Konten Representasi (CORE) Reproduksi Hewan

Konten Representasi (CORE)
Pertimbangan
Ide Besar A
Ide Besar B
Ide Besar C
Konsep : Reproduksi aseksual adalah reproduksi
hewan tanpa melewati proses fertilisasi.
Jenis reproduksi aseksual pada hewan
Cara perkembangan dan kelahiran reproduksi seksual pada hewan.
Mengidentifikasi tujuan pembelajaran bagi siswa dalam pelajaran ini.
Siswa harus memahami mengenai sistem reproduksi :
• berbagai macam reproduksi aseksual pada hewan
• mekanisme reproduksi aseksual pada hewan
Siswa harus mengetahui jenis reproduksi aseksual pada hewan :
• fragmentasi
• tunas
•partenogenesis
Siswa mengetahui jenis perkembangan reproduksi seksual pada hewan
Mengapa penting bagi siswa untuk mengetahui konten ini?
[Pengetahuan kurikulum]
Perbedaan pada reproduksi aseksual dan reproduksi seksual
• reproduksi seksual melibatkan pekeburan ovum dan sperma.
• reproduksi aseksual merupakan proses reproduksi tanpa melibatkan fertilisasi.
Hewan dengan sistem reproduksi aseksual memiliki jenis reproduksi yang berbeda-beda

Perkembangan embrio dan kelahiran hewan reproduksi seksual terbagi menjadi tiga yaitu : ovipar, vivipar, ovovivipar.

Mengidentifikasi potensi kesulitan siswa dan keterbatasan yang terkait dengan mengajar ide ini.
[Pengetahuan siswa sebagai peserta didik]
Mekanisme reproduksi aseksual pada planaria dan reproduksi aseksual partenogenesis
Mengenai  mekanisme reproduksi aseksual pada setiap hewan
Beberapa hewan dapat 
mengalami tahap reproduksi seksual dan tahap reproduksi aseksual dalam satu kali siklus hidup, misalnya pada ubur-ubur.

Mengidentifikasi pengetahuan siswa yang mempengaruhi pengajaran ide ini.
[Pengetahuan siswa sebagai peserta didik]
• pengetahuan mengenai ciri makhluk hidup slah satunya reproduksi
• pengetahuan mengenai jenis reproduksi pada hewan
•Pengetahuan mengenai hewan invertebrata dan avertebrata
• pengetahuan mengenai hewan yang dapat mengalami reproduksi seksual dan tahap reproduksi aseksual
Strategi pengajaran dan representasi diimplementasikan dan alasan tertentu untuk menggunakan strategi ini untuk melibatkan para siswa dengan ide ini.
[Pengetahuan tentang strategi instruksional dan representasi]
• tinjau pengetahuan siswa melalui gambar hewan dengan reproduksi seksual dan reproduksi aseksual
 Menggunakan video untuk melihat pembentukan tunas pada hewan aseksual
Menggunakan video untuk melihat proses metamorfosis

Mengidentifikasi cara memastikan bahwa konsep siswa diajarkan.
[Pengetahuan tentang Penilaian]
Mempertanyakan siswa:
• meminta siswa menjelaskan mekanisme reproduksi aseksual pada hewan.
Menilai akurasi penjelasan siswa:
• penjelasan siswa mengenai konsep reproduksi.
• penjelasan siwa mengenai mekanisme reproduksi aseksual pada hewan
Menilai akurasi penjelasan siswa mengenai pemahaman mereka tentang perkembangan reproduksi hewan.


No comments:

Post a Comment