RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Komponen Ekosistem

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah                      : SMAN 6 Tangerang Selatan
Mata Pelajaran                    : Biologi
Kelas/Semester                     : X/1
Materi Pokok                                   : Komponen Ekosistem
Alokasi Waktu                      : 1x30 menit
 


A.     Kompetensi Inti
  1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
  2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
  3. Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
  4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
B.     Kompetensi Dasar
1.1    Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang keanekaragaman hayati, ekosistem, dan lingkungan hidup.

2.1    Berperilaku ilmiah: teliti, tekun, jujur sesuai data dan fakta, disiplin, tanggung jawab,dan peduli dalam observasi dan eksperimen, berani dan santun dalam mengajukan pertanyaan dan berargumentasi, peduli lingkungan, gotong royong, bekerjasama, cinta damai, berpendapat secara ilmiah dan kritis, responsif dan proaktif dalam dalam setiap tindakan dan dalam melakukan pengamatan dan percobaan di dalam kelas/laboratorium maupun di luar kelas/laboratorium.

3.11Mendeskripsikan peran komponen ekosistem dalam aliran energy  dan daur biogeokimia serta pemanfaatan komponen ekosistem bagi kehidupan

4.11Melakukan pengamatan pada suatu ekosistem dan mengidentifikasi komponen-komponen penyusunnya serta menggambarkan hubungan antar komponen dan kaitannya dengan aliran energy.

C.     Indikator

1.    Mendeskripsikan informasi/data dari berbagai sumber tentang ekosistem
2.    Mengidentifikasi komponen penyusun ekosistem
3.    Menganalisis peran setiap penyususun dalam ekosistem tersebut
4.    Menganalisis interaksi antar komponen ekosistem
D.     Tujuan Pembelajaran
1.      Peserta didik dapat mendeskripsikan ciri-ciri ekosistem dan mengklasifikasikan komponen di dalamnya.
2.      Peserta didik dapat menjelaskan peran dari setiap komponen dalam ekosistem.
3.      Peserta didik dapat mencontohkan interaksi-interaksi yang berlangsung dalam ekosistem

