RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Ekosistem

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
                                    Satuan Pendidikan : SMA UIN Jaya
                                    Kelas / Semester : X / genap
                                    Mata Pelajaran : Biologi
                                    Materi Pokok : Ekosistem
                                    Alokasi Waktu : 1X30Menit (1Pertemuan)

1.      Kompetensi Inti
KI 1: Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2: Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli
(gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3: Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4: Mengolah, menalar dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.
2.      Kompetensi Dasar
1.1  Mengagumi, menjaga, melestarikan keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang ruang lingkup, objek dan permasalahan Biologi menurut agama yang dianutnya.
2.1  Berperilaku ilmiah (jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan proaktif dalam melakukan percobaan dan diskusi di dalam kelas maupun di luar kelas.
3.11 Mendeskripsikan peran komponen ekosistem dalam aliran energi dan daur      biogeokimia serta pemanfaatan komponen ekosistem bagi kehidupan.
4.14 Melakukan  pengamatan pada suatu ekosistem dan mengidentifikasi komponen-komponen penyusunnya serta menggambarkan hubungan antar komponen dan kaitannya dengan aliran energi.
4.15 Membuat charta daur biogeokimia (siklus Nitrogen/ siklus karbon/siklus Sulfur/siklus Fosfor) dari hasil kajian literatur.


3.      Indikator
3.11.1 Menjelaskan peran rantai makanan terhadap keseimbangan ekosistem.
3.11.2 Menjelaskan tentang daur beogekimia dalam kehidupan.

4.11.1 Membuat rantai makanan dari lingkungan hidup sekitar.
4.11.2    Membuat charta dari berbagai kajian literatur.

5                Tujuan Pembelajaran
1.      Siswa dapat menjelaskan tentang peran rantai makanan terhadap keseimbangan ekosistem.
2.      Siswa dapat menjelaskan tentang daur beogeokimia dalam kehidupan.

6                Materi Pembelajaran
Materi Pokok: Ekosistem (Terlampir I)
7                Metode Pembelajaran
Ceramah, diskusi, tanya jawab, penugasan mandiri dan praktikum.

8                Media Pembelajaran
Papan Tulis, PPT, Video dan PopUp

9                Sumber Belajar
Aryulina, Diah dan Chairul Muslim. 2007. Biologi SMA dan MA Untuk Kelas
X. Jakarta: Esis
Priadi, Arif dan Tri Silawati. 2007. Sains Biologi SMA Kelas X. Jakarta:
Yudhistira
Internet dengan link yang relevan.

10            Langkah-Langkah Pembelajaran
a.      Pendahuluan (5 menit)
Kegiatan
Aktivitas Pembelajaran
Alokasi waktu
Guru
Peserta didik
Pembukaan
·   Memberi salam, mengecek absensi, mengecek kesiapan peserta didik dan menyiapkan media pembelajaran.
·   Menjawab salam dan  mempersiapkan buku  pelajaran
1 menit
Apersepsi
·         Menanyakan hal yang berhubungan dengan materi yang akan dibahas yaitu tentang ekosistem, seperti Air tidak akan habis, hanya jumlahnya yang berkurang, Ketersediaan air yang semakin berkurang sangat berpengaruh bagi manusia dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari. Pernahkah kalian berpikir darimanakah air tawar itu berasal?
·         Berpikir dan menjawab pertanyaan dari guru.

2 menit
Motivasi
·         Memberikan gambaran mengenai manfaat mempelejari ekosistem
·         Peserta didik memperhatikan motivasi dari guru.
2 menit

b.      Kegiatan Inti (20 Menit)
Metode atau strategi pembelajaran
Kegiatan Guru
Kegiatan Siswa
Alokasi waktu
Pendekatan Saintifik
1.      Mengamati

·         Guru membentuk kelompok diskusi menjadi 2 kelompok.
·         Menampilan video tentang siklus air dan gambar rantai makanan kepada peserta didik.

·         Peserta didik mengamati video siklus air dan gambar rantai makanan yang diberikan guru

3 Menit
2.      Menanya
·         Guru membuka kesempatan secara luas kepada peserta didik untuk bertanya mengenai apa yang sudah diamatinya dengan cara talking stick.
·         Peserta didik bertanya terkait apa yang sudah diamati dan teman yang lain menjawab.


