RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Sistem Regulasi

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan      :  SMAN 5 DEPOK
Mata Pelajaran :  Biologi
Kelas / Semester          :  XI (Sebelas) / Genap
Materi Pokok              :  Sistem Regulasi
Sub Materi                  : Sistem Saraf
Alokasi Waktu            :  1 x 30 Menit



A.    Kompetensi Inti
         1.         Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
         2.         Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan proaktif) dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
         3.         Memahami, menerapkan, dan menjelaskan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
         4.         Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmu

B.     Kompetensi Dasar

1.1  Menghayati dan mengamalkan keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang struktur dan fungsi sel, jaringan, organ dan sistem dalam tubuh manusia, dengan cara menjaga serta memeliharanya menurut ajaran agama yang dianutnya
2.1  Berperilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; disiplin, jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) secara gotong royong, kerjasama, resposif dan proaktif dalam melakukan percobaan dan berdiskusi
3.10 Mendeskripsikan keterkaitan antara struktur, fungsi, dan proses serta   kelaian/penyakit  yang dapat terjadi pada sistem regulasi manusia (saraf, endokrin, dan penginderaan)
4.16  Mengobservasi penyebab terjadinya berbagai gangguang yang terjadi pada sistem    regulasi (saraf, endokrin, indera).




C.    Indikator
3.10.1          Menjelaskan pengertian sistem saraf  manusia.
3.10.2         Mengidentifikasi struktur dan fungsi neuron pada sistem saraf manusia.
3.10.3         Mengkaitkan sturktur, fungsi, dan mekanisme jalannya implus.

D.    Tujuan Pembelajaran
·         Peserta didik mampu menjelaskan sistem saraf  pada manusia.
·         Peserta didik mampu mengidentifikasi struktur , fungsi neuron pada sistem saraf manusia.
·         Peserta didik mampu menjelaskan mekanisme jalannya implus pada sistem saraf manusia.

E.     Materi Ajar
Peta Konsep Sistem Saraf Manusia

F.     Metode Pembelajaran
Pendekatan     : Sainstifik
Metode            : Diskusi , Ceramah, Tanya Jawab , Ekspositori, Pengamatan, Kerja kelompok.

  1. Media Pembelajaran
Media yang digunakan meliputi alat peraga sistem saraf,  LKS , Buku Pelajaran , Powerpoint (multimedia), LCD, laptop, whiteboard, spidol.
  1. Sumber Belajar
Karmana, Oman. Cerdas belajar biologi untuk kelas XI. 2008. Jakarta: Grafindo media      pratama
Lestari, Endang Sri, 2009. Biologi SMA/MA untuk Kelas XI. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.
Purnomo, dkk Biologi Kelas X1 Untuk SMA. Jakarta: Pusat perbukuan Departemen Pendidikan nasional
  1. Langkah- langkah pembelajaran
Tahapan Pembelajaran
Kegiatan Guru
Kegiatan Siswa
Alokasi Waktu
Pendahuluan
Mempersiapkan peserta didik dengan berdoa
Mempersiapkan diri dan berdoa.
1 Menit
Mengabsen  peserta didik dan membagi kelompok secara heterogen
Peserta didik mengabsen dan berkumpul dengan kelompok masing-masing.
Guru meminta memperhatikan gambar dan menanyakan “Apa yang kamu lakukan jika dikejar anjing ? Apa yang menyebabkan hal itu terjadi ? Sistem apa yang bekerja pada kejadian tersebut ?
Peserta didik mendengarkan dan menjawab pertanyaan.
3 Menit
Guru memberikan motivasi kepada peserta didik tentang sistem saraf pada manusia dan meminta peserta didik untuk menyampaikan tujuan pembelajaran.
Peserra didik termotivasi untuk mempelajari materi sistem saraf pada manusia dan memperhatikan temannya membacakan tujuan pembelajaran.
3 Menit
Mengamati
Guru memperlihatkan alat peraga struktur neuron.
Peserta didik menyimak alat peraga dan penjelasan singkat mengenai struktur tersebut.
2 Menit
Menanya

Perserta didik dimotivasi untuk bertanya mengenai : struktur, fungsi sel saraf (neuron). Diharapkan siswa dapat mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan.
Peserta didik termotivasi untuk bertanya seputar : Stuktur, fungsi sel saraf (neuron).
1 Menit
Mencoba

·      Guru membagikan LKS ke masing-masing kelompok.
·      Guru memberikan pengarahan mengenai LKS.
·      Guru ikut membimbing dan mengamati diskusi dalam mengerjakan LKS.
·      Guru dan peserta didik mendiskusikan masalah-masalah yang ditemukan selama diskusi.

