Konten Representasi
(CORE)
|
|||
Pertimbangan
|
Ide Besar A
|
Ide Besar B
|
Ide Besar C
|
Jamur atau fungi adalah organisme tingkat
rendah yang belum memiliki akar, batang, dan daun (thallus).
|
Jamur memiliki ukuran dan struktur tubuh yang bervariasi.
|
Berdasarkan struktur tubuh dan cara
reproduksinya, jamur terbagi menjadi empat divisi.
|
|
Mengidentifikasi tujuan pembelajaran bagi siswa dalam pelajaran ini.
|
Siswa harus mengidentifikasi ciri-ciri jamur (fungi)
secara umum:
· eukariotik yang memiliki dinding sel
·
heterotrof
·
jamur memiliki ukuran yang bervariasi
·
bentuk tubuh bervariasi
·
beberapa jenis jamur memiliki zat warna
·
jamur bersifat saprofit, parasit, dan mutual
·
habitat
·
reproduksi jamur
|
Siswa mengamati jamur di laboratorium:
·
jamur ada yang uniseluler (berukuran mikroskopik, contoh: khamir)
·
jamur ada yang multiseluler (berukuran mikroskopik dan makroskopik).
|
Siswa harus mengelompokkan dan mengetahui empat divisi
dari jamur (fungi):
· Zygomycota
·
Ascomycota
·
Basidiomycota
·
Deuteromycota
berdasarkan empat divisi di atas, yang perlu
diketahui siswa adalah:
·
struktur tubuh
·
cara reproduksi
·
kelompok dan contoh jamur
·
peranan
|
Mengapa penting bagi siswa untuk mengetahui konten ini?
[Pengetahuan kurikulum]
|
Jamur memiliki peran dalam proses hidup dan
kehidupan:
· jamur bersifat heterotrof
· jamur bersifat saprofit, parasit, dan mutual
· jamur menjadi biodiversitas Indonesia
· jamur menjadi bagian dari keseimbangan
ekosistem di dunia
|
Struktur tubuh jamur:
· siswa dapat mengetahui bentuk jamur yang
mikroskopik
· siswa dapat mengetahui bentuk jamur yang makroskopik
|
Pemahaman perbedaan antar divisi:
· mendukung pemahaman siswa terhadap contoh jamur dari masing-masing divisi
·
mendukung
pemahaman tentang peranan jamur bagi kehidupan
|
Mengidentifikasi potensi kesulitan siswa dan keterbatasan yang terkait
dengan mengajar ide ini.
[Pengetahuan siswa sebagai peserta didik]
|
Ciri-ciri jamur:
·
jamur memiliki karakteristik yang sangat beragam
|
Struktur tubuh jamur:
· ukuran jamur yang mikroskopik tentunya tidak
dapat langsung di lihat oleh mata siswa
· ukuran jamur makroskopik dapat langsung di lihat oleh mata siswa
|
Divisi jamur:
· berdasarkan perbedaan struktur tubuh dan cara
reproduksinya, menyulitkan siswa membedakan jamur tersebut termasuk ke dalam
divisi apa
· jamur sangat beragam, jamur memiliki peranan
yang menguntungkan dan merugikan.
|
Mengidentifikasi pengetahuan siswa yang mempengaruhi pengajaran ide ini.
[Pengetahuan siswa sebagai peserta didik]
|
·
Ditunjukkan berbagai gambar yang termasuk jamur
·
Pentingnya
mengajarkan materi ini dengan menghadirkan
jamur dan gambar-gambarnya untuk meningkatkan pemahaman siswa
|
·
Menanyakan bagaimana perbedaan struktur tubuh jamur mikroskopik dan
makroskopik
|
·
Menanyakan bagaimana pengelompokkan pada jamur
· Menanyakan contoh dan peran jamur yang
diketahui siswa
|
Strategi pengajaran dan representasi diimplementasikan dan alasan
tertentu untuk menggunakan strategi ini untuk melibatkan para siswa dengan
ide ini.
[Pengetahuan tentang strategi instruksional dan representasi]
|
· Gunakan contoh jamur dan gambar dengan tepat
(pembelajaran CTL)
|
· Melakukan pembelajaran dengan metode
eksperimen (siswa melaksanakan praktikum di laboratorium)
|
· Melakukan pembelajaran dengan model Jigsaw
|
Mengidentifikasi cara memastikan bahwa konsep siswa diajarkan.
[Pengetahuan tentang Penilaian]
|
Mempertanyakan siswa:
· apakah yang dimaksud dengan jamur
·
bagaimanakah ciri-ciri jamur secara umum
· siswa berdiskusi secara kelompok untuk berbagi
pengetahuan kemudian menuliskannya dalam lembar hasil diskusi
|
Menilai akurasi siswa:
· dapat membuat preparat dari jamur
·
siswa mengetahui cara menggunakan mikroskop
·
siswa dilatih untuk terampil dan bekerja sama dalam kelompok
· dibuatkan laporan hasil praktikum
|
Menilai akurasi prediksi siswa untuk menentukan pemahaman siswa:
·
dapat mengidentifikasi jamur berdasarkan empat divisi
·
dapat membedakan contoh jamur dari setiap divisi
·
dapat mengetahui peranan jamur
diberikan tes tertulis
|
CoRe (Core Representation) Jamur/Fungi
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
No comments:
Post a Comment