3 Menit
3.      Mencoba
·         Guru memerintahkan ke peserta didik untuk mendiskusikan terkait ketidak seimbangan dalam rantai makanan dan terjadinya hujan turun yang terdapat pada LKS dan mencari informasi sebanyak-banyak nya melalui buku teks,  internet dengan link yang relevan.
·         Peserta didik mendiskusikan terkait ketidak seimbangan dalam rantai makanan dan  terjadinya hujan turun yang terdapat pada LKS dan mencari informasi sebanyak-banyak tentang melalui buku teks internet dengan link yang relevan dan pengalaman yang pernah dialami.
5 Menit
4.      Menalar
·         Guru memberi waktu kepada peserta didik untuk mengolah informasi yang sudah dikumpulkan, menganalisis hasil dalam bentuk membuat kategori, mengasosiasi atau  menghubungkan informasi yang terkait dalam rangka menemukan suatu jawaban dari bahan yang didiskusikan.
·         Guru menilai sikap peserta didik dalam berdiskusi.
·         Peserta didik mengolah informasi yang di dapat dan mengolahnya, menganalisis hasil dalam bentuk membuat kategori, dan menghubungkan informasi yang terkait dalam rangka menemukan suatu jawaban dari bahan yang didiskusikan.

5 Menit
5.      Mengkomunikasikan
·         Guru memberikan waktu kepada peserta didik untuk menyampaikan hasil diskusi di nilai oleh guru.
·         Guru menanggapi hasil diskusi siswa
·         Peserta didik menyampaikan hasil diskusi.
4 Menit


c.       Penutup (5 menit)
Kegiatan
Aktivitas pembelajaran
Alokasi waktu
Guru
Siswa
Penutup
·   Memfasilitasi peserta didik dalam menyimpulkan materi pembelajaran hari ini. Jika hasil diskusi terdapat sedikit kesalahan konsep, guru meluruskan dan jika konsep sudah benar, guru memperkuat konsep tersebut.
·   Mengevaluasi ketercapaian pembelajaran
·   Merencanakan kegiatan tindak lanjut dengan memberikan tugas individu
·   Menutup pelajaran dengan salam.
·   Dengan bantuan guru peserta didik menyimpulkan hasil pembelajaran.
·   Menjawab salam

5menit

11.  Penilaian Hasil Belajar
Kompetensi Inti
Kompetensi Dasar
Indikator
Teknik penilaian
Instrumen
Sikap Spiritual
Mengagumi, menjaga, melestarikan keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang ruang lingkup, objek dan permasalahan Biologi menurut agama yang dianutnya

1.      Berusaha menjaga dan melestarikan  ekosistem yang ada pada lingkungan sekitar.
2.      Bersedia menjaga keseimbangan ekosistem yang ada pada lingkungan sekitar.
3.      Berusaha tidak melakukan pencemaran lingkungan yang mengakibatkan kerusakan pada ekosistem.
1.      Non Tes


Skala Penilaian (rating scale)
 Terlampir II
Sikap sosial
Berperilaku ilmiah (jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan proaktif dalam melakukan percobaan dan diskusi di dalam kelas maupun di luar kelas
1.      Tidak menyontek dalam ujian atau ulangan.
2.      Mengerjakan setiap tugas yang diberikan.
3.      Melaksanakan setiap pekerjaan yang menjadi tanggung jawabnya.
4.      Memelihara lingkungan sekolah.
5.      Aktif dalam kerja kelompok.
Non Tes
Skala Penilaian (rating scale)
Terlampir III
Pengetahuan
3.11 Mendeskripsikan peran komponen ekosistem dalam aliran energi dan daur      biogeokimia serta pemanfaatan komponen ekosistem bagi kehidupan.

3.11.1 Menjelaskan tentang peran rantai makanan terhadap keseimbangan ekosistem.

3.11.2 Menjelaskan tentang daur beogekimia dalam kehidupan

1.      Tertulis



2.      Tertulis






1.      Pilihan Ganda
Terlampir IV

2.      Pilihan Ganda


















Keterampilan
4.14 Melakukan  pengamatan pada suatu ekosistem dan mengidentifikasi komponen-komponen penyusunnya serta menggambarkan hubungan antar komponen dan kaitannya dengan aliran energi.
4.15 Membuat charta daur biogeokimia (siklus Nitrogen/ siklus karbon/siklus Sulfur/siklus Fosfor) dari hasil kajian literatur.

4.1 Peserta didik mampu mempraktekkan tentang komponen-komponen dalam ekosistem.
4.2 Peserta didik mampu menggambarkan hubungan antar komponen dengan aliran energi .
1.      Non Tes



2.      Non Tes
1.      Praktik
Terlampir V


2.      Praktik
























Lampiran II

INSTRUMENTAL PENILAIAN SIKAP SPRITUAL
(LEMBAR PENILAIAN DIRI)

A.    Petunjuk Umum
1.Instrumen penilaian sikap spritual ini berua Lembar Penilaian Diri.
2.Instrumen ini diisi oleh peserta didik untuk menilai dirinya sendiri.

B.     Petunjuk Pengisian
Berdasarkan perilaku kalian selama dua minggu terakhir, nilailah sikap diri kalian sendiri dengan memberi tanda centang (       ) pada kolom skor 4, 3, 2 atau 1 pada Lembar Penilaian Diri dengan ketentuan sebagai berikut:
Skor 4 apabila selalu melakukan perilaku yang dinyatakan.
Skor 3 apabila sering melakukan perilaku yang dinyatakan.
Skor 2 apabila kadang-kadang melakukan perilaku yang dinyatakan.
Skor 1 apabila jarang melakukan perilaku yang dinyatakan.

C.     Lembar Penilaian Diri
LEMBAR PENILAIAN DIRI
Nama Peserta Didik          :
Kelas                                 :
Hari/Tanggal                     :
Tahun Pelajaran                 :
Butir Nilai                         : Menghargai dan Menjaga Ekosistem.
No
Pernyataan
Skor
4
3
2
1
1.
Saya berusaha menjaga kelestarian ekosistem yang ada di lingkungan saya.




2.
Dengan senang hati saya menjaga keseimbangan ekosistem.




3.
Saya berusaha tidak melakukan pencemaran lingkungan yang mengakibatkan kerusakan pada ekosistem.




Jumlah Skor




Nilai






Lampiran III

INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP SOSIAL
(LEMBAR PENILAIAN ANTAR PESERTA DIDIK)


A.   Petunjuk Umum
1.       Instrumen penilaian sikap spritual ini berua Lembar Penilaian Diri.
2.       Instrumen ini diisi oleh peserta didik untuk menilai peserta didik lain/ temannya.

B.   Petunjuk Pengisian
Berdasarkan perilaku kalian selama dua minggu terakhir, nilailah temanmu dengan memberi tanda centang (       ) pada kolom skor 4, 3, 2 atau 1 pada Lembar Penilaian Antar Peserta Didik dengan ketentuan sebagai berikut:
Skor 4 apabila selalu melakukan perilaku yang dinyatakan.
Skor 3 apabila sering melakukan perilaku yang dinyatakan.
Skor 2 apabila kadang-kadang melakukan perilaku yang dinyatakan.
Skor 1 apabila jarang melakukan perilaku yang dinyatakan.

C.   Lembar Penilaian Diri

LEMBAR PENILAIAN ANTAR PESERTA DIDIK
Nama Peserta Didik                    :
Kelas                                              :
Hari/Tanggal                                                :
Tahun Pelajaran                          :
Butir Nilai                                      : Menunjukkan rasa ingin tahu dan sikap santun dalam
                                                          menggali informasi tentang menjaga dan melestarikan
                                                         ekosistem sebagai wujud cinta tanah air.
No
Pernyataan
Skor
4
3
2
1
1.
Tidak menyontek dalam ujian atau ulangan.




2.
Mengerjakan setiap tugas yang diberikan.




3.
Melaksanakan setiap pekerjaan yang menjadi tanggung jawabnya.





 4.
Memelihara lingkungan sekolah.




 5.
Aktif dalam kerja kelompok.




Jumlah Skor




Nilai





Lampiran IV
Penilaian Pengetahuan
Indikator
Soal
Kunci Jawaban
3.11.1 Menjelaskan tentang peran rantai makanan terhadap keseimbangan ekosistem.

1.      Hutan yang dijadikan areal indutri akan mengakibatkan terganggunya keseimbangan makhluk hidup yang antara lain ditunjukkan oleh ...

