Sekolah
: SMA Negeri
Mata
Pelajaran : Biologi
Kelas/Semester
: X/Genap
Materi
Pokok : Keanekaragaman Hayati
Alokasi
Waktu : 1 X 30 menit
A.
Kompetensi Inti
1. Menghayati dan
mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin,
tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun,
responsif dan pro-aktif, dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai
permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan
dunia.
3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual,
procedural, dan metakognitif berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan,
dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan
minatnya untuk memecahkan masalah.
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak
secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
B.
Kompetensi Dasar
3.7. Mendeskripsikan keanekaragaman gen, jenis dan
ekosistem melalui kegiatan pengamatan
4.9. Mengelompokan berbagai jenis mahluk hidup pada
tingkat gen, jenis dan ekosistem dari berbagai objek dan atau menggunakan
gambar.
C.
Indikator
3.7.1
Mendeskripsikan keanekaragaman gen jenis dan
ekosistem.
3.7.2
Mengidentifikasi keanekaragama gen, jenis dan
ekosistem.
4.9.1 Menyusun laporan hasil penyelidikan pengelompokan mahluk hidup pada tingkat gen, jenis dan ekosistem.
D.
Tujuan
Pembelajaran
1.
Peserta didik
mampu mendeskripsikan keanekaragaman gen, jenis dan
ekosistem melalui kegiatan pengamatan.
2.
Peserta didik mampu mendeskripsikan keanekaragaman hayati Indonesia dan
usaha pelestarian serta pemanfaatan sumber daya alam.
3.
Peserta didik mampu mengelompokan berbagai jenis mahluk hidup pada
tingkat gen, jenis dan ekosistem dari berbagai objek dan atau menggunakan
gambar.
E.
Materi
pembelajaran
1.
Keanekaragaman
Tingkat Genetik ( gen
)
Gen merupakan faktor pembawa sifat keturunan yang terdapat
dalam kromosom. Setiap susunan gen akan memberikan penampakan ( fenotipe ),
baik anatomi maupun fisiologi pada setiap organisme.Perbedaan susunan gen akan
menyebabkan perbedaan penampakan baik satu sifat atau secara keseluruhan.
Perbedaan tersebut akan menghasilkan variasi pada suatu spesies. Hal ini
disebabkan adanya keanekaragaman gen atau struktur gen pada setiap organisme.
2. Keanekaragaman Tingkat Species (Jenis)
Dua makhluk hidup mampu melakukan perkawinan dan menghasilkan
keturunan yang fertil (mampu melakukan perkawinan dan menghasilkan keturunan)
maka kedua makhluk hidup tersebut merupakan satu spesies. Keanekaragaman
hayati tingkat jenis menunjukkan keanekaragaman atau variasi yang terdapat pada
berbagai jenis atau spesies makhluk hidup dalam genus yang sama atau familia
yang sama. Pada berbagai spesies tersebut terdapat perbedaan-perbedaan sifat.
3. Keanekaragaman Tingkat Ekosistem
Ekosistem berarti suatu kesatuan yang dibentuk oleh hubungan timbal
balik antara makhluk hidup (komponen
biotik) dan lingkungannya (komponen
abiotik). Setiap ekosistem memiliki ciri-ciri lingkungan fisik,
lingkungan kimia, tipe vegetasi/tumbuhan, dan tipe hewan yang spesifik. Kondisi
lingkungan makhluk hidup ini sangat beragam. Kondisi lingkungan yang beragam
tersebut menyebabkan jenis makhluk hidup yang menempatinya beragam pula.
Keanekaragaman seperti ini disebut sebagai keanekaragaman tingkat ekosistem.
Faktor abiotik yang mempengaruhi
faktor biotik di antaranya adalah iklim, tanah, air, udara, suhu, angin,
kelembapan, cahaya, mineral, dan tingkat keasaman. Variasi faktor abiotik
menimbulkan kondisi berbeda pada setiap ekosistem. Untuk mengetahui adanya
keanekaragaman hayati pada tingkat ekosistem, dapat dilihat dari satuan atau
tingkatan organisasi kehidupan di tempat tersebut.
