Satuan
Pendidikan
: SMPN 3 TANGERANG SELATAN
Mata
Pelajaran
: IPA Terpadu
Kelas/semester
: VII/I
Materi
Pokok
: Klasifikasi Makhluk Hidup
Sub
Topik
: Klasifikasi (Pengantar)
Alokasi
Waktu
: 1 pertemuan (1x30 menit)
A. Kompetensi Inti
1.
Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.
Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi,
gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.
Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan
kejadian tampak mata.
4.
Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B. Kompetensi Dasar
1.1. Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan
Tuhan tentang aspek fisik dan
kimiawi, kehidupan dalam ekosistem, dan peranan
manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang
dianutnya.
2.1. Menunjukkan perilaku ilmiah
(memiliki rasa ingin tahu, objektif, jujur, teliti, cermat, tekun, hati-hati,
bertanggungjawab, terbuka, kritis, kreatif, inovatif dan peduli lingkungan)
dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan
percobaan dan
berdiskusi.
2.2.
Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai
wujud implementasi melaksanakan percobaan
dan
melaporkan hasil percobaan.
2.3.
Menunjukkan perilaku bijaksana dan bertanggungjawab dalam aktivitas sehari-hari
sebagai wujud implementasi sikap dalam memilih penggunaan alat dan bahan
kimia untuk menjaga kesehatan diri dan lingkungan.
2.4.
Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu, objektif, jujur,
teliti, cermat, tekun, hati-hati, bertanggungjawab, terbuka, kritis,
kreatif, inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari
sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan dan berdiskusi.
3.3
Memahami prosedur pengklasifikasian makhluk hidup dan benda-benda tak-hidup
sebagai bagian kerja ilmiah,serta mengklasifikasikan berbagai makhluk hidup dan
benda-benda tak-hidup berdasarkan ciri yang diamati.
4.3
Mengumpulkan data dan melakukan klasifikasi terhadap benda-benda, tumbuhan, dan
hewan yang ada di lingkungan sekitar
C. Indikator
3.3.1. Memahami klasifikasi makhluk
hidup.
3.3.2. Memahami prosedur pengklasifikasian makhluk hidup.
3.3.3. Memahami tujuan dan manfaat klasifikasi makhluk hidup
D. Tujuan Pembelajaran
a) Peserta didik dapat menyajikan
hasil pengamatan, mengidentifikasi, dan mengomunikasikan hasil observasinya.
b)
Peserta didik dapat menjelaskan alasan mengapa makhluk hidup perlu
diklasifikasikan.
c) Peserta didik dapat menjelaskan
dasar yang dipakai dalam mengklasifikasikan makhluk hidup.
D. Materi Pembelajaran
Klasifikasi
(pengantar)
Untuk diperhatikan oleh guru pada pertemuan ini konsep yang
disampaikan adalah keanekaragaman hayati (Indonesia sebagai Megabiodiversity
Country),bagaimana mempelajari keanekaragaman yang sangat banyak tersebut,
yaitu dengan mengelompokkannya berdasarkan persamaan dan perbedaan yang
dimiliki.
Keanekaragaman adalah ciri utama kehidupan. Para ahli
biologi sudah mengidentifikasi dan memberi nama
sekitar 1,5 juta
spesies termasuk di dalamnya
lebih dari 260.000 tumbuhan, hampir 50.000 vertebrata, dan lebih dari 750.000
serangga. Ribuan spesies yang baru ditemukan menambah daftar tersebut setiap
tahunnya. Diperkirakan jumlah totalnya adalah 5 juta sampai lebih dari 100
juta.
Jika kehidupan beranekaragamnya, bagaimana biologi memiliki perangkat
untuk menyatukannya? Misalnya adakah
persamaan antara kapang, pohon, dan manusia?
Ternyata sangat banyak. Dibalik keberagaman makhluk hidup
ini terdapat persamaan, terutama pada tingkat organisasi yang lebih
rendah. Misalnya dapat
dilihat dari kemiripan
tertentu yang terdapat pada
struktur sel. Kesatuan juga tampak pada jelas pada kode genetic umum yang
digunakan bersama oleh organisme. Ekspresi yang berbeda-beda dari kode genetik
inilah yang menghasilkan keberagaman makhluk hidup.
