RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Sistem Respirasi (Pernapasan)


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

A.      Identitas Sekolah                        : SMPN 6 Depok
B.       Identitas Mata Pelajaran           : IPA-Biologi
C.      Kelas/Semester                           : VII/Genap
D.      Materi Pokok                              : Sistem Respirasi (Pernapasan)
E.       Alokasi Waktu                            : 30 menit (pertemuan 3)
F.       Kompetensi Inti                          :
1.    Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.    Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3.    Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
4.    Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan,mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

G.      Kompetensi Dasar                      :
3.6    Mengenal konsep energi, berbagai sumber energi, energi dari makanan, transformasi energi dalam sel, metabolisme sel, respirasi, sistem pencernaan makanan, dan fotosintesis

4.9    Melakukan percobaan untuk menyelidiki respirasi pada hewan

H.      Indikator                                     :
3.6.1   Mengidentifikasi proses respirasi pada manusia dan hewan
3.6.2   Menjelaskan organ-organ yang terlibat pada sistem respirasi manusia
3.6.3   Membedakan mekanisme pernapasan pada sistem respirasi manusia
3.6.4   Membedakan gangguan dan penyakit yang dapat terjadi pada sistem respirasi manusia
3.6.5   Mengidentifikasi hal-hal yang dapat dilakukan untuk mencegah gangguan dan penyakit yang dapat terjadi pada sistem respirasi manusia
3.6.6   Menjelaskan mekanisme pernapasan pada sistem respirasi hewan

4.9.1   Melakukan percobaan untuk menyelidiki mekanisme respirasi pada hewan

I.         Tujuan Pembelajaran                :
3.6.1   Peserta didik mampu mengidentifikasi proses respirasi pada manusia dan hewan menggunakan media gambar dengan tepat.
3.6.2   Peserta didik mampu menjelaskan organ-organ yang terlibat pada sistem respirasi manusia dengan alat peraga dan gambar dengan tepat.
3.6.3   Peserta didik mampu membedakan mekanisme pernapasan pada sistem respirasi manusia dengan menggunakan gambar dan video dengan tepat.
3.6.4   Peserta didik mampu membedakan gangguan dan penyakit yang dapat terjadi pada sistem respirasi manusia dengan studi literatur dengan konsep yang tepat.
3.6.5   Peserta didik mampu mengidentifikasi hal-hal yang dapat dilakukan untuk mencegah gangguan dan penyakit yang dapat terjadi pada sistem respirasi manusia dengan studi literatur dengan konsep yang tepat.
3.6.6   Peserta didik mampu menjelaskan mekanisme pernapasan pada sistem respirasi hewan dengan studi literatur dengan konsep yang tepat.

4.9.1   Peserta didik melakukan percobaan untuk menyelidiki mekanisme respirasi pada hewan (insekta).

J.        Materi Pembelajaran                 :
Respirasi atau pernapasan adalah seluruh proses mulai dari pemasukan udara, pengambilan oksigen, dan penggunaan oksigen untuk oksidasi, sampai dengan pengeluaran zat-zat sisa pernapasan. Organ-organ pernapasan pada manusia terdiri dari: rongga hidung, tekak (faring), pangkal tenggorokan, batang tenggorok, cabang batang tenggorokan dan paru-paru. Pada proses pernapasan terdapat mekanisme pernapasan dada dan pernapasan perut yang didalamnya terdapat proses inspirasi dan ekspirasi. Proses inspirasi adalah proses menarik napas atau memasukkan udara ke dalam alat-alat pernapasan. Proses ekspirasi adalah proses menghembuskan napas atau mengeluarkan udara dari alat-alat pernapasan. Proses pernapasan dada adalah pada waktu diafragma mendatar, volume rongga dada membesar sehingga tekanan udara dalam rongga ada mengecil. Proses pernapasan perut adalah pada waktu menarik napas, otot diafragma berkontraksi, akibatnya kedudukan diafragma yang mula-mula melengkung agak ke atas menjadi lurus atau mendatar sehingga volume rongga dada membesar. Gangguan atau penyakit dapat terjadi pada sistem respirasi manusia, diantaranya adalah: ISPA, Influenza, Asma, Kanker paru-paru, TBC, dan lainnya. Proses respirasi atau pernapasan terjadi juga pada hewan, seperti insekta, ikan, amfibi, reptil dan burung. Pada proses respirasi hewan ini memiliki organ yang berbeda dengan sistem respirasi pada manusia.

