RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Keanekaragaman Hayati

Sekolah                  : SMA Negeri
Mata Pelajaran       : Biologi
Kelas/Semester      : X/Genap
Materi Pokok         : Keanekaragaman Hayati
Alokasi Waktu       : 1 X 30 menit
A.    Kompetensi Inti
1.      Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.      Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif, dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.      Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, procedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.      Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
B.     Kompetensi Dasar
3.7. Mendeskripsikan keanekaragaman gen, jenis dan ekosistem melalui kegiatan pengamatan
4.9. Mengelompokan berbagai jenis mahluk hidup pada tingkat gen, jenis dan ekosistem dari berbagai objek dan atau menggunakan gambar.
C.     Indikator
3.7.1        Mendeskripsikan keanekaragaman gen jenis dan ekosistem.
3.7.2        Mengidentifikasi keanekaragama gen, jenis dan ekosistem.
4.9.1    Menyusun laporan hasil penyelidikan pengelompokan mahluk hidup pada tingkat gen, jenis dan ekosistem. 
D.    Tujuan Pembelajaran
1.      Peserta didik mampu mendeskripsikan keanekaragaman gen, jenis dan ekosistem melalui kegiatan pengamatan.
2.      Peserta didik mampu mendeskripsikan keanekaragaman hayati Indonesia dan usaha pelestarian serta pemanfaatan sumber daya alam.
3.      Peserta didik mampu mengelompokan berbagai jenis mahluk hidup pada tingkat gen, jenis dan ekosistem dari berbagai objek dan atau menggunakan gambar.



E.     Materi pembelajaran
1.      Keanekaragaman Tingkat Genetik ( gen )
Gen merupakan faktor pembawa sifat keturunan yang terdapat dalam kromosom. Setiap susunan gen akan memberikan penampakan ( fenotipe ), baik anatomi maupun fisiologi pada setiap organisme.Perbedaan susunan gen akan menyebabkan perbedaan penampakan baik satu sifat atau secara keseluruhan. Perbedaan tersebut akan menghasilkan variasi pada suatu spesies. Hal ini disebabkan adanya keanekaragaman gen atau struktur gen pada setiap organisme.
2.      Keanekaragaman Tingkat Species (Jenis)
Dua makhluk hidup mampu melakukan perkawinan dan menghasilkan keturunan yang fertil (mampu melakukan perkawinan dan menghasilkan keturunan) maka kedua makhluk hidup tersebut merupakan satu spesies. Keanekaragaman hayati tingkat jenis menunjukkan keanekaragaman atau variasi yang terdapat pada berbagai jenis atau spesies makhluk hidup dalam genus yang sama atau familia yang sama. Pada berbagai spesies tersebut terdapat perbedaan-perbedaan sifat.
3.      Keanekaragaman Tingkat Ekosistem
Ekosistem berarti suatu kesatuan yang dibentuk oleh hubungan timbal balik antara makhluk hidup (komponen biotik) dan lingkungannya (komponen abiotik). Setiap ekosistem memiliki ciri-ciri lingkungan fisik,  lingkungan kimia, tipe vegetasi/tumbuhan, dan tipe hewan yang spesifik. Kondisi lingkungan makhluk hidup ini sangat beragam. Kondisi lingkungan yang beragam tersebut menyebabkan jenis makhluk hidup yang menempatinya beragam pula. Keanekaragaman seperti ini disebut sebagai keanekaragaman tingkat ekosistem.
Faktor abiotik yang mempengaruhi faktor biotik di antaranya adalah iklim, tanah, air, udara, suhu, angin, kelembapan, cahaya, mineral, dan tingkat keasaman. Variasi faktor abiotik menimbulkan kondisi berbeda pada setiap ekosistem. Untuk mengetahui adanya keanekaragaman hayati pada tingkat ekosistem, dapat dilihat dari satuan atau tingkatan organisasi kehidupan di tempat tersebut.
F.      Metode Pembelajaran
Metode ceramah, diskusi, tanya jawab
G.    Media Pembelajaran
Bahan    : gambar, dan PPT
Alat       : laptop, LCD, whiteboard, penghapus, spidol
H.    Sumber Belajar
Subardi. 2009. Biologi. Jakarta: Pusat Pembukuan Departemen Pendidikan Nasional .
Jurnal pengetahuan
Internet dengan sumber terpercaya antara lain: .edu, .org, .ac dll








I.       Langkah-langkah pembelajaran
Langkah-langkah pembelajaran dengan pendekatan saintifik
A.  Pendahuluan
Kegiatan pembelajaran yang berkaitan dengan materi replikasi virus ini akan dilaksanakan pada tanggal 14 November 2015
No
Tahap
Kegiatan Guru
Kegiatan Siswa
Alokasi
1.
Pembukaan
·      Guru memberikan salam dan menanyakan kabar.
·      Guru mengecek absensi dan kesiapan peserta didik.
·      Guru menyiapkan media pembelajaran.