F. Metode
Pembelajaran
Metode
ceramah, diskusi, tanya jawab
G. Media
Pembelajaran
Bahan : gambar, dan PPT
Alat
: laptop, LCD, whiteboard,
penghapus, spidol
H. Sumber
Belajar
Subardi. 2009. Biologi. Jakarta: Pusat Pembukuan Departemen Pendidikan
Nasional .
Jurnal pengetahuan
Internet dengan sumber
terpercaya antara lain: .edu, .org, .ac dll
I. Langkah-langkah
pembelajaran
Langkah-langkah pembelajaran dengan pendekatan saintifik
A. Pendahuluan
Kegiatan
pembelajaran yang berkaitan dengan materi replikasi virus ini akan dilaksanakan
pada tanggal 14 November 2015
No
|
Tahap
|
Kegiatan Guru
|
Kegiatan Siswa
|
Alokasi
|
1.
|
Pembukaan
|
· Guru memberikan salam dan menanyakan kabar.
· Guru mengecek absensi dan kesiapan peserta didik.
· Guru menyiapkan media pembelajaran.
|
· Peserta didik menjawab salam dan
mempersiapkan pelajaran sambil mengecek kehadiran.
|
2
menit
|
2.
|
Apersepsi
|
· Guru menanyakan beberapa pertanyaan dasar tentang materi yang
akan diajarkan hari ini
1.
“Nak, apakah kalian terlihat
sama dengan teman sebangku kalian?”
2.
“apa perbedaan antara kucing dan ikan?”
3.
“apakah sama tempat tinggal antara kucing dan
ikan?”
4.
“coba sebutkan hewan apa
saja yang ada hanya di Indonesia?”
|
·
Peserta didik menjawab pertanyaan guru,
dengan harapan jawaban benar
1. “berbeda pak”
2. “kucing memiliki kaki sedangkan ikan memiliki sirip”
3. “ikan hidup di air sedangkan kucing hidup di darat”
|
2
menit
|
3.
|
Motivasi
|
·
Guru meluruskan jawaban siswa, membawa siswa
berpikir menuju pelajaran pokok hari ini.
“mengapa kalian dengan teman
sebangku berbeda?”
·
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yaitu memahami konsep tentang keanekaragaman hayati baik di tingkat gen, jenis
dan ekosistem.
|
·
Peserta didik memperhatikan penjelasan guru
dan bertanya apabila merasa kurang jelas.
·
Peserta didik mendengarkan dan
mencatat tujuan pembelajaran
|
3
menit
|
B. Inti
No
|
metode Saintifik
|
Kegiatan Guru
|
Kegiatan Siswa
|
Alokasi Waktu
|
1.
|
Mengamati
|
Guru menyajikan gambar melalui power point, dimana dalam gambar
tersebut berkaitan dengan pelajaran yang akan dipelajari peserta didik. Guru
meminta siswa mengamati gambar tersebut.
.
|
Peserta didik mengamati
dan merefleksikan gambar yang dilihat, dengan pengetahuan yang dimilikinya.
|
5 menit
|
2.
|
Menanya
|
Guru mendengarkan dan menulisnya pertanyaan peserta didik
di dipapan tulis untuk dibahas pada tahap pembelajaran peutup
|
Setelah melihat gambar
video dan penjelasan yang telah guru berikan diperkirakan siswa akan bertanya
sebaai berikut :
“ada berapa macam keanekaragaman hayati pak?”
“apa itu keanekaragaman
hayati tingkat gen jenis dan ekosistem?”
|
3 menit
|
3.
|
Mencoba
|
Guru memberikan peserta didik lembar kerja siswa tentang keanekaragaman
hayati tingkat gen, jenis dan ekosistem
|
Peserta didik melakukan identifikasi terhadap lembar kerja siswa yang
telah diberikan oleh guru Yaitu
keanekaragaman hayati tingkat gen, jenis dan ekosistem.
|
4 menit
|
4.
|
Menalar
|
Guru meminta peserta didik untuk
mendiskusikan dengan teman kelompoknya,
apa saja perbedaan antara keanekaragaman hayati tingkat gen, spesies dan
ekosistem
|
Peserta didik berdiskusi dengan teman kelompoknya, apa saja perbedaan keanekaragaman hayati tingkat gen, spesies dan ekosistem
|
4 menit
|
5.
