RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama
Sekolah : SMAN 6
Tangerang Selatan
Mata
Pelajaran : Biologi
Kelas/Semester : X/1
Materi
Pokok :
Komponen Ekosistem
Alokasi
Waktu : 1x30 menit
A.
Kompetensi Inti
- Menghayati dan mengamalkan
ajaran agama yang dianutnya.
- Menghayati dan mengamalkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
- Memahami, menerapkan, dan
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa
ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan
humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan
bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
- Mengolah, menalar, dan menyaji
dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari
yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda
sesuai kaidah keilmuan.
B.
Kompetensi Dasar
1.1
Mengagumi
keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang keanekaragaman hayati,
ekosistem, dan lingkungan hidup.
2.1
Berperilaku
ilmiah: teliti, tekun, jujur sesuai data dan fakta, disiplin, tanggung
jawab,dan peduli dalam observasi dan eksperimen, berani dan santun dalam
mengajukan pertanyaan dan berargumentasi, peduli lingkungan, gotong royong,
bekerjasama, cinta damai, berpendapat secara ilmiah dan kritis, responsif dan
proaktif dalam dalam setiap tindakan dan dalam melakukan pengamatan dan
percobaan di dalam kelas/laboratorium maupun di luar kelas/laboratorium.
3.11Mendeskripsikan peran komponen
ekosistem dalam aliran energy dan daur
biogeokimia serta pemanfaatan komponen ekosistem bagi kehidupan
4.11Melakukan pengamatan pada suatu
ekosistem dan mengidentifikasi komponen-komponen penyusunnya serta
menggambarkan hubungan antar komponen dan kaitannya dengan aliran energy.
C. Indikator
1. Mendeskripsikan informasi/data dari berbagai sumber
tentang ekosistem
2. Mengidentifikasi komponen penyusun ekosistem
3. Menganalisis peran setiap penyususun dalam ekosistem
tersebut
4. Menganalisis interaksi antar komponen ekosistem
D. Tujuan
Pembelajaran
1.
Peserta didik dapat mendeskripsikan
ciri-ciri ekosistem dan mengklasifikasikan komponen di dalamnya.
2.
Peserta didik dapat
menjelaskan peran dari setiap komponen dalam ekosistem.
3.
Peserta didik dapat mencontohkan interaksi-interaksi yang
berlangsung dalam ekosistem
E.
Materi Pembelajaran
EKOSISTEM
Ekosistem merupakan suatu sistem ekologi yang terbentuk oleh hubungan
timbal balik antara makhluk hidup dengan lingkungannya. Ekosistem bisa
dikatakan juga suatu tatanan kesatuan secara utuh dan menyeluruh antara segenap
unsur lingkungan hidup yang saling mempengaruhi.
Ekosistem disusun oleh komponen
antara lain :
·
Komponen
Biotik adalah komponen yang meliputi semua makhluk hidup yang ada di bumi,
terdiri dari:
a. Produsen adalah organisme
yang dapat menghasilkan makanan dan penyedia makanan untuk makhluk hidup yang
lain. Contoh : Tumbuhan hijau.
b. Konsumen adalah organisme
yang tidak dapat membuat makanannya sendiri dan bergantung pada organisme lain
dalam hal makanan.Contoh :belalang , sapi, kambing ,dll.
c. Pengurai adalah organisme
yang menguraikan organisme mati. Contoh pengurai adalah jamur dan bakteri.
d. Detritivor adalah organisme
heterotrof yang memanfaatkan serpihan organik sebagai sumber makanan. Contohnya
: Cacing tanah.
2.
Komponen
Abiotik adalah komponen tak hidup yang berada disekitar makhluk hidup ,
terdiri dari:
a.Cahaya matahari
b.Tanah
c.Air
d.Udara
e.Suhu
f.Kelembaban
Dalam suatu ekosistem pola interaksi
dibedakan menjadi dua, yaitu sebagai berikut:
1 Interaksi Antarorganisme
Semua makhluk hidup selalu bergantung
pada makhluk hidup lain. Interaksi Antarorganisme dapat digolongkan menjadi :
a. Netral, merupakan bentuk hubungan tidak saling
mengganggu antarorganisme dalam habitat yang sama. Contoh: Belalang dan
kambing.
b. Predasi, merupakan bentuk hubungan antara mangsa (prey)
dan pemangsa (predator). Predator memiliki fungsi sebagai pengontrol populasi
mangsa. Contoh: Singa dan kijang, Kucing dan tikus.
c. Simbiosis, merupakan bentuk hubungan antara dua makhluk
hidup yang berbeda jenis dalam suatu ekosistem. Simbiosis dibedakan menjadi 3
macam berdasarkan sifatnya, yakni:
·
Mutualisme,
merupakan bentuk hubungan antar organisme berbeda jenis yang saling menguntungkan.