Taksonomi adalah cabang dari biologi yang berhubungan dengan penamaan dan
klasifikasi spesies, mengelompokkan organisme berdasarkan skema yang
lebih formal. Jika keanekaragaman hayati dipelajari tanpa klasifikasi, sangat
mungkin tejadi kerancuan pengertian suatu jenis makhluk hidup, misalnya nama
burung gereja, di negara satu berbeda dengan di negara lain.
Untuk mempelajari
makhluk hidup tersebut
perlu dilakukan klasifikasi (pengelompokan) guna memperoleh
gambaran yang jelas secara mudah. Dalam
satu negara sering pula dijumpai spesies hewan atau tumbuhan memiliki nama daerah
berbeda, misalnya pisang di Jawa Tengah dikenal dengan gedang, di Jawa Barat
disebut dengan cau, sedang gedang di Jawa Barat yang dimaksud adalah pepaya.
1) Tujuan dan manfaat
klasifikasi
Klasifikasi
bertujuan menyederhanakan objek
studi makhluk hidup yang sangat
beraneka ragam, sehingga akan lebih mudah dalam mempelajarinya. Adapun
manfaatnya adalah:
a. Untuk penelitian
lebih lanjut sehingga
makhluk hidup yang telah dikenal melalui klasifikasi dapat
dimanfaatkan.
b. Untuk dipelajari
agar dapat melestarikan
keanekaragaman hayati dimasa mendatang.
c. Untuk mengetahui
hubungan antara organisme satu dengan lainnya.
2) Prosedur
pengklasifikasian makhluk hidup
Pengelompokan makhluk hidup dilakukan berdasarkan persamaan
dan perbedaan ciri-ciri yang
dimiliki berbagai makhluk hidup
tersebut. Jika ada beberapa
jenis hewan dan tumbuhan yang akan dikelompokkan, maka hewan
yang memiliki persamaan ciri, dijadikan satu kelompok. Misalnya domba dan sapi
satu kelompok mamalia karena memiliki persamaan
ciri, yakni memiliki rambut pada kulitnya, dan hewan betinanya memiliki
kelenjar susu. Suatu kelompok akan terbentuk dari berbagai jenis hewan yang memiliki
persamaan ciri tubuh. Hewan yang memiliki ciri berbeda membentuk kelompok lain.
Langkah selanjutnya pemberian nama untuk setiap kelompok makhluk
hidup
E. Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : Saintifik
2. Metode :
Pengamtan, diskusi, dan presentasi
F.
Sumber Belajar
1. Wahono, dkk. 2013. Ilmu
Pengetahuan Alam SMP/MTs Kelas VII Buku Guru. Kementrian Pendidikan dan
Kebudayaan. hal. 65-68.
2. Syamsuri, Istamar, dkk.
2003. IPA Biologi Untuk SLTP Kelas 1. Jakarta : Erlangga. hal.44-46.
3. Video keanekaragaman
hayati indonesia
4. Gambar dan
permasalahan keanekargaman hayati.
G.
Media Pembelajaran
1.
Media
LCD, laptop.
2.
Alat dan bahan
Alat :
Alat tulis.
Bahan : Video
keanekaragaman makhluk hidup, dan LKS.
H.
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi
kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
|
Kegiatan
guru
|
Kegiatan
Peserta Didik
|
||
Kegiatan
awal
Apersepsi
Motivasi
|
Guru
memberi salam dan menanyakan kabar peserta didik hari ini.
Guru
mengabsen dan menanyakan siapa yang tidak masuk hari ini?
Guru
menanyakan materi pelajaran yang dipelajari pada pertemuan sebelumnya:
“Anak-anak, masih ada yang ingat pertemuan sebelumnya kita mempelajari apa?”
