RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
A.
Identitas Sekolah : SMPN 6 Depok
B.
Identitas Mata
Pelajaran : IPA-Biologi
C.
Kelas/Semester : VII/Genap
D.
Materi Pokok : Sistem Respirasi (Pernapasan)
E.
Alokasi Waktu : 30 menit (pertemuan 3)
F.
Kompetensi Inti :
1.
Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.
Menghargai dan menghayati perilaku jujur,
disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya
diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam
jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3.
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan
prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
4.
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah
konkret (menggunakan,mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah
abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan
yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
G.
Kompetensi Dasar :
3.6
Mengenal konsep
energi, berbagai sumber energi, energi dari makanan, transformasi energi dalam
sel, metabolisme sel, respirasi, sistem pencernaan makanan, dan fotosintesis
4.9 Melakukan percobaan untuk menyelidiki respirasi pada
hewan
H.
Indikator :
3.6.1 Mengidentifikasi proses respirasi pada manusia dan hewan
3.6.2 Menjelaskan organ-organ yang
terlibat pada sistem respirasi manusia
3.6.3 Membedakan mekanisme pernapasan pada sistem respirasi manusia
3.6.4
Membedakan gangguan dan penyakit
yang dapat terjadi pada sistem respirasi manusia
3.6.5
Mengidentifikasi hal-hal yang dapat dilakukan untuk mencegah gangguan dan
penyakit yang dapat terjadi pada sistem respirasi manusia
3.6.6
Menjelaskan mekanisme pernapasan pada sistem respirasi hewan
4.9.1 Melakukan percobaan untuk menyelidiki mekanisme respirasi
pada hewan
I.
Tujuan
Pembelajaran :
3.6.1 Peserta didik mampu mengidentifikasi proses respirasi pada manusia dan
hewan menggunakan media
gambar dengan tepat.
3.6.2 Peserta didik mampu menjelaskan organ-organ yang terlibat pada
sistem respirasi manusia dengan alat peraga dan gambar dengan tepat.
3.6.3 Peserta
didik mampu membedakan mekanisme
pernapasan pada sistem respirasi manusia dengan menggunakan gambar dan video dengan tepat.
3.6.4
Peserta
didik mampu membedakan gangguan dan penyakit
yang dapat terjadi pada sistem respirasi manusia dengan studi literatur dengan konsep yang tepat.
3.6.5
Peserta
didik mampu mengidentifikasi hal-hal yang dapat
dilakukan untuk mencegah gangguan dan penyakit yang dapat terjadi pada sistem
respirasi manusia dengan studi literatur dengan konsep yang tepat.
3.6.6
Peserta didik mampu menjelaskan mekanisme pernapasan pada sistem respirasi
hewan dengan
studi literatur dengan konsep yang tepat.
4.9.1
Peserta didik melakukan
percobaan untuk menyelidiki mekanisme respirasi pada
hewan (insekta).
J.
Materi
Pembelajaran :
Respirasi atau pernapasan
adalah seluruh proses mulai dari pemasukan udara, pengambilan oksigen, dan
penggunaan oksigen untuk oksidasi, sampai dengan pengeluaran zat-zat sisa
pernapasan. Organ-organ pernapasan pada manusia terdiri dari: rongga hidung, tekak (faring), pangkal tenggorokan, batang tenggorok, cabang batang tenggorokan dan paru-paru. Pada proses
pernapasan terdapat mekanisme pernapasan dada dan pernapasan perut yang
didalamnya terdapat proses inspirasi dan ekspirasi. Proses inspirasi adalah
proses menarik napas atau memasukkan udara ke dalam alat-alat pernapasan.
Proses ekspirasi adalah proses menghembuskan napas atau mengeluarkan udara dari
alat-alat pernapasan. Proses pernapasan dada adalah pada waktu diafragma
mendatar, volume rongga dada membesar sehingga tekanan udara dalam rongga ada
mengecil. Proses pernapasan perut adalah pada waktu menarik napas, otot
diafragma berkontraksi, akibatnya kedudukan diafragma yang mula-mula melengkung
agak ke atas menjadi lurus atau mendatar sehingga volume rongga dada membesar.
Gangguan atau penyakit dapat terjadi pada sistem respirasi manusia, diantaranya
adalah: ISPA, Influenza, Asma, Kanker paru-paru, TBC, dan lainnya. Proses
respirasi atau pernapasan terjadi juga pada hewan, seperti insekta, ikan,
amfibi, reptil dan burung. Pada proses respirasi hewan ini memiliki organ yang
berbeda dengan sistem respirasi pada manusia.
K.
Metode
Pembelajaran :
1.
Metode ceramah
2.
Metode tanya jawab
3.
Metode diskusi
L.
Media Pembelajaran :
1.
Kertas Karton
2.
Spidol Warna
3.
Media Replika (alat peraga)
4.
Gambar
5.
Microsoft Powerpoint
6.
LCD
M.
Sumber Belajar :
Buku :
Tim Kreatif. Ilmu Pengetahuan Alam
SMP/MTs Kelas VII. Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2013.
N.
Langkah-Langkah
Pembelajaran :
Langkah-langkah
pembelajaran dengan model pembelajaran Cooperative Learning Teknik Keliling Kelompok
A.
