| 
    
Konten Representasi (CORE) 
 | 
  |||
| 
    
Pertimbangan 
 | 
   
    
Ide Besar A 
 | 
   
    
Ide Besar B 
 | 
   
    
Ide Besar C 
 | 
  
| 
   
Sel merupakan unit terkecil
  dari makhluk hidup 
 | 
  
   
Komponen kimiawi sel berupa karbohidrat,
  lemak, protein, asam nukleat, vitamin, air, dan mineral  
 | 
  
   
Struktur sel terbagi menjadi
  prokariotik dan eukariotik. Sel tumbuhan ada yang berbeda dengan sel hewan. 
 | 
 |
| 
   
Mengidentifikasi tujuan pembelajaran bagi siswa
  dalam pelajaran ini.  
 | 
  
   
Siswa harus memahami sel   
• Secara struktural, sel merupakan penyusun makhluk hidup. 
·  
  Ada makhluk hidup bersel satu, ada pula yang bersel
  banyak 
.  
 | 
  
   
Siswa harus memahami komponen kimiawi sel 
•   Karbohidrat
  digolongkan menjadi monosakarida, disakarida dan polisakarida.
   
•   Lemak dibangun oleh
  gliserol dan asam lemak.  
•   Protein
  adalah senyawa kimia yang sangat kompleks. 
•   Asam Nukleat materi
  inti sel,
  terdiri dari asam ribonukleat dan asam deoksiribonuleat 
•  Air merupakan bagian esensial cairan tubuh yang terdiri
  dari cairan intrasel( sitoplasma), plasma darah dan cairan ekstraseluler 
•   Vitamin dibutuhkan dibutuhkan dalam jumlah kecil,
  tetapi harus ada 
•  Mineral merupakan unsur-unsur kimia selain karbon, hidrogen
  dan oksigen.  
 | 
  
   
Siswa harus memahami struktur sel, fungsi dan sel-sel yang dimiliki leh tumbuhan dan hewan 
• struktur
  sel terbagi 2 yatu prokariotik dan eukariotik 
• sel
  prokariot berbeda dengan eukariot 
• organel
  sel pada sel tumbuhan ada yang berbeda dengan sel hewan 
 | 
 
| 
   
Mengapa penting bagi siswa untuk mengetahui konten
  ini?  
[Pengetahuan kurikulum]  
 | 
  
   
Sel  merupakan penyusun makhluk hidup  
•
  sel merupakan kesatuan fungsional
  kehidupan.  
•
  sel dapat melakukan
  proses kehidupan perombakan jika ada yang rusak  
•
  sel 
dapat melakukan proses
  kehidupan  sintesis  
seldapat melakukan proses
  kehidupan  respirasi, dan lain-lain. 
•sel
  juga dapat bereproduksi untuk menghasilkan organisme baru  
 | 
  
   
Komponen kimiawi sel  
• karbohidrat
  untuk prooses-proses fisiologi dalam sel makhluk hidup  
• lemak sebagai komponen membran plasma, hormon dan vitamin 
• protein berperan katalitik dan
  peran mekanik. 
• asam nukleatmengontrol aktivitas sel dan membawa
  informatika genetik 
Air merupakan senyawa
   utama dan merupakan senyawa dalam jumlah terbesar penyusun sel (50 –
  60%  berat sel). 
Vitamin,
  mempertahankan
  fungsi metabolisme , pertumbuhan   dan penghancur radikal bebas 
Mineral
  pengaturan
  kerja enzim, menjaga keseimbangan asam dan basa. 
 | 
  
   
struktur sel, fungsi dan
  sel-sel yang dimiliki leh tumbuhan dan hewan  
• mendukung pemahaman peserta didik terhadap menjelaskan struktur dan fungsi bagian-bagian sel 
• mendukung pemahaman peserta didik dapat mebedakan organel sel tumbuhan dan sel hewan 
 | 
 
| 
   
Mengidentifikasi potensi kesulitan siswa dan
  keterbatasan yang terkait dengan mengajar ide ini.  
[Pengetahuan siswa sebagai peserta didik]  
 | 
  
   
Sel penyusun makhluk hidup 
• sel
  unit terkecil pada makhluk hidup 
 | 
  
   
Kompoen kimiawi sel 
• bahan organik yang terdiri atas karbohidrat, protein,
  lemak, serta asam nukleat dan bahan anorganik yang terdiri atas air, vitamin,
  gas-gas mineral, serta mineral. 
 | 
  
   
struktur sel, fungsi dan
  sel-sel yang dimiliki leh tumbuhan dan hewan  
• sel
  prokariotik dan sel eukariotik  
bagian-bagian sel tumbuhan
  ada yang sama dan ada juga yang berbeda dengan sel tumbuhan 
memiliki struktur dan fungs
  yang berbeda tiap-tiap rganelnya 
 | 
 
| 
   
Mengidentifikasi pengetahuan siswa yang mempengaruhi
  pengajaran ide ini.  
[Pengetahuan siswa sebagai peserta didik]  
 | 
  
   
• Pentingnya membuat hubungan antara pemahaman siswa
  terhadap teori sel atau penemuan sel   
 | 
  
   
• Membuat hubungan antara konsep dan siswa sebelum
  pengetahuan dan pengalaman hidup:  
- menggunakan gambar agar mudah bagi siswa untuk melihat
  dan memahami.  
 | 
  
   
• menggunakan
  gambar atau mengambil sample sel tumbuhn dan sel hewan untuk diamati di bawah
  mikroskop 
 | 
 
| 
   
Strategi pengajaran dan representasi
  diimplementasikan dan alasan tertentu untuk menggunakan strategi ini untuk
  melibatkan para siswa dengan ide ini.  
[Pengetahuan tentang strategi instruksional dan
  representasi]  
 | 
  
   
• menggunakanl gambar sel yang telah disediakan  
o mengamati
  sample sel hewan dan sel tumbuhan di bawah mikroskop agar terlihat lebih
  jelas dan mudah memahaminya 
 | 
  
   
 Difusi
  pewarna Makanan  
• gunakan
  sel gabus sampel sel tumbuhan dan sel epite pipih dari mukosa 
 | 
  
   
Sel tumbuhan dan sel hewan  
Peserta didik: 
1. peserta didik  mengamati sampe sel-sel yang telah disediakan  
2. Lakukan pengamatan dan data prediksi tes.  
3. Menggambar hasil pengamatan untuk menjelaskan keada rekan-rekan dan guru aa ang telah diamati 
 | 
 
| 
   
Mengidentifikasi cara memastikan bahwa konsep siswa
  diajarkan.  
[Pengetahuan tentang Penilaian]  
 | 
  
   
Mempertanyakan peserta didik:  
• meminta peserta didik untuk menjelaskan pentingnya
  perana sel dalam
  struktur   makhluk hidup 
 | 
  
   
Menilai akurasi penjelasan peserta
  didik:  
• penjelasan siswa tentang keterkaitan komponen penyusun sel satu sama lain
  beserta fungsi atau perannanya 
 | 
  
   
Menilai akurasi prediksi peserta didik untuk
  menentukan pemahaman peserta didik:  
• prediksi menyebutkn bagian-baguan organel dn fungsi dari sel tumbuhan dan sel
  hewan 
 | 
 
| 
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 
Konten Representasi (CORE) CIRI-CIRI MAKHLUK HIDUP DAN TAK HIDUP
Subscribe to:
Post Comments (Atom)

No comments:
Post a Comment