Contoh: kupu-kupu dengan tumbuhan berbunga.
·
Komensalisme,
merupakan bentuk hubungan antara dua organisme yang berbeda jenis dimana salah
satu diuntungkan dan yang lain tidak dirugikan. Contoh: Anggrek dengan pohon
inang (host).
·
Parasitisme,
merupakan bentuk hubungan antara dua organisme dimana yang satu diuntungkan
tetapi yang lain dirugikan. Contoh :benalu dengan pohon mangga.
·
Kooperatif,
merupakan bentk hubungan antara dua organisme berbeda jenis yang saling
menguntungkan, tetapi jika keduanya terpisah proses hidup masing-masing
organisme tidak terganggu. Contoh: ganggang dan jamur yang membentuk liken
(lichenes)..
2. Interaksi Antarpopulasi
Antara populasi yang satu dengan
populasi yang lain selalu terjadi interaksi secara langsung atau tidak langsung.
Interaksi antarpopulasi dibedakan menjadi :
a. Alelopati, merupakan bentuk interaksi antarpopulasi
dimana populasi yang satu menghasilkan zat yang menghambat pertumbuhan populasi
lain. Contoh: Pohon walnut, disekitarnya tidak ditumbuhi tanaman lain. Hal ini
disebabkan pohon walnut menghasilkan zat yang bersifat toksik; Jamur
Penicillium, sp menghasilkan zat antibiotik yang menghambat pertumbuhan bakteri
tertentu, hubungan semacam ini juga dinamakan Antibiosis.
b. Kompetisi, merupakan bentuk interaksi antarpopulasi
karena terdapat kepentingan yang sama untuk mendapatkan apa yang diperlukan. Contoh:
Populasi kambing dan populasi sapi di padang rumput; populasi rumput dan
populasi jagung di kebun.
F. Metode
Pembelajaran
1. Pendekatan : Scientific Approach
2. Model : Guided Discovery
G. Media
Pembelajaran
Beberapa gambar tentang ekosistem,
LKS, power point, Papan tulis, spidol, dan penghapus.
H. Sumber
Belajar
Ari, Sulistyorini. 2009. BIOLOGI I.
Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional.
Idun, Kistinnah,dkk.2009.BIOLOGI Makhluk
Hidup dan Lingkungan. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional.
Pratiwi, D. A. 2007. Biologi untuk
SMA Kelas X. Jakarta: Erlangga
I.
Langkah – Langkah
Kegiatan
|
Deskripsi kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
|
Kegiatan guru
|
Kegiatan Peserta Didik
|
||
Kegiatan awal
Apersepsi
Motivasi
|
Guru memberi salam dan menanyakan
kabar peserta didik hari ini.
Guru mengabsen dan menanyakan siapa
yang tidak masuk hari ini?
Guru menanyakan materi pelajaran
yang dipelajari pada pertemuan sebelumnya: “Anak-anak, masih ada yang ingat
pertemuan sebelumnya kita mempelajari apa?”
Mengamati
Guru memberikan kesempatan kepada peserta
didik untuk menentukan materi pembelajaran dengan menunjukkan suatu media pembelajaran.
Motivasi.
|
Peserta didik menjawab salam dan
pertanyaan dari guru
Peserta didik menjawab nama anak
yang tidak masuk hari ini.
Peserta didik menjawab pertanyaan
guru: “Belajar tentang tumbuhan dan hewan, bu.”
Peserta didik memperhatikan media yang dibawa oleh guru dan menjawab
pertanyaan guru.
|
5 menit
|
Kegiatan inti :
Problem statement
(pernyataan/ identifikasi masalah)
Data collection
(Pengumpulan Data)
Data Processing (Pengolahan Data)
Verification (Pembuktian)
Generalization (menarik kesimpulan/generalisasi)
|
Guru membagi peserta didik dalam beberapa kelompok
Menanya
Guru memberi suatu pertanyaan terkait media yang ada.
