Konten Representasi (CORE) Archaebacteri dan Eubacteria

Konten Representasi (CORE)
Pertimbangan
Ide Besar A
Ide Besar B
Ide Besar C
Ide Besar D
Archaebacteria adalah kelompok makhluk hidup pertama yang menggunakan reaksi kimia anorganik untuk menghasilkan energi.
Eubacteria dikenal sebagai bakteri sesungguhnya.
Ganggang biru-hijau(Cyanobacteria) merupakan makhluk hidup prokariot, sama seperti halnya bakteri.
Peranan archebacteria dan eubacteria
Mengidentifikasi tujuan pembelajaran bagi siswa dalam pelajaran ini.
Peserta didik harus memahami sifat dari Arcahebacteria:
• Habitat dilingkungan yang ekstrem.
• Klasifikasi arcahe berdasarkan tempat hidup diantaranya halofili, metanogen, termoasiodifili dan pereduksi sulfur
.
Peserta didik harus memahami sifat Eubacteria:
• Bakteri dapa ditemukan dibeberapa lingkungan seperti tanah, air, debu dan uadara.
• Struktur bakteri diantaranya adalah kapsul, dinding sel, flagel, membrane sel, materi genetis dan struktur tambahan lain.
• Bentuk-bentuk dasar bakteri bulat(kokus), batang(basil) dan spiral(spiralia).
• Reproduksi bakteri secara aseksual dan seksual.
Peserta didik harus memahami sifat cyanobacteria:
• Cyanobacteria dapat melakukan fotosintesis
• Cyanobacteria melakukan reproduksi dengan beberapa cara yaitu pembelahan sel, fragmentasi dan pembentukan spora
Peserta didik dapat mengetahui menfaat dan kerugian archae dan eubacteria :
• Belum ditemukan kerugian karena arcahe
• 99% baktei dapat memberikan manfaat dan 1% bersifat pathogen.
Mengapa penting bagi siswa untuk mengetahui konten ini?
[Pengetahuan kurikulum]
Arhaebacteria sangat penting untuk mengetahui tingkatan takson dan kehidupan:
• Kelompok makhluk hidup pertama  
• Arcahe dapat hidup dengan suhu ekstrem sehingga dapat  menghasilkan enzim untuk kehidupan

Eubacteria sangat penting untuk mengetahui beragam bakteri:
• mengetahui struktur bakteri
• Berbagai bentuk bakteri. 
Cyanobacteria penting untuk mengetahui makhluk hidup prokariot yang berfotosintesis:
• Mendukung bakteri yang beragam karena mempunyai struktur yang berbeda.
• menjelaskan bagaimana reproduksi prokariot(cynobakteri).


Mengidentifikasi potensi kesulitan siswa dan keterbatasan yang terkait dengan mengajar ide ini.
[Pengetahuan siswa sebagai peserta didik]
Archaeacteria:
• Klasifikasi arcahe berdasarkan tempat hidup diantaranya halofili, metanogen, termoasiodifili dan pereduksi sulfur.
Eubacteria:
• Reproduksi bakteri secara aseksual dan seksual.
Prokariot  berfotosintesis:
• ditentukan oleh cirri dan strukturnya  
• Habitat dan reproduksinya . 
Mnafaat dan kerugian :
• Banyak peranan yang ada dalam 1 habitat
• Nama ilmiah yang cukup banyak dari bakteri beserta fungsinya
Mengidentifikasi pengetahuan siswa yang mempengaruhi pengajaran ide ini.
[Pengetahuan siswa sebagai peserta didik]
• Pentingnya membuat  pemahaman arcahebacteria
• Habitat Archaebacteria
• Pentingnya membuat  pemahaman eubacteria
• Ciri-ciri dan struktur

• Memahami cirri dan struktur apa yang berbeda sehingga prokariot berfotosintesis
• Meminta Peserta didik menyebutkan manfaat dan kerugian archae dan eubacteria
Strategi pengajaran dan representasi diimplementasikan dan alasan tertentu untuk menggunakan strategi ini untuk melibatkan para siswa dengan ide ini.
[Pengetahuan tentang strategi instruksional dan representasi]
• Tinjau habitat dan klasifikasi arcahebacteria dengan membaca buku ajar.
• Gunakan model gambar menjodohkan contoh archae dan habitatnya.
 • Gunakan gambar dan video tentang struktur, ciri dan  reproduksinya

• Peserta didik  membuat prediksi tentang ciri khas cyanobakteri sehingga bisa berfotosintesis.

• Menunjukkan gambar manfaat dan kerugian acrahe dan eubacteria
Mengidentifikasi cara memastikan bahwa konsep siswa diajarkan.
[Pengetahuan tentang Penilaian]
Menanyakan Peserta didik:
• meminta siswa menjelaskan habitat dan klasifikasi.
Menanyakan Peserta didik:
• penjelasan tentang cirri-ciri, struktur dan bentuk
Menanyakan Peserta didik:
• Penjelasan tentang ciri-ciri dan reproduksi
• Penjelasan cirri khas prokariot karena bisa berfotosintesis.
Menilai akurasi prediksi Peserta didik untuk menentukan pemahaman Peserta didik :
• Prediksi manfaat dan kerugian arcahe dan eubacteri dari konsep yang sudah dijelaskan.

No comments:

Post a Comment