Nama Sekolah :
SMPN 2 Bojonggede Bogor
Mata Pelajaran :
Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/Semester :
VII/ Ganjil
Materi Pokok :
Sistem Organisasi Kehidupan
Sub Materi :
Sistem Organ
Alokasi
Waktu : 1 pertemuan (1x30 Menit)
A. Kompetensi Inti
1. Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2. Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi,
gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3. Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan
kejadian tampak mata.
4. Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi,dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B.
Kompetensi
Dasar
KI
|
Kompetensi
Dasar
|
1
|
1.1 Mengagumi keteraturan dan
kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam
ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam
pengamalan ajaran agama yang dianutnya
|
2.
|
2.1 Menunjukkan
perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat;
tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan
peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap
dalam melakukan percobaan dan berdiskusi.
2.2 Menghargai
kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud
implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan.
|
3
|
3.4 Mendeskripsikan keragaman pada sistem organisasi
kehidupan mulai dari tingkat sel sampai organisme, serta komposisi bahan
kimia utama penyusun sel
|
4
|
4.5 Membuat dan menyajikan poster tentang sel dan
bagian-bagiannya.
4.6 Melakukan pengamatan dengan bantuan alat untuk
menyelidiki struktur tumbuhan dan hewan
|
C.
Indikator
3.4.1
Menjelaskan pengertian sistem organ.
3.4.2
Mengidentifikasi bagian-bagian dari sistem organ
3.4.3 Memahami fungsi dari berbagai sistem
organ manusia.
D.
Tujuan
Pembelajaran
3.4.2
Peserta didik mampu menjelaskan sistem organ.
3.4.2
Peserta didik mampu mengidentifikasi bagian-bagan dari sistem organ
3.4.2
Peserta didik mampu memahami fungsi dari berbagai sistem organ manusia.
E.
Materi
Pembelajaran
·
Hirerarki
organisasi kehidupan dimulai dari atom yang berukuran mikro sampai yang berukuran
makro dan sangat kompleks.
·
Organisasi
kehidupan mencakup molekul-sel-jaringan – organ – sistem organ – organisme –
populasi – komunitas – ekosistem – biosfer.
·
Sistem organ
merupakan bentuk kerja sama antarorgan untuk melakukan fungsinya.
·
Sistem organ mencakup
sistem pencernaan, sistem pernpasan, sistem rangka, sistem otot, sistem
transportasi, sistem ekskresi, sistem reproduksi, sistem hormon, sistem indera,
sistem saraf dan sebagainya.
·
Salah satu sistem
organ adalah sistem pencernaan terdiri dari mulut, faring, esofagus, lambung,
usus halus, usus besar, hati, rektum , pankreas, dan anus.
·
Sistem reproduksi
meliputi testis, ovarium dan uterus
·
Dari masing-masing
mempunyai fungsinya, sistem pencernaan berfungsi mencerna makanan, mengabsorbsi
molekul-molekul yang sudah disederhankan.
F.
Metode
Pembelajaran
Pendekatan : Saintifik
Metode : Diskusi, Ceramah, Tanya Jawab,
Pengamatan, Kerja kelompok
G.
Media
Pembelajaran
1.
Media :
Visual (PPT dan gambar )
2.
Alat dan Bahan : White board, LCD, Laptop ,Buku
Pelajaran
H.
Sumber
Belajar
Campbell, Reece. 2010. Biologi jilid 3. Jakarta : Erlangga.
Daroji dan Haryati. 2015. Ilmu pengetahuan alam. Jakarta: Tiga
Serangkai Pustaka Mandiri
Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Ilmu
Pengetahuan Alam. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Saktiyono. 2007. IPA Biologi SMP Untuk kelas VII. Jakarta : Esis
Yukaliana. 2013. Mandiri IPA Biologi jilid 1. Jakarta : Erlangga.
I.
Langkah-Langkah
Pembelajaran
Pertemuan
3
No
|
Pendekatan
Sainstifik
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
|
Guru
|
Peserta
Didik
|
|||
1
|
Pendahuluan
|
· Guru
mengucapkan salam kepada peserta didik, berdoa, dan absensi.
· Aperspsi,
Guru menanyakan materi sebelumnya untuk menguji apakah peserta didik masih
mengingat materi sebelumnya.
· Guru
meminta peserta didik memperhatikan gambar dan menanyakan “ Apa yang terjadi
apabila motor mu rusak atau mati ? “Bagian motor apa yang biasanya rusak ??