Guru memberikan materi dan penjelasan terkait dengan pertanyaan di awal
tadi
Mencoba
Guru memberikan tugas berupa LKS (lembar kerja siswa) untuk didiskusikan
dengan kelompoknya terkait materi.
Mengasosiasi
Guru berkeliling untuk memeriksa proses diskusi dan pengolahan data
tersebut.
Mengkomunikasi
Semua kelompok mengutarakan penemuannya dan di komentari kelompok lain.
Guru meminta salah satu atau lebih dari peserta didik untuk menarik
kesimpulan. Kemuadian guru menambahkan jikaada kekurangan atau meluruskan
jika ada yang keliru.
|
Peserta didik menyesuaikan diri bersama kelompoknya dan mengikuti
instruksi selanjutnya.
Peserta didik mencerna dan memahami materi yang di berikan.
Peserta didik mencari informasi dari berbagai literatur untuk menjawab
tugas yang di berikan.
Peserta didik berdiskusi dan mengaitkan antara tugas dengan materi yang
telah di berikan serta bertanya jika ada yang belum di pahami.
Semua peserta didik aktif mengeluarkan pendapatnya berdasar data yang
diperoleh.
Peserta didik menarik
kesimpulan dan
mengutarakannya di muka kelas. Lalu menyimak hal yang di tambahkan atau
di luruskan oleh guru.
|
15 menit
|
Kegiatan akhir
|
Guru mereview hasil diskusi yang
dilakukan oleh siswa dan memberikan konsep yang benar.
Guru memberi kesempatan kepada
siswa untuk menanyakan hal-hal yang kurang jelas.
Guru memberikan soal evaluasi
kepada siswa secara mandiri untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa.
Guru menutup pelajaran dan memberikan tugas kepada siswa untuk
mempelajari materi selanjutnya.
|
Masing-masing perwakilan kelompok
mempresentasikan hasil pengamatan yang diperoleh .
Peserta didik mendengarkan review
yang disampaikan oleh guru.
Peserta didik bertanya mengenai
hal-hal yang belum dipahami.
Peserta didik mengerjakan soal
evaluasi secara mandiri.
Peserta didik mencatat tugas yang disampaikan oleh guru.
|
10 menit
|
J.
Penilaian Hasil Pembelajaran
Aspek spiritual
K.I
|
Jenis instrumen
|
Instrumen yang di gunakan
|
||||
1
|
Check list
|
Kompetensi sikap spiritual
|
Baik (A)
|
Cukup (B)
|
Kurang (C)
|
range
|
Beribadah sesuai agama yang dianutnya
|
|
|
|
A = 80-90
B = 70-79
C = 50-69
|
||
Siswa menghargai sesama dan lingkungannya
|
|
|
|
|||
Ikut andil menjaga kelestarian lingkungan
|
|
|
|
|||
Siswa mengaplikasikan pola pikir ilmiah dalam
mengkaji proses-proses biologi
|
|
|
|
|||
Peran aktif siswa dalam proses pembelajaran
|
|
|
|
Aspek sosial
KI
|
Jenis instrumen
|
Instrumen yang di gunakan
|
||||
2
|
Check list
|
Kompetensi sikap sosial
|
Baik (A)
|
Cukup (B)
|
Kurang (C)
|
Range
|
Responsif dan peduli terhadap kondisi lingkungan
|
|
|
|
A = 80-90
B = 70-79
C = 50-69
|
||
Kesesuaian terhadap konten materi
|
|
|
|
|||
Gaya bahasa yang digunakan jelas, tepat dan efektif
|
|
|
|
|||
Interaksi siswa dengan siswa lain
|
|
|
|
|||
Menjelaskan kemampuan yang harus dicapai dan bersifat
prosedural
|
|
|
|
|||
Aplikasi perilaku ilmiah dalam kehidupan sehari-hari
|
|
|
|
Aspek kognitif
K.I : 3
Jenis instrumen : tes tertulis
Indikator
|
Soal
|
Kunci
|
Skor
|
||||||||
1. Mengidentifikasi komponen penyusun ekosistem
|
1. Ekosistem dikatakan
seimbang dan dinamis jika ….
a. tidak terjadi persaingan
antarindividu di dalamnya
b. jumlah produsen tidak melimpah
c. jumlah konsumen melimpah
d. jumlah pengurai seimbang dengan produsen
e. jumlah semua komponen ekosistem sesuai dengan fungsi masing-masing
a. genetik
b. ekosistem
c. habitat
d. spesies
e. individu
a. proses perubahan yang memakan waktu sangat lama
b. proses perubahan ekosistem karena pengaruh lingkungan sekitar
c. proses perubahan menjadi ekosistem baru yang lebih sempit
d. proses perubahan yang melibatkan semua komponen
e. proses perubahan komunitas menuju satu arah secara teratur
|
1. e
2. e
3. e
4. d
5.d
6. b
7. b
8. d
9. d
10. c
|
Tiap point skor = 2
Total Bx2 /2
|
||||||||
2.