|
Mengkomunikasikan
|
Guru meminta perwakilan peserta didik untuk
mengkomunikasikan hasil diskusinya, mengenai perbedaan keanekaragaman hayati tingkat gen, spesies dan
ekosistem
|
Peserta didik menyampaikan hasil diskusi
dengan temannya, kepada guru dan pseserta didik lainnya.
|
4 menit
|
C. Penutup
No
|
Pendekatan Saintifik
|
Kegiatan Guru
|
Kegiatan Siswa
|
Alokasi
|
1.
|
Penutup
|
·
Guru memberi kesimpulan dari hasil
pembelajaran yang sudah selesai dilakukan
·
Guru mengajukan
pertanyaan yang telah diajukan oleh peserta didik pada awal pembelajaran
untuk dijawab
·
Guru memberikan
pertanyaan tentang perbedaan kenanekaragaman hayati tingkat gen, jenis dan
ekosistem
·
Guru memberi tugas untuk membuat tabel yang berisikan hewan dan tumbuhan untuk di klasiikasikan berdasarkan
gen, jenis, dan ekosistem
·
Guru menutup pelajaran.
|
·
Peserta didik mendengarkan kesimpulan yang
disampaikan oleh guru.
·
Peserta didik menjawab
pertanyaan yang sudah diutarakan pada awal pembelajaran
·
Peserta didik menjawab
pertanyaan yang diajukan oleh guru
·
Peserta didik memperhatikan penjelasan tugas
yang diberikan guru.
|
3
menit
|
A.
Penilaian Hasil Belajar (terlampir)
1.
Penilaian Kognitif
Teknik : Tes tertulis dan tes lisan
Instrument : tes tulis: PG dan essay
Tes lisan: free test dan pos tes
2.
Penilaian Psikomotor
Teknik :
Tugas
Instrument :
LKS
3.
Penilaian Afektif
Teknik : observasi
Instrument : lembar observasi
Jakarta, 14 November 2015
Mengetahui
Dosen Pembimbing Mahasiswa
Nengsih Juanengsih, M. Pd M.
Izet Mutaqien
1112016100053
Lampiran-lampiran
1.
Penilaian Kognitif
Nama : ________________ Mata Pelajaran : _______________
No. Absen : ________________ Tanggal : _______________
Kelas/semester : ________________ Guru : _______________
a. Berilah tanda silang
(x) pada salah satu huruf a, b, c, d, atau e pada jawaban yang paling tepat!
Indicator
|
Soal
|
Jawaban
|
3.7.1 mendeskripsikan keanekaragaman hayati tingkat gen, jenis dan spesies
|
1. Variasi antara individu timbul karena adanya perbedaan...
a. Kebiasaan hidup
b. Jenis makanan
c. Habitat antar individu
d. Perilaku antar individu
e. Struktur gen
2. Lebih mudah membedakan ciri antara padi dengan jagung dari pada
membedakan ciri atara padi mamberamo dengan padi cisadane karena....
a. Padi dan jagung satu familia
b. Padi dan jagung tergolong rumpur-rumpuran
c. Padi dan jagung berbeda familia
d. Padi dan jagung berbeda spesies
e. Padi dan jagung satu spesies
3. Mempelajari keanekaragaman hayati bermanfaat seperti berikut di bawah
ini, kecuali ...
a. Mengenal jenis-jenis mahlukhidup
b. Mengetahui manfaat jenis-jennis mahluk hidup
c. Mengetahui kekerabatan antar mahluk hidup
d. Mengenal ciri-ciri mahluk hidup
e. Mengetahui pangsa pasar jenis-jenis mahluk hidup
4. Istilah yang menujukan gambaran kekayaan keanekaragaman hayati suatu
wilayah adalah
a. bioprospeksi
b. biopestisida
c. bioteknologi
d. biodiversitas
e. biodegradasi
|
1. e
2.d
3.e
4.d
|
3.7.2 Mengidetifikasi keanekaragaman hayati tingkat gen, jenis dan ekosistem.
3.3.3 Menjelaskan
peranan virus dalam kehidupan.
