Konten Representasi (CORE)
|
|||
Pertimbangan
|
Ide Besar A
|
Ide Besar B
|
Ide Besar C
|
Pengertian sistem saraf
|
Struktur , fungsi sel neuron
|
Mekanisme jalannya impuls
|
|
Mengidentifikasi
tujuan pembelajaran bagi siswa dalam pelajaran ini.
|
Siswa
harus memahami sistem organ :
·
Jaringan saraf tersusun atas
neuron dan neuroglia.
·
Neuron sebagai unit struktural dan
fungsional dari sistem saraf.
·
Memiliki kemampuan sebagai
konduktivitas (penghantar) dan eksistabilitas (dapat dirangsang)
|
Siswa harus
memahami bagian-bagian neuron :
·
Badan sel menyimpan inti sel dan
anak inti.
·
Dendrit meneruskan rangsangan
rangsangan dari organ penerima rangsangan menuju kebadan sel
·
Akson terbagi menjadi neurofibril,
selubung mielin, nodus ranvier.
|
Siswa
harus memahami mekanisme jalannya implus:
·
Impuls melalui sel saraf.
·
Implus dihantarkan antarsel saraf.
|
Mengapa
penting bagi siswa untuk mengetahui konten ini?
[Pengetahuan
kurikulum]
|
Sistem
saraf sangat penting untuk proses hidup dan kehidupan:
·
Sebagai jaringan komunikasi
·
Dapat mengetahui menerima pesan
dan menanggapi pesan.
|
Neuron :
·
Penting untuk memahami penerusan
rangsangan dari organ penerima rangsangan menuju badan sel.
·
Dapat meneruskan implus saraf yang
berupa informasi berita ke badan sel.
|
Pemahaman
mekanisme jalannya impuls :
·
Mendukung pemahaman siswa terhadap
penghantaran implus saraf melalui sel saraf ataupun lewat sinaps.
·
Dapat membedakan impuls yang
dihantarkan melalui sel saraf dengan implus dihantarkan lewat sinaps.
|
Mengidentifikasi
potensi kesulitan siswa dan keterbatasan yang terkait dengan mengajar ide
ini.
[Pengetahuan
siswa sebagai peserta didik]
|
Sistem
saraf :
·
Sulit dibayangkan sistem saraf itu
karena abstrak saraf tersebut perlu
strategi atau media yang menarik agar mudah dimengerti.
|
Neuron :
·
Kosa kata yang unik penting untuk
membedakan bagian-bagian neuron
·
Istilah bagian-bagian akson yang
membingungkan apabila di identifikasi melalui gambar.
|
Mekanisme
jalannya implus:
·
Perlu penyampaian mekanisme jalan
implus yang jelas dan menarik agar tidak membingungkan.
·
Mekanismenya terlihat abstrak
sehingga sulit di pelajari.
|
Mengidentifikasi
pengetahuan siswa yang mempengaruhi pengajaran ide ini.
[Pengetahuan
siswa sebagai peserta didik]
|
Mengaitkan
hubungan antara konsep dengan pengalaman siswa
|
Mengaitkan hubungan antara konsep dengan
pengalaman siswa
|
Mengaitkan
hubungan antara konsep dengan pengalaman siswa.
|
Strategi
pengajaran dan representasi diimplementasikan dan alasan tertentu untuk
menggunakan strategi ini untuk melibatkan para siswa dengan ide ini.
[Pengetahuan
tentang strategi instruksional dan representasi]
|
|
·
Menampilkan alat peraga dari lilin
mainan yang dibentuk struktur neuron,
·
Peserta didik diminta untuk
mengidentifikasi struktur dan fungsi sel neuron tersebut.
·
Masing-masing kelompok peserta
didik mengkomunikasikan identifikasinya Setelah didapatkan hasilnya ditempel
di alat peraga tersebut.
|
·
Menampilkan gambar dan memberikan
LKS .
·
Peserta didik diminta untuk
mencari mekanisme jalannya impuls.
·
Masing-masing kelompok
mempresentasikan hasilnya melalui gambar atau penjelasan yang menarik jelas
agar mudah di mengerti.
|
Mengidentifikasi
cara memastikan bahwa konsep siswa diajarkan.
[Pengetahuan
tentang Penilaian]
|
Mempertanyakan
siswa:
|
Meminta siswa untuk menjelaskan struktur
neuron
|
Menilai prediksi siswa untuk menentukan
pemahaman siswa
|
Konten Representasi (Core) Sistem Regulasi
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
No comments:
Post a Comment