·     Peserta didik mengambil dan menyimak dengan seksama LKS tersebut.
·     Peserta didik mendengarkan pengarahan dari guru.
·     Peserta didik mendiskusikan masalah-masalah yang ditemukan selama diskusi berlangsung
7 Menit
Menalar




·      Guru meminta tiap kelompok menuliskan hasil diskusinya dalam bentuk kesimpulan

·     Perwakilan kelompok menulis kesimpulan dari hasil diskusi

2 Menit
Mengkomunikasikan

·      Guru meminta peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya.
·      Guru memperkuat dan meluruskan argumentasi peserta didik.
·     Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi masing-masing kelompok
·     Peserta didik mendengarkan penjelasan dari guru.
5 Menit
Menyimpulkan

·      Guru dan peserta didik merangkum kembali materi yang disampaikan hari ini.
·     Peserta didik memberikan rangkuman yang telah didapatkan
·     Peserta didik mendengarkan kesimpulan dari guru
3 Menit
Mengevaluasi
·      Guru memberikan soal evaluasi berupa pilihan ganda dislide (Terlampir)
·     Peserta didik  mengerjakan soal tersebut.

2 Menit
Penugasan

·      Guru memberikan tugas  rumah berupa mind map sistem saraf tepi dan sistem saraf pusat.
·     Peserta didik memperhatikan dan mencatat tugas yang diberikan oleh guru.

1 Menit
Salam dan doa
·      Guru menyiapkan peserta didik untuk berdoa dan pulang.
·     Peserta didik mempersiapkan diri untuk berdoa dan pulang.



  1. Penilaian Hasil Belajar
         1.         Jenis / Teknik Penilaian
a.       Evaluasi materi (kognitif)
b.      Tugas individu (mind map)
c.       LKS

         2.         Bentuk Instrumen dan Instrumen
a.       Tes                   : PG , uraian (Terlampir)
b.      Non tes            : lembar observasi (Terlampir)
         3.         Pedoman Penskoran
Terlampir






































LEMBAR KERJA SISWA
SISTEM SARAF PADA MANUSIA


A.    JUDUL
Struktur Dan Fungsi Sel Saraf

B.     KOMPETENSI DASAR
Mendeskripsikan keterkaitan antara struktur, fungsi, dan proses serta   kelaian/penyakit  yang dapat terjadi pada sistem regulasi manusia (saraf, endokrin, dan penginderaan)

C.    TUJUAN
·         Peserta didik mampu memahami struktur , fungsi sel saraf pada manusia.
·         Peserta didik mampu membandingkan bagian organ dan penyusun sistem syaraf pada manusia
·         Peserta didik mampu memahami mekanisme jalannya implus.

D.    PETUNJUK
1.      Pelajarilah LKS ini  dan kerjakan tugas-tugas yang ada.
2.      Lengkapilah gambar sel syaraf dibawah ini dan jawab pertanyaan selanjutnya.
3.      Lakukan telaah referensi  untuk mengidentifikasi sistem saraf pada manusia.
4.      Diskusikanlah dalam kelompok kalian tentang sistem saraf pada manusia 