·      Peserta didik menjawab salam dan mempersiapkan pelajaran sambil mengecek kehadiran.

2 menit
2.
Apersepsi
·      Guru menanyakan beberapa pertanyaan dasar tentang materi yang akan diajarkan hari ini
1.     “Nak, apakah kalian terlihat sama dengan teman sebangku kalian?”
2.     “apa perbedaan antara kucing dan ikan?”
3.      “apakah sama tempat tinggal antara kucing dan ikan?



4.     coba sebutkan hewan apa saja yang ada hanya di Indonesia?”
·      Peserta didik menjawab pertanyaan guru, dengan  harapan jawaban benar
1.     berbeda pak
2.     kucing memiliki kaki sedangkan ikan memiliki sirip
3.     ikan hidup di air sedangkan kucing hidup di darat
2 menit
3.
Motivasi
·      Guru meluruskan jawaban siswa, membawa siswa berpikir menuju pelajaran pokok hari ini.
mengapa kalian dengan teman sebangku berbeda?”
·      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yaitu memahami konsep tentang keanekaragaman hayati baik di tingkat gen, jenis dan ekosistem.
·      Peserta didik memperhatikan penjelasan guru dan bertanya apabila merasa kurang  jelas.
·      Peserta didik mendengarkan dan mencatat tujuan pembelajaran
3 menit

B.     Inti
No
metode Saintifik
Kegiatan Guru
Kegiatan Siswa
Alokasi Waktu
1.                  
Mengamati
Guru menyajikan gambar melalui power point, dimana dalam gambar tersebut berkaitan dengan pelajaran yang akan dipelajari peserta didik. Guru meminta siswa mengamati gambar tersebut.
.
 
Peserta didik mengamati dan merefleksikan gambar yang dilihat, dengan pengetahuan yang dimilikinya.


5 menit
2.                  
Menanya
Guru mendengarkan dan menulisnya pertanyaan peserta didik di dipapan tulis untuk dibahas pada tahap pembelajaran peutup

Setelah melihat gambar video dan penjelasan yang telah guru berikan diperkirakan siswa akan bertanya sebaai berikut :
ada berapa macam  keanekaragaman hayati pak?”
“apa itu keanekaragaman hayati tingkat gen jenis dan ekosistem?”


3 menit
3.                  
Mencoba
Guru memberikan peserta didik lembar kerja siswa tentang  keanekaragaman hayati tingkat gen, jenis dan ekosistem  
Peserta didik melakukan identifikasi terhadap lembar kerja siswa yang telah diberikan oleh guru  Yaitu keanekaragaman hayati tingkat gen, jenis dan ekosistem.
4 menit
4.                  
Menalar
Guru meminta peserta didik untuk mendiskusikan dengan teman kelompoknya, apa saja perbedaan antara keanekaragaman hayati tingkat gen, spesies dan ekosistem




Peserta didik berdiskusi dengan teman kelompoknya, apa saja perbedaan keanekaragaman hayati tingkat gen, spesies dan ekosistem
4 menit
5.                  
Mengkomunikasikan
Guru meminta perwakilan peserta didik untuk mengkomunikasikan hasil diskusinya, mengenai perbedaan keanekaragaman hayati tingkat gen, spesies dan ekosistem
Peserta didik menyampaikan hasil diskusi dengan temannya, kepada guru dan pseserta didik lainnya.
4 menit

C.     Penutup
No
Pendekatan Saintifik
Kegiatan Guru
Kegiatan Siswa
Alokasi
1.
Penutup
·      Guru memberi kesimpulan dari hasil pembelajaran yang sudah selesai dilakukan
·      Guru mengajukan pertanyaan yang telah diajukan oleh peserta didik pada awal pembelajaran untuk dijawab
·      Guru memberikan pertanyaan tentang perbedaan kenanekaragaman hayati tingkat gen, jenis dan ekosistem
·      Guru  memberi tugas untuk membuat tabel yang berisikan hewan dan tumbuhan untuk di klasiikasikan berdasarkan gen, jenis, dan ekosistem
·      Guru menutup pelajaran.

·      Peserta didik mendengarkan kesimpulan yang disampaikan oleh guru.
·      Peserta didik menjawab pertanyaan yang sudah diutarakan pada awal pembelajaran
·      Peserta didik menjawab pertanyaan yang diajukan oleh guru
·      Peserta didik memperhatikan penjelasan tugas yang diberikan guru.

3        menit

A.    Penilaian Hasil Belajar (terlampir)
1.    Penilaian Kognitif
Teknik                : Tes tertulis dan tes lisan
Instrument         : tes tulis: PG dan essay
                             Tes lisan: free test dan pos tes

2.      Penilaian Psikomotor
Teknik              : Tugas
Instrument        : LKS

3.      Penilaian Afektif
Teknik              : observasi
Instrument        : lembar observasi

Jakarta, 14 November 2015

Mengetahui

Dosen Pembimbing                                                Mahasiswa



Nengsih Juanengsih, M. Pd                                    M. Izet Mutaqien
                                                                               1112016100053






















Lampiran-lampiran

1.      Penilaian Kognitif

Nama                      : ________________       Mata Pelajaran       : _______________
No. Absen              : ________________       Tanggal                  : _______________
Kelas/semester        : ________________       Guru                       : _______________

a.    Berilah tanda silang (x) pada salah satu huruf a, b, c, d, atau e pada jawaban yang paling tepat!
Indicator
Soal
Jawaban
3.7.1 mendeskripsikan keanekaragaman hayati tingkat gen, jenis dan spesies

1.      Variasi antara individu timbul karena adanya perbedaan...
a.       Kebiasaan hidup
b.      Jenis makanan
c.       Habitat antar individu
d.      Perilaku antar individu
e.       Struktur gen
2.      Lebih mudah membedakan ciri antara padi dengan jagung dari pada membedakan ciri atara padi mamberamo dengan padi cisadane karena....
a.       Padi dan jagung satu familia
b.      Padi dan jagung tergolong rumpur-rumpuran
c.       Padi dan jagung berbeda familia
d.      Padi dan jagung berbeda spesies
e.       Padi dan jagung satu spesies
3.      Mempelajari keanekaragaman hayati bermanfaat seperti berikut di bawah ini, kecuali ...
a.       Mengenal jenis-jenis mahlukhidup
b.      Mengetahui manfaat jenis-jennis mahluk hidup
c.       Mengetahui kekerabatan antar mahluk hidup
d.      Mengenal ciri-ciri mahluk hidup
e.       Mengetahui pangsa pasar jenis-jenis mahluk hidup
4.      Istilah yang menujukan gambaran kekayaan keanekaragaman hayati suatu wilayah adalah
a.       bioprospeksi
b.      biopestisida
c.       bioteknologi
d.      biodiversitas
e.       biodegradasi
1. e






2.d









3.e







4.d








3.7.2 Mengidetifikasi keanekaragaman hayati tingkat gen, jenis dan ekosistem.
3.3.3 Menjelaskan peranan virus dalam kehidupan.
.
5.      Keanekaragaman hayati terbangun oleh tiga tingkatan keanekaragaman yaitu keanekaragaman...
a.       Individu, populasi, komunitas
b.      Sel, jaringan, organ
c.       Gen, jenis, ekosistem
d.      Gen, genotip, fenotip
e.       Gen, jenis, populasi


6.      Bermacam-macam mangga seperti mangga madu, golek, gadung, mangga nanas merupakan keanekaragaman tingkat...
a.       Gen
b.      Jenis
c.       populasi
d.      ekosistem
e.       komunitas








7.      perbedaan bentuk, penampilan dan sifat pada pisang ambon, pisang kepok, pisang biji, pisang raja, menunjukan adanya keanekaragaman tingkat...
a.       gen
b.      jenis
c.       populasi
d.      komunitas
e.       ekosistem
8.      yang membedakan ekosistem lentik dan lotik adalah...
a.       salinitasnya
b.      aliran air
c.       curah hujan
d.      intensitas cahaya matahari
e.       ketinggian temat


5.c






6.a













7.a








8.a







b.    essay
1.      jelaskan tiga tingkatan keanekaragaman hayat desertai contoh!
2.      Jeaskan potensi sumber daya alam pada hujan tropis?
3.      Berikan contoh hewan-hewan yang termasuk dalam keanekaragama tingkat jenis?












2.      Penilaian Psikomotor

Petunjuk Pengisian:
Lembaran ini diisi oleh guru untuk menilai keaktifan dan tanggung jawab peserta didik dalam melakukan diskusi kelompok. Berilah tanda cek (√) pada kolom skor sesuai aspek penilaian pada kolom  yang disediakan, dengan kriteria sebagai berikut:
3      = Selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
2      = Sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan
2 = Kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan
1 = Tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan

Kelas                            : …………………..
Kelompok                     : …………………..
Tanggal Pengamatan    : …………………..
Materi Pokok                : …………………..

No
Aspek Penilaian
Nama
Kriteria
1
Keaktifan dalam mengikuti pembelajaran keanekaragaman hayati


1
2
3
4
2
Keaktifan berdiskusi didalam kelompok.






