| 
Konten Representasi (CORE) | |||
| 
Pertimbangan  | 
Ide Besar A | 
Ide Besar B | 
Ide Besar C | 
|  | 
Komponen ekosistem | 
Interaksi makhluk hidup dengan
  lingkungannya | 
Daur energi dan biogeokimia | 
| 
Mengidentifikasi tujuan pembelajaran
  bagi siswa dalam pelajaran ini. | 
Peserta didik mengetahui komponen dalam ekosistem 
Komponen biotik 
Komponen abiotik 
Biotik berupa makhluk hidup 
Abiotik berupa makhluk tak
  hidup | 
Peserta didik mampu menjelaskan proses interaksi makhluk hidup dengan lingkungannya 
Makhluk hidup berinteraksi dengan
  lingkungan untuk kelangsungan hidupnya 
Interaksi makhluk hidup dengan
  lingkungannya baik secara langsung maupun tak langsung.  
Baik tingkat populasi, komunitas, serta interaksi
  makhluk hidup dengan lingkungan abiotiknya. | 
Peserta didik  dapat menjelaskan daur energi dan biogeokimia 
Energi dari tumbuhan berpindah
  ke konsumen dan berakhir pada pengurai 
Energi yang diuraikan dari sisa
  makhluk hidup mati dalam bentuk energi panas ke lingkungan 
Melibatkan komponen-komponen
  kimia (unsur kimia) | 
| 
Mengapa penting bagi siswa untuk
  mengetahui konten ini? 
(pengetahuan kurikulum) | 
Dengan mengetahui komponen-komponen dalam ekosistem peserta didik mengetahui bahwa makhluk
  hidup tidak dapat hidup sendiri dan saling mempengaruhi yang satu dengan yang
  lain. | 
Sangat penting untuk mengetahui interaksi antara makhluk hidup dengan lingkungannya. 
Makhluk hidup melakukan aktivitas
  untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. 
Tetap terjaga kelangsungan
  hidupnya. | 
Penting untuk mengetahui macam-macam  daur
  energi
  dan biogeokimia karena organisme
  memerlukan energi untuk mendukung kelangsungan hidupnya 
Untuk menjaga kelangsungan
  hidup di bumi 
Hasil dari biogeokimia dapat
  digunakan oleh semua komponen yang ada di bumi | 
| 
 Mengidentifikasi
  potensi kesulitan siswa keterbatasaan yang terkait dengan mengajar ekosistem 
(pengetahuan siswa sebagai peserta
  didik) | 
 Konsep komponen dalam ekosistem merupakan
  nyata dan dapat dirasakan di sekitar hanya saja keseimbangan dalam ekosistem
  yang bersifat tidak statis yaitu dapat mengalami kenaikan maupun penurunan  | 
Yang menjadi kesulitan pada interaksi
  antara makhluk hidup dengan lingkungannya yaitu merupakan fenomena ekosistem
  yang tidak dapat dijelaskan pada tingkat organisasi kehidupan dalam ekosistem | 
Kesulitan siswa
  dalam daur energi dan biogeokimia yaitu terlalu rumit
  memahami jaring-jaring makanan dan pada biogeokimia terlalu banyak siklus. | 
| 
Mengidentifikasi pengetahuan siswa yang
  mempengaruhi pengajaran ide ini 
(pengetahuan siswa sebagai peserta
  didik) | 
Mengaitkan hubungan antara konsep dengan
  pengalaman siswa  
Menampilkan video
  ekosistem dan memberi pertanyaan terkait video dan meminta peserta
  didik untuk menjawabnya | 
Mengaitkan hubungan antara konsep dengan
  pengalaman siswa  
Menampilkan contoh gambar interaksi makhluk hidup dengan lingkungannya dan
  meminta peserta didik untuk menjelaskan yang terjadi dalam interaksi tersebut | 
Membuat hubungan antara konsep dan
  pengalaman siswa 
Meminta siswa untuk menjelaskan bagaimana terjadinya siklus air atau turun
  nya hujan | 
| 
Strategi pengajaran dan representasi
  diimplementasikan dan alasan tertentu untuk menggunakan strategi ini untuk
  melibatkan para siswa dengan dengan ide ini 
(pengetahuan  
tentang strategi intruksional dan
  representasi)  | 
Menampilkan video
  agar
  peserta didik dapat lebih mudah untuk memahami komponen-komponen dalam ekosistem | 
Menampilkan contoh gambar untuk memperdalam pemahaman siswa tentang interaksi makhluk hidup dengan lingkungannya. | 
Menunjukan video daur energi dan biogeokimia untuk memperdalam pemahaman siswa  | 
| 
Mengidentifikasi cara memastikan bahwa
  konsep siswa diajarkan 
(pengetahuan tentang penilaian)  | 
Mempertanyakan siswa 
Meminta siswa menjelaskan komponen-komponen yang terdapat dalam ekosistem | 
Meminta siswa untuk menjelaskan berbagai macam interaksi antara makhluk hidup dengan
  lingkungannya | 
Menilai prediksi siswa untuk menentukan
  pemahaman siswa 
Prediksi daur energi yang terdapat dalam ekosistem 
Prediksi daur biogeokimia yang terjadi di bumi | 
Konten Representasi (CORE) Ekosistem
Subscribe to:
Post Comments (Atom)

 
No comments:
Post a Comment