“Apa yang pengaruhnya jika salah satu mesin motor itu rusak ?
· Guru
memberikan motivasi kepada peserta didik tentang sistem organ melalui analogi
salah satu contoh sistem organ dan meminta peserta didik untuk menyampaikan
tujuan pembelajaran.
|
· Peserta
didik menjawab, mempersiapkan diri dan berdoa.
· Peserta
didik menjawab.
· Peserta
didik memperhatikan guru dan menjawab.
· Peserta
didik termotivasi dan membacakan tujuan pembelajaran.
|
3 menit
|
2
|
Kegiatan
Inti
|
· Guru
menggunakan slide presentasi untuk menjelaskan materi awal.
· Guru
memperlihatkan berbagai macam sistem organ.
|
· Peserta
didik menyimak guru menjelaskan materi awal.
· Peserta
didik mengamati masing-masing macam sistem organ.
|
5 menit
|
Mengamati
|
||||
Menanya
|
· Guru
menstimulasi rasa penasaran peseta didik, sehingga muncul
petanyaan-pertanyaan baru dari peserta didik. Diharapkan
peserta didik dapat mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan
merumuskan pertanyaan.
|
· Peserta
didik mendiskusikan hasil temuan yang didapatkan dari proses mencermati
gambar.
· Peserta
didik menanya mengenai yang pengamatan melalui gambar.
|
2 menit
|
|
Mencoba
|
· Guru
membagi 3 kelompok dalam diskusi.
· Guru
membagikan LKS ke masing-masing kelompok. Untuk setiap kelompok mengamati
bagian-bagian sistem organ beserta fungsinya.
· Guru
memfasilitasi peserta didik untuk mengamati dan menjawab LKS.
· Guru
ikut membimbing dan mengamati diskusi dalam mengerjakan LKS.
|
· Peserta
didik berkumpul dengan masing-masing kelompok.
· Peserta
didik mengambil dan menyimak dengan seksama LKS tersebut
· Peserta
didik mendiskusikan mengenai sistem organ bagian-bagianya dan fungsi,
|
5 menit
|
|
Menalar
|
· Guru
memberi kesempatan kepada peserta didik untuk mencari informasi sendiri
tentang pengamatan yang dilakukan.
|
· Peserta
didk diberi kesempatan untuk mengkaji dan mencari informasi dari buku
pelajaran.
· Peserta
didik mengaitkan informasi yang telah
didapat dan mencari solusi untuk pengolahan informasi.
|
2 menit
|
|
Mengkomunikasikan
|
· Guru
meminta peserta didik mempresentasikan hasil diskusi setiap kelompok.
· Guru
memperkuat dan meluruskan argumentasi peserta didik
|
· Peserta
didik mempresentasikan hasil diskusi masing-masing kelompok.
· Peserta
didik mendengarkan konfirmasi dari guru mengenai diskusi.
|
5 menit
|
|
3
|
Kegiatan
Penutup
|
· Guru
dan peserta didik memberikan kesimpulan dari pembelajaran hari ini
|
· Perwakilan
dari peserta didik memberikan kesimpulan mengenai pembelajaran hari ini.
· Peserta
didik memperhatikan guru.
|
3 menit
|
Menyimpulkan
|
||||
Mengevaluasi
|
· Guru
memberikan evaluasi berupa soal
pilihan ganda dislide (Terlampir)
|
· Peserta
menjawab soal-soal yang diberikan.
|
3 menit
|
|
Penugasan
|
· Guru
mmberikan penugasan secara tertulis dibuku peserta didik halaman 105-106 yang
dikumpulkan minggu depan.
|
· Peserta
didik memperhatikan penugasan dari guru.
|
1 menit
|
|
Salam
dan Doa
|
· Guru
menutup pelajaran hari ini dengan membaca doa dan mengucapkan salam
|
· Peserta
didik membaca doa dan pulang.
|
1 menit
|
J.
Penilaian
Hasil Belajar (Terlampir)
1.
Penilaian
Spiritual
Teknik :
Observasi
Instrument : Lembar
observasi
2.
Penilaian Afektif
Teknik :
Observasi
Instrument : Lembar Observasi.
3.
Penilaian Kognitif
Teknik :
Tes tulis
Instrument :
Lembar soal pilihan ganda
4.
