RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN Klasifikasi Makhluk Hidup

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan                 : SMPN 3 TANGERANG SELATAN
Mata Pelajaran                      : IPA Terpadu
Kelas/semester                       : VII/I
Materi Pokok                         : Klasifikasi Makhluk Hidup
Sub Topik                              : Klasifikasi (Pengantar)
Alokasi Waktu                       : 1 pertemuan (1x30 menit)

A.      Kompetensi Inti
1.              Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.             Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.             Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.             Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B.       Kompetensi Dasar
1.1. Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan
kimiawi, kehidupan dalam ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya.

2.1. Menunjukkan perilaku   ilmiah (memiliki rasa ingin tahu, objektif, jujur, teliti, cermat, tekun, hati-hati, bertanggungjawab, terbuka, kritis, kreatif, inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan dan
berdiskusi.
2.2. Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan
dan melaporkan hasil percobaan.
2.3. Menunjukkan perilaku bijaksana dan bertanggungjawab dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam  memilih penggunaan alat dan bahan kimia untuk menjaga kesehatan diri dan lingkungan.
2.4. Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu, objektif,  jujur, teliti, cermat, tekun, hati-hati, bertanggungjawab,  terbuka, kritis,  kreatif, inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan dan berdiskusi.
3.3 Memahami prosedur pengklasifikasian makhluk hidup dan benda-benda tak-hidup sebagai bagian kerja ilmiah,serta mengklasifikasikan berbagai makhluk hidup dan benda-benda tak-hidup berdasarkan ciri yang diamati.
4.3 Mengumpulkan data dan melakukan klasifikasi terhadap benda-benda, tumbuhan, dan hewan yang ada di lingkungan sekitar
C. Indikator
3.3.1. Memahami klasifikasi makhluk hidup.
3.3.2. Memahami prosedur pengklasifikasian makhluk hidup.
3.3.3. Memahami tujuan dan manfaat klasifikasi makhluk hidup

D.      Tujuan Pembelajaran  
a) Peserta didik dapat menyajikan hasil pengamatan, mengidentifikasi, dan mengomunikasikan hasil observasinya.
b)  Peserta didik dapat menjelaskan alasan mengapa makhluk hidup perlu diklasifikasikan.
c) Peserta didik dapat menjelaskan dasar yang dipakai dalam mengklasifikasikan makhluk hidup.
D.      Materi Pembelajaran
Klasifikasi (pengantar)
Untuk diperhatikan oleh guru pada pertemuan ini konsep yang disampaikan adalah keanekaragaman hayati (Indonesia sebagai Megabiodiversity Country),bagaimana mempelajari keanekaragaman yang sangat banyak tersebut, yaitu dengan mengelompokkannya berdasarkan persamaan dan perbedaan yang dimiliki.
Keanekaragaman adalah ciri utama kehidupan. Para ahli biologi sudah mengidentifikasi  dan memberi  nama  sekitar  1,5  juta  spesies  termasuk di dalamnya lebih dari 260.000 tumbuhan, hampir 50.000 vertebrata, dan lebih dari 750.000 serangga. Ribuan spesies yang baru ditemukan menambah daftar tersebut setiap tahunnya. Diperkirakan jumlah totalnya adalah 5 juta sampai lebih dari 100 juta.
Jika kehidupan beranekaragamnya, bagaimana biologi memiliki perangkat untuk menyatukannya? Misalnya adakah  persamaan antara kapang, pohon, dan manusia?
Ternyata sangat banyak. Dibalik keberagaman makhluk hidup ini terdapat persamaan, terutama pada tingkat organisasi yang  lebih  rendah. Misalnya dapat  dilihat  dari  kemiripan  tertentu  yang terdapat pada struktur sel. Kesatuan juga tampak pada jelas pada kode genetic umum yang digunakan bersama oleh organisme. Ekspresi yang berbeda-beda dari kode genetik inilah yang menghasilkan keberagaman makhluk hidup.
Taksonomi adalah cabang dari biologi yang berhubungan dengan  penamaan dan  klasifikasi spesies, mengelompokkan organisme berdasarkan skema yang lebih formal. Jika keanekaragaman hayati dipelajari tanpa klasifikasi, sangat mungkin tejadi kerancuan pengertian suatu jenis makhluk hidup, misalnya nama burung gereja, di negara satu berbeda dengan di negara lain.
Untuk mempelajari  makhluk  hidup  tersebut  perlu  dilakukan  klasifikasi (pengelompokan) guna memperoleh gambaran yang jelas secara mudah. Dalam satu negara sering pula dijumpai spesies hewan atau tumbuhan memiliki nama daerah berbeda, misalnya pisang di Jawa Tengah dikenal dengan gedang, di Jawa Barat disebut dengan cau, sedang gedang di Jawa Barat yang dimaksud adalah pepaya.
1)  Tujuan dan manfaat klasifikasi
Klasifikasi  bertujuan  menyederhanakan  objek  studi  makhluk hidup yang sangat beraneka ragam, sehingga akan lebih mudah dalam mempelajarinya. Adapun manfaatnya adalah:
a.  Untuk  penelitian  lebih  lanjut  sehingga  makhluk  hidup  yang telah dikenal melalui klasifikasi dapat dimanfaatkan.
b.  Untuk  dipelajari  agar  dapat  melestarikan  keanekaragaman hayati dimasa mendatang.
c.  Untuk mengetahui hubungan antara organisme satu dengan lainnya.
2)  Prosedur pengklasifikasian makhluk hidup
Pengelompokan makhluk hidup dilakukan berdasarkan persamaan dan  perbedaan ciri-ciri yang dimiliki  berbagai makhluk hidup tersebut. Jika ada beberapa
jenis hewan dan tumbuhan yang akan dikelompokkan, maka hewan yang memiliki persamaan ciri, dijadikan satu kelompok. Misalnya domba dan sapi satu kelompok mamalia karena  memiliki persamaan ciri, yakni memiliki rambut pada kulitnya, dan hewan betinanya memiliki kelenjar susu. Suatu kelompok akan terbentuk dari berbagai jenis hewan yang memiliki persamaan ciri tubuh. Hewan yang memiliki ciri berbeda membentuk kelompok lain.
Langkah selanjutnya pemberian nama untuk setiap kelompok makhluk hidup