E.     Materi Pembelajaran
EKOSISTEM
Ekosistem merupakan suatu sistem ekologi yang terbentuk oleh hubungan timbal balik antara makhluk hidup dengan lingkungannya. Ekosistem bisa dikatakan juga suatu tatanan kesatuan secara utuh dan menyeluruh antara segenap unsur lingkungan hidup yang saling mempengaruhi.
Ekosistem disusun oleh komponen antara lain :
·         Komponen Biotik adalah komponen yang meliputi semua makhluk hidup yang ada di bumi, terdiri dari:
a. Produsen adalah organisme yang dapat menghasilkan makanan dan penyedia makanan untuk makhluk hidup yang lain. Contoh : Tumbuhan hijau.
b. Konsumen adalah organisme yang tidak dapat membuat makanannya sendiri dan bergantung pada organisme lain dalam hal makanan.Contoh :belalang , sapi, kambing ,dll.
c. Pengurai adalah organisme yang menguraikan organisme mati. Contoh pengurai adalah jamur dan bakteri.
d. Detritivor adalah organisme heterotrof yang memanfaatkan serpihan organik sebagai sumber makanan. Contohnya : Cacing tanah.
2.      Komponen Abiotik adalah komponen tak hidup yang berada disekitar makhluk hidup , terdiri dari: 
a.Cahaya matahari
b.Tanah
c.Air
d.Udara
e.Suhu
f.Kelembaban
Dalam suatu ekosistem pola interaksi dibedakan menjadi dua, yaitu sebagai berikut:
1      Interaksi Antarorganisme
Semua makhluk hidup selalu bergantung pada makhluk hidup lain. Interaksi Antarorganisme dapat digolongkan menjadi :
a.    Netral, merupakan bentuk hubungan tidak saling mengganggu antarorganisme dalam habitat yang sama. Contoh: Belalang dan kambing.
b.    Predasi, merupakan bentuk hubungan antara mangsa (prey) dan pemangsa (predator). Predator memiliki fungsi sebagai pengontrol populasi mangsa. Contoh: Singa dan kijang, Kucing dan tikus.
c.    Simbiosis, merupakan bentuk hubungan antara dua makhluk hidup yang berbeda jenis dalam suatu ekosistem. Simbiosis dibedakan menjadi 3 macam berdasarkan sifatnya, yakni:
·      Mutualisme, merupakan bentuk hubungan antar organisme berbeda jenis yang saling menguntungkan. Contoh: kupu-kupu dengan tumbuhan berbunga.
·      Komensalisme, merupakan bentuk hubungan antara dua organisme yang berbeda jenis dimana salah satu diuntungkan dan yang lain tidak dirugikan. Contoh: Anggrek dengan pohon inang (host).
·      Parasitisme, merupakan bentuk hubungan antara dua organisme dimana yang satu diuntungkan tetapi yang lain dirugikan. Contoh :benalu dengan pohon mangga.
·      Kooperatif, merupakan bentk hubungan antara dua organisme berbeda jenis yang saling menguntungkan, tetapi jika keduanya terpisah proses hidup masing-masing organisme tidak terganggu. Contoh: ganggang dan jamur yang membentuk liken (lichenes)..
2.    Interaksi Antarpopulasi
Antara populasi yang satu dengan populasi yang lain selalu terjadi interaksi secara langsung atau tidak langsung. Interaksi antarpopulasi dibedakan menjadi :
a.    Alelopati, merupakan bentuk interaksi antarpopulasi dimana populasi yang satu menghasilkan zat yang menghambat pertumbuhan populasi lain. Contoh: Pohon walnut, disekitarnya tidak ditumbuhi tanaman lain. Hal ini disebabkan pohon walnut menghasilkan zat yang bersifat toksik; Jamur Penicillium, sp menghasilkan zat antibiotik yang menghambat pertumbuhan bakteri tertentu, hubungan semacam ini juga dinamakan Antibiosis.
b.    Kompetisi, merupakan bentuk interaksi antarpopulasi karena terdapat kepentingan yang sama untuk mendapatkan apa yang diperlukan. Contoh: Populasi kambing dan populasi sapi di padang rumput; populasi rumput dan populasi jagung di kebun.

F.      Metode Pembelajaran
1. Pendekatan  : Scientific Approach
2. Model          : Guided Discovery
G.    Media Pembelajaran
Beberapa gambar tentang ekosistem, LKS, power point, Papan tulis, spidol, dan penghapus.
H.    Sumber Belajar
Ari, Sulistyorini. 2009. BIOLOGI I. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional.
Idun, Kistinnah,dkk.2009.BIOLOGI Makhluk Hidup dan Lingkungan. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional.
Pratiwi, D. A. 2007. Biologi untuk SMA Kelas X. Jakarta: Erlangga
I.       Langkah – Langkah
Kegiatan
Deskripsi kegiatan
Alokasi Waktu
Kegiatan guru
Kegiatan Peserta Didik
Kegiatan awal





Apersepsi











Motivasi
Guru memberi salam dan menanyakan kabar peserta didik hari ini.

Guru mengabsen dan menanyakan siapa yang tidak masuk hari ini?

Guru menanyakan materi pelajaran yang dipelajari pada pertemuan sebelumnya: “Anak-anak, masih ada yang ingat pertemuan sebelumnya kita mempelajari apa?”
Mengamati
Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk menentukan materi pembelajaran dengan  menunjukkan suatu media pembelajaran.
Motivasi.
Peserta didik menjawab salam dan pertanyaan dari guru

Peserta didik menjawab nama anak yang tidak masuk hari ini.
Peserta didik menjawab pertanyaan guru: “Belajar tentang tumbuhan dan hewan, bu.”



Peserta didik memperhatikan media yang dibawa oleh guru dan menjawab pertanyaan guru.
5  menit
Kegiatan inti :
Problem statement
(pernyataan/ identifikasi    masalah)







Data collection
(Pengumpulan Data)





Data Processing (Pengolahan Data)



Verification (Pembuktian)




Generalization (menarik kesimpulan/generalisasi)

Guru membagi peserta didik dalam beberapa kelompok

Menanya
Guru memberi suatu pertanyaan terkait media yang ada.

