Konten
Representasi (CORE)
|
|||
Pertimbangan
|
Ide Besar A
|
Ide Besar
B
|
Ide Besar
C
|
Ekresi merupakan proses pengeluaran zat sisa hasil
metabolisme sel dari dalam tubuh.
|
Proses pembentukan urine pada manusia.
|
Kelainan pada sistem ekresi manusia.
|
|
Mengidentifikasi tujuan pembelajaran bagi siswa
dalam pelajaran ini.
|
Siswa harus memahami mengenai sistem ekresi :
• berbagai macam alat ekresi pada hewan invertebrata
dan vertebrata.
• sistem
ekresi pada hewan bersel satu.
• perbedaan sistem ekresi pada hewan diair dan
didarat.
|
Siswa harus memahami struktur ginjal dan fungsinya
pada manusia :
• nefron pada ginjal sebagai tempat terjadinya
pembentukan urine.
Siswa harus memahami tahapan pembentukan urine pada
manusia
• tahap filtrasi (penyaringan)
•tahap reabsorpsi (penyerapan kembali)
•tahap augmentasi (pengeluaran zat)
|
Siswa mengetahui kelainan yang terjadi pada sistem
ekresi manusia :
• kerusakan struktur alat ekresi yang menyebabkan
kelainan pada alat ekresi tersebut.
|
Mengapa penting bagi siswa untuk mengetahui konten
ini?
[Pengetahuan kurikulum]
|
Sistem ekresi hewan invertebrata dan avertebrata sangat
berbeda dengan sistem ekresi pada manusia :
• pada protozoa, hewan bersel satu zat sisa
dikeluarkan melalui rongga berdenyut.
• insekta memiliki ginjal yang disbut buluh
malpighi.
• pada pisces alat ekresinya merupakan sepasang
ginjal berupa mesonefros.
|
Proses pembentukan urine pada manusia sangat
berpengaruh pada kehidupan manusia.
• mengatur keseimbangan cairan dan elektrolit dalam tubuh.
• menjaga hemoistatis tubuh manusia.
|
Kelainan pada sistem ekresi manusia menyebabkan
penyakit pada tubuh manusia.
• mengetahui penyebab terjadinya kelainan pada
sistem ekresi manusia.
• mengetahui cara pencegahan terjadinya kelainan
pada sistem ekresi manusia.
|
Mengidentifikasi potensi kesulitan siswa dan
keterbatasan yang terkait dengan mengajar ide ini.
[Pengetahuan siswa sebagai peserta didik]
|
Struktur alat ekresi :
• struktur alat ekresi yang memiliki fungsi
berbeda-beda.
• proses yang terjadi dalam sistem ekresi hewan
invertebrata ataupun hewan vertebrata.
Perbandingan struktur dan fungsi alat ekresi pada
hewan invertebrata atau hewan vertebrata dengan alat ekresi pada manusia.
|
Konsep pembetukan urine dalam ginjal :
• penyaringan darah dalam gromerulus yang mengandung
air,garam,urea,dan lainnya.
•proses pembentukan urine sekunder.
•pengaruh tekanan darah dalam proses pembentukan
urine.
|
Penanggulangan kelainan pada sistem ekresi manusia :
• pola kebiasaan hidup yang dapat mencegah kelainan
pada sistem ekresi
• berbagai macam penyebab kelainan pada sistem
ekresi manusia.
|
Mengidentifikasi pengetahuan siswa yang mempengaruhi
pengajaran ide ini.
[Pengetahuan siswa sebagai peserta didik]
|
• pengetahuan mengenai hewan invertebrata dan hewan
vertebrata.
• pengetahuan mengenai macam-macam zat sisa
metabolisme yang dikeluarkan.
|
•Pengetahuan mengenai struktur ginjal pada manusia.
•Pengetahuan mengenai hubungan antara struktur dan fungsi ginjal pada
manusia.
|
• pengetahuan mengenai kelainan sistem ekresi yang
familiar dengan kehidupan mereka.
|
Strategi pengajaran dan representasi
diimplementasikan dan alasan tertentu untuk menggunakan strategi ini untuk
melibatkan para siswa dengan ide ini.
[Pengetahuan tentang strategi instruksional dan
representasi]
|
• Tinjau struktur alat ekresi - memiliki siswa
menggambar dan label struktur di notebook mereka.
• Gunakan gambar alat ekresi untuk mengetahui
struktur alat ekresi
|
Meninjau
struktur ginjal yang berkaitan dengan proses pembentukan urine.
Menggunakan video untuk melihat peoses pembentukan
urine.
|
Menggunakan gambar dan video untuk menunjukan
kelainan pada sistem ekresi manusia.
|
Mengidentifikasi cara memastikan bahwa konsep siswa
diajarkan.
[Pengetahuan tentang Penilaian]
|
Mempertanyakan siswa:
• meminta siswa menjelaskan keterkaitan antara
struktur dan fungsi alat ekresi.
|
Menilai akurasi penjelasan siswa:
• penjelasan siswa mengenai tahapan pembentukan
urine.
• penjelasan siwa mengenai struktur ginjal
berdasarkan fungsinya dalam tahapan pembentukan urine.
|
Menilai akurasi penjelasan siswa mengenai pemahaman
mereka tentang kelainan yang terjadi pada sistem ekresi manusia:
• penjelasan tentang penyebab terjadinya kelainan
pada sistem ekresi manusia.
• penjelasan tentang mencegah terjadinya kelainan
pada sistem ekresi manusia.
|
Konten Representasi (CORE) Sistem Ekskresi
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
No comments:
Post a Comment