Konten Representasi (CORE) Jamur (Fungi)

Konten Representasi (CORE)
Pertimbangan
Ide Besar A
Ide Besar B
Ide Besar C

Ciri-ciri kelompok jamur dalam hal morfologi, cara memperoleh nutrisi, dan reproduksi.
Pengelompokkan jamur.
Manfaat jamur secara ekologis, ekonomis, medis, dan pengembangan iptek.
Mengidentifikasi tujuan pembelajaran bagi siswa dalam pelajaran ini.
Dalam hal ini peserta didik harus dapat memahami ciri-ciri jamur

mengelompokkan jamur berdasarkan ciri-ciri secara morfologi

cara jamur memperoleh makanan

cara reproduksi jamur

Pada bagian ini peserta didik dapat memahami klsifikasi atau pengelompokan jamur, berdasarkan struktur tubuh dan cara reproduksinya, yaitu:
1.     Zygomicota
2.     Ascomycota
3.     Basidiomycota
4.     Deuteromycota
Memahami manfaat dan peranan jamur dari setiap divisi dalam kelangsungan hidup dibumi
Mengapa penting bagi siswa untuk mengetahui konten ini?
[Pengetahuan kurikulum]
Dengan memahami ciri-ciri jamur dapat memudahkan untuk pengelompokkan.

Organisme eukariota dengan tubuh berupa talus, dinding sel yang tidak mengandung selulosa, dan tidak memiliki flagel.

Berdasarkan bentuk tubuh dikelompokkan kedalam kapang (mold) dan khamir (yeast)

Bereproduksi dengan spora mikroskopik

Memperkuat dalam memahami konsep siklus hidup (reproduksi) jamur dari ke empat divisi

1.     Zygomicota spora seksual pada zigospora
2.     Ascomycota  spora seksual pada akospora
3.     Basidiomycota spora seksual pada basidiospora
Memanfaatkan jamur yang menguntungkan
Mengidentifikasi potensi kesulitan siswa dan keterbatasan yang terkait dengan mengajar ide ini.
[Pengetahuan siswa sebagai peserta didik]
Pemanfaatanmedia pembelajaran yang tepat untuk penyampaian materi

Pengelompokan kedalam kapang (mold) dan khamir (yeast) berdasarkan tubuh jamur dan sifat lainnya secara makroskopis dan mikroskopis

Menekankan pemahaman dalam mempelajari repsoduksi jamur, sehingga dapat di simpan dalam long term memories

Memanfaatkan media dengan konsep materi untuk mengaitkan pengetahuan awal peserta didik dan pengalaman

Perbedaan struktur tubuh jamur dalam membedakan cara reproduksinya baik secara aseksual maupun seksual
Memudahkan peserta didik untuk memahami peranan jamur dengan mengingat nama ilmiah
Mengidentifikasi pengetahuan siswa yang mempengaruhi pengajaran ide ini.
[Pengetahuan siswa sebagai peserta didik]
Dalam hal ini pengetahuan awal dan pengalaman pesertadidik sangat penting dalam mengaitkan hubungan dengan  konsep materi

Menyajikan jamur dan gambar, dimana peserta didik dapat mempresentasikan bagian-bagian jamur secara makroskopis

Membuat hubungan antara konsep dan pengetahuan awal peserta didik
Kemampuan mengingat peserta didik dalam menentukan peranan  jamur
Strategi pengajaran dan representasi diimplementasikan dan alasan tertentu untuk menggunakan strategi ini untuk melibatkan para siswa dengan ide ini.
[Pengetahuan tentang strategi instruksional dan representasi]
Menyajikan beberapa contoh jamur dan menampilkan gambar untuk memahami konsep secara detail dan tepat
Menampilkan video tahapan reproduksi sehingga peserta didik dapat menyimpulkan konsep materi yang dijelaskan
Menyajikan tabel beberapa jamur menguntungkan dan merugikan


Mengidentifikasi cara memastikan bahwa konsep siswa diajarkan.
[Pengetahuan tentang Penilaian]
Mempertanyakan peserta didik dengan meminta mereka untuk menjelaskan pentingnya mengetahui ciri-ciri jamur untuk pengelompokkan

Mempertanyakan peserta didik untuk menjelaskan kembali konsep yang telah dipelajari
Peserta didik di harapkan mampu menjelaskan kembali dengan menyebutkan beberapa contoh peranan jamur.

No comments:

Post a Comment