Guru memberikan materi dan penjelasan terkait dengan pertanyaan di awal tadi

Mencoba
Guru memberikan tugas berupa LKS (lembar kerja siswa) untuk didiskusikan dengan kelompoknya terkait materi.

Mengasosiasi
Guru berkeliling untuk memeriksa proses diskusi dan pengolahan data tersebut.

Mengkomunikasi
Semua kelompok mengutarakan penemuannya dan di komentari kelompok lain.

Guru meminta salah satu atau lebih dari peserta didik untuk menarik kesimpulan. Kemuadian guru menambahkan jikaada kekurangan atau meluruskan jika ada yang keliru.
Peserta didik menyesuaikan diri bersama kelompoknya dan mengikuti instruksi selanjutnya.

Peserta didik mencerna dan memahami materi yang di berikan.




Peserta didik mencari informasi dari berbagai literatur untuk menjawab tugas yang di berikan.


Peserta didik berdiskusi dan mengaitkan antara tugas dengan materi yang telah di berikan serta bertanya jika ada yang belum di pahami.


Semua peserta didik aktif mengeluarkan pendapatnya berdasar data yang diperoleh.


Peserta didik menarik
kesimpulan dan
mengutarakannya di muka kelas. Lalu menyimak hal yang di tambahkan atau di luruskan oleh guru.
15 menit
Kegiatan akhir


Guru mereview hasil diskusi yang dilakukan oleh siswa dan memberikan konsep yang benar.

Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menanyakan hal-hal yang kurang jelas.

Guru memberikan soal evaluasi kepada siswa secara mandiri untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa.

Guru menutup pelajaran dan memberikan tugas kepada siswa untuk mempelajari materi selanjutnya.
Masing-masing perwakilan kelompok mempresentasikan hasil pengamatan yang diperoleh .

Peserta didik mendengarkan review yang disampaikan oleh guru.

Peserta didik bertanya mengenai hal-hal yang belum dipahami.

Peserta didik mengerjakan soal evaluasi secara mandiri.

Peserta didik mencatat tugas yang disampaikan oleh guru.
10 menit







J.      Penilaian Hasil Pembelajaran

Aspek spiritual
K.I
Jenis instrumen
Instrumen yang di gunakan
1
Check list
Kompetensi sikap spiritual
Baik (A)
Cukup (B)
Kurang (C)
range
Beribadah sesuai agama yang dianutnya



A = 80-90
B = 70-79
C = 50-69
Siswa menghargai sesama dan lingkungannya



Ikut andil menjaga kelestarian lingkungan



Siswa mengaplikasikan pola pikir ilmiah dalam mengkaji proses-proses biologi



Peran aktif siswa dalam proses pembelajaran




Aspek sosial
KI
Jenis instrumen
Instrumen yang di gunakan
2
Check list
Kompetensi sikap sosial
Baik (A)
Cukup (B)
Kurang (C)
Range
Responsif dan peduli terhadap kondisi lingkungan



A = 80-90
B = 70-79
C = 50-69
Kesesuaian terhadap konten materi



Gaya bahasa yang digunakan jelas, tepat dan efektif



Interaksi siswa dengan siswa lain



Menjelaskan kemampuan yang harus dicapai dan bersifat prosedural



Aplikasi perilaku ilmiah dalam kehidupan sehari-hari




Aspek kognitif
K.I : 3
Jenis instrumen : tes tertulis

Indikator
Soal
Kunci
Skor
1.      Mengidentifikasi komponen penyusun ekosistem

1.      Ekosistem dikatakan seimbang dan dinamis jika ….
a. tidak terjadi  persaingan antarindividu di dalamnya
b. jumlah produsen tidak melimpah
c. jumlah konsumen melimpah
d. jumlah pengurai seimbang dengan produsen
e. jumlah semua komponen ekosistem sesuai dengan fungsi masing-masing
  1. Di dalam satu populasi terdapat banyak ....
a. genetik
b. ekosistem
c. habitat
d. spesies
e. individu
  1. Yang dimaksud dengan suksesi adalah ….
a. proses perubahan yang memakan waktu sangat lama
b. proses perubahan ekosistem karena pengaruh lingkungan sekitar
c. proses perubahan menjadi ekosistem baru yang lebih sempit
d. proses perubahan yang melibatkan semua komponen
e. proses perubahan komunitas menuju satu arah secara teratur

