CoRe (Core Representation) Jamur/Fungi

Konten Representasi (CORE)
Pertimbangan
Ide Besar A
Ide Besar B
Ide Besar C
Jamur atau fungi adalah organisme tingkat rendah yang belum memiliki akar, batang, dan daun (thallus).
Jamur memiliki ukuran dan struktur tubuh yang bervariasi.
Berdasarkan struktur tubuh dan cara reproduksinya, jamur terbagi menjadi empat divisi.
Mengidentifikasi tujuan pembelajaran bagi siswa dalam pelajaran ini.
Siswa harus mengidentifikasi ciri-ciri jamur (fungi) secara umum:
·    eukariotik yang memiliki dinding sel
·    heterotrof
·    jamur memiliki ukuran yang bervariasi
·    bentuk tubuh bervariasi
·    beberapa jenis jamur memiliki zat warna
·    jamur bersifat saprofit, parasit, dan mutual
·    habitat
·    reproduksi jamur
Siswa mengamati jamur di laboratorium:
·    jamur ada yang uniseluler (berukuran mikroskopik, contoh: khamir)
·    jamur ada yang multiseluler (berukuran mikroskopik dan makroskopik).
Siswa harus mengelompokkan dan mengetahui empat divisi dari jamur (fungi):
·   Zygomycota
·   Ascomycota
·   Basidiomycota
·   Deuteromycota

berdasarkan empat divisi di atas, yang perlu diketahui siswa adalah:
·    struktur tubuh
·    cara reproduksi
·    kelompok dan contoh jamur
·    peranan
Mengapa penting bagi siswa untuk mengetahui konten ini?
[Pengetahuan kurikulum]
Jamur memiliki peran dalam proses hidup dan kehidupan:
·  jamur bersifat heterotrof
·  jamur bersifat saprofit, parasit, dan mutual
·  jamur menjadi biodiversitas Indonesia
·  jamur menjadi bagian dari keseimbangan ekosistem di dunia
Struktur tubuh jamur:
·   siswa dapat mengetahui bentuk jamur yang mikroskopik
·   siswa dapat mengetahui bentuk jamur yang makroskopik
Pemahaman perbedaan antar divisi:
·   mendukung pemahaman siswa terhadap contoh jamur dari masing-masing divisi
·   mendukung pemahaman tentang peranan jamur bagi kehidupan
Mengidentifikasi potensi kesulitan siswa dan keterbatasan yang terkait dengan mengajar ide ini.
[Pengetahuan siswa sebagai peserta didik]
Ciri-ciri jamur:
·    jamur memiliki karakteristik yang sangat beragam


Struktur tubuh jamur:
·    ukuran jamur yang mikroskopik tentunya tidak dapat langsung di lihat oleh mata siswa
·    ukuran jamur makroskopik dapat langsung di lihat oleh mata siswa
Divisi jamur:
·    berdasarkan perbedaan struktur tubuh dan cara reproduksinya, menyulitkan siswa membedakan jamur tersebut termasuk ke dalam divisi apa
·    jamur sangat beragam, jamur memiliki peranan yang menguntungkan dan merugikan.
Mengidentifikasi pengetahuan siswa yang mempengaruhi pengajaran ide ini.
[Pengetahuan siswa sebagai peserta didik]
·    Ditunjukkan berbagai gambar yang termasuk jamur
·    Pentingnya mengajarkan materi ini dengan menghadirkan jamur dan gambar-gambarnya untuk  meningkatkan pemahaman siswa
·      Menanyakan bagaimana perbedaan struktur tubuh jamur mikroskopik dan makroskopik
·     Menanyakan bagaimana pengelompokkan pada jamur
·     Menanyakan contoh dan peran jamur yang diketahui siswa
Strategi pengajaran dan representasi diimplementasikan dan alasan tertentu untuk menggunakan strategi ini untuk melibatkan para siswa dengan ide ini.
[Pengetahuan tentang strategi instruksional dan representasi]
·    Gunakan contoh jamur dan gambar dengan tepat (pembelajaran CTL)
·    Melakukan pembelajaran dengan metode eksperimen (siswa melaksanakan praktikum di laboratorium)
·     Melakukan pembelajaran dengan model Jigsaw
Mengidentifikasi cara memastikan bahwa konsep siswa diajarkan.
[Pengetahuan tentang Penilaian]
Mempertanyakan siswa:
·    apakah yang dimaksud dengan jamur
·    bagaimanakah ciri-ciri jamur secara umum
·    siswa berdiskusi secara kelompok untuk berbagi pengetahuan kemudian menuliskannya dalam lembar hasil diskusi
Menilai akurasi siswa:
·    dapat membuat preparat dari jamur
·    siswa mengetahui cara menggunakan mikroskop
·    siswa dilatih untuk terampil dan bekerja sama dalam kelompok
·    dibuatkan laporan hasil praktikum
Menilai akurasi prediksi siswa untuk menentukan pemahaman siswa:
·    dapat mengidentifikasi jamur berdasarkan empat divisi
·    dapat membedakan contoh jamur dari setiap divisi
·    dapat mengetahui peranan jamur
diberikan tes tertulis

No comments:

Post a Comment