CONTENT REPRESENTATION “KINGDOM PLANTAE”

Konten Representasi
Pertimbangan
Ide Besar A
Ide Besar B
Ide Besar C
Ide Besar D
Ide Besar E

Plantae adalah Kingdom yang memiliki dinding selulosa
Bryophyta merupakan anggota kingdom Plantae yang tidak memiliki pembuluh
Pteridophyta merupakan tumbuhan berpembuluh
Spermatophyta merupakan tumbuhan berpembuluh yang bereproduksi dengan membentuk biji
Peranan Tumbuhan Bagi Manusia
Mengidentifikasi tujuan pembelajaran bagi siswa dalam pelajaran ini.

Peserta didik mampu memahami ciri-ciri dari Plantae yg membedakan dengan Kindom lain:
-    Organisme multiseluler
-    Memiliki akar,batang, dan daun
-    Dinding sel yang mengandung selulosa
-    Beberapa memiliki klorofil
-    Berdasarkan ada atau tidaknya pembuluh angkut, dibedakan menjadi tumbuhan berpembuluh dan tidak berpembuluh
Peserta didik mampu memahami
-   ciri-ciri tubuh
-   cara hidup dan habitat
-   Perkembangbiakan
-   pergiliran keturunan
-   Klasifikasi
-   Perbedaan Thallophytha dan Bryophyta
Peserta didik mampu memahami
-   ciri-ciri tubuh
-   cara hidup dan habitat
-   Perkembangbiakan
-   pergiliran keturunan
-   Klasifikasi
-   Perbedaan Pteridophyta dan Bryophyta

Peserta didik mampu memahami
-   ciri-ciri tubuh
-     Dikelompokkan menjadi dua divisi yaitu Gymnospermae dan Angiospermae
-   cara hidup dan habitat
-   Perkembangbiakan
-   Klasifikasi
-   Perbedaan monokotil dan dikotil
Peserta didik  dapat mengetahui pentingnya tumbuhan dalam rantai makan

Tumbuhan memiliki banyak manfaat di berbagai bidang seperti pangan, kesehatan, tanaman hias, dan sebagainya.

Tumbuhan yang tidak berklorofil bersifat parasit.

Mengapa penting bagi siswa untuk mengetahui konten ini?
[Pengetahuan kurikulum]
Dengan mengetahui ciri-ciri peserta didik dapat membedakannya dengan makhluk hidup yang lain


-   Pengangkutan zat di dalam tubuh Bryophyta berlangsung secara difusi dari sel ke sel yang tersusun memanjang kea rah ujung
-   Lumut merupakan tanaman perintis setelah lichen
-   Lumut belum memiliki akar, batang dan daun sejati
-   Dapat membedakan dengan Thallophytha
-   Dengan adanya klasifikasi dapat memberikan informasi berbagai manfaat lumut
-     Pteridophyta sudah memiliki akar, batang, dan daun sejati serta pembuluh :
-    Menjelaskan mengapa paku masih tergolong tumbuhan tingkat rendah
-    Dengan adanya klasifikasi memberikan informasi berbagai manfaat paku
-   Spermatophyta banyak ditemukan di lingkungan dan banyak berperan dalam kehidupan sehari-hari
-    Dengan mengetahui ciri-cirinya maka dapat membedakan antara Gymnospermae dan Angiospermae
-    Pada Angiospermae terjadi pembuahan ganda
-    Memberikan informasi perbedaan Angiospermae dan Gymnospermae
-     Dengan adanya klasifikasi memberikan informasi berbagai manfaat spermatophyta
Tumbuhan adalah produsen pada rantai makanan

Memiliki banyak sekali manfaat di berbagai bidang
Mengidentifikasi potensi kesulitan siswa dan keterbatasan yang terkait dengan mengajar ide ini.
[Pengetahuan siswa sebagai peserta didik]
-  Berdasarkan cirinya konsep Plantae memungkinkan miskonsepsi pada siswa karena terdapat protista mirip tumbuhan, serta memungkinkan tertukar dengan Kingdom Fungi

-    Pemahaman konsep bahwa Bryophyta belum memiliki akar, batang, dan daun sejati
-    Bryophyta belum memiliki xylem dan floem yang dapat diketahui dengan adanya pengamatan langsung
-    Ciri khas setiap kelas dari Bryophyta
-    fase dominan Bryophyta pada metagenesis
-     Pemahaman mengenai penggolongan Pteridophyta yang masih dalam golongan tumbuhan tingkat rendah
-     Diperlukan beragam contoh dari tanaman paku sehingga tidak tertukar dengan Bryophyta maupun Spermatophyta
-     Ciri khas setiap kelas dari Pteridophyta
-     Fase dominan Pteridophyta pada metagenesis
-       Perbedaan Angiospermae dan Gymnospermae
-       Siklus hidup Angiospermae dan Gymnospermae
-       Perbedaan monokotil dan dikotil
-       Contoh tumbuhan dari setiap kelas
Membedakan tumbuhan yang bersifat parasit
Mengidentifikasi pengetahuan siswa yang mempengaruhi pengajaran ide ini

(pengetahuan siswa sebagai peserta didik)
Mengajukan pertanyaan perbedaan struktur antara fungi dan plantae

Menyajikan anatomi dari lumut, paku, dan spermatophyte kemudian siswa diminta mengidentifikasi berdasarkan ada atau tidaknya pembuluh

-   Disajikan berbagai contoh tumbuhan segar/awetan/gambar seperti lumut hati, lumut daun, suplir, rumput teki,paku tanduk rusa, pakis haji, bunga sepatu kemudian siswa diminta mengidentifikasi dan menggolongkan ke dalam 3 kelompok (Bryophyta, Pteridophyta, dan Spermatophyta)
-   Menyajikan gambar dari metagenesis dan siswa diminta menjelaskannya
-  Disajikan berbagai contoh tumbuhan segar/awetan/gambar seperti lumut hati, lumut daun, suplir, rumput teki, pakis haji, bunga sepatu kemudian siswa diminta mengidentifikasi dan menggolongkan ke dalam 3 kelompok (Bryophyta, Pteridophyta, dan Spermatophyta)
-  Menyajikan gambar dari metagenesis dan siswa diminta menjelaskannya
-  Disajikan berbagai contoh tumbuhan segar/awetan/gambar dari pinus, pakis haji, melinjo, kembang sepatu, mangga, kacang, dll kemudian siswa diminta meggolongkan ke dalam 2 divisi yaitu Angiospermae dan Gymnospermae
-  Peserta didik diminta menyebutkan tanaman yang ada di sekitar lingkungan yang yang tergolong dalam dikotil maupun monokotil
Peserta didik diminta mengaitkan antara ciri-ciri tumbuhan dengan manfaatnya
Strategi pengajaran dan representasi diimplementasikan dan alasan tertentu untuk menggunakan strategi ini untuk melibatkan para siswa dengan ide ini

(pengetahuan
tentang strategi intruksional dan representasi)
Menampilkan morfologi dan anatomi Plantae yang dibandingkan dengan Kingdom lainnya


-   Menyajikan contoh-contoh tumbuhan lumut yang sering dijumpai siswa
-   Melakukan eksperimen
-   Membuat bagan resitasi dan soal tipe fill in the blank dalam klasifikasi beserta contoh-contoh tumbuhannya
-   Menampilkan video metagenesis
-   Menyajikan contoh-contoh tumbuhan lumut yang sering dijumpai siswa
-   Melakukan eksperimen
-   Membuat bagan resitasi dan soal tipe fill in the blank dalam klasifikasi beserta contoh-contoh tumbuhannya
-   Menampilkan video metagenesis
-  Mengidentifikasi ciri-ciri dari suatu tumbuhan di lingkungan sekolah ataupun dengan gambar/awetan dan menggolongkannya ke dalam divisi Gymnospermae dan Angiospermae beserta Monokotil dan Dikotil
-  Menggolongkan gambar-gambar morfologi maupun anatomi berbagai tumbuhan ke dalam ciri-ciri dari kelompok monokotil dan dikotil dalam bentuk tabel
-  Menampilkan video siklus hidup Angiospermae dan Gymnospermae
Menggolongkan dalam bentuk tabel berbagai tumbuhan yang bermanfaat di bidang kesehatan, pangan, tanaman hias, dan sebagainya.
Mengidentifikasi cara memastikan bahwa konsep siswa diajarkan.
[Pengetahuan tentang Penilaian]
Memberikan pertanyaan mengenai ciri-ciri umum dan khusus dari Plantae
Meminta siswa menyebutkan serta menjelaskan contoh tumbuhan lumut beserta ciri-cirinya

Menilai penjelasan siswa mengenai metagenesis lumut
Meminta penjelasan siswa mengenai alasan Pteridophyta masih digolongkan pada tumbuhan tingkat rendah serta menyebutkan tumbuhan paku yang sering ditemui beserta ciri-cirinya

Menilai penjelasan siswa mengenai metagenesis paku
Menilai seberapa banyak tumbuhan dan cirri-ciri yang siswa pahami dari perbedaan Gymnospermae dan Angiospermae serta monokotil dan dikotil

Menilai penjelasan siswa mengenai siklus hidup Gymnospermae dan Angiospermae
Menilai banyaknya tumbuhan yang siswa ketahui mengenai manfaat tumbuhan di berbagai bidang

Memberikan pertanyaan alasan tumbuhan yang bersifat merugikan

No comments:

Post a Comment