E.     Landasan Teori
Sistem saraf tersebar secara luas didalam tubuh manusia. Semua organ tubuh mengandung unsur saraf. Pada dasarnya, sistem saraf menghimpun rangsangan dari lingkungan, mengubah rangsangan menjadi implus saraf, dan meneruskan implus ini ke suatu daerah penerimaan tersebut ditafsirkan dan seterusnya dikirim ke organ-organ efektor untuk memberikan jawaban yang tepat. Fungsi-fungsi ini dilaksanakan oleh sel-sel yang sangat terspesialisasi. Jaringan saraf tersusun atas sel-sel yang mempunyai bentuk khusus. Sel-sel tersebut dinamakan neuron dan neuroglia. Kedua sel tersebut ibarat pasangan tak terpisahkan yang menyusun jaringan saraf.
Jika ada sel neuron, pasti sel neuroglia akan menyertai. Adapun sel neuroglia berfungsi memberikan nutrisi dan bahan-bahan lain yang digunakan untuk kehidupan neuron. Dengan kata lain, neuroglia berfungsi untuk menjamin kehidupan neuron agar tetap dapat melaksanakan kegiatan.
Neuron merupakan unit struktural dan fungsional dari sistem saraf. Neuron memiliki kemampuan sebagai konduktivitas (penghantar) dan eksistabilitas (dapat dirangsang, serta memiliki kemampuan merespon rangsangan dengan sangat baik. Rangsangan yang berasal dari luar tubuh dapat berupa bau, rasa (pahit, manis), sentuhan , cahaya, tekanan atau gaya berat. Rangsang dari dalam tubuh berupa rasa lapar, kenyang , sakit dan lelah. Sel saraf yang mengirimkan tanggapan rangsangan disebut efektor. Sel saraf terdiri dari tiga bagian yang berbeda satu dengan yang lain yaitu badan sel , dendrit dan akson. 







F.     Pertanyaan Diskusi
1)      Lengkapilah gambar sel syaraf dibawah ini !
                                                                             4                5                 6                7
No
Nama-Nama Bagian Sel Saraf
Fungsi
1


2


3


4


5


6


7



2)      Pehatikan gambar macam-macam neuron dibawah ini.
Gambar 1
                                          Badan sel    Dendrit            Akson


Gambar 2
                               Badan sel             Dendrit            Akson

  Gambar 3
                                 Dendrit            Badan sel    Akson

Tentukan neuron diatas beserta fungsinya?
No
Neuron
Fungsinya
1


2


3



3)      Sebutkan dan jelaskan mekanisme jalannya implus?

 



















G.    Kesimpulan
        




















DAFTAR PUSTAKA

Purnomo, dkk Biologi Kelas X1 Untuk SMA. Jakarta: Pusat perbukuan Departemen Pendidikan nasional


1.      Instrumen Penilaian Kognitif
Penilaian tertulis dalam bentuk pilihan ganda

Indikator
Soal
Kunci Jawaban
3.10.1  Menjelaskan pengertian sistem saraf  manusia.
1.      Apakah nama salah satu dari sistem koordinasi yang bertugas menerima rangsangan, menghantarkan rangsangan ke seluruh bagian tubuh. Serta memberikan respon terhadap rangsangan ...
          a.         Sistem Koordinasi
         b.         Sistem Saraf.
          c.         Sistem Hormon.
         d.         Sistem Indera.
          e.         Sistem Gerak.
B
3.10.2  Mengidentifikasi struktur dan fungsi neuron pada sistem saraf manusia.
2.      Impuls dari organ penerima rangkaian (reseptor) bisa sampai ke susunan saraf pusat karena peran dari …
          a.         Interneuron
         b.         Neuron aferen
          c.         Neuron intermediet
         d.         Neuron eferen
          e.         Neuron motorik
B
3.      Apakah yang dimaksud dengan neuron...
  1. Unit-unit terkecil pada sistem saraf yang berfungsi yang mempunyai kemampuan menerima implus dan menghantarkan implus.
  2. Juluran atau serabut pendek bercabang yang merupakan tonjolan dari sitoplasma pada badan sel
          c.         Juluran atau serabut panjang dari badan sel , dan berfungsi untuk menghantarkan implus dari badan sel menuju ujung akson.
         d.         Sel saraf yang berfungsi untuk menghantarkan implus dari reseptor (alat indera) menuju ke otak.
A

