Konten Representasi (CORE)
|
|||
Pertimbangan
|
Ide Besar A
|
Ide Besar B
|
Ide Besar C
|
Ekosistem merupakan suatu sistem dimana terjadi hubungan (interaksi),
baik yang berupa makhluk hidup maupun tak hidup.
|
Interaksi antarkomponen biotik dapat terjadi antar spesies yang sama
maupun spesies yang berbeda.
|
Interaksi antara komponen biotik dengan komponen abiotik dapat
mengakibatkan aliran energy dan daur biogeokimia.
|
|
Mengidentifikasi tujuan pembelajaran bagi siswa dalam pelajaran ini.
|
Siswa harus mengetahui tentang:
• ekosistem
• komponen biotik
•komponen abiotik.
|
Siswa harus memahami konsep:
• interaksi yang timbul dari ekosistem
• macam –macam interaksi
• akibat dari interaksi tersebut.
|
Siswa harus memahami konsep :
• aliran energi
• produktivitas
|
Mengapa penting bagi siswa untuk mengetahui konten ini?
[Pengetahuan kurikulum]
|
Ekosistem merupakan komponen penting dalam alam semesta
• adanya interaksi antara makhluk hidup .
• pengelompokan komponen ekosistem
|
Interaksi antar komponen biotik:
• mengakibatkan rantai makanan dan jaring makanan
• untuk pertahanan hidup
|
Aliran energi:
• menghasilkan ion – ion, senyawa dan molekul yang di butuhkan untuk
berlangsungnya kehidupan
|
Mengidentifikasi potensi kesulitan siswa dan keterbatasan yang terkait
dengan mengajar ide ini.
[Pengetahuan siswa sebagai peserta didik]
|
ekosistem:
• membedakan konsep mengenai ekosistem, komunitas, populasi, etc
|
Interaksi makhluk hidup:
•membedakan perbedaan rantai makanan dan jaring-jaring makanan.
|
Aliran energi: menjelaskan kembali siklus:
• daur biogeokimia
• daur karbon
• daur nitrogen
· Daur fosfor
· Daur belerang
· Daur air
|
Mengidentifikasi pengetahuan siswa yang mempengaruhi pengajaran ide ini.
[Pengetahuan siswa sebagai peserta didik]
|
•mengetahui keanekaragaman hayati di bumi
|
• mengetahui ilmu yang mempelajari penggolongan keanekaragaman hayati
itu
|
• memahami apa maksud tujuan dari penggolongan itu.
|
Strategi pengajaran dan representasi diimplementasikan dan alasan
tertentu untuk menggunakan strategi ini untuk melibatkan para siswa dengan
ide ini.
[Pengetahuan tentang strategi instruksional dan representasi]
|
• peserta didik mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup dan tak hidup
|
Dengan melihat dan mengamati lingkungan sekitar ,peserta didik dapat
menyebutkan perbedaan ciri dari makhluk hidup dan tak hidup tersebut.
|
Diskusi kelompok
Siswa:
1. Siswa melakukan pengamatan terhadap makhluk hidup dantak hidup
2. pesertadidik mengidentifikasi perbedaannya
3. catat semua hasil diskusi
4. utarakan dengan antar kelompok
5. Siswa berbagi penjelasan dan menerima umpan balik dari rekan-rekan
dan guru.
|
Mengidentifikasi cara memastikan bahwa konsep siswa diajarkan.
[Pengetahuan tentang Penilaian]
|
Mempertanyakan siswa:
• meminta siswa menjelaskan apa klasifikasi, dan tujuan / manfaat
klasifikasi
|
Menilai akurasi penjelasan mahasiswa:
• penjelasan siswa tentang klasifikasi sesuai dengan penjelasan guru
sebelumnya
• pengelompokan makhluk hidup berdasarkanciri - ciri
|
Menilai akurasi prediksi siswa untuk menentukan pemahaman siswa:
• prediksi pemahaman mengenai identifikasi
• prediksi pengelompokan berdasarkan ciri-ciri
|
Konten Representasi (CORE) Klasifikasi Makhluk Hidup
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
No comments:
Post a Comment