Menganalisis peran setiap penyususun dalam ekosistem
tersebut
|
4. Di antara
tingkatan tropik berikut yang bebas dari pemangsa adalah ….
a. produsen
b. konsumen pertama
c. konsumen kedua
d. predator puncak
e. herbivore
5. Perhatikan
piramida ekologi berikut.
Jika populasi tingkat II punah, akan mengakibatkan populasi tingkat ....
a. III meningkat, I turun, IV meningkat
b. III turun, I turun, IV turun
c. III turun, I meningkat, IV turun
d. III turun, I meningkat, IV meningkat
e. III meningkat, I meningkat, IV turun
Berikut ini yang
bukan merupakan komponen abiotik adalah ….
a. air
b. suhu
c. cahaya
d. rerumputan
e. tanah
6. Di dalam
ekosistem terdapat
1. Populasi
2. Individu
3. Ekosistem
4. Komunitas
Urutan satuan organisasi dalam suatu ekosistem dari
yang sederhana sampai yang kompleks adalah ….
a. 4 – 1 – 3 – 2
b. 2 – 1 – 4 – 3
c. 1 – 2 – 3 – 4
d. 3 – 1 – 4 – 2
e. 4 – 2 – 3 – 1
7. Di suatu padang
rumput, terdapat sekumpulan sapi, rumput, pohon jambu, semut, dan seorang
penggembala. Sekumpulan sapi di padang rumput tersebut merupakan ….
a. spesies
b. populasi
c. komunitas
d. ekosistem
e. biosfer
|
|
|
||||||||
8. Menganalisis interaksi antar komponen ekosistem
|
8. Interaksi antara kucing dengan kambing di suatu
ekosistem ladang merupakan….
a.komensalisme
b.mutualisme
c.parasitisme
d.netralisme
e.kompetisi
9. Berrikut ini yang merupakan interaksi antarpopulasi
predasi yaitu…
a. Cicak dan nyamuk
b. Nyamuk dan manusia
c. Nyamuk dan lalat
d. Tikus dan kecoa
e. Kucing dan anjing
10.
Interaksi antar spesies yang merupakan amensalisme yaitu…
a.
Ikan hiu dengan remora
b.
Anggrek di pohon
c.
Alga scenedemus
dengan bakteri
d.
Ular dengan tikus
e.
E.coli di usus manusia
|
|
|
Aspek keterampilan
K.I
|
Jenis instrumen
|
Kompetensi siswa dikelas
|
Skala index
|
|||
4
|
Skala penilaian (rating scale)
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|
Peran aktif siswa
|
|
|
|
|
||
Tanggung jawab kerjasama
|
|
|
|
|
||
Keterampilan kerja
|
|
|
|
|
||
Ketuntasan kerja dan laporan hasil
kerja
|
|
|
|
|
||
Menggunakan teknik yang sesuai
|
|
|
|
|
LEMBAR KERJA SISWA
a.
Padang rumput c.
sungai
b.
sawah
Jenis ekosistem :
Lokasi :
Komponen abiotik
|
Komponen biotik
|
Interaksi yang ada
|
Keterangan
|
|
Nama/jenis
|
Peran (misal produsen
/konsumen/pengurai)
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Pertanyaan
1.
Sebutkan komponen abiotik dan biotik yang terdapat
dalam ekosistem yang kalian amati!
2.
Adakah produsen yang berperan sebagai produsen,
konsumen atau pengurai? Sebutkan!
3.
Jelaskan interaksi yang terjadi dalam ekosistem
tersebut!
4.
Adakah bentuk interaksi antara komponen biotik dengan
komponen biotik lainnya? (misal netralisme, kompetisi, komensalisme, mutualisme,
parasitisme, predasi) jika ada coba jelaskan!
No comments:
Post a Comment