Konten Representasi (Core) Sistem Organisasi Kehidupan


Konten Representasi (CORE)
Pertimbangan
Ide Besar A
Ide Besar B
Ide Besar C
Pengertian Sistem Organ
Bagian-bagian dari organ yang membentuk sistem organ.
Fungsi dari berbagai sistem organ
Mengidentifikasi tujuan pembelajaran bagi siswa dalam pelajaran ini.
Siswa harus memahami sistem organ :
·      Organisasi kehidupan dimulai dari atom yang berukuran  mikro sampai yang berukuran  makro dan kompleks.
·      Molekul-sel-jaringan- organ- sistem organ – organisme- populasi-komunitas-ekosistem – biosfer.
·      Sistem organ adalah bentuk kerjasama antarorgan untuk melakukan fungsinya.
Siswa harus memahami bagian-bagian setiap sistem organ :
·      Sistem pencernaan meliputi mulut, faring, esofagus, lambung, usus halus, usus besar, hati, rektum, pankreas dan anus.
·      Sistem pernapasaan meliputi hidung, faring, epiglotis, laring, trakea, bronkus, paru-paru, diagfragma.
·      Sistem Ekskresi meliputi ginjal, hati, kulit dan paru-paru
Siswa harus memahami fungsi berbagai sistem organ:
·      Sistem pencernaan berfungsi mencerna makanan yang akan diserap tubuh.
·      Sistem pernapasan berfungsi pertukaran gas oksigen dan karbondioksida
·      Sistem ekskresi berfungsi mengeluarkan sisa metabolisme.
Mengapa penting bagi siswa untuk mengetahui konten ini?
[Pengetahuan kurikulum]
Sistem organ sangat penting untuk proses hidup dan kehidupan:
·      Untuk mengetahui kerjasama antar organ tubuh.
·      Untuk memahami tingkatan suatu kehidupan.
 Sistem organ :
·      Penting untuk mengetahui bagian-bagian yang berada di sistem pencernaan, sistem pernapasan, sistem ekskresi dan sebagainya.
Fungsi dari berbagai sistem organ :
·      Dapat mengetahui dari setiap berbagai sistem organ.
Mengidentifikasi potensi kesulitan siswa dan keterbatasan yang terkait dengan mengajar ide ini.
[Pengetahuan siswa sebagai peserta didik]
 Sistem organ.
·      Sulit jika siswa tidak bisa membedakan antara sel, jaringan, organ , sistem organ dan individu.
Bagian-bagin sistem organ :
·      Kesulitannya apabila siswa tidak tahu bagian-bagian dari sistem organ.
Fungsi berbagai sistem organ :
·      Kesulitannya sulit membedakan fungsi dari setiap siatem organ
Mengidentifikasi pengetahuan siswa yang mempengaruhi pengajaran ide ini.
[Pengetahuan siswa sebagai peserta didik]
Mengaitkan hubungan antara konsep dengan pengalaman siswa
·      Menampilkan gambar aktivitas kereta api dengan meminta peserta didik mengkaitankan sistem organ dengan pengalaman peserta didik
 Mengaitkan hubungan antara konsep dengan pengalaman siswa
·      Menampilkan gambar salah satu dari contoh sistem organ selanjutnya siswa di minta untuk menyebutkan sesuai pengetahuan pengalaman siswa.
Mengaitkan hubungan antara konsep dengan pengalaman siswa.
·      Menampilkan gambar sistem pencernaan kemudian siswa diminta untuk menyebutkan fungsi tersebut berdasarkan pengalaman siswa.
Strategi pengajaran dan representasi diimplementasikan dan alasan tertentu untuk menggunakan strategi ini untuk melibatkan para siswa dengan ide ini.
[Pengetahuan tentang strategi instruksional dan representasi]
·      Setelah mengkaitkan sistem organ dengan pengalaman siswa, menampilkan gambar kereta api sebagai analogi sistem organ dan peta konsep agar peserta didik lebih mudah dipahami dan terarah.
· Setelah menampilkan salah satu contoh organ sistem, selanjutnya diberikan LKS untuk mengidentifikasi organ –organ yang menyusun sistem organ tersebut
·  Mengkaitan dengan sistem organ dengan fungsi.
Mengidentifikasi cara memastikan bahwa konsep siswa diajarkan.
[Pengetahuan tentang Penilaian]
Mempertanyakan siswa:
· Meminta siswa menjelaskan sistem organ
· Mengkaitakan sistem orgam  yang lainnya
 Meminta siswa untuk menjelaskan bagian –bagian sistem organ
Penjelasan siswa tentang.
· Penjelasan siswa tentang sistem pencernaam.
· Penjelasan siswa tentang sistem pernapasan
· Penjelasan siswa tentang sistem ekskresi
 Menilai prediksi siswa untuk menentukan pemahaman siswa
· Menanyakan masing-masing fungsi dari berbagai fungsi berbagai sistem organ.


No comments:

Post a Comment