Konten Representasi (Core) Sistem Regulasi

Konten Representasi (CORE)
Pertimbangan
Ide Besar A
Ide Besar B
Ide Besar C
Pengertian sistem saraf
Struktur , fungsi sel neuron
Mekanisme jalannya impuls
Mengidentifikasi tujuan pembelajaran bagi siswa dalam pelajaran ini.
Siswa harus memahami sistem organ :
·         Jaringan saraf tersusun atas neuron dan neuroglia.
·         Neuron sebagai unit struktural dan fungsional dari sistem saraf.
·         Memiliki kemampuan sebagai konduktivitas (penghantar) dan eksistabilitas (dapat dirangsang)
Siswa harus memahami bagian-bagian neuron :
·         Badan sel menyimpan inti sel dan anak inti.
·         Dendrit meneruskan rangsangan rangsangan dari organ penerima rangsangan menuju kebadan sel
·         Akson terbagi menjadi neurofibril, selubung mielin, nodus ranvier.

Siswa harus memahami mekanisme jalannya implus:
·         Impuls melalui sel saraf.
·         Implus dihantarkan antarsel saraf.

Mengapa penting bagi siswa untuk mengetahui konten ini?
[Pengetahuan kurikulum]
Sistem saraf sangat penting untuk proses hidup dan kehidupan:
·         Sebagai jaringan komunikasi
·         Dapat mengetahui menerima pesan dan menanggapi pesan.
 Neuron :
·         Penting untuk memahami penerusan rangsangan dari organ penerima rangsangan menuju badan sel.
·         Dapat meneruskan implus saraf yang berupa informasi berita ke badan sel.
Pemahaman mekanisme jalannya impuls :
·         Mendukung pemahaman siswa terhadap penghantaran implus saraf melalui sel saraf ataupun lewat sinaps.
·         Dapat membedakan impuls yang dihantarkan melalui sel saraf dengan implus dihantarkan lewat sinaps.
Mengidentifikasi potensi kesulitan siswa dan keterbatasan yang terkait dengan mengajar ide ini.
[Pengetahuan siswa sebagai peserta didik]
Sistem saraf  :
·         Sulit dibayangkan sistem saraf itu karena abstrak saraf  tersebut perlu strategi atau media yang menarik agar mudah dimengerti.
Neuron :
·         Kosa kata yang unik penting untuk membedakan bagian-bagian neuron
·         Istilah bagian-bagian akson yang membingungkan apabila di identifikasi melalui gambar.
Mekanisme jalannya implus:
·         Perlu penyampaian mekanisme jalan implus yang jelas dan menarik agar tidak membingungkan.
·         Mekanismenya terlihat abstrak sehingga sulit di pelajari.

Mengidentifikasi pengetahuan siswa yang mempengaruhi pengajaran ide ini.
[Pengetahuan siswa sebagai peserta didik]
Mengaitkan hubungan antara konsep dengan pengalaman siswa
  • Menampilkan gambar dua orang sedang menelepon dan mata berkedip, tangan dicubit  dengan meminta peserta didik mengkaitankan sistem saraf dengan pengalaman peserta didik.
 Mengaitkan hubungan antara konsep dengan pengalaman siswa
  • Menampilkan alat peraga struktur sel saraf serta memberikan LKS yang berisi gambar struktur sel saraf kemudian peserta didik diminta untuk mengidentifikasi bagian-bagian struktur neuron.
Mengaitkan hubungan antara konsep dengan pengalaman siswa.
  • Menampilkan gambar proses mekanisme jalannya impuls , guru meminta dan membimbing peserta didik untuk menjelaskan mekanisme jalannya implus.
Strategi pengajaran dan representasi diimplementasikan dan alasan tertentu untuk menggunakan strategi ini untuk melibatkan para siswa dengan ide ini.
[Pengetahuan tentang strategi instruksional dan representasi]
  • Setelah mengkaitkan sistem saraf dengan pengalaman siswa, menampilkan gambar sistem saraf dan peta konsep agar peserta didik lebih mudah dipahami dan terarah.
·         Menampilkan alat peraga dari lilin mainan yang dibentuk struktur neuron,
·         Peserta didik diminta untuk mengidentifikasi struktur dan fungsi sel neuron tersebut.
·         Masing-masing kelompok peserta didik mengkomunikasikan identifikasinya Setelah didapatkan hasilnya ditempel di alat peraga tersebut.
·         Menampilkan gambar dan memberikan LKS .
·         Peserta didik diminta untuk mencari mekanisme jalannya impuls.
·         Masing-masing kelompok mempresentasikan hasilnya melalui gambar atau penjelasan yang menarik jelas agar mudah di mengerti.
Mengidentifikasi cara memastikan bahwa konsep siswa diajarkan.
[Pengetahuan tentang Penilaian]
Mempertanyakan siswa:
  • Meminta siswa menjelaskan sistem saraf 
  • Mengkaitakan sistem koordinasi yang lainnya (sistem alat indera dan sistem hormon)
 Meminta siswa untuk menjelaskan struktur neuron
  • Penjelasan siswa tentang dendrit beserta fungsinya.
  • Penjelasan siswa tentang badan sel beserta fungsinya.
  • Penjelasan siswa tentang akson,
  • Penjelasan siswa tentang macam-macam neuron
 Menilai prediksi siswa untuk menentukan pemahaman siswa
  • Prediksi mekanisme jalannya impuls dalam sel saraf
  • Prediksi mekanisme jalannya implus antarsel saraf

No comments:

Post a Comment