.
|
5. Keanekaragaman hayati terbangun oleh tiga tingkatan keanekaragaman yaitu
keanekaragaman...
a. Individu, populasi, komunitas
b. Sel, jaringan, organ
c. Gen, jenis, ekosistem
d. Gen, genotip, fenotip
e. Gen, jenis, populasi
6. Bermacam-macam mangga seperti mangga madu, golek, gadung, mangga nanas
merupakan keanekaragaman tingkat...
a. Gen
b. Jenis
c. populasi
d. ekosistem
e. komunitas
7. perbedaan bentuk, penampilan dan sifat pada pisang ambon, pisang kepok,
pisang biji, pisang raja, menunjukan adanya keanekaragaman tingkat...
a. gen
b. jenis
c. populasi
d. komunitas
e. ekosistem
8. yang membedakan ekosistem lentik dan lotik adalah...
a. salinitasnya
b. aliran air
c. curah hujan
d. intensitas cahaya matahari
e. ketinggian temat
|
5.c
6.a
7.a
8.a
|
b.
essay
1.
jelaskan tiga tingkatan keanekaragaman hayat desertai contoh!
2.
Jeaskan potensi sumber daya alam pada hujan tropis?
3.
Berikan contoh hewan-hewan yang termasuk dalam keanekaragama tingkat jenis?
2.
Penilaian Psikomotor
Petunjuk Pengisian:
Lembaran ini diisi oleh
guru untuk menilai keaktifan dan tanggung jawab peserta didik dalam melakukan diskusi kelompok. Berilah tanda
cek (√) pada kolom skor sesuai aspek penilaian pada
kolom yang disediakan, dengan kriteria sebagai berikut:
3
= Selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
2
= Sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak
melakukan
2 = Kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan
1 = Tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan
Kelas : …………………..
Kelompok : …………………..
Tanggal Pengamatan : …………………..
Materi Pokok : …………………..
No
|
Aspek Penilaian
|
Nama
|
Kriteria
|
|||
1
|
Keaktifan dalam mengikuti pembelajaran keanekaragaman hayati
|
|
1
|
2
|
3
|
4
|
2
|
Keaktifan berdiskusi
didalam kelompok.
|
|
|
|
|
|
3
|
Kemampuan
menyampaikan pendapat berkomunikasi dan menyampaikan pendapat
|
|
|
|
|
|
3.
Penilaian sikap spiritual
Petunjuk pengisian:
Lembaran ini diisi oleh guru untuk menilai sikap spiritual peserta didik.
Berilah tanda cek (v) pada kolom skor sesuai sikap spiritual yang ditampilkan
oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut :
Nama
Peserta Didik : ………………….
Kelas
: ………………….
Tanggal
Pengamatan : …………………..
Materi
Pokok
: …………………..
NO.
|
ASPEK
PENGAMATAN
|
SKOR
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Berdoa
sebelum dan sesudah melakukan sesuatu
|
||||
2
|
Mengucapkan
rasa syukur atas karunia Tuhan
|
||||
3
|
Memberi salam sebelum dan sesudah menyampaikan
pendapat/presentasi
|
||||
4
|
Mengungkapkan
kekaguman secara lisan maupun tulisan terhadap Tuhan saat melihat kebesaran
Tuhan
|
||||
5
|
Merasakan
keberadaan dan kebesaran Tuhan saat mempelajari ilmu pengetahuan
|
||||
Jumlah
Skor
|
Keterangan :
1
= sangat baik
2
= baik
3
= cukup
4
= kurang
Lembar
Kegiatan Siswa
A. Kompetisi Dasar
4.9. Mengelompokan berbagai jenis mahluk hidup pada
tingkat gen, jenis dan ekosistem dari berbagai objek dan atau menggunakan
gambar.
B. Tujuan
: peserta didik diharapkan dapat menganalisis untuk mengelompokan
keanekaragaman mahluk hidup pada tingkat gen, jenis dan ekosistem.
C. Landasan teori
Gen : faktor
pembawa sifat keturunan yang
terletak dalam kromