Konten Representasi (CORE) CIRI-CIRI MAKHLUK HIDUP DAN TAK HIDUP

Konten Representasi (CORE)
Pertimbangan
Ide Besar A
Ide Besar B
Ide Besar C
Sel merupakan unit terkecil dari makhluk hidup
Komponen kimiawi sel berupa karbohidrat, lemak, protein, asam nukleat, vitamin, air, dan mineral
Struktur sel terbagi menjadi prokariotik dan eukariotik. Sel tumbuhan ada yang berbeda dengan sel hewan.
Mengidentifikasi tujuan pembelajaran bagi siswa dalam pelajaran ini.
Siswa harus memahami sel 
Secara struktural, sel merupakan penyusun makhluk hidup.
·   Ada makhluk hidup bersel satu, ada pula yang bersel banyak
.
Siswa harus memahami komponen kimiawi sel
   Karbohidrat digolongkan menjadi monosakarida, disakarida dan polisakarida.
   Lemak dibangun oleh gliserol dan asam lemak.
   Protein adalah senyawa kimia yang sangat kompleks.
   Asam Nukleat materi inti sel, terdiri dari asam ribonukleat dan asam deoksiribonuleat
  Air merupakan bagian esensial cairan tubuh yang terdiri dari cairan intrasel( sitoplasma), plasma darah dan cairan ekstraseluler
   Vitamin dibutuhkan dibutuhkan dalam jumlah kecil, tetapi harus ada
  Mineral merupakan unsur-unsur kimia selain karbon, hidrogen dan oksigen. 
Siswa harus memahami struktur sel, fungsi dan sel-sel yang dimiliki leh tumbuhan dan hewan
struktur sel terbagi 2 yatu prokariotik dan eukariotik
sel prokariot berbeda dengan eukariot
organel sel pada sel tumbuhan ada yang berbeda dengan sel hewan
Mengapa penting bagi siswa untuk mengetahui konten ini?
[Pengetahuan kurikulum]
Sel  merupakan penyusun makhluk hidup
sel merupakan kesatuan fungsional kehidupan.
sel dapat melakukan proses kehidupan perombakan jika ada yang rusak
sel
dapat melakukan proses kehidupan  sintesis
seldapat melakukan proses kehidupan  respirasi, dan lain-lain.
sel juga dapat bereproduksi untuk menghasilkan organisme baru
Komponen kimiawi sel
karbohidrat untuk prooses-proses fisiologi dalam sel makhluk hidup
lemak sebagai komponen membran plasma, hormon dan vitamin
protein berperan katalitik dan peran mekanik.
• asam nukleatmengontrol aktivitas sel dan membawa informatika genetik
Air merupakan senyawa  utama dan merupakan senyawa dalam jumlah terbesar penyusun sel (50 – 60%  berat sel).
Vitamin, mempertahankan fungsi metabolisme , pertumbuhan   dan penghancur radikal bebas
Mineral pengaturan kerja enzim, menjaga keseimbangan asam dan basa.
struktur sel, fungsi dan sel-sel yang dimiliki leh tumbuhan dan hewan
• mendukung pemahaman peserta didik terhadap menjelaskan struktur dan fungsi bagian-bagian sel
• mendukung pemahaman peserta didik dapat mebedakan organel sel tumbuhan dan sel hewan
Mengidentifikasi potensi kesulitan siswa dan keterbatasan yang terkait dengan mengajar ide ini.
[Pengetahuan siswa sebagai peserta didik]
Sel penyusun makhluk hidup
sel unit terkecil pada makhluk hidup
Kompoen kimiawi sel
bahan organik yang terdiri atas karbohidrat, protein, lemak, serta asam nukleat dan bahan anorganik yang terdiri atas air, vitamin, gas-gas mineral, serta mineral.
struktur sel, fungsi dan sel-sel yang dimiliki leh tumbuhan dan hewan
sel prokariotik dan sel eukariotik
bagian-bagian sel tumbuhan ada yang sama dan ada juga yang berbeda dengan sel tumbuhan
memiliki struktur dan fungs yang berbeda tiap-tiap rganelnya

Mengidentifikasi pengetahuan siswa yang mempengaruhi pengajaran ide ini.
[Pengetahuan siswa sebagai peserta didik]
• Pentingnya membuat hubungan antara pemahaman siswa terhadap teori sel atau penemuan sel 
• Membuat hubungan antara konsep dan siswa sebelum pengetahuan dan pengalaman hidup:
- menggunakan gambar agar mudah bagi siswa untuk melihat dan memahami.
menggunakan gambar atau mengambil sample sel tumbuhn dan sel hewan untuk diamati di bawah mikroskop
Strategi pengajaran dan representasi diimplementasikan dan alasan tertentu untuk menggunakan strategi ini untuk melibatkan para siswa dengan ide ini.
[Pengetahuan tentang strategi instruksional dan representasi]

• menggunakanl gambar sel yang telah disediakan

o mengamati sample sel hewan dan sel tumbuhan di bawah mikroskop agar terlihat lebih jelas dan mudah memahaminya
 Difusi pewarna Makanan
gunakan sel gabus sampel sel tumbuhan dan sel epite pipih dari mukosa
Sel tumbuhan dan sel hewan
Peserta didik:
1. peserta didik  mengamati sampe sel-sel yang telah disediakan
2. Lakukan pengamatan dan data prediksi tes.
3. Menggambar hasil pengamatan untuk menjelaskan keada rekan-rekan dan guru aa ang telah diamati
Mengidentifikasi cara memastikan bahwa konsep siswa diajarkan.
[Pengetahuan tentang Penilaian]
Mempertanyakan peserta didik:
• meminta peserta didik untuk menjelaskan pentingnya perana sel dalam struktur   makhluk hidup
Menilai akurasi penjelasan peserta didik:
• penjelasan siswa tentang keterkaitan komponen penyusun sel satu sama lain beserta fungsi atau perannanya
Menilai akurasi prediksi peserta didik untuk menentukan pemahaman peserta didik:
• prediksi menyebutkn bagian-baguan organel dn fungsi dari sel tumbuhan dan sel hewan




No comments:

Post a Comment