Konten Representasi (CORE)
|
|||
Pertimbangan
|
Ide Besar A
|
Ide Besar B
|
Ide Besar C
|
Sel merupakan unit terkecil
dari makhluk hidup
|
Komponen kimiawi sel berupa karbohidrat,
lemak, protein, asam nukleat, vitamin, air, dan mineral
|
Struktur sel terbagi menjadi
prokariotik dan eukariotik. Sel tumbuhan ada yang berbeda dengan sel hewan.
|
|
Mengidentifikasi tujuan pembelajaran bagi siswa
dalam pelajaran ini.
|
Siswa harus memahami sel
• Secara struktural, sel merupakan penyusun makhluk hidup.
·
Ada makhluk hidup bersel satu, ada pula yang bersel
banyak
.
|
Siswa harus memahami komponen kimiawi sel
• Karbohidrat
digolongkan menjadi monosakarida, disakarida dan polisakarida.
• Lemak dibangun oleh
gliserol dan asam lemak.
• Protein
adalah senyawa kimia yang sangat kompleks.
• Asam Nukleat materi
inti sel,
terdiri dari asam ribonukleat dan asam deoksiribonuleat
• Air merupakan bagian esensial cairan tubuh yang terdiri
dari cairan intrasel( sitoplasma), plasma darah dan cairan ekstraseluler
• Vitamin dibutuhkan dibutuhkan dalam jumlah kecil,
tetapi harus ada
• Mineral merupakan unsur-unsur kimia selain karbon, hidrogen
dan oksigen.
|
Siswa harus memahami struktur sel, fungsi dan sel-sel yang dimiliki leh tumbuhan dan hewan
• struktur
sel terbagi 2 yatu prokariotik dan eukariotik
• sel
prokariot berbeda dengan eukariot
• organel
sel pada sel tumbuhan ada yang berbeda dengan sel hewan
|
Mengapa penting bagi siswa untuk mengetahui konten
ini?
[Pengetahuan kurikulum]
|
Sel merupakan penyusun makhluk hidup
•
sel merupakan kesatuan fungsional
kehidupan.
•
sel dapat melakukan
proses kehidupan perombakan jika ada yang rusak
•
sel
dapat melakukan proses
kehidupan sintesis
seldapat melakukan proses
kehidupan respirasi, dan lain-lain.
•sel
juga dapat bereproduksi untuk menghasilkan organisme baru
|
Komponen kimiawi sel
• karbohidrat
untuk prooses-proses fisiologi dalam sel makhluk hidup
• lemak sebagai komponen membran plasma, hormon dan vitamin
• protein berperan katalitik dan
peran mekanik.
• asam nukleatmengontrol aktivitas sel dan membawa
informatika genetik
Air merupakan senyawa
utama dan merupakan senyawa dalam jumlah terbesar penyusun sel (50 –
60% berat sel).
Vitamin,
mempertahankan
fungsi metabolisme , pertumbuhan dan penghancur radikal bebas
Mineral
pengaturan
kerja enzim, menjaga keseimbangan asam dan basa.
|
struktur sel, fungsi dan
sel-sel yang dimiliki leh tumbuhan dan hewan
• mendukung pemahaman peserta didik terhadap menjelaskan struktur dan fungsi bagian-bagian sel
• mendukung pemahaman peserta didik dapat mebedakan organel sel tumbuhan dan sel hewan
|
Mengidentifikasi potensi kesulitan siswa dan
keterbatasan yang terkait dengan mengajar ide ini.
[Pengetahuan siswa sebagai peserta didik]
|
Sel penyusun makhluk hidup
• sel
unit terkecil pada makhluk hidup
|
Kompoen kimiawi sel
• bahan organik yang terdiri atas karbohidrat, protein,
lemak, serta asam nukleat dan bahan anorganik yang terdiri atas air, vitamin,
gas-gas mineral, serta mineral.
|
struktur sel, fungsi dan
sel-sel yang dimiliki leh tumbuhan dan hewan
• sel
prokariotik dan sel eukariotik
bagian-bagian sel tumbuhan
ada yang sama dan ada juga yang berbeda dengan sel tumbuhan
memiliki struktur dan fungs
yang berbeda tiap-tiap rganelnya
|
Mengidentifikasi pengetahuan siswa yang mempengaruhi
pengajaran ide ini.
[Pengetahuan siswa sebagai peserta didik]
|
• Pentingnya membuat hubungan antara pemahaman siswa
terhadap teori sel atau penemuan sel
|
• Membuat hubungan antara konsep dan siswa sebelum
pengetahuan dan pengalaman hidup:
- menggunakan gambar agar mudah bagi siswa untuk melihat
dan memahami.
|
• menggunakan
gambar atau mengambil sample sel tumbuhn dan sel hewan untuk diamati di bawah
mikroskop
|
Strategi pengajaran dan representasi
diimplementasikan dan alasan tertentu untuk menggunakan strategi ini untuk
melibatkan para siswa dengan ide ini.
[Pengetahuan tentang strategi instruksional dan
representasi]
|
• menggunakanl gambar sel yang telah disediakan
o mengamati
sample sel hewan dan sel tumbuhan di bawah mikroskop agar terlihat lebih
jelas dan mudah memahaminya
|
Difusi
pewarna Makanan
• gunakan
sel gabus sampel sel tumbuhan dan sel epite pipih dari mukosa
|
Sel tumbuhan dan sel hewan
Peserta didik:
1. peserta didik mengamati sampe sel-sel yang telah disediakan
2. Lakukan pengamatan dan data prediksi tes.
3. Menggambar hasil pengamatan untuk menjelaskan keada rekan-rekan dan guru aa ang telah diamati
|
Mengidentifikasi cara memastikan bahwa konsep siswa
diajarkan.
[Pengetahuan tentang Penilaian]
|
Mempertanyakan peserta didik:
• meminta peserta didik untuk menjelaskan pentingnya
perana sel dalam
struktur makhluk hidup
|
Menilai akurasi penjelasan peserta
didik:
• penjelasan siswa tentang keterkaitan komponen penyusun sel satu sama lain
beserta fungsi atau perannanya
|
Menilai akurasi prediksi peserta didik untuk
menentukan pemahaman peserta didik:
• prediksi menyebutkn bagian-baguan organel dn fungsi dari sel tumbuhan dan sel
hewan
|
|
|
|
|
Konten Representasi (CORE) CIRI-CIRI MAKHLUK HIDUP DAN TAK HIDUP
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
No comments:
Post a Comment