RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Jamur/Fungi

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

A.    Identitas Sekolah                               : SMAN 6 Depok
B.     Identitas Mata Pelajaran                  : IPA-Biologi
C.    Kelas/Semester                                  : X/Ganjil
D.    Materi Pokok                                     : Jamur/Fungi
E.     Alokasi Waktu                                   : 30 menit (3 pertemuan)
F.     Kompetensi Inti                                 :
KI 1  Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2  Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3  Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4  Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
G.    Kompetensi Dasar                             :
3.6    Mengelompokkan jenis-jenis jamur berdasarkan ciri-ciri dan perannya bagi kehidupan melalui percobaan
4.7    Mengamati berbagai jenis jamur melalui pengamatan langsung atau gambar dan mengelompokkannya berdasarkan ciri atau perannya bagi kehidupan
H.    Indikator                                            :
3.6.1   Mengidentifikasi ciri struktur tubuh jamur
3.6.2   Mengidentifikasi cara hidup dan habitat jamur
3.6.3   Mengidentifikasi reproduksi jamur
3.6.4   Mengelompokkan jamur ke dalam empat divisi
3.6.5   Mengetahui contoh dan peranan jamur bagi kehidupan

4.7.1   Mengamati jamur melalui pengamatan langsung atau gambar dan mengelompokkannya berdasarkan ciri atau perannya bagi kehidupan
I.       Tujuan Pembelajaran                       :
3.6.1   Peserta didik mampu mengidentifikasi ciri struktur tubuh pada jamur menggunakan jamur dan media gambar dengan tepat.
3.6.2   Peserta didik mampu mengidentifikasi cara hidup dan habitat jamur dengan pengamatan lingkungan dan gambar dengan tepat.
3.6.3   Peserta didik mampu mengidentifikasi reproduksi pada jamur secara umum dengan menggunakan gambar dengan tepat.
3.6.4   Peserta didik mampu mengelompokkan jamur berdasarkan divisinya dengan studi literatur dengan konsep yang tepat.
3.6.5   Peserta didik mengetahui contoh dan peranan jamur bagi kehidupan dengan studi literatur dengan konsep yang tepat.

4.7.1   Peserta didik mengamati jamur melalui pengamatan langsung atau gambar dan mengelompokkannya berdasarkan ciri atau perannya bagi kehidupan.
J.      Materi Pembelajaran                        :
Jamur atau fungi adalah organisme tingkat rendah, sel jamur memiliki membran inti sehingga dikelompokkan sebagai makhluk hidup eukariotik. Jamur ada yang uniseluler dan ada yang multiseluler. Bentuk tubuh jamur bervariasi dari yang bentuk oval sampai berbentuk benang. Dinding selnya tidak mengandung selulosa, melainkan karbohidrat kompleks. Beberapa jenis jamur memiliki zat warna. Cara hidup: jamur tidak memiliki klorofil untuk melakukan fotosintesis sehingga bersifat heterotrof, berdasarkan cara memperoleh makanannya, jamur bersifat saprofit, parasit, dan mutual. Habitat: sebagian besar hidup di darat yaitu daerah yang lembap dan kurang mendapatkan cahaya matahari. Reproduksi jamur: sebagian besar bereproduksi dengan spora mikroskopik. Ada tiga bentuk struktur reproduktif pada jamur, yaitu: gametangium, sporangium, dan konidiofor.
K.    Metode Pembelajaran                       :
1.    Metode ceramah
2.    Metode tanya jawab
3.    Metode diskusi
L.     Media Pembelajaran                         :
1.    Gambar
2.    Video
3.    Microsoft Powerpoint
4.    LCD
5.    Jamur (jamur tiram, jamur kuping, jamur kancing atau jamur merang, tempe, dan oncom)
M.   Sumber Belajar                                 :
Buku :
·      Aryulina, Diah, dkk. Biologi 1 SMA dan MA untuk Kelas X. Jakarta: Esis, 2007.
·      Pratiwi, D.A, dkk. Biologi Untuk SMA Kelas X. Jakarta: Erlangga, 2007.
·      S, Iwan Wahyu. Biologi Untuk SMA / MA Kelas X. Bogor: Regina, 2007.
N.    Langkah-Langkah Pembelajaran   :
Langkah-langkah pembelajaran dengan model pembelajaran CTL
A.  Pendahuluan (alokasi waktu 5 menit)
·      Guru mengucapkan salam ketika masuk ke dalam kelas.
·      Guru bersama peserta didik berdo’a.
·      Guru mengabsen peserta didik.
·      Guru menampilkan gambar pada slide di PPT untuk memotivasi dan menanamkan nilai untuk menjaga dan melestarikan lingkungan.
·      Guru mengajukan pertanyaan “Apakah materi jamur telah dipelajari peserta didik ketika mereka SMP?”.
·      Guru mengajukan pertanyaan berdasarkan gambar-gambar pada slide di PPT “Manakah dari gambar di samping yang termasuk jamur?” (jawaban yang diharapkan semua gambar pada slide di PPT adalah contoh dari jamur).
·      Guru membagi peserta didik menjadi 5 kelompok.
B.  Inti (alokasi waktu 20 menit)
No.
Pendekatan CTL
Kegiatan Guru
Kegiatan Peserta didik
Alokasi waktu
1
Mengamati
·      Guru memberikan satu contoh jamur dan satu lembar kertas untuk laporan hasil diskusi kepada masing-masing kelompok.
·      Guru meminta setiap peserta didik mengamati contoh jamur yang diberikan kepada masing-masing kelompok kemudian mendokumentasikannya dalam bentuk foto.
·          Setiap peserta didik dengan seksama mengamati contoh jamur yang diberikan pada masing-masing kelompoknya.