Penilaian
Psikomotor
Teknik : Observasi
Instrument : Lembar Obseravasi
Jakarta, 02 November 2015
Dosen
Pembimbing Mahasiswa
Nengsih
Juanengsih, M.Pd Devi Safrida
- Penilaian
Spritual
Lembar observasi
Lembaran ini diisi
oleh guru untuk menilai spiritual peserta didik dalam melakukan diskusi
kelompok. Bacalah pernyataan yang ada di dalam kolom dengan teliti. Berilah
tanda cek (√) sesuai dengan kondisi peserta didik dalam proses pembelajaran
Nama Peserta
Didik : _________________________
Kelas :
_________________________
No.
|
Aspek
Pengamatan
|
Skor
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1.
|
Ikut berdoa bersama saat mulai dan
selesai belajar di kelas
|
||||
2.
|
Mengucapkan rasa syukur atas karunia Tuhan
|
||||
3.
|
Memberi salam sebelum
dan sesudah menyampaikan pendapat/presentasi
|
||||
Jumlah
Skor
|
Keterangan:
4
= Baiksekali 2 = Cukup
3 = Baik 1 =
Kurang
- Penilaian
Afektif
Lembar observasi
Lembaran ini diisi
oleh guru untuk menilai afektif peserta didik dalam melakukan diskusi kelompok.
Bacalah pernyataan yang ada di dalam kolom dengan teliti. Berilah skor sesuai
dengan kondisi peserta didik dalam proses pembelajaran.
Nama Kelompok :
_________________________
Kelas :
_________________________
NO.
|
URAIAN
|
SKOR
SKALA 1-3
|
||||
NAMA PESERTA DIDIK
|
||||||
1
|
Memperhatikan dengan seksama penjelasan guru
|
|||||
2
|
Antusias dalam mengerjakan LKS
|
|||||
3
|
Menunjukkan rasa ingin tahu
|
|||||
4
|
Bekerjasama dengan kelompoknya
|
|||||
5
|
Bersikap jujur
dan sportif dalam mengerjakan tugas
|
|||||
6
|
Kemampuan
mengemuk akan
Pendapat
|
|||||
7
|
Mempresentasikan hasil diskusi
|
|||||
8
|
Berkomunikasi
|
|||||
Rerata
|
Rubik
penilaian sikap
No
|
Aspek yang dinilai
|
Rubik
|
1.
|
Memperhatikan dengan seksama penjelasan guru
|
3 :Fokus
memperhatikan penjelasan guru, antusias dengan apa yang guru sampaikan.
2 :Fokus memperhatikan penjelasan guru, sesekali
mengobrol dengan teman sebangku, namun tidak ingin terlibat aktif
1 :Tidak
focus memperhatikan guru, banyak ngobrol dengan teman sebangku, dan tidak
terlibat aktif.
|
2.
|
Antusias dalam mengerjakan tugas
|
3 :
Menunjukkan rasa antusias dan semangat yang besar dalam mengerjakan tugas
bersama dengan teman sekelompok
2 : Menunjukkan rasa antusias namun baru akan bersemangat ketika di
stimulasi
1 : Tidak
menunjukkan rasa antusias terhadap tugas yang diberikan
|
3.
|
Menunjukan rasa ingin tahu
|
3 : Menunjukan rasa ingin tahu yang besar, antusias aktif dalam kegiatan
kelompok
2 : Menunjukan rasa ingin tahu, namun tidak terlalu antusias dan baru
terlibat aktif dalam kegiatan kelompok ketika distimulasi
1 : Tidak menunjukan antusias dalam pengamatan, sulit terlibat aktif dalam
kegiatan kelompok walaupun telah di dorong untuk terlibat
|
4.
|
Bekerjasama dengan kelompoknya
|
3 : Memiliki rasa tanggungjawab dengan kelompoknya, mampu mengkoordinir
teman-temanya untuk bekerjasama
2 : Memiliki
rasa tanggung jawab, namun hanya memperhatikan orang-orang tertentu
dikelompoknya
1 : Tidak
berupaya untuk bekerjasama dengan kelompoknya
|
5.
|
Bersikap jujur dan sportif dalam
mengerjakan tugas
|
3 : Bersikap
jujur dalam menyelesaikan tugas sesuai dengan kemampuannya, dan berupaya menyelesaikan
tugas tepat waktu
2 : Berupaya
menyelesaikan tugas tepat waktu, namun belum menunjukkan usaha terbaiknya.
1 : Tidak
berusaha untuk mengerjakan tugas
|
6.
|
Kemampuan Mengemukakan Pendapat
|
3 :Mengemukakan pendapat dengan intonasi suara yang jelas, tegas, dan
sopan.