Mengamati
Guru menampilkan
gambar pedagang buah dan sayur lalu menanyakan Mengapa pedagang selalu
mengelompokan jenis dagangannya?
|
Peserta
didik menjawab salam dan pertanyaan dari guru
Peserta
didik menjawab nama anak yang tidak masuk hari ini.
Peserta
didik menjawab pertanyaan guru: “Belajar tentang ciri-ciri makhluk hidup bu.”
Peserta
didik melakukan yang di pinta guru.
Jawaban
yang di harapkan “agar terlihat rapi dan mudah memilih serta mengenali barang
dagangannya”
|
5 menit
|
Kegiatan
inti :
|
Menanya
Guru
menyajikan informasi baik verbal maupun tulisan.
Mencoba
Guru membagi
siswa dalam beberapaa kelompok, lalu mengintrusikan tugas kelompok untuk
mengelompokan hewan dan tumbuhan berdasarkan cara pengelompokan.
Mengasosiasi
Guru
berkeliling untuk membimbing proses diskusi dan pengolahan data tersebut.
Mengkomunikasi
Guru
mengevaluasi hasil diskusi tentang materi yang telah dipelajari atau
masing-masing kelompok menyajikan hasil kerjanya.
Guru
mencari cara untuk mengenali baik usaha dan prestasi individu juga
kelompoknya dan memberi penghargaan terhadap usaha kelompok maupun individual
|
Peserta
didik mencerna dan memahami materi yang di berikan dan memberikan kesempatan
siswa untuk aktif bertanya.
Peserta
didik mengerjakan tugas dengan kelompoknya, di izinkan mencari referensi dari
buku atau internet tapi di bawah pengawasan guru.
Peserta
didik berdiskusi dan mengaitkan antara tugas dengan materi yang telah di berikan
serta bertanya jika ada yang belum di pahami.
Semua
peserta didik aktif mengeluarkan pendapatnya berdasar data yang diperoleh.
Peserta
didik mendapat penghargaan bagi yang berani menarik kesimpulan dan
mengutarakannya
di muka kelas. Lalu menyimak hal yang di tambahkan atau di luruskan oleh
guru.
|
15 menit
|
Kegiatan
akhir
Penguatan
materi/kesimpulan
Evaluasi
Penutup
|
Guru
mereview hasil diskusi yang dilakukan oleh siswa dan memberikan konsep yang
benar.
Guru
memberi kesempatan kepada siswa untuk menanyakan hal-hal yang kurang jelas.
Guru
memberikan soal evaluasi kepada siswa secara lisan untuk mengetahui tingkat
pemahaman siswa.
Soal :
· Apa
pengertian klasifikasi?
· Apa
tujuan klasifikasi makhluk hidup?
· Bagaimana
cara klasifikasi hewan dan tumbuhan?
· Ada
berapa macam sistem klasifikasi ? sebutkan!
· Adakah
manfaat dari klasifikasi makhluk hidup? Jelaskan!
Guru
menutup pelajaran dan memberikan tugas kepada siswa untuk mempelajari materi
selanjutnya.
|
Peserta
didik mendengarkan review yang disampaikan oleh guru.
Peserta
didik bertanya mengenai hal-hal yang belum dipahami.
Peserta
didik menjawab soal evaluasi secara mandiri.
Peserta
didik mencatat tugas yang disampaikan oleh guru.
