Konten Representasi (CORE)
|
|||
Pertimbangan
|
Ide Besar A
|
Ide Besar B
|
Ide Besar C
|
|
Komponen ekosistem
|
Interaksi makhluk hidup dengan
lingkungannya
|
Daur energi dan biogeokimia
|
Mengidentifikasi tujuan pembelajaran
bagi siswa dalam pelajaran ini.
|
Peserta didik mengetahui komponen dalam ekosistem
Komponen biotik
Komponen abiotik
Biotik berupa makhluk hidup
Abiotik berupa makhluk tak
hidup
|
Peserta didik mampu menjelaskan proses interaksi makhluk hidup dengan lingkungannya
Makhluk hidup berinteraksi dengan
lingkungan untuk kelangsungan hidupnya
Interaksi makhluk hidup dengan
lingkungannya baik secara langsung maupun tak langsung.
Baik tingkat populasi, komunitas, serta interaksi
makhluk hidup dengan lingkungan abiotiknya.
|
Peserta didik dapat menjelaskan daur energi dan biogeokimia
Energi dari tumbuhan berpindah
ke konsumen dan berakhir pada pengurai
Energi yang diuraikan dari sisa
makhluk hidup mati dalam bentuk energi panas ke lingkungan
Melibatkan komponen-komponen
kimia (unsur kimia)
|
Mengapa penting bagi siswa untuk
mengetahui konten ini?
(pengetahuan kurikulum)
|
Dengan mengetahui komponen-komponen dalam ekosistem peserta didik mengetahui bahwa makhluk
hidup tidak dapat hidup sendiri dan saling mempengaruhi yang satu dengan yang
lain.
|
Sangat penting untuk mengetahui interaksi antara makhluk hidup dengan lingkungannya.
Makhluk hidup melakukan aktivitas
untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.
Tetap terjaga kelangsungan
hidupnya.
|
Penting untuk mengetahui macam-macam daur
energi
dan biogeokimia karena organisme
memerlukan energi untuk mendukung kelangsungan hidupnya
Untuk menjaga kelangsungan
hidup di bumi
Hasil dari biogeokimia dapat
digunakan oleh semua komponen yang ada di bumi
|
Mengidentifikasi
potensi kesulitan siswa keterbatasaan yang terkait dengan mengajar ekosistem
(pengetahuan siswa sebagai peserta
didik)
|
Konsep komponen dalam ekosistem merupakan
nyata dan dapat dirasakan di sekitar hanya saja keseimbangan dalam ekosistem
yang bersifat tidak statis yaitu dapat mengalami kenaikan maupun penurunan
|
Yang menjadi kesulitan pada interaksi
antara makhluk hidup dengan lingkungannya yaitu merupakan fenomena ekosistem
yang tidak dapat dijelaskan pada tingkat organisasi kehidupan dalam ekosistem
|
Kesulitan siswa
dalam daur energi dan biogeokimia yaitu terlalu rumit
memahami jaring-jaring makanan dan pada biogeokimia terlalu banyak siklus.
|
Mengidentifikasi pengetahuan siswa yang
mempengaruhi pengajaran ide ini
(pengetahuan siswa sebagai peserta
didik)
|
Mengaitkan hubungan antara konsep dengan
pengalaman siswa
Menampilkan video
ekosistem dan memberi pertanyaan terkait video dan meminta peserta
didik untuk menjawabnya
|
Mengaitkan hubungan antara konsep dengan
pengalaman siswa
Menampilkan contoh gambar interaksi makhluk hidup dengan lingkungannya dan
meminta peserta didik untuk menjelaskan yang terjadi dalam interaksi tersebut
|
Membuat hubungan antara konsep dan
pengalaman siswa
Meminta siswa untuk menjelaskan bagaimana terjadinya siklus air atau turun
nya hujan
|
Strategi pengajaran dan representasi
diimplementasikan dan alasan tertentu untuk menggunakan strategi ini untuk
melibatkan para siswa dengan dengan ide ini
(pengetahuan
tentang strategi intruksional dan
representasi)
|
Menampilkan video
agar
peserta didik dapat lebih mudah untuk memahami komponen-komponen dalam ekosistem
|
Menampilkan contoh gambar untuk memperdalam pemahaman siswa tentang interaksi makhluk hidup dengan lingkungannya.
|
Menunjukan video daur energi dan biogeokimia untuk memperdalam pemahaman siswa
|
Mengidentifikasi cara memastikan bahwa
konsep siswa diajarkan
(pengetahuan tentang penilaian)
|
Mempertanyakan siswa
Meminta siswa menjelaskan komponen-komponen yang terdapat dalam ekosistem
|
Meminta siswa untuk menjelaskan berbagai macam interaksi antara makhluk hidup dengan
lingkungannya
|
Menilai prediksi siswa untuk menentukan
pemahaman siswa
Prediksi daur energi yang terdapat dalam ekosistem
Prediksi daur biogeokimia yang terjadi di bumi
|
Konten Representasi (CORE) Ekosistem
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
No comments:
Post a Comment