Pendahuluan (alokasi waktu 5 menit)
·
Guru mengucapkan salam ketika masuk
ke dalam kelas.
·
Guru bersama peserta didik berdo’a.
·
Guru mengabsen peserta didik.
·
Guru menampilkan slide berisi KD serta Tujuan Pembelajaran pada hari ini.
·
Guru
mengajak peserta didik melakukan lari di tempat dalam waktu 1 menit.
·
Guru
mengajukan pertanyaan “Apakah
aktivitas berat mempengaruhi proses pernapasan kita?”.
·
Guru mengajukan pertanyaan berdasarkan
gambar-gambar pada slide di PPT “Manakah
dari gambar di samping yang dapat mempengaruhi kesehatan pada sistem pernapasan
manusia?” (jawaban yang diharapkan semua gambar pada slide di PPT adalah contoh
dari hal-hal yang dapat mempengaruhi kesehatan pada sistem pernapasan manusia).
B.
Inti (alokasi waktu 20 menit)
No.
|
Pendekatan
|
Kegiatan Guru
|
Kegiatan
Peserta didik
|
Alokasi
waktu
|
1
|
Mengamati
|
· Guru menampilkan media organ (alat peraga atau gambar) yang
berperan dalam sistem respirasi manusia.
· Guru meminta perwakilan peserta
didik menyebutkan organ-organ
yang ditunjuk pada media yang ditampilkan.
|
·
Setiap
peserta didik dengan seksama mengamati media yang ditampilkan.
·
Perwakilan dari peserta
didik menyebutkan organ-organ
yang ditunjuk pada media yang ditampilkan.
|
2 menit
|
2
|
Menanya
|
· Guru bertanya kepada siswa “Apakah gangguan dan
penyakit yang kalian ketahui dapat terjadi pada sistem respirasi manusia?” (terjadi proses tanya-jawab interaktif).
· Guru menanggapi jawaban dari peserta didik.
·
Guru
membagi peserta didik menjadi 4 kelompok, masing masing kelompok membahas salah satu
penyakit pada sistem respirasi (Influenza, Asma, Pneumonia, Kanker Paru-paru)
·
Guru memberikan informasi mengenai contoh
gangguan dan penyakit pada sistem respirasi manusia.
|
· Peserta didik menjawab pertanyaan guru
(setiap peserta didik memiliki kesempatan yang sama namun hanya tiga peserta
didik yang diberikan kesempatan untuk menjawab).
· Peserta didik mendengarkan informasi yang disampaikan guru
dengan seksama.
|
3 menit
|
3
|
Mencoba / Mencari informasi
(bekerja dalam kelompok)
|
·
Guru
meminta peserta didik berdiskusi secara kelompok mengenai contoh gangguan dan penyakit pada
sistem respirasi manusia yang sebelumnya telah dibagikan (setiap kelompok menuliskannya
pada kertas karton, yang dibahas adalah: nama penyakit, penyebab, ciri/akibat,
cara pengobatan, cara pencegahan).
·
Guru
melakukan penilaian kompetensi afektif peserta didik (lembar penilaian
terlampir).
|
·
Seluruh
peserta didik berdiskusi dengan kelompoknya masing-masing.
|
5
menit
|
4
|
Menalar
(bekerja dalam kelompok)
|
·
Guru
bersama perwakilan kelompok menempelkan karton hasil diskusi.
|
·
Setiap kelompok berkeliling membaca hasil
diskusi kelompok lain.
|
5 menit
|
5
|
Mengkomunikasikan
|
·
Guru bersama peserta didik
membahas hasil diskusi setiap kelompok (tahap konfirmasi guru).
|
· Peserta didik aktif mengkomunikasikan
hasil diskusi kelompoknya masing-masing.
|
5 menit
|
C.
Penutup (alokasi waktu 5 menit)
·
Guru
merangkum pembelajaran materi gangguan dan penyakit pada sistem respirasi
manusia.
·
Guru
menanyakan 3 soal
mengenai materi sistem respirasi,
pertanyaan ini dijadikan sebagai bahan evaluasi pembelajaran pertemuan 3.
·
Guru
meminta perwakilan kelompok mengumpulkan karton hasil diskusi.
·
Guru mengucapkan
terima kasih, kemudian menutup pembelajaran dengan membaca hamdalah.
·
Guru
ke luar dari kelas dengan mengucapkan salam.
O.
Penilaian
(terlampir) :
1. Afektif :
Teknik penilaian observasi
Instrumen penilaian lembar observasi
(pertemuan 1-4)
2. Pengetahuan :
Teknik penilaian lembar hasil diskusi (kertas
karton),
tes
tertulis, laporan praktikum
Instrumen penilaian penugasan kelompok
(pertemuan 1, 2-3, dan 4)
3. Keterampilan :
Teknik tes praktik saat pembelajaran di laboratorium
Instrumen daftar cek (pertemuan 4)
Depok, 05 November 2015
Mengetahui,
Kepala SMPN 6 Depok, Guru
IPA-Biologi Kelas VII,
Drs. H. Sukandi Mustafa, M.Pd Rahmawati
NIP. 195905091984021001 NIP.
199405012014021001
No comments:
Post a Comment