3.10.2  Mengidentifikasi struktur dan fungsi neuron pada sistem saraf manusia.

4.      Manakah yang termasuk bagian-bagian dari neuron..
          a.         Badan sel, dendrit dan otak
         b.         Akson, sumsum belakang, dan dendrit.
          c.         Dendrit, akson dan badan sel.
         d.         Akson, dendrit, otak.
C
5.      Perhatikan pernyataan berikut ?
Akson diselubungi oleh subtansi lemak berwarna putih kekuningan, selubung ini berfungsi sebagai isolator yang melindungi akson terhadap tekanan dan luka. Juga memberi nutrisi pada akson dan mempercepat jalannya impuls. Apakah selubung yang dimaksud...
          a.         Nodus ranvier
         b.         Mielin
          c.         Akson
         d.         Badan sel
          e.         Dendrit
B
6.      Sebuah struktur neuron memiliki ciri-ciri sebagai berikut
1. Mengandung nukleus
2. Terletak disistem saraf pusat
3. Mengeluarkan cabang-cabang pendek yang disebut dendrit
Berdasarkan ciri-ciri diatas, Apa kesimpulan struktur neuron yang dimaksud ..
          a.         Dendrit
         b.         Akson
          c.         Badan sel
         d.         Sel schwan
          e.         Nodus ranvier
C
3.10.2  Mengidentifikasi struktur dan fungsi neuron pada sistem saraf manusia.
7.      Apakah fungsi dari neuron sensorik ....
          a.         Menghantarkan impuls dari reseptor menuju ke saraf pusat.
         b.         Membawa implus dari saraf pusat ke efektor (otot kelenjar)
          c.         Menghantarkan rangsangan dari neuron sensorik ke neuron motorik
         d.         Menghantarkan rangsangan dari neuron motorik ke neuron sensorik.
          e.         Menghantarkna implus dari saraf pusat ke reseptor.
A
8.      Manakah pilihan yang benar berikut ini yang merupakan macam-macam neuron berdasarkan fungsimya...
          a.         Sensorik, konektor (interneuron), dendrit.
  1. Motorik, dendrit, badan sel
  2. Akson, dendrit, badan sel
  3. Sensorik, konektor, motorik.
          e.         Konektor, badan sel , motorik
D
3.10.3  Mengkaitkan sturktur, fungsi, dan mekanisme jalannya implus
9.       Berikut adalah alur impuls saraf:
1.      Depolarisasi akan menjalar disepanjang serabut saraf, ini yang disebut impuls saraf.
2.      Saraf dirangsang disuatu  tempat tertentu sehingga terjadi depolarisasi, yaitu permukaan luar permukaan negatif sedangkan permukaan dalam bermuatan positif.
3.      Saraf dalam keadaan istirahat, serabut sarat dalam keadaan polarisasi yaitu permukaan membran luar bermuatan positif, sedangkan membran dalam bermuatan nnegatif.
4.      Antara daerah yang mengalami depolarisasi dengan daerah yang mengalami polarisasi timbul aliran listrik. Aliran listrik disebut arus lokal , adanya arus lokal menyebabkan depolarisasi didaerah sebelahnya, kemudian diikuti arus lokal dan depolarisasi didaerah sebelah nya demikian seterusnnya.
Bagaimana susunan alur impuls yang benar..
          a.         3-2-4-1
         b.         3-4-2-1
          c.         2-3-1-4
         d.         2-3-4-1
          e.         1-2-3-4
A


*Jumlah Skor maksimal untuk pilihan ganda 100 (Setiap nomor bernilai 1 )
                Skor = x 100






2        Instrumen Penilaian Psikomotorik
Format Penilaian Hasil Diskusi Kelompok
No
Nama Kelompok
Aspek yang Dinilai
Skor
Rerata
1
2
3
4
1



1.    Kurang dapat menjelaskan sub materi.






2.    Dapat menjelaskan sub materi secara baik, tepat tetapi tidak ringkas dan bertele-tele.




3.    Dapat menjelaskan sub materi secara baik, tepat dan ringkas, serta dapat menjawab pertanyaan yang diajukan.




2

1.    Kurang dapat menjelaskan sub materi.





2.    Dapat menjelaskan sub materi secara baik, tepat tetapi tidak ringkas dan bertele-tele.




3.    Dapat menjelaskan sub materi secara baik, tepat dan ringkas, serta dapat menjawab pertanyaan yang diajukan.




3.
dst…..