E.       Metode Pembelajaran
1.    Pendekatan         : Saintifik
2.    Metode                : Pengamtan, diskusi, dan presentasi

F.       Sumber Belajar

1. Wahono, dkk. 2013. Ilmu Pengetahuan Alam SMP/MTs Kelas VII Buku Guru. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. hal. 65-68.
2.  Syamsuri, Istamar, dkk. 2003. IPA Biologi Untuk SLTP Kelas 1. Jakarta : Erlangga. hal.44-46.
3.  Video keanekaragaman hayati indonesia
4.  Gambar dan permasalahan keanekargaman hayati.

G.      Media Pembelajaran
1.         Media
LCD, laptop.
2.         Alat dan bahan
Alat            : Alat tulis.
Bahan         : Video keanekaragaman makhluk hidup, dan LKS.

H.      Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi kegiatan
Alokasi Waktu
Kegiatan guru
Kegiatan Peserta Didik
Kegiatan awal



Apersepsi











Motivasi
Guru memberi salam dan menanyakan kabar peserta didik hari ini.

Guru mengabsen dan menanyakan siapa yang tidak masuk hari ini?

Guru menanyakan materi pelajaran yang dipelajari pada pertemuan sebelumnya: “Anak-anak, masih ada yang ingat pertemuan sebelumnya kita mempelajari apa?”
Mengamati
Guru menampilkan gambar pedagang buah dan sayur lalu menanyakan Mengapa pedagang selalu mengelompokan jenis dagangannya?
Peserta didik menjawab salam dan pertanyaan dari guru

Peserta didik menjawab nama anak yang tidak masuk hari ini.

Peserta didik menjawab pertanyaan guru: “Belajar tentang ciri-ciri makhluk hidup bu.”



Peserta didik melakukan yang di pinta guru.
Jawaban yang di harapkan “agar terlihat rapi dan mudah memilih serta mengenali barang dagangannya”
5  menit
Kegiatan inti :

Menanya
Guru menyajikan informasi baik verbal maupun tulisan.


Mencoba
Guru membagi siswa dalam beberapaa kelompok, lalu mengintrusikan tugas kelompok untuk mengelompokan hewan dan tumbuhan berdasarkan cara pengelompokan.


Mengasosiasi

Guru berkeliling untuk membimbing proses diskusi dan pengolahan data tersebut.


Mengkomunikasi

Guru mengevaluasi hasil diskusi tentang materi yang telah dipelajari atau masing-masing kelompok menyajikan hasil kerjanya.
Guru mencari cara untuk mengenali baik usaha dan prestasi individu juga kelompoknya dan memberi penghargaan terhadap usaha kelompok maupun individual
Peserta didik mencerna dan memahami materi yang di berikan dan memberikan kesempatan siswa untuk aktif bertanya.

Peserta didik mengerjakan tugas dengan kelompoknya, di izinkan mencari referensi dari buku atau internet tapi di bawah pengawasan guru.

Peserta didik berdiskusi dan mengaitkan antara tugas dengan materi yang telah di berikan serta bertanya jika ada yang belum di pahami.


Semua peserta didik aktif mengeluarkan pendapatnya berdasar data yang diperoleh.

