing – masing kelas
dalam protista
|
Menampilkan contoh gambar dari peranan menguntungkan dan merugikan yang disebabkan
oleh protista
|
Mengidentifikasi
cara memastikan bahwa konsep siswa diajarkan
(pengetahuan
tentang penilaian)
|
Meminta
siswa menjelaskan ciri-ciri protista, melalui
pengamatan gambar / charta
|
Meminta
siswa untuk menjelaskan masing-masing kelas
protista, yaiitu protozoa, alga dan protista mirip jamur
|
Peserta didik dapat mengisi tabel pemahaman, tentang
peranan protista dalam kehidupan
|
CORE Ciri – ciri Protista Mirip Hewan
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
No comments:
Post a Comment