3
Kemampuan menyampaikan pendapat berkomunikasi dan menyampaikan pendapat























3.      Penilaian sikap spiritual
Petunjuk pengisian:
Lembaran ini diisi oleh guru untuk menilai sikap spiritual peserta didik. Berilah tanda cek (v) pada kolom skor sesuai sikap spiritual yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut :
Nama Peserta Didik      : ………………….
Kelas                             : ………………….
Tanggal Pengamatan    : …………………..
Materi Pokok                : …………………..

NO.
ASPEK PENGAMATAN
SKOR
1
2
3
4
1
Berdoa sebelum dan sesudah melakukan sesuatu
2
Mengucapkan rasa syukur atas karunia Tuhan
3
Memberi salam sebelum dan sesudah menyampaikan pendapat/presentasi
4
Mengungkapkan kekaguman secara lisan maupun tulisan terhadap Tuhan saat melihat kebesaran Tuhan
5
Merasakan keberadaan dan kebesaran Tuhan saat mempelajari ilmu pengetahuan
Jumlah Skor
Keterangan :
1              = sangat baik
2         = baik
3         = cukup
4         = kurang




Lembar Kegiatan Siswa
A.    Kompetisi Dasar
4.9. Mengelompokan berbagai jenis mahluk hidup pada tingkat gen, jenis dan ekosistem dari berbagai objek dan atau menggunakan gambar.
B.     Tujuan             : peserta didik diharapkan dapat menganalisis untuk mengelompokan keanekaragaman mahluk hidup pada tingkat gen, jenis dan ekosistem.
C.      Landasan teori          
                   Gen : faktor pembawa sifat keturunan yang terletak dalam kromosom.Gen setiap makhluk hidup mempunyai bahan dasar kimia yang sama, namun susunannya berbeda, perbedaan susunan inilah yang menyebabkan terjadinya  keanekaragaman gen. Keanekaragaman gen : variasi susunan gen dalam suatu spesies. Variasi  dalam satu spesies makhluk hidup disebut varietas. Suatu mahluk hidup di katakana satu spesies apabila terjadi perkawinanan antar 2 individu akan menghasilkan keturunan yang fertil.
Contoh : adanya varietas pada kucing, kelapa, ayam, harimau dll
                   Keanekaragaman tingkat jenis adalah  perbedaan-perbedaan pada berbagai species makhluk hidup di suatu tempat. Keanekaragaman hayati tingkat ini dapat ditunjukkan dengan adanya beraneka macam jenis mahluk hidup baik yang termasuk kelompok hewan, tumbuhan dan mikroba. misalnya :Variasi dalam satu famili antara kucing dan harimau. Mereka termasuk dalam satu famili(famili/keluarga Felidae) walaupun ada perbedaan fisik, tingkah laku dan habitat.
                   Keanekaragaman tingkat ekosistem, Keanekaragaman tingkat ini dapat ditunjukkan dengan adanya variasi dari ekosistem di biosfir. misalnya : Ekosistem gurun di dalamnya ada unta, kaktus, dan ekosistem hutan tropis di dalamnya ada harimau. Di dalam ekosistem, seluruh makhluk hidup yang terdapat di dalamnya selalu melakukan hubungan timbal balik, baik antar makhluk hidup maupun makhluk tak hidup dengan lingkungnnya atau komponen abiotiknya. Hubungan timbal balik ini menimbulkan keserasian hidup di dalam suatu ekosistem.
D.     Alat dan bahan
·         Gambar
·         LKS
·         Alat tulis
E.     Langkah kerja
·         Amatilah gambar-gambar mahluk hidup yang ada dilembar kerja.
·         Kemudian kelompokan mahluk hidup pada tingakatan keanekaragaman hayati.
·         Setelah melakukan pengamatan, jawablah pertanyaan yang terdapat dilembar kerja dengan teman sekelompokmu.





F.      Data pengamatan dan pertanyaan
No
Gambar
Pertanyaan
1






·         Apa perbedaan dari gambar tersebut?
·         Bagaimana pendapat kalian mengenai penyebab perbedaan tersebut?
·         identifikasikan termasuk kedalam keanekaragaman pada tingkat apa gambar tersebut?
2










·         sebutkan perbedaan dan persamaan dari hewan pada gambar tersebut?
·         Identifikasikan termasuk kedalam keanekaragaman tingkat apa gambar tersebut
3







·         Apa yang menyebabkan terjadinya keanekaragaman tingkat ekosistem?
·         Kemudia amati gambar berikut dan identifikasikanlah ekosistem apa pada gambar tersebut?
·         Vegetasi apa yang mendominasi wilayah tersebut

G.    Pembahasan








H.    Kesimpulan



I.       Sumber
Subardi. 2009. Biologi. Jakarta: Pusat Pembukuan Departemen Pendidikan Nasional .
Budi,Herni, 2007. Biologi. Gema Ilmu


No comments:

Post a Comment