Konten Representasi (CORE)
|
|||
Pertimbangan
|
Ide Besar A
|
Ide Besar B
|
Ide Besar C
|
Konsep : Reproduksi
aseksual adalah reproduksi
hewan tanpa
melewati proses fertilisasi.
|
Jenis
reproduksi aseksual pada hewan
|
Cara
perkembangan dan kelahiran reproduksi seksual pada hewan.
|
|
Mengidentifikasi
tujuan pembelajaran bagi siswa dalam pelajaran ini.
|
Siswa
harus memahami mengenai sistem reproduksi :
• berbagai
macam reproduksi aseksual pada hewan
• mekanisme
reproduksi aseksual pada hewan
|
Siswa
harus mengetahui jenis reproduksi aseksual pada hewan :
• fragmentasi
• tunas
•partenogenesis
|
Siswa mengetahui
jenis perkembangan reproduksi seksual pada hewan
|
Mengapa
penting bagi siswa untuk mengetahui konten ini?
[Pengetahuan
kurikulum]
|
Perbedaan
pada reproduksi aseksual dan reproduksi seksual
• reproduksi
seksual melibatkan pekeburan ovum dan sperma.
• reproduksi
aseksual merupakan proses reproduksi tanpa melibatkan fertilisasi.
|
Hewan
dengan sistem reproduksi aseksual memiliki jenis reproduksi yang berbeda-beda
|
Perkembangan
embrio dan kelahiran hewan reproduksi seksual terbagi menjadi tiga yaitu :
ovipar, vivipar, ovovivipar.
|
Mengidentifikasi
potensi kesulitan siswa dan keterbatasan yang terkait dengan mengajar ide
ini.
[Pengetahuan
siswa sebagai peserta didik]
|
Mekanisme reproduksi
aseksual pada planaria dan reproduksi aseksual partenogenesis
|
Mengenai mekanisme reproduksi aseksual pada setiap
hewan
|
Beberapa
hewan dapat
mengalami
tahap reproduksi seksual dan tahap reproduksi aseksual dalam satu kali siklus
hidup, misalnya pada ubur-ubur.
|
Mengidentifikasi
pengetahuan siswa yang mempengaruhi pengajaran ide ini.
[Pengetahuan
siswa sebagai peserta didik]
|
• pengetahuan
mengenai ciri makhluk hidup slah satunya reproduksi
• pengetahuan
mengenai jenis reproduksi pada hewan
|
•Pengetahuan
mengenai hewan invertebrata dan avertebrata
|
• pengetahuan
mengenai hewan yang dapat mengalami reproduksi seksual dan tahap
reproduksi aseksual
|
Strategi
pengajaran dan representasi diimplementasikan dan alasan tertentu untuk
menggunakan strategi ini untuk melibatkan para siswa dengan ide ini.
[Pengetahuan
tentang strategi instruksional dan representasi]
|
• tinjau
pengetahuan siswa melalui gambar hewan dengan reproduksi seksual dan
reproduksi aseksual
|
Menggunakan video untuk melihat pembentukan
tunas pada hewan aseksual
|
Menggunakan
video untuk melihat proses metamorfosis
|
Mengidentifikasi
cara memastikan bahwa konsep siswa diajarkan.
[Pengetahuan
tentang Penilaian]
|
Mempertanyakan
siswa:
• meminta
siswa menjelaskan mekanisme reproduksi aseksual pada hewan.
|
Menilai
akurasi penjelasan siswa:
•
penjelasan siswa mengenai konsep reproduksi.
• penjelasan
siwa mengenai mekanisme reproduksi aseksual pada hewan
|
Menilai
akurasi penjelasan siswa mengenai pemahaman mereka tentang perkembangan
reproduksi hewan.
|
Konten Representasi (CORE) Reproduksi Hewan
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
No comments:
Post a Comment