K.      Metode Pembelajaran                :
1.    Metode ceramah
2.    Metode tanya jawab
3.    Metode diskusi
L.       Media Pembelajaran                  :
1.    Kertas Karton
2.    Spidol Warna
3.    Media Replika (alat peraga)
4.    Gambar
5.    Microsoft Powerpoint
6.    LCD
M.     Sumber Belajar                          :
Buku :
Tim Kreatif. Ilmu Pengetahuan Alam SMP/MTs Kelas VII. Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2013.
N.      Langkah-Langkah Pembelajaran        :
Langkah-langkah pembelajaran dengan model pembelajaran Cooperative Learning Teknik Keliling Kelompok
A.  Pendahuluan (alokasi waktu 5 menit)
·      Guru mengucapkan salam ketika masuk ke dalam kelas.
·      Guru bersama peserta didik berdo’a.
·      Guru mengabsen peserta didik.
·      Guru menampilkan slide berisi KD serta Tujuan Pembelajaran pada hari ini.
·      Guru mengajak peserta didik melakukan lari di tempat dalam waktu 1 menit.
·      Guru mengajukan pertanyaan “Apakah aktivitas berat mempengaruhi proses pernapasan kita?”.
·      Guru mengajukan pertanyaan berdasarkan gambar-gambar pada slide di PPT “Manakah dari gambar di samping yang dapat mempengaruhi kesehatan pada sistem pernapasan manusia?” (jawaban yang diharapkan semua gambar pada slide di PPT adalah contoh dari hal-hal yang dapat mempengaruhi kesehatan pada sistem pernapasan manusia).
B.  Inti (alokasi waktu 20 menit)
No.
Pendekatan
Kegiatan Guru
Kegiatan Peserta didik
Alokasi waktu
1
Mengamati
·      Guru menampilkan media organ (alat peraga atau gambar) yang berperan dalam sistem respirasi manusia.
·      Guru meminta perwakilan peserta didik menyebutkan organ-organ yang ditunjuk pada media yang ditampilkan.
·     Setiap peserta didik dengan seksama mengamati media yang ditampilkan.
·     Perwakilan dari peserta didik menyebutkan organ-organ yang ditunjuk pada media yang ditampilkan.

2 menit
2
Menanya
·      Guru bertanya kepada siswa “Apakah gangguan dan penyakit yang kalian ketahui dapat terjadi pada sistem respirasi manusia?” (terjadi proses tanya-jawab interaktif).
·      Guru menanggapi jawaban dari peserta didik.
·      Guru membagi peserta didik menjadi 4 kelompok, masing masing kelompok membahas salah satu penyakit pada sistem respirasi (Influenza, Asma, Pneumonia, Kanker Paru-paru)
·      Guru memberikan informasi mengenai contoh gangguan dan penyakit pada sistem respirasi manusia.
·     Peserta didik menjawab pertanyaan guru (setiap peserta didik memiliki kesempatan yang sama namun hanya tiga peserta didik yang diberikan kesempatan untuk menjawab).
·     Peserta didik mendengarkan informasi yang disampaikan guru dengan seksama.
3 menit
3
Mencoba / Mencari informasi
(bekerja dalam kelompok)
·      Guru meminta peserta didik berdiskusi secara kelompok mengenai contoh gangguan dan penyakit pada sistem respirasi manusia yang sebelumnya telah dibagikan (setiap kelompok menuliskannya pada kertas karton, yang dibahas adalah: nama penyakit, penyebab, ciri/akibat, cara pengobatan, cara pencegahan).
·      Guru melakukan penilaian kompetensi afektif peserta didik (lembar penilaian terlampir).
·     Seluruh peserta didik berdiskusi dengan kelompoknya masing-masing.
5  menit
4
Menalar
(bekerja dalam kelompok)
·      Guru bersama perwakilan kelompok menempelkan karton hasil diskusi.
·     Setiap kelompok berkeliling membaca hasil diskusi kelompok lain.
5 menit
5
Mengkomunikasikan
·      Guru bersama peserta didik membahas hasil diskusi setiap kelompok (tahap konfirmasi guru).
·     Peserta didik aktif mengkomunikasikan hasil diskusi kelompoknya masing-masing.
5 menit

C.  Penutup (alokasi waktu 5 menit)
·      Guru merangkum pembelajaran materi gangguan dan penyakit pada sistem respirasi manusia.
·      Guru menanyakan 3 soal mengenai materi sistem respirasi, pertanyaan ini dijadikan sebagai bahan evaluasi pembelajaran pertemuan 3.
·      Guru meminta perwakilan kelompok mengumpulkan karton hasil diskusi.
·      Guru mengucapkan terima kasih, kemudian menutup pembelajaran dengan membaca hamdalah.
·      Guru ke luar dari kelas dengan mengucapkan salam.

O.    Penilaian (terlampir) :
1.  Afektif                    : Teknik penilaian observasi
                                      Instrumen penilaian lembar observasi (pertemuan 1-4)
2.  Pengetahuan           : Teknik penilaian lembar hasil diskusi (kertas karton), tes
  tertulis, laporan praktikum
                                      Instrumen penilaian penugasan kelompok
  (pertemuan 1, 2-3, dan 4)
3.  Keterampilan          : Teknik tes praktik saat pembelajaran di laboratorium
                                      Instrumen daftar cek (pertemuan 4)

                                                                                                  Depok, 05 November 2015
Mengetahui,
Kepala SMPN 6 Depok,                                                       Guru IPA-Biologi Kelas VII,




Drs. H. Sukandi Mustafa, M.Pd                                          Rahmawati
NIP. 195905091984021001                                                   NIP. 199405012014021001


No comments:

Post a Comment