2 :
Mengemukakan pendapat masih dengan sikap yang malu-malu.
1 : Tidak mau mengemukakan pendapat apapun
|
7.
|
Mempresentasikan Hasil Diskusi
|
3 : Hasil diskusi dipresentasikan dengan intonasi jelas dan hasilnya
sesuai dengan judul materi diskusi
2 : Hasil diskusi dipresentasikan dengan intonasi jelas, namun hasil
diskusi masih kurang sesuai
1 : Tidak mau mempresentasikan hasil diskusi
|
8.
|
Berkomunikasi
|
3 : Aktif dalam Tanya jawab, dapat mengemukakan pendapat atau ide dengan
baik, menghargai pendapat siswa lain.
2 : Aktif dalam Tanya jawab, tidak ikut mengemukakan gagasan atau ide,
menghargai pendapat siswa lain
1 : Aktif dalam Tanya jawab, tidak ikut mengemukakan pendapat atau ide,
kurang menghargai pendapat siswa lain.
|
- Peniliaan Kognitif
Lembar Soal
Indikator
|
Soal
|
Kunci Jawaban
|
||||||||||||||
3.4.1 Menjelaskan pengertian sistem
organ
|
|
D
|
||||||||||||||
|
C
|
|||||||||||||||
3.4.2 Mengidentifikasi bagian- bagian
dari sistem organ manusia.
|
|
D
|
||||||||||||||
|
B
|
|||||||||||||||
|
D
|
|||||||||||||||
|
D
|
|||||||||||||||
1. Paru-paru
2. Jantung
3. Hati
4. Pembuluh darah
5. Ginjal
6. Limfa
Organ-organ yang menyusun sistem
transportasi adalah..
a. 1,2,6 c. 2,4,5
b. 2,4,6 d. 3,5,6
|
B
|
|||||||||||||||
Untuk melengkapi tabel, nomor 2
dan 4 merupakan sistem ....
|
C
|
|||||||||||||||
3.4.3 Memahami fungsi dari
berbagai sistem organ manusia.
|
|
A
|
||||||||||||||
|
C
|
*Jumlah Skor maksimal untuk pilihan ganda
100 (Setiap nomor bernilai 1
)
Skor = x 100
- Penilaian
Psikomotor
Lembar observasi
Lembaran ini diisi
oleh guru untuk menilai psikomotor peserta didik dalam melakukan diskusi kelompok.
Bacalah pernyataan yang ada di dalam kolom dengan teliti. Berilah tanda cek (√) sesuai dengan kondisi peserta didik dalam
proses pembelajaran.
No
|
Nama
Kelompok
|
Aspek
yang Dinilai
|
Skor
|
Rerata
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||||
1
|
1. Kurang
dapat menjelaskan sub materi.
|
||||||
2. Dapat
menjelaskan sub materi secara baik, tepat tetapi tidak ringkas dan
bertele-tele.
|
|||||||
3.
Dapat menjelaskan sub materi secara baik, tepat dan
ringkas, serta dapat menjawab pertanyaan yang diajukan.
|
|||||||
2
|
1. Kurang
dapat menjelaskan sub materi.
|
||||||
2. Dapat
menjelaskan sub materi secara baik, tepat tetapi tidak ringkas dan
bertele-tele.
|
|||||||
3.
Dapat menjelaskan sub materi secara baik, tepat dan
ringkas, serta dapat menjawab pertanyaan yang diajukan.
|
|||||||
3.
|
dst…..
|
Rubrik Penilaian
No
|
Aspek Penilaian
|
Skor
|
1.
|
Ketepatan dan pemahaman dalam memahami sistem organ.
|
4 : Baiksekali
3
: Baik
2 : Cukup
1 : Kurang
|
2.
|
Ketepatan dan pemahaman dalam memahami bagian-bagian sistem organ manusia.
|
4 : Baiksekali
3 : Baik
2 : Cukup
1 : Kurang
|
3.
|
Ketepatan dan pemahaman dalam menjelaskan fungsi berbagai macam sistem organ
manusia.
|
4 : Baiksekali
3 : Baik
2 : Cukup
1: Kurang
|
LEMBAR KERJA SISWA
Sistem Organ
Manusia
- Judul
Mengenal
sistem organ manusia
- Kompetensi
Dasar
Mendeskripsikan
keragaman pada sistem organisasi kehidupan mulai dari tingkat sel sampai organisme,
serta komposisi bahan kimia utama penyusun sel.