A.    Hilangnya humus tanah
B.     Berkurangnya sumber air
C.    Hilangnya keanekaragaman
D.    Menurunnya kesuburan tanah
E.     Berkurangnya sumber oksigen

3.11.2 Menjelaskan tentang daur beogekimia dalam kehidupan.





2




Organisme yang berada pada tingkat kedua adalah!
A.    Kelinci dan ulat
B.     Elang dan laba-laba
C.     Elang dan burung
D.    Laba-laba dan burung
E.     Serangga dan burung

3.Uap air naik ke udara membentuk...
A. awan
B. pelangi
C. air
D. es
4. daur air mempunyai 3 unsur pokok yaitu...
A. penguapan, prespitasi, pengendapan
B. evaporasi, pengendapan, kondensasi
C. penguapan, evaporasi, prespitasi
D. evaporasi, prespitasi, penguapan



Lampiran V
Penilaian Keterampilan
Lembar Kerja Siswa
Judul    : Menjelaskan siklus air berdasarkan pengamatan video dan gambar pada rantai makanan

Cara Kerja:
a.       Mengamati video siklus air dan rantai makanan yang ditampilkan oleh guru
b.      Mendiskusikan hasil pengamatan dengan kompetensi yang diminta oleh guru, kemudian buat laporan dari hasil diskusi
c.       Mempresentasikan hasil diskusi oleh perwakilan kelompok
Pertanyaan untuk Diskusi
1.      Berdasarkan tingkat trofik organisme dalam ekosistem lingkungan sekitar, cobalah susun rantai makanan yang mungkin terjadi! Kemudian jika trofik tingkat 2 punah apa yang akan terjadi?
2.      Dalam rantai makanan sebenarnya terjadi proses perpindahan materi dan energi. Bagaimanakah sifat perpindahan materi dan energi dalam ekosistem?
3.      Mengapa air yang ada di permukaan bumi ini tidak akan pernah habis? Tetapi mengapa akhir ini sering terjadi kekeringan!
4.      Jelaskan proses daur air secara urut!
Jawaban         :






















Kesimpulan                :











Referensi        :
Aryulina, Diah dan Chairul Muslim. 2007. Biologi SMA dan  MA Untuk Kelas
X. Jakarta: Esis
Prawirihartono, Slamet dan Sri Hidayati. 2007. Sains Biologi 1 SMA. Jakarta:
Bumi Aksara
Priadi, Arif dan Tri Silawati. 2007. Sains Biologi SMA Kelas X. Jakarta:
Yudhistira



Penilaian Praktik:
No
Aspek
Skor
Rata-rata Skor
Deskripsi/predikat
A.
Keterampilan

=

........................
Keterampilan praktik...
1.
Menyajikan hasil pengamatan

2.
Menalar hasil pengamatan

3.
Menggunakan metode

Jumlah Skor

=
Sikap ketika praktik...



B.
Sikap

1.
Tanggung jawab

2.
Disiplin

Jumlah















JAWABAN
1.      Akan terjadi ketidakseimbangan,dimana organisme pada tingkat trofik III akan mengalami kepunahan pula,karena organisme pada tingkat trofik III memakan organisme yang berada di trofik II.
2.      Energi memasuki sebagian besar ekosistem dalam bentuk cahaya matahari yang kemudian diubah oleh organisme autotrof (tumbuhan) menjadi energi kimia. Energi tersebut kemudian diteruskan ke organisme heterotrof dalam bentuk senyawa-senyawa organik. Proses ini terjadi melalui peristiwa makan dan dimakan yang terjadi di dalam rantai makanan. Maka terjadilah perpindahan materi serta energi.
                     Energi (cahaya matahari)  à Autotrof à heterotrof
3.       Air dipermukaan bumi tidak akan habis karena mengalami siklus dan perputaran secara terus menerus dari bumi ke atmosfer dan kembali ke bumi.

Kekeringan yang terjadi akhir-akhir ini diakibatkan oleh berkurangnya daerah resapan air. Daerah peresapan air makin berkurang, cadangan air di bumi semakin menipis. Ini menyebabkan sungai dan danau menjadi kering.
4.      - air menguap karena pengaruh panas sinar matahari .  (evaporasi)
- uap air naik dan berkumpul di udara. Lama-lama udara tidak dapat lagi menampung uap air.  (presipitasi/pengendapan)
- jika suhu nya turun, uap air berubah menjadi titik-titik air. Titik-titik air membentuk awan. (kondensasi)
- titik-titik air di awan turun menjadi hujan.
- Air hujan jatuh ke tanah dan meresap menjadi air tanah.


No comments:

Post a Comment