  Rubrik Penilaian
No.
Aspek Penilaian
Skor
1.
Ketepatan  dan  pemahaman dalam memahami sistem saraf.
4 : Baiksekali
3: Baik
2 : Cukup
1 : Kurang
2.
Ketepatan  dan  pemahaman dalam  memahami struktur, fungsi sel neuron.
4 : Baiksekali
3 : Baik
2   : Cukup
1: Kurang
3.
Ketepatan dan pemahaman dalam menjelaskan mekanisme jalannya implus
4 : Baiksekali
3 : Baik
2 : Cukup
1: Kurang






3 . Instrumen Penilaian Afektif
Penilaian Afektif untuk Penilaian Sikap Spiritual
Nama Peserta Didik      : _________________________
Kelas                              : _________________________
No.
Aspek Pengamatan
Skor
1
2
3
4
1.
Ikut berdoa bersama saat mulai dan selesai belajar di kelas




2.
Mengucapkan rasa syukur atas karunia Tuhan




3.
Memberi salam  sebelum dan sesudah menyampaikan pendapat/presentasi




Jumlah Skor





Keterangan:
4        = Baiksekali         2 = Cukup
             3    = Baik                  1 = Kurang

Penilaian Afektif untuk Keaktifan Peserta Didik Secara Keseluruhan
Nama Kelompok         : _________________________
Kelas                           : _________________________

NO.
URAIAN
SKOR
SKALA 1-3
NAMA PESERTA DIDIK





1
Memperhatikan dengan seksama penjelasan guru





2
Antusias dalam  mengerjakan LKS





3
Menunjukkan rasa ingin tahu





4
Bekerjasama dengan kelompoknya





5
Bersikap jujur  dan  sportif  dalam mengerjakan tugas





6
Kemampuan mengemuk akan Pendapat





7
Mempresentasikan hasil diskusi





8
Berkomunikasi





Rerata






Rubik penilaian sikap
No
Aspek yang dinilai
Rubik
1.
Memperhatikan dengan seksama penjelasan guru
3: Fokus memperhatikan penjelasan guru, antusias dengan apa yang guru sampaikan.
2: Fokus  memperhatikan penjelasan guru, sesekali mengobrol dengan teman sebangku, namun tidak ingin terlibat aktif
1: Tidak focus memperhatikan guru, banyak ngobrol dengan teman sebangku, dan tidak terlibat aktif.
2.
Antusias dalam mengerjakan tugas
3: Menunjukkan rasa antusias dan semangat yang besar dalam mengerjakan tugas bersama dengan teman sekelompok
2 : Menunjukkan rasa antusias namun baru akan bersemangat ketika di stimulasi
1: Tidak menunjukkan rasa antusias terhadap tugas yang diberikan
3.
Menunjukan rasa ingin tahu
3 : Menunjukan rasa ingin tahu yang besar, antusias aktif dalam kegiatan kelompok
2 : Menunjukan rasa ingin tahu, namun tidak terlalu antusias dan baru terlibat aktif dalam kegiatan kelompok ketika distimulasi
1: Tidak menunjukan antusias dalam pengamatan, sulit terlibat aktif dalam kegiatan kelompok walaupun telah di dorong untuk terlibat
4.
Bekerjasama dengan kelompoknya
3 : Memiliki rasa tanggungjawab dengan kelompoknya, mampu mengkoordinir teman-temanya untuk bekerjasama
2: Memiliki rasa tanggung jawab, namun hanya memperhatikan orang-orang tertentu dikelompoknya
1: Tidak berupaya untuk bekerjasama dengan kelompoknya
5.
Bersikap jujur dan sportif dalam mengerjakan tugas
3: Bersikap jujur dalam menyelesaikan tugas sesuai dengan kemampuannya, dan berupaya menyelesaikan tugas tepat waktu
2: Berupaya menyelesaikan tugas tepat waktu, namun belum menunjukkan usaha terbaiknya.
1: Tidak berusaha untuk mengerjakan tugas
6.
Kemampuan Mengemukakan Pendapat
3 :Mengemukakan pendapat dengan intonasi suara yang jelas, tegas, dan sopan.
2: Mengemukakan pendapat masih dengan sikap yang malu-malu.
1 : Tidak mau mengemukakan pendapat apapun
7.
Mempresentasikan Hasil Diskusi
3 : Hasil diskusi dipresentasikan dengan intonasi jelas dan hasilnya sesuai dengan judul materi diskusi
2 : Hasil diskusi dipresentasikan dengan intonasi jelas, namun hasil diskusi masih kurang sesuai
1 : Tidak mau mempresentasikan hasil diskusi
8.
Berkomunikasi
3: Aktif dalam Tanya jawab, dapat mengemukakan pendapat atau ide dengan baik, menghargai pendapat siswa lain.
2: Aktif dalam Tanya jawab, tidak ikut mengemukakan gagasan atau ide, menghargai pendapat siswa lain
1: Aktif dalam Tanya jawab, tidak ikut mengemukakan pendapat atau ide, kurang menghargai pendapat siswa lain.






