Konten Representasi (CORE)
|
||||
Pertimbangan
|
Ide Besar A
|
Ide Besar B
|
Ide Besar C
|
Ide Besar D
|
Archaebacteria adalah kelompok makhluk hidup pertama yang menggunakan
reaksi kimia anorganik untuk menghasilkan energi.
|
Eubacteria dikenal sebagai bakteri sesungguhnya.
|
Ganggang biru-hijau(Cyanobacteria) merupakan makhluk hidup prokariot,
sama seperti halnya bakteri.
|
Peranan archebacteria dan eubacteria
|
|
Mengidentifikasi tujuan pembelajaran bagi siswa dalam pelajaran ini.
|
Peserta didik harus memahami sifat dari Arcahebacteria:
• Habitat dilingkungan yang ekstrem.
• Klasifikasi arcahe berdasarkan tempat hidup diantaranya halofili,
metanogen, termoasiodifili dan pereduksi sulfur
.
|
Peserta didik harus memahami sifat Eubacteria:
• Bakteri dapa ditemukan dibeberapa lingkungan seperti tanah, air, debu
dan uadara.
• Struktur bakteri diantaranya adalah kapsul, dinding sel, flagel,
membrane sel, materi genetis dan struktur tambahan lain.
• Bentuk-bentuk dasar bakteri bulat(kokus), batang(basil) dan
spiral(spiralia).
• Reproduksi bakteri secara aseksual dan seksual.
|
Peserta didik harus memahami sifat cyanobacteria:
• Cyanobacteria dapat melakukan fotosintesis
• Cyanobacteria melakukan reproduksi dengan beberapa cara yaitu
pembelahan sel, fragmentasi dan pembentukan spora
|
Peserta didik dapat mengetahui menfaat dan kerugian archae dan eubacteria
:
• Belum ditemukan kerugian karena arcahe
• 99% baktei dapat memberikan manfaat dan 1% bersifat pathogen.
|
Mengapa penting bagi siswa untuk mengetahui konten ini?
[Pengetahuan kurikulum]
|
Arhaebacteria sangat penting untuk mengetahui tingkatan takson dan
kehidupan:
• Kelompok makhluk hidup pertama
• Arcahe dapat hidup dengan suhu ekstrem sehingga dapat menghasilkan enzim untuk kehidupan
|
Eubacteria sangat penting untuk mengetahui beragam bakteri:
• mengetahui struktur bakteri
• Berbagai bentuk bakteri.
|
Cyanobacteria penting untuk mengetahui makhluk hidup prokariot yang
berfotosintesis:
• Mendukung bakteri yang beragam karena mempunyai struktur yang berbeda.
• menjelaskan bagaimana reproduksi prokariot(cynobakteri).
|
|
Mengidentifikasi potensi kesulitan siswa dan keterbatasan yang terkait
dengan mengajar ide ini.
[Pengetahuan siswa sebagai peserta didik]
|
Archaeacteria:
• Klasifikasi arcahe berdasarkan tempat hidup diantaranya halofili,
metanogen, termoasiodifili dan pereduksi sulfur.
|
Eubacteria:
• Reproduksi bakteri secara aseksual dan seksual.
|
Prokariot berfotosintesis:
• ditentukan oleh cirri dan strukturnya
• Habitat dan reproduksinya .
|
Mnafaat dan kerugian :
• Banyak peranan yang ada dalam 1 habitat
• Nama ilmiah yang cukup banyak dari bakteri beserta fungsinya
|
Mengidentifikasi pengetahuan siswa yang mempengaruhi pengajaran ide ini.
[Pengetahuan siswa sebagai peserta didik]
|
• Pentingnya membuat pemahaman
arcahebacteria
• Habitat Archaebacteria
|
• Pentingnya membuat pemahaman
eubacteria
• Ciri-ciri dan struktur
|
• Memahami cirri dan struktur apa yang berbeda sehingga prokariot
berfotosintesis
|
• Meminta Peserta didik menyebutkan manfaat dan kerugian archae dan
eubacteria
|
Strategi pengajaran dan representasi diimplementasikan dan alasan
tertentu untuk menggunakan strategi ini untuk melibatkan para siswa dengan
ide ini.
[Pengetahuan tentang strategi instruksional dan representasi]
|
• Tinjau habitat dan klasifikasi arcahebacteria dengan membaca buku ajar.
• Gunakan model gambar menjodohkan contoh archae dan habitatnya.
|
• Gunakan gambar dan video tentang
struktur, ciri dan reproduksinya
|
• Peserta didik membuat prediksi tentang
ciri khas cyanobakteri sehingga bisa berfotosintesis.
|
• Menunjukkan gambar manfaat dan kerugian acrahe dan eubacteria
|
Mengidentifikasi cara memastikan bahwa konsep siswa diajarkan.
[Pengetahuan tentang Penilaian]
|
Menanyakan Peserta didik:
• meminta siswa menjelaskan habitat dan klasifikasi.
|
Menanyakan Peserta didik:
• penjelasan tentang cirri-ciri, struktur dan bentuk
|
Menanyakan Peserta didik:
• Penjelasan tentang ciri-ciri dan reproduksi
• Penjelasan cirri khas prokariot karena bisa berfotosintesis.
|
Menilai akurasi prediksi Peserta didik untuk menentukan pemahaman Peserta
didik :
• Prediksi manfaat dan kerugian arcahe dan eubacteri dari konsep yang
sudah dijelaskan.
|
Konten Representasi (CORE) Archaebacteri dan Eubacteria
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
No comments:
Post a Comment