Konten Representasi (CORE) Klasifikasi Makhluk Hidup

Konten Representasi (CORE)
Pertimbangan
Ide Besar A
Ide Besar B
Ide Besar C
Ekosistem merupakan suatu sistem dimana terjadi hubungan (interaksi), baik yang berupa makhluk hidup maupun tak hidup.
Interaksi antarkomponen biotik dapat terjadi antar spesies yang sama maupun spesies yang berbeda.
Interaksi antara komponen biotik dengan komponen abiotik dapat mengakibatkan aliran energy dan daur biogeokimia.
Mengidentifikasi tujuan pembelajaran bagi siswa dalam pelajaran ini.
Siswa harus mengetahui tentang:
• ekosistem
• komponen biotik
•komponen abiotik.
Siswa harus memahami konsep:
• interaksi yang timbul dari ekosistem
• macam –macam interaksi
• akibat dari interaksi tersebut.
Siswa harus memahami konsep :
• aliran energi
• produktivitas

Mengapa penting bagi siswa untuk mengetahui konten ini?
[Pengetahuan kurikulum]
Ekosistem merupakan komponen penting dalam alam semesta
• adanya interaksi antara makhluk hidup .
• pengelompokan komponen ekosistem
Interaksi antar komponen biotik:
• mengakibatkan rantai makanan dan jaring makanan
• untuk pertahanan hidup
Aliran energi:
• menghasilkan ion – ion, senyawa dan molekul yang di butuhkan untuk berlangsungnya kehidupan
Mengidentifikasi potensi kesulitan siswa dan keterbatasan yang terkait dengan mengajar ide ini.
[Pengetahuan siswa sebagai peserta didik]
ekosistem:
• membedakan konsep mengenai ekosistem, komunitas, populasi, etc
Interaksi makhluk hidup:
•membedakan perbedaan rantai makanan dan jaring-jaring makanan.
Aliran energi: menjelaskan kembali siklus:
• daur biogeokimia
• daur karbon
• daur nitrogen
· Daur fosfor
· Daur belerang
· Daur air
Mengidentifikasi pengetahuan siswa yang mempengaruhi pengajaran ide ini.
[Pengetahuan siswa sebagai peserta didik]
•mengetahui keanekaragaman hayati di bumi
• mengetahui ilmu yang mempelajari penggolongan keanekaragaman hayati itu
• memahami apa maksud tujuan dari penggolongan itu.
Strategi pengajaran dan representasi diimplementasikan dan alasan tertentu untuk menggunakan strategi ini untuk melibatkan para siswa dengan ide ini.
[Pengetahuan tentang strategi instruksional dan representasi]
• peserta didik mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup dan tak hidup
Dengan melihat dan mengamati lingkungan sekitar ,peserta didik dapat menyebutkan perbedaan ciri dari makhluk hidup dan tak hidup tersebut.
Diskusi kelompok
Siswa:
1. Siswa melakukan pengamatan terhadap makhluk hidup dantak hidup
2. pesertadidik mengidentifikasi perbedaannya
3. catat semua hasil diskusi
4. utarakan dengan antar kelompok 
5. Siswa berbagi penjelasan dan menerima umpan balik dari rekan-rekan dan guru.
Mengidentifikasi cara memastikan bahwa konsep siswa diajarkan.
[Pengetahuan tentang Penilaian]
Mempertanyakan siswa:
• meminta siswa menjelaskan apa klasifikasi, dan tujuan / manfaat klasifikasi
Menilai akurasi penjelasan mahasiswa:
• penjelasan siswa tentang klasifikasi sesuai dengan penjelasan guru sebelumnya
• pengelompokan makhluk hidup berdasarkanciri - ciri
Menilai akurasi prediksi siswa untuk menentukan pemahaman siswa:
• prediksi pemahaman mengenai identifikasi
• prediksi pengelompokan berdasarkan ciri-ciri


No comments:

Post a Comment