Mengetahui,                                                                      Depok, 08 September 2015
Kepala Sekolah  SMAN 5 Depok                                                Guru Mapel Biologi
                                                                       

             NIP..................................                                                 NIP......................................







Jawaban Lembar Kerja Siswa

1.      Struktur dan fungsi sel neuron
No
Nama-Nama Bagian Sel Saraf
Fungsi
1
Dendrit
Untuk meneruskan rangsangan dari organ penerima rangsang (reseptor) menuju ke badan sel.
2
Nukleus (inti sel)
Sebagai pengatur kegiatan sel saraf (neuron)
3
Badan sel
Untuk mengendalikan metabolisme keseluruhan neuron
4
Selubung mielin
Untuk melindungi melindungi akson terhadap tekanan dan luka.
5
Sel schwann
Untuk mempercepat jalannya impuls, membantu menyediakan makanan untuk neurit, membantu regenerasi neurit.
6
Nodus Ranvier
Sebagai loncatan untuk mempercepat implus saraf ke otak atau sebaliknya.
7
Terminal Akson
Meneruskan implus ke neuron lain melalui sinapsis

  1. Macam-macam  neuron
No
Neuron
Fungsinya
1
Neuron motorik
Untuk meneruskan implus dari sistem saraf pusat ke otot dan kelenjar yang akan melakukan respon tubuh.
2
Interneuron
Untuk menghubungkan neuron yang satu dengan neuron lainnya.
3
Neuron Sensorik
Untuk menyampaikan rangsang dari organ penerima rangsang (reseptor) kepada sistem saraf pusat
(otak dan sumsum tulang belakang.

  1. Mekanisme Jalannya implus
Penghantaran impuls dalam sel saraf.
  • Implus dapat diteruskan dan mengalir melalui sel saraf yang disebabkan polarisasi (membran luar sel saraf bermuatan positif karena kelebihan kation atom Na+ dan Membran dalam sel saraf bermuatan negatif karena banyak ion K + yang keluar akson)
  • Terjadinya kondisi demikian karena peran pompa Na , K dan sifat membran akson yang lebih permeabel terhadap K+ dan kurang permeabel terhadap Na +.
  • Na+ dipompa ke luar, K + dipompa ke dalam karena sifat membran akson yang permeabel terhadap K, maka K+ dapat keluar lagi.
  • Jika terjadi rangsang kuat, permeabilitas membran akan berubah. Akibatnya polarisasi membran juga berubah.
  • Dengan demikian, impuls berjalan sepanjang akson. Setelah impuls berlalu, membran neuron memulihkan keadaannya seperti semula.

Penghantaran implus antarsel saraf
  • Terjadi pertemuan antara neuron satu dengan neuron lain disebut sinapsis
  • Akson pada setiap neuron berakhir membentuk tonjolan kecil yang disebut tombol sinapsis.
  • Dipermukaan tombol presinapsis atau membran presinapsis sinapsis akson neuron satu akan bertemu dengan dendrit neuron yang lain.
  • Jika impuls tiba maka di tombol membran pre-sinapsis, akan terjadi peningkatan permeabilitas membran pre-sinapsis terhadap ion Ca2+.
  • Akibatnya ion Ca2+ masuk dan gelembung sinapsis melebur dengan membran pre-sinapsis sambil melepaskan neurotransmiternya ke celah sinapsis.
  • Neurotransmiter ini membawa impuls ke membran post-sinapsis.
  • Neurotransmiter ini membawa impuls ke membran post-sinapsis. Setelah menyampaikan impuls, selanjutnya neurotransmiter dihidrolisis oleh enzim  asetilkolinesterase
  • Jika neurotransmiternya dihidrolisis menjadi kolin dan asam etanoat, kedua senyawa hasil hidrolisis ini akan disimpan di gelembung sinapsis untuk dipergunakan lagi.

No comments:

Post a Comment