Konten Representasi (CORE)
|
|||
Pertimbangan
|
Ide Besar A
|
Ide Besar B
|
Ide Besar C
|
Komponen pada sistem peredaran darah manusia
|
Perbedaan peredaran darah kecil dan peredaran darah besar
|
Gangguan/kelainan penyakit yang
terjadi pada sistem pembuluh darah manusia
|
|
Mengidentifikasi tujuan pembelajaran
bagi siswa dalam pelajaran ini.
|
Peserta didik mengetahui komponen sistem peredaran darah dan
bagian-bagiannya
Fungsi masing-masing komponen yang terdapat pada sistem peredaran darah manusia
|
Peserta didik mampu menjelaskan
perbedaan antara sistem peredaran darah besar
dan kecil
|
Peserta didik dapat mengetahui gangguan yang terjadi pada sistem peredaran darah dari tingkat yang
rendah sampai tinggi atau dari tingkat yang berpotensi berbahaya atau tidak
bahaya
|
Mengapa penting bagi siswa untuk
mengetahui konten ini?
(pengetahuan kurikulum)
|
Penting bagi peserta didik untuk
mengetahui apa itu komponen penyusun sistem
peredaran darah dan bagian-bagian
penyusunnya,
karena komponen organ dan bagian-bagian penyusun sistem
peredaran darah penting dalam sistem peredaran darah manusia
Dengan mengetahui fungsi dari masing-masing komponen beserta bagian-bagian
penyusunnya kita dapat memahami perbedaan antara komponen sistem peredaran darah manusia yang satu dengan yang
lainnya
|
Setelah pembelajaran diharapkan peserta
didik dapat mengetahui perbedaan antara sistem peredaran darah besar dan sistem peredaran darah kecil yang
terjadi pada manusia
|
Penting untuk mengetahui berbagai kelainan yang terjadi pada sistem peredaran
darah manusia beserta penyebab dan cara penanggulangannya
|
Mengidentifikasi
potensi kesulitan siswa keterbatasaan yang terkait dengan mengajar virus
(pengetahuan siswa sebagai peserta
didik)
|
Komponen organ penyusun sistem
peredaran darah manusia memiliki bagian bagian yang menyusunnya,
bagian-bagian penyusun komponen memiliki
peran yang berbeda-beda yang dapat mengkibatkan peserta didik mengalami kesulitan dalam mencari tahu tentang komponen-komponen penusun
organ dalam sistem transportasi darah
|
Perbedaan antara proses
peredaran darah besar dan peredaran darah kecil akan mengalami
perbedaan pula pada system kerja dari organ-organ
penyusun atau pendukung dari sistem peredaran darah, yang bisa
menjadi kesulitan bagi peserta didik
|
Potensi kesulitan pada konsep ini bagi
peserta didik antara lain membedakan antara
penyakit yang disebabkan karena faktor genetik atau penyebab lain
|
Mengidentifikasi pengetahuan siswa yang
mempengaruhi pengajaran ide ini
(pengetahuan siswa sebagai peserta
didik)
|
Mengaitkan hubungan antara konsep dengan
pengalaman siswa
Menampilkan gambar/video mengenai komponen penyusun organ dalam sistem peredaran darah
manusia dan
meminta peserta didik untuk menyebutkan bagian-bagian dari komponen sel
|
Mengaitkan hubungan antara konsep dengan
pengalaman siswa
Menampilkan gambar sistem peredaran darah besar dan peredaran darah kecil dan
meminta peserta didik untuk menunjukan perbedaan dari kedua gambartersebut
|
Membuat hubungan antara konsep dan
pengalaman siswa
Meminta siswa untuk menyebutkan penyebab yang terjadi dari penyakit yang terjadi pada
sistem peredaran darah manusia
|
Strategi pengajaran dan representasi
diimplementasikan dan alasan tertentu untuk menggunakan strategi ini untuk
melibatkan para siswa dengan dengan ide ini
(pengetahuan
tentang strategi intruksional dan
representasi)
|
Menampilkan gambar dan video mengenai komponen penting dalam siste peredaran darah manusia
sehingga peserta didik lebih mudah dalam memahami materi tersebut
|
Menampilkan gambar tentang
sistem peredaran darah besar dan operedaran darah kecil
|
Menunjukan contoh gambar mengenai berbagai jenis penyakit yang terjadi pada
sistem peredaran darah manusia
|
Mengidentifikasi cara memastikan bahwa
konsep siswa diajarkan
(pengetahuan tentang penilaian)
|
Mempertanyakan siswa
Meminta siswa menjelaskan komponen penting dalam sistem peredaran darah manusia dan fungsinya.
|
Meminta siswa untuk menjelaskan
perbedaan antara sistem peredaran darah kecil
dan sistem peredaran darah besar
|
Meminta siswa untuk menjelaskan jenis-jenis gangguan/kelainan yang terjadi pada sistem
peredaran darah manusia
|
Konten Representasi (CORE) Sistem Transportasi Darah
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
No comments:
Post a Comment