- Tujuan
- Peserta
didik mampu menjelaskan sistem organ.
- Peserta
didik mampu mengidentifikasi bagian-bagan dari sistem organ manusia.
- Peserta
didik mampu memahami fungsi dari berbagai sistem organ manusia.
- Petunjuk
- Pelajarilah
LKS ini dan kerjakan tugas-tugas yang ada.
- Sebutkan
organ-organ apa saja yang dapat kamu temukan pada tubuh manusia.
- Kelompokan
organ-organ tersebut. Kemudian, tentukan yang menyusun sistem organ apakah
organ-organ tersebut dan telusuri fungsi dari sistem organ tersebut.
- Lakukan
telaah referensi untuk
mengidentifikasi sistem organ manusia
- Diskusikanlah
dalam kelompok kalian tentang sistem organ manusia.
- Landasan
Teori
Sistem
organ merupakan bentuk kerja sama antarorgan untuk melakukan fungsinya. Dalam
melaksanakan kerja sama ini, setiap organ tidak bekerja sendiri-sendiri,
melainkan organ-organ saling bergantung dan saling mempengaruhi satu sama lain. Tanpa
ada kerja sama dengan organ lain proses dalam tubuh tidak akan terjadi.
Sistem
organ yang terdapat pada manusia anatara lain sistem otot, sistem rangka,
sistem saraf, sistem hormon, sistem transportasi, sistem pernapasan, sistem
pencernaan, sistem ekskresi dan sistem reproduksi serta sebagainya. Jadi tubuh
makhluk hidup sebenarnya merupakan organisasi kehidupan yang terbentuk dari
beberapa sistem organ. Terbentuk suatu organisme dimulai dari sel. Sel-sel yang
sama bentuk dan fungsinya berkelompok membentuk jaringan. Berbagai jaringan
tertentu bersatu membentuk organ. Selanjutnya, berbagai organ bersatu membentuk
sistem organ dan menjalankan fungsi
tertentu. Semua jenus organ yang dimiliki oleh suatu makhluk hidup akan saling
berhubungan dan kerja sama membentuk organisme yaitu hewan, tumbuhan atau
manusia.
- Pertanyaan
Diskusi
No
|
Sistem Organ
|
Gambar
|
Organ
|
Fungsi
|
1
|
||||
2
|
||||
3
|
||||
4
|
||||
5
|
||||
6
|
||||
7
|
- Kesimpulan
Setelah melakukan
seluruh kegiatan diatas, tuliskan kesimpulan yang dapat kalian ambil dengan
singkat dan jelas!
DAFTAR PUSTAKA
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Ilmu Pengetahuan Alam. Jakarta:
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Saktiyono. 2007. IPA Biologi SMP Untuk kelas VII. Jakarta
: Esis
Jawaban Lembar Kerja Siswa
No
|
Sistem Organ
|
Gambar
|
Organ
|
Fungsi
|
1
|
Sistem Pencernaan
|
Mulut (lidah, gigi), faring ,
kerongkongan, lambung, usus halus, usus besar, hati, rektum, pankreas, dan
anus
|
Mencerna makanan agar diserap
tubuh, mengabsorbsi molekul-molekul makanan yang sudah disederhanakan
|
|
2
|
Sistem
Reproduksi
|
Testis , ovarium, uterus,
|
Perkembangbiakan
|
|
3
|
Sistem
Pernapasan
|
Hidung, faring, epiglotis,
laring, trakea, bronkus, paru-paru, diafragma
|
Pertukaran gas oksigen dan
karbondioksida.
|
|
4
|
Sistem
Otot
|
Otot dan
tendon
|
Menggerakan tulang, alat gerak
aktif.
|
|
5
|
Sistem gerak (Rangka)
|
Tengkorak, tulang punggumg,
tulang rusuk, dan anggota gerak bebas.
|
Penyokong dan melindungi organ
dalam, tempat melekatnya otot, membentukan sel darah, alat gerak pasif
|
|
6
|
Sistem
Transportasi
|
Jantung,
arteri, vena, kapiler
|
Mengangkut oksigen dan sari
makanan ke seluruh sel tubuh dan mengangkut hasil metabolisme yang tidak
berguna keluar dari sel tubuh serta melindungi tubuh dari penyakit.
|
|
7
|
Sistem
Ekskresi
|
Ginjal, paru-paru, kulit, hati
|
Mengeluarkan metabolisme yang tidak
terpakau dalam tubuh, mengeluarkan air (keringat)
|
No comments:
Post a Comment