CoRe (Core Representation) : Sistem Respirasi (Pernapasan)


Konten Representasi (CORE)
Pertimbangan
Ide Besar A
Ide Besar B
Ide Besar C
Ide Besar D
Pernapasan atau respirasi adalah seluruh proses mulai dari pemasukan udara, pengambilan oksigen (O2) dan penggunaan oksigen untuk oksidasi, sampai dengan pengeluaran zat-zat sisa pernapasan.
Mekanisme pernapasan pada manusia berkaitan dengan proses pernapasan dada dan pernapasan perut, pada keduanya terjadi proses inspirasi dan ekspirasi.
Gangguan dan penyakit pada alat pernapasan manusia.
Proses respirasi pada hewan.
Mengidentifikasi tujuan pembelajaran bagi siswa dalam pelajaran ini.
Siswa harus mengidentifikasi dan menjelaskan organ-organ pernapasan pada manusia secara umum:
·    Rongga hidung
·    Tekak (faring)
·    Pangkal tenggorokan
·    Batang tenggorok
·    Cabang batang tenggorokan
·    Paru-paru
Siswa harus mengidentifikasi volume udara pernapasan pada paru-paru manusia.
Siswa dapat membedakan:
·    Pernapasan dada, berkaitan dengan fase inspirasi dan ekspirasi
·    Pernapasan perut, berkaitan dengan fase inspirasi dan ekspirasi
Siswa harus mengidentifikasi dan membedakan gangguan atau penyakit yang terjadi pda sistem respirasi manusia:
·   Influenza
·   Asma
·   Pneumonia
·   Kanker paru-paru

berdasarkan empat contoh di atas, yang perlu diketahui siswa adalah:
·    penyebab penyakit
·    ciri atau akibat
·    cara pengobatan
·    cara pencegahan
Siswa harus mengetahui dan menjelaskan proses respirasi yang terjadi pada hewan:
·  Insekta
·  Ikan
·  Amfibi
·  Reptil
·  Aves

Mengapa penting bagi siswa untuk mengetahui konten ini?
[Pengetahuan kurikulum]
Proses pernapasan atau respirasi memiliki peran dalam proses hidup dan kehidupan:
·  menghasilkan energi
·  mengeluarkan zat sisa dan uap air
Proses pernapasan:
·   siswa dapat mengetahui mekanisme pernapasan dada
·   siswa dapat mengetahui mekanisme pernapasan perut
Contoh gangguan dan penyakit pada sistem respirasi manusia, berkaitan :
·    penyebab penyakit
·    ciri atau akibat
·    cara pengobatan
·    cara pencegahan
Sistem respirasi hewan yang baik dapat membuat kelestarian hewan tersebut terjaga, oleh karena itu harus sangat diperhatikan.
Mengidentifikasi potensi kesulitan siswa dan keterbatasan yang terkait dengan mengajar ide ini.
[Pengetahuan siswa sebagai peserta didik]
Organ-organ respirasi:
·    memiliki organ yang banyak
·    karakteristik yang berbeda pada setiap organ
·    pada organ paru-paru terdapat kapasitas udara yang berbeda


Mekanisme pernapasan:
·    tidak dapat langsung di lihat mata karena terdapat di dalam tubuh, dikhawatirkan tidak dapat tergambarkan secara tepat oleh peserta didik
Contoh gangguan dan penyakit:
·    terdapat banyak gangguan dan penyakit yang terjadi pada sistem respirasi manusia
·    terdapat penyebab dan cara pencegahan gangguan dan penyakit yang belum diketahui jelas
Organ-organ respirasi hewan:
•    memiliki organ yang banyak dengan perbedaan organ pada setiap hewan
•    memiliki mekanisme yang berbeda pada setiap hewan
Mengidentifikasi pengetahuan siswa yang mempengaruhi pengajaran ide ini.
[Pengetahuan siswa sebagai peserta didik]
·    Ditunjukkan berbagai gambar mengenai organ-organ pada sistem respirasi manusia
·    Pentingnya mengajarkan materi ini dengan menghadirkan media untuk  meningkatkan pemahaman siswa
·      Ditunjukkan berbagai gambar dan video mengenai mekanisme pernapasan pada sistem respirasi manusia
·     Membahas gangguan dan penyakit yang ditemui siswa dalam kehidupan sehari-hari
·      Ditunjukkan berbagai gambar dan video mengenai organ-organ pada sistem respirasi hewan
Strategi pengajaran dan representasi diimplementasikan dan alasan tertentu untuk menggunakan strategi ini untuk melibatkan para siswa dengan ide ini.
[Pengetahuan tentang strategi instruksional dan representasi]
·    Gunakan gambar dan media dengan tepat (pembelajaran CTL)
·      Gunakan gambar dan video dengan tepat
·     Melakukan pembelajaran kooperatif agar siswa aktif membangun pengetahuannya
·     Melakukan praktikum terkait pernapasan hewan, terutama insekta
Mengidentifikasi cara memastikan bahwa konsep siswa diajarkan.
[Pengetahuan tentang Penilaian]
Mempertanyakan siswa:
·    apakah yang dimaksud dengan respirasi
·    apakah organ-organ yang berperan dalam sistem respirasi manusia
·    bagaimanakah kapasitas udara pada organ paru-paru
·    siswa berdiskusi secara kelompok untuk berbagi pengetahuan kemudian menuliskannya dalam lembar kerja siswa
Menilai akurasi siswa:
·    dapat menjelaksan mekanisme pernapasan dada dan perut
·    siswa berdiskusi secara kelompok untuk berbagi pengetahuan kemudian menuliskannya dalam lembar kerja siswa
Menilai akurasi prediksi siswa untuk menentukan pemahaman siswa:
·    dapat mengidentifikasi gangguan dan penyakit pada sistem respirasi manusia
·  dapat membedakan gangguan dan penyakit pada sistem respirasi
·  siswa berdiskusi secara kelompok untuk berbagi pengetahuan kemudian menuliskannya dalam lembar hasil diskusi dalam bentuk kertas karton
Menilai akurasi prediksi siswa untuk menentukan pemahaman siswa:
·      apakah organ respirasi dan bagaimana mekanisme yang terjadi pada:
·         Insekta
·         Ikan
·         Amfibi
·         Reptil
·         Aves
·      siswa berdiskusi secara kelompok untuk berbagi pengetahuan kemudian menuliskannya dalam laporan praktikum


No comments:

Post a Comment