2 menit
2
Menanya
·      Guru bertanya kepada siswa “Apakah ciri-ciri jamur yang Anda ketahui berdasarkan contoh jamur yang telah diberikan pada kelompok kalian?” (terjadi proses tanya-jawab interaktif).
·      Guru menanggapi jawaban dari peserta didik.
·          Peserta didik menjawab pertanyaan guru (setiap peserta didik memiliki kesempatan yang sama namun hanya tiga peserta didik yang diberikan kesempatan untuk menjawab).
3 menit
3
Mencoba / Mencari informasi
(bekerja dalam kelompok)
·      Guru meminta peserta didik berdiskusi secara kelompok mengenai bagaimana ciri struktur tubuh,  cara hidup dan habitat, serta reproduksi jamur berdasarkan jamur yang telah diberikan kepada masing-masing kelompok kemudian menuliskan dan menggambarkan jamurnya pada kertas yang telah dibagikan, (pada akhir pembelajaran dikumpulkan).
·      Guru melakukan penilaian kompetensi afektif peserta didik (lembar penilaian terlampir).
·          Seluruh peserta didik berdiskusi dengan kelompoknya masing-masing.
8  menit
4
Menalar
(bekerja dalam kelompok)
·      Guru bersama peserta didik membahas materi hasil diskusi yang kemudian melengkapi hasilnya dengan buku sumber yang sebelumnya telah dirangkum guru dalam bentuk PPT.
·          Peserta didik mencocokkan hasil diskusi kelompok yang didapat dengan pengetahuan dari buku sumber pembelajaran.
5 menit
5
Mengkomunikasikan
·      Guru meminta perwakilan peserta didik untuk mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya.
·          Seorang peserta didik mengkomunikasikan hasil diskusi kelompoknya.
2 menit

C.  Penutup (alokasi waktu 5 menit)
·      Guru merangkum pembelajaran materi jamur.
·      Guru menampilkan pertanyaan pada PPT mengenai materi jamur hari ini, pertanyaan ini dijadikan sebagai bahan evaluasi pembelajaran pertemuan 1, kemudian menyampaikan informasi bahwa pada materi jamur pertemuan ke dua akan dilaksanakan praktikum (alat dan bahan ditunjukkan pada PPT).
·      Guru meminta perwakilan kelompok mengumpulkan kertas hasil diskusi.
·      Guru mengucapkan terima kasih, kemudian menutup pembelajaran dengan membaca hamdalah.
·      Guru ke luar dari kelas dengan mengucapkan salam.

O.    Penilaian (terlampir)             :
1.  Afektif                    : Teknik penilaian observasi
                                      Instrumen penilaian lembar observasi (pertemuan 1-3)
2.  Pengetahuan           : Teknik penilaian lembar hasil diskusi, laporan praktikum, dan
  PG
                                      Instrumen penilaian penugasan kelompok dan tes tertulis
  (pertemuan 1, 2, dan 3)
3.  Keterampilan          : Teknik tes praktik saat pembelajaran di laboratorium
                                      Instrumen daftar cek (pertemuan 2)


No comments:

Post a Comment