Konten Representasi (CORE)
|
||||
Pertimbangan
|
Ide Besar A
|
Ide Besar B
|
Ide Besar C
|
Ide Besar D
|
Pernapasan atau respirasi adalah seluruh proses mulai dari pemasukan
udara, pengambilan oksigen (O2) dan penggunaan oksigen untuk oksidasi,
sampai dengan pengeluaran zat-zat sisa pernapasan.
|
Mekanisme pernapasan pada manusia berkaitan dengan proses pernapasan
dada dan pernapasan perut, pada keduanya terjadi proses inspirasi
dan ekspirasi.
|
Gangguan dan penyakit pada
alat pernapasan manusia.
|
Proses respirasi pada
hewan.
|
|
Mengidentifikasi
tujuan pembelajaran bagi siswa dalam pelajaran ini.
|
Siswa
harus mengidentifikasi dan menjelaskan organ-organ pernapasan pada manusia
secara umum:
·
Rongga hidung
·
Tekak (faring)
·
Pangkal tenggorokan
·
Batang tenggorok
·
Cabang batang tenggorokan
·
Paru-paru
Siswa
harus mengidentifikasi volume udara pernapasan pada paru-paru manusia.
|
Siswa dapat
membedakan:
·
Pernapasan dada, berkaitan dengan
fase inspirasi dan ekspirasi
·
Pernapasan perut, berkaitan dengan
fase inspirasi dan ekspirasi
|
Siswa
harus mengidentifikasi dan membedakan gangguan atau penyakit yang terjadi pda sistem
respirasi manusia:
· Influenza
·
Asma
·
Pneumonia
·
Kanker paru-paru
berdasarkan empat contoh di atas, yang perlu diketahui siswa adalah:
·
penyebab penyakit
·
ciri atau akibat
·
cara pengobatan
·
cara pencegahan
|
Siswa
harus mengetahui dan menjelaskan proses respirasi yang terjadi pada hewan:
· Insekta
· Ikan
· Amfibi
· Reptil
· Aves
|
Mengapa
penting bagi siswa untuk mengetahui konten ini?
[Pengetahuan
kurikulum]
|
Proses pernapasan atau respirasi memiliki peran dalam proses
hidup dan kehidupan:
· menghasilkan
energi
· mengeluarkan
zat sisa dan uap air
|
Proses
pernapasan:
· siswa dapat mengetahui mekanisme pernapasan dada
· siswa dapat mengetahui mekanisme pernapasan perut
|
Contoh
gangguan dan penyakit pada sistem respirasi manusia, berkaitan :
·
penyebab penyakit
·
ciri atau akibat
·
cara pengobatan
·
cara pencegahan
|
Sistem
respirasi hewan yang baik dapat membuat kelestarian hewan tersebut terjaga,
oleh karena itu harus sangat diperhatikan.
|
Mengidentifikasi
potensi kesulitan siswa dan keterbatasan yang terkait dengan mengajar ide
ini.
[Pengetahuan
siswa sebagai peserta didik]
|
Organ-organ
respirasi:
· memiliki organ yang
banyak
·
karakteristik yang berbeda pada
setiap organ
·
pada organ paru-paru terdapat
kapasitas udara yang berbeda
|
Mekanisme
pernapasan:
· tidak
dapat langsung di lihat mata karena terdapat di dalam tubuh, dikhawatirkan
tidak dapat tergambarkan secara tepat oleh peserta didik
|
Contoh gangguan
dan penyakit:
· terdapat
banyak gangguan dan penyakit yang terjadi pada sistem respirasi manusia
· terdapat
penyebab dan cara pencegahan gangguan dan penyakit yang belum diketahui jelas
|
Organ-organ respirasi hewan:
• memiliki organ yang banyak dengan perbedaan
organ pada setiap hewan
• memiliki mekanisme yang berbeda pada setiap
hewan
|
Mengidentifikasi
pengetahuan siswa yang mempengaruhi pengajaran ide ini.
[Pengetahuan
siswa sebagai peserta didik]
|
·
Ditunjukkan berbagai gambar mengenai organ-organ
pada sistem respirasi manusia
·
Pentingnya mengajarkan
materi ini dengan menghadirkan media untuk meningkatkan pemahaman siswa
|
·
Ditunjukkan berbagai gambar dan
video mengenai mekanisme pernapasan pada sistem respirasi manusia
|
·
Membahas gangguan dan penyakit
yang ditemui siswa dalam kehidupan sehari-hari
|
·
Ditunjukkan berbagai gambar dan video mengenai
organ-organ pada sistem respirasi hewan
|
Strategi
pengajaran dan representasi diimplementasikan dan alasan tertentu untuk
menggunakan strategi ini untuk melibatkan para siswa dengan ide ini.
[Pengetahuan
tentang strategi instruksional dan representasi]
|
· Gunakan gambar dan media dengan
tepat (pembelajaran
CTL)
|
·
Gunakan gambar dan video dengan
tepat
|
· Melakukan pembelajaran kooperatif agar siswa aktif membangun pengetahuannya
|
·
Melakukan praktikum terkait
pernapasan hewan, terutama insekta
|
Mengidentifikasi
cara memastikan bahwa konsep siswa diajarkan.
[Pengetahuan
tentang Penilaian]
|
Mempertanyakan
siswa:
· apakah yang dimaksud dengan respirasi
·
apakah organ-organ yang berperan
dalam sistem respirasi manusia
·
bagaimanakah kapasitas udara pada organ
paru-paru
· siswa berdiskusi secara kelompok untuk berbagi pengetahuan kemudian
menuliskannya dalam lembar kerja siswa
|
Menilai
akurasi siswa:
· dapat
menjelaksan mekanisme pernapasan dada dan perut
· siswa berdiskusi secara kelompok untuk berbagi pengetahuan kemudian
menuliskannya dalam lembar kerja siswa
|
Menilai
akurasi prediksi siswa untuk menentukan pemahaman siswa:
·
dapat mengidentifikasi gangguan
dan penyakit pada sistem respirasi manusia
·
dapat membedakan gangguan
dan penyakit pada sistem respirasi
· siswa berdiskusi secara kelompok untuk berbagi pengetahuan kemudian
menuliskannya dalam lembar hasil diskusi dalam bentuk kertas karton
|
Menilai
akurasi prediksi siswa untuk menentukan pemahaman siswa:
·
apakah organ respirasi dan
bagaimana mekanisme yang terjadi pada:
·
Insekta
·
Ikan
·
Amfibi
·
Reptil
·
Aves
·
siswa berdiskusi secara
kelompok untuk berbagi pengetahuan kemudian menuliskannya dalam laporan
praktikum
|
CoRe (Core Representation) : Sistem Respirasi (Pernapasan)
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
No comments:
Post a Comment