|
10 menit
|
I. Penilaian
Aspek spiritual
K.I
|
Jenis instrumen
|
Instrumen yang di gunakan
|
||||
1
|
Check list
|
Kompetensi sikap spiritual
|
Baik (A)
|
Cukup (B)
|
Kurang (C)
|
Range
|
Beribadah sesuai agama yang
dianutnya
|
A = 80-90
B = 70-79
C = 50-69
|
|||||
Siswa menghargai sesama dan
lingkungannya
|
||||||
Ikut andil menjaga kelestarian
lingkungan
|
||||||
Siswa mengaplikasikan pola pikir
ilmiah dalam mengkaji proses-proses biologi
|
||||||
Peran aktif siswa dalam proses
pembelajaran
|
Aspek sosial
KI
|
Jenis instrumen
|
Instrumen yang di gunakan
|
||||
2
|
Check list
|
Kompetensi sikap sosial
|
Baik (A)
|
Cukup (B)
|
Kurang (C)
|
Range
|
Responsif dan peduli terhadap
kondisi lingkungan
|
A = 80-90
B = 70-79
C = 50-69
|
|||||
Kesesuaian terhadap konten materi
|
||||||
Gaya bahasa yang digunakan jelas,
tepat dan efektif
|
||||||
Interaksi siswa dengan siswa lain
|
||||||
Menjelaskan kemampuan yang harus
dicapai dan bersifat prosedural
|
||||||
Aplikasi perilaku ilmiah dalam
kehidupan sehari-hari
|
Aspek kognitif
K.I : 3
Mengelompokkan jenis hewan bertulang belakang (vertebrata)
dan yang tidak bertulang belakang (avertebrata)
Petunjuk :
Masing-masing
kelompok :
1. Mengamati gambar Avertebrata dan mengelompokannya
berdasarkan ciri-ciri yang dimiliki
2. Mengamati hewan Vertebrata ( ikan mujahir, ikan lele,
katak, kadal, cicak, burung, ayam, tikus ) dan mengelompokannya berdasarkan
ciri-ciri yang dimiliki
3. Menulis perbedaan ciri hewan
Avertebrata dan hewan Vertebrata
4. Menulis perbedaan ciri hewan
Avertebrata
Pertanyaan :
INDIKATOR
|
SOAL
|
KUNCI
|
SKOR
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
3.3.1. Memahami klasifikasi makhluk hidup.
|
1.Hewan apa sajakah yang
termasuk Avertebrata ?
3. Hewan apa sajakah yang termasuk Vertebrata ?
|
1.
Porifera, Coelenterata,
Platyhelminthes, Nemathelminthes,Anellida,
Mollusca, Ehinodermata dan
Arthropoda)
3. ikan mujahir, ikan lele, katak, kadal, cicak, burung, ayam, tikus,
|
8
8
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
3.3.2. Memahami prosedur
pengklasifikasian makhluk hidup.
|
5. Tulislah perbedaan ciri ewan-hewan tersebut ke
dalam tabel !
|
5.
|
20
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
3.3.3. Memahami tujuan dan manfaat
klasifikasi makhluk hidup
|
2. Mengapa hewan-hewan tersebut disebut hewan Avertebrata ?
4. Mengapa hewan-hewan tersebut disebut hewan Vertebrata ?
|
2.
Karena tidak mempunyai ruas-ruas
tulang belakang
4.Karena mempunyai ruas-ruas tulang belakang
|
2
2
Total
40
|
Nilai : skor
perolehan x 10
Aspek keterampilan
K.I
|
Jenis instrumen
|
Kompetensi siswa dikelas
|
Skala index
|
|||
4
|
Skala penilaian (rating
scale)
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|
Peran aktif siswa
|
||||||
Tanggung jawab kerjasama
|
||||||
Keterampilan kerja
|
||||||
Ketuntasan kerja dan laporan hasil kerja
|
||||||
Menggunakan teknik yang sesuai
|
Tangerang Selatan,
..........................................
Mengetahui,
Kepala
Sekolah
Guru
Mata Pelajaran
.........................................
.........................................
NIP.
NIP.
LEMBAR KERJA SISWA 1
Kelompok : …..
Nama anggota : ………………… …………………
………………… …………………
………………… …………………
Kompetensi
Dasar : 4.3 Mengumpulkan data dan melakukan klasifikasi terhadap
benda-benda, tumbuhan, dan hewan yang ada di lingkungan sekitar .
Tujuan
: Mengelompokkan tumbuhan
Lakukan langkah-langkah berikut.
1.
Perhatikan dan amati
tumbuh-tumbuhan berikut ini!
1.
2.
Kelompokkan tumbuhan diatas ke
dalam table berikut !
no
|
Nama tumbuhan
|
Manfaat
|
kelompok
|
3.