Peserta didik mendapat penghargaan bagi yang berani menarik kesimpulan dan
mengutarakannya di muka kelas. Lalu menyimak hal yang di tambahkan atau di luruskan oleh guru.
15 menit
Kegiatan akhir

Penguatan materi/kesimpulan




Evaluasi



















Penutup
Guru mereview hasil diskusi yang dilakukan oleh siswa dan memberikan konsep yang benar.

Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menanyakan hal-hal yang kurang jelas.

Guru memberikan soal evaluasi kepada siswa secara lisan untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa.
Soal :
· Apa pengertian klasifikasi?
· Apa tujuan klasifikasi makhluk hidup?
· Bagaimana cara klasifikasi hewan dan tumbuhan?
· Ada berapa macam sistem klasifikasi ? sebutkan!
· Adakah manfaat dari klasifikasi makhluk hidup? Jelaskan!
Guru menutup pelajaran dan memberikan tugas kepada siswa untuk mempelajari materi selanjutnya.
Peserta didik mendengarkan review yang disampaikan oleh guru.

Peserta didik bertanya mengenai hal-hal yang belum dipahami.

Peserta didik menjawab soal evaluasi secara mandiri.
















Peserta didik mencatat tugas yang disampaikan oleh guru.
10 menit

I.         Penilaian
Aspek spiritual
K.I
Jenis instrumen
Instrumen yang di gunakan
1
Check list
Kompetensi sikap spiritual
Baik (A)
Cukup (B)
Kurang (C)
Range
Beribadah sesuai agama yang dianutnya



A = 80-90
B = 70-79
C = 50-69
Siswa menghargai sesama dan lingkungannya



Ikut andil menjaga kelestarian lingkungan



Siswa mengaplikasikan pola pikir ilmiah dalam mengkaji proses-proses biologi



Peran aktif siswa dalam proses pembelajaran




Aspek sosial
KI
Jenis instrumen
Instrumen yang di gunakan
2
Check list
Kompetensi sikap sosial
Baik (A)
Cukup (B)
Kurang (C)
Range
Responsif dan peduli terhadap kondisi lingkungan



A = 80-90
B = 70-79
C = 50-69
Kesesuaian terhadap konten materi



Gaya bahasa yang digunakan jelas, tepat dan efektif



Interaksi siswa dengan siswa lain



Menjelaskan kemampuan yang harus dicapai dan bersifat prosedural



Aplikasi perilaku ilmiah dalam kehidupan sehari-hari




Aspek kognitif
K.I : 3
Mengelompokkan jenis hewan bertulang belakang (vertebrata) dan yang tidak bertulang belakang (avertebrata)
  Petunjuk :
Masing-masing kelompok :
1. Mengamati gambar Avertebrata dan mengelompokannya berdasarkan ciri-ciri yang dimiliki
2. Mengamati hewan Vertebrata ( ikan mujahir, ikan lele, katak, kadal, cicak, burung, ayam, tikus ) dan mengelompokannya berdasarkan ciri-ciri yang dimiliki
3. Menulis perbedaan ciri hewan Avertebrata dan hewan Vertebrata
4. Menulis perbedaan ciri hewan Avertebrata
 Pertanyaan :

INDIKATOR
SOAL
KUNCI
SKOR
3.3.1. Memahami klasifikasi makhluk hidup.
1.Hewan apa sajakah yang termasuk Avertebrata ?

3. Hewan apa sajakah yang  termasuk Vertebrata ?

1.                Porifera, Coelenterata, Platyhelminthes, Nemathelminthes,Anellida,  Mollusca,  Ehinodermata dan Arthropoda)

3. ikan mujahir, ikan lele, katak, kadal, cicak, burung, ayam, tikus,
8




8
3.3.2. Memahami prosedur pengklasifikasian makhluk hidup.
5. Tulislah perbedaan ciri ewan-hewan tersebut ke dalam tabel !
5.
No
Nama hewan
Alat respirasi
Alat gerak
Penutup tubuh
Suhu tubuh
Fertilisasi
1
Ikan mujahir
2
Lele
3
Katak
4
Kadal
5
Cicak
6
Burung
7
Ayam
8
Tikus
20
3.3.3. Memahami tujuan dan manfaat klasifikasi makhluk hidup
2. Mengapa hewan-hewan tersebut  disebut hewan Avertebrata ?

4. Mengapa hewan-hewan tersebut  disebut hewan Vertebrata ?

2.                Karena tidak mempunyai ruas-ruas tulang belakang







4.Karena mempunyai ruas-ruas tulang belakang

2








2


Total
40
Nilai : skor  perolehan x 10

Aspek keterampilan
K.I
Jenis instrumen
Kompetensi siswa dikelas
Skala index
4
Skala penilaian (rating scale)
1
2
3
4
Peran aktif siswa




Tanggung jawab kerjasama




Keterampilan kerja




Ketuntasan kerja dan laporan hasil kerja




Menggunakan teknik yang sesuai





                                                                        Tangerang Selatan, ..........................................
          Mengetahui,                                                                 
        Kepala Sekolah                                                               Guru Mata Pelajaran




.........................................                                                     .........................................
NIP.                                                                                        NIP.






