Konten Representasi (CORE)
|
|||
Pertimbangan
|
Ide Besar A
|
Ide Besar B
|
Ide Besar C
|
Pengertian Sistem Organ
|
Bagian-bagian
dari organ yang membentuk sistem organ.
|
Fungsi
dari berbagai sistem organ
|
|
Mengidentifikasi
tujuan pembelajaran bagi siswa dalam pelajaran ini.
|
Siswa
harus memahami sistem organ :
·
Organisasi kehidupan dimulai dari
atom yang berukuran mikro sampai yang
berukuran makro dan kompleks.
·
Molekul-sel-jaringan- organ-
sistem organ – organisme- populasi-komunitas-ekosistem – biosfer.
·
Sistem organ adalah bentuk
kerjasama antarorgan untuk melakukan fungsinya.
|
Siswa
harus memahami bagian-bagian setiap sistem organ :
·
Sistem pencernaan meliputi mulut,
faring, esofagus, lambung, usus halus, usus besar, hati, rektum, pankreas dan
anus.
·
Sistem pernapasaan meliputi
hidung, faring, epiglotis, laring, trakea, bronkus, paru-paru, diagfragma.
·
Sistem Ekskresi meliputi ginjal,
hati, kulit dan paru-paru
|
Siswa
harus memahami fungsi berbagai sistem organ:
·
Sistem pencernaan berfungsi
mencerna makanan yang akan diserap tubuh.
·
Sistem pernapasan berfungsi
pertukaran gas oksigen dan karbondioksida
·
Sistem ekskresi berfungsi
mengeluarkan sisa metabolisme.
|
Mengapa
penting bagi siswa untuk mengetahui konten ini?
[Pengetahuan
kurikulum]
|
Sistem organ
sangat penting untuk proses hidup dan kehidupan:
·
Untuk mengetahui kerjasama antar
organ tubuh.
·
Untuk memahami tingkatan suatu
kehidupan.
|
Sistem organ :
·
Penting untuk mengetahui
bagian-bagian yang berada di sistem pencernaan, sistem pernapasan, sistem ekskresi
dan sebagainya.
|
Fungsi dari berbagai sistem organ :
·
Dapat mengetahui dari setiap
berbagai sistem organ.
|
Mengidentifikasi
potensi kesulitan siswa dan keterbatasan yang terkait dengan mengajar ide
ini.
[Pengetahuan
siswa sebagai peserta didik]
|
Sistem organ.
·
Sulit jika siswa tidak bisa
membedakan antara sel, jaringan, organ , sistem organ dan individu.
|
Bagian-bagin
sistem organ :
·
Kesulitannya apabila siswa tidak
tahu bagian-bagian dari sistem organ.
|
Fungsi
berbagai sistem organ :
·
Kesulitannya sulit membedakan
fungsi dari setiap siatem organ
|
Mengidentifikasi
pengetahuan siswa yang mempengaruhi pengajaran ide ini.
[Pengetahuan
siswa sebagai peserta didik]
|
Mengaitkan
hubungan antara konsep dengan pengalaman siswa
·
Menampilkan gambar aktivitas kereta
api dengan meminta peserta didik mengkaitankan sistem organ dengan pengalaman
peserta didik
|
Mengaitkan hubungan antara konsep dengan
pengalaman siswa
·
Menampilkan gambar salah satu dari
contoh sistem organ selanjutnya siswa di minta untuk menyebutkan sesuai
pengetahuan pengalaman siswa.
|
Mengaitkan
hubungan antara konsep dengan pengalaman siswa.
·
Menampilkan gambar sistem
pencernaan kemudian siswa diminta untuk menyebutkan fungsi tersebut
berdasarkan pengalaman siswa.
|
Strategi
pengajaran dan representasi diimplementasikan dan alasan tertentu untuk
menggunakan strategi ini untuk melibatkan para siswa dengan ide ini.
[Pengetahuan
tentang strategi instruksional dan representasi]
|
·
Setelah mengkaitkan sistem organ
dengan pengalaman siswa, menampilkan gambar kereta api sebagai analogi sistem
organ dan peta konsep agar peserta didik lebih mudah dipahami dan terarah.
|
· Setelah
menampilkan salah satu contoh organ sistem, selanjutnya diberikan LKS untuk
mengidentifikasi organ –organ yang menyusun sistem organ tersebut
|
· Mengkaitan
dengan sistem organ dengan fungsi.
|
Mengidentifikasi
cara memastikan bahwa konsep siswa diajarkan.
[Pengetahuan
tentang Penilaian]
|
Mempertanyakan
siswa:
· Meminta
siswa menjelaskan sistem organ
· Mengkaitakan
sistem orgam yang lainnya
|
Meminta siswa untuk menjelaskan bagian
–bagian sistem organ
Penjelasan
siswa tentang.
· Penjelasan
siswa tentang sistem pencernaam.
· Penjelasan
siswa tentang sistem pernapasan
· Penjelasan
siswa tentang sistem ekskresi
|
Menilai prediksi siswa untuk menentukan pemahaman
siswa
· Menanyakan
masing-masing fungsi dari berbagai fungsi berbagai sistem organ.
|
Konten Representasi (Core) Sistem Organisasi Kehidupan
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
No comments:
Post a Comment