1. e
2. e
3. e
4. d
5.d
6. b
7. b
8. d
9. d
10. c
Tiap point skor = 2

Total Bx2 /2
2.      Menganalisis peran setiap penyususun dalam ekosistem tersebut
4.      Di antara tingkatan tropik berikut yang bebas dari pemangsa adalah ….
a. produsen
b. konsumen pertama
c. konsumen kedua
d. predator puncak
e. herbivore
5.      Perhatikan piramida ekologi berikut.
1
4
3
2
padi
tikus
ular
elang
 







Jika populasi tingkat II punah, akan mengakibatkan populasi tingkat ....
a. III meningkat, I turun, IV meningkat
b. III turun, I turun, IV turun
c. III turun, I meningkat, IV turun
d. III turun, I meningkat, IV meningkat
e. III meningkat, I meningkat, IV turun
Berikut ini yang bukan merupakan komponen abiotik adalah ….
a. air
b. suhu
c. cahaya
d. rerumputan
e. tanah
6.      Di dalam ekosistem terdapat
1. Populasi
2. Individu
3. Ekosistem
4. Komunitas
Urutan satuan organisasi dalam suatu ekosistem dari
yang sederhana sampai yang kompleks adalah ….
a. 4 – 1 – 3 – 2
b. 2 – 1 – 4 – 3
c. 1 – 2 – 3 – 4
d. 3 – 1 – 4 – 2
e. 4 – 2 – 3 – 1
7.      Di suatu padang rumput, terdapat sekumpulan sapi, rumput, pohon jambu, semut, dan seorang penggembala. Sekumpulan sapi di padang rumput tersebut merupakan ….
a. spesies
b. populasi
c. komunitas
d. ekosistem
e. biosfer





8.      Menganalisis interaksi antar komponen ekosistem

8.      Interaksi antara kucing dengan kambing di suatu ekosistem ladang merupakan….
a.komensalisme
b.mutualisme
c.parasitisme
d.netralisme
e.kompetisi
9.      Berrikut ini yang merupakan interaksi antarpopulasi predasi yaitu…
a.       Cicak dan nyamuk
b.      Nyamuk dan manusia
c.       Nyamuk dan lalat
d.      Tikus dan kecoa
e.       Kucing dan anjing
10.  Interaksi antar spesies yang merupakan amensalisme yaitu…
a.      Ikan hiu dengan remora
b.      Anggrek di pohon
c.       Alga scenedemus dengan bakteri
d.      Ular dengan tikus
e.       E.coli di usus manusia



Aspek keterampilan
K.I
Jenis instrumen
Kompetensi siswa dikelas
Skala index
4
Skala penilaian (rating scale)
1
2
3
4
Peran aktif siswa




Tanggung jawab kerjasama




Keterampilan kerja




Ketuntasan kerja dan laporan hasil kerja




Menggunakan teknik yang sesuai





LEMBAR KERJA SISWA

a.      Padang rumput                                        c. sungai
 

b.      sawah

Jenis ekosistem :
Lokasi :

Komponen abiotik
Komponen biotik
Interaksi yang ada
Keterangan
Nama/jenis
Peran (misal produsen /konsumen/pengurai)































Pertanyaan
1.      Sebutkan komponen abiotik dan biotik yang terdapat dalam ekosistem yang kalian amati!
2.      Adakah produsen yang berperan sebagai produsen, konsumen atau pengurai? Sebutkan!
3.      Jelaskan interaksi yang terjadi dalam ekosistem tersebut!
4.      Adakah bentuk interaksi antara komponen biotik dengan komponen biotik lainnya? (misal netralisme, kompetisi, komensalisme, mutualisme, parasitisme, predasi) jika ada coba jelaskan!

No comments:

Post a Comment