Diskusikan pertanyaan di bawah ini
dengan teman sekelompokmu!
a.
Adakah tumbuhan yang memiliki
manfaat yang sama ? sebutkan!
b.
Apa yang digunakan sebagai dasar
dalam mengelompokkan tumbuhan tersebut?
c.
Buatlah kesimpulan
Tumbuhan dapat
dikelompokkan berdasarkan ………………….
Yaitu terbagi
menjadi kelompok :
1.
Tumbuhan ……………………….. Contohnya
………………………………
…………………………………………………………………………………
2.
Tumbuhan ……………………….. Contohnya
………………………………
…………………………………………………………………………………
3.
Tumbuhan ……………………….. Contohnya
………………………………
………………………………………………………………………………….
4.
Tumbuhan ……………………….. Contohnya
………………………………
…………………………………………………………………………………..
5.
Tumbuhan ……………………….. Contohnya
……………………………….
…………………………………………………………………………………..
LEMBAR KERJA SISWA
2
Tujuan : Mempelajari cara Mengelompokkan Hewan
1. Amati gambar hewan di bawah ini!.
2. Tulislah hasil
pengamatanmu pada tabel berikut!
No
|
Nama
hewan
|
Bagian
tubuh
|
Sayap
|
Jumlah
kaki
|
1
|
Capung
|
3
bagian (kepala,badan,ekor)
|
sepasang
|
3pasang
(enam kaki)
|
Diskusikan soal -
soal di bawah ini!
a. Tuliskan ciri-ciri yang dimiliki setiap
hewan!
b. Hewan apa saja yang memiliki ciri-ciri yang
sama?
c. Kelompokkan hewan-hewan yang memiliki ciri
yang sama!
d. Kesimpulan apa yang kamu dapatkan dari kegiatan
ini?
jawaban LKS
no
|
Nama tumbuhan
|
Manfaat
|
kelompok
|
bayam
|
Sumber makanan
|
Pangan
|
|
mawar
|
Tanaman hias
|
Tanaman hias
|
|
Jagung
|
Sumber karbohidrat
|
Pangan
|
|
cemara
|
Tanaman hias dan penghijauan
|
Tanaman hias
|
|
kentang
|
Sumber karbohidrat
|
Pangan
|
|
kamboja
|
hiasan
|
Bahan kosmetik
|
No
|
Nama
hewan
|
Bagian
tubuh
|
Sayap
|
Jumlah
kaki
|
1
|
Capung
|
3
bagian (kepala,badan,ekor)
|
sepasang
|
3pasang
(enam kaki)
|
belalang
|
Sama
kyk no 1
|
4/2
pasang
|
2
untuk lompat
|
|
semut
|
Kepala,
badan,kaki
|
-
|
6
kaki
|
soal evaluasi dan
jawaban
· Apa pengertian
klasifikasi?
Klasifikasi
adalah pengelompokan makhluk hidup berdasarkan persamaan persamaan ciri, cara
hidup, tempat hidup, daerah penyebaran.
· Apa tujuan
klasifikasi makhluk hidup?
Mendeskripsikan ciri-ciri makhluk hidup untuk
membedakan tiap-tiap jenis, agar mudah dikenal
Mengelompokkan makhluk hidup berdasarkan persamaan
ciri
Mengetahui hubungan kekerabatan antar makhluk hidup
Mempelajari evolusi makhluk hidup atas dasar
kekerabatannya
· Bagaimana
cara klasifikasi hewan dan tumbuhan? Dapat di lihat dari ciri-cirinya, bentuk,
manfaat dll
· Ada berapa
macam sistem klasifikasi ? sebutkan! Sistem 2 kingdom, 3 kingdom, 4 kingdom, 5
kingdom
· Adakah
manfaat dari klasifikasi makhluk hidup? Jelaskan! Untuk mempermudah dalam
mempelajari organisme yang beraneka ragam, Untuk melihat hubungan kekerabatan
antar makhluk hidup yang satu dengan yang lain
No comments:
Post a Comment