LEMBAR KERJA SISWA 1
Kelompok : …..
Nama anggota : …………………                  …………………
…………………                  …………………
…………………                  …………………

Kompetensi Dasar : 4.3 Mengumpulkan data dan melakukan klasifikasi terhadap benda-benda, tumbuhan, dan hewan yang ada di lingkungan sekitar .

Tujuan : Mengelompokkan tumbuhan
Lakukan langkah-langkah berikut.
1.      Perhatikan dan amati tumbuh-tumbuhan berikut ini!
1.

2.      Kelompokkan tumbuhan diatas ke dalam table berikut !
no
Nama tumbuhan
Manfaat
kelompok





































3.      Diskusikan pertanyaan di bawah ini dengan teman sekelompokmu!
                   a.            Adakah tumbuhan yang memiliki manfaat yang sama ? sebutkan!
                  b.            Apa yang digunakan sebagai dasar dalam mengelompokkan tumbuhan tersebut?
                   c.            Buatlah kesimpulan
Tumbuhan dapat dikelompokkan berdasarkan ………………….
Yaitu terbagi menjadi kelompok :
1.      Tumbuhan ……………………….. Contohnya ………………………………
…………………………………………………………………………………
2.      Tumbuhan ……………………….. Contohnya ………………………………
…………………………………………………………………………………
3.      Tumbuhan ……………………….. Contohnya ………………………………
………………………………………………………………………………….
4.      Tumbuhan ……………………….. Contohnya ………………………………
…………………………………………………………………………………..
5.      Tumbuhan ……………………….. Contohnya ……………………………….
…………………………………………………………………………………..









LEMBAR KERJA SISWA 2
Tujuan : Mempelajari cara Mengelompokkan Hewan
1.  Amati gambar hewan di bawah ini!.

2. Tulislah hasil pengamatanmu pada tabel berikut!
No
Nama hewan
Bagian tubuh
Sayap
Jumlah kaki
1
Capung
3 bagian (kepala,badan,ekor)
sepasang
3pasang (enam kaki)









































Diskusikan soal - soal di bawah ini!
a.  Tuliskan ciri-ciri yang dimiliki setiap hewan!
b.  Hewan apa saja yang memiliki ciri-ciri yang sama?
c.  Kelompokkan hewan-hewan yang memiliki ciri yang sama!
d.  Kesimpulan apa yang kamu dapatkan dari kegiatan ini?


jawaban LKS
no
Nama tumbuhan
Manfaat
kelompok

bayam
Sumber makanan
Pangan

mawar
Tanaman hias
Tanaman hias

Jagung
Sumber karbohidrat
Pangan

cemara
Tanaman hias dan penghijauan
Tanaman hias

kentang
Sumber karbohidrat
Pangan

kamboja
hiasan
Bahan kosmetik

No
Nama hewan
Bagian tubuh
Sayap
Jumlah kaki
1
Capung
3 bagian (kepala,badan,ekor)
sepasang
3pasang (enam kaki)

belalang
Sama kyk no 1
4/2 pasang
2 untuk lompat

semut
Kepala, badan,kaki
-
6 kaki
soal evaluasi dan jawaban
· Apa pengertian klasifikasi?
Klasifikasi adalah pengelompokan makhluk hidup berdasarkan persamaan persamaan ciri, cara hidup, tempat hidup, daerah penyebaran.
· Apa tujuan klasifikasi makhluk hidup?
Mendeskripsikan ciri-ciri makhluk hidup untuk membedakan tiap-tiap jenis, agar mudah dikenal
Mengelompokkan makhluk hidup berdasarkan persamaan ciri
Mengetahui hubungan kekerabatan antar makhluk hidup
Mempelajari evolusi makhluk hidup atas dasar kekerabatannya
· Bagaimana cara klasifikasi hewan dan tumbuhan? Dapat di lihat dari ciri-cirinya, bentuk, manfaat dll
· Ada berapa macam sistem klasifikasi ? sebutkan! Sistem 2 kingdom, 3 kingdom, 4 kingdom, 5 kingdom
· Adakah manfaat dari klasifikasi makhluk hidup? Jelaskan! Untuk mempermudah dalam mempelajari organisme yang beraneka ragam, Untuk melihat hubungan kekerabatan antar makhluk hidup yang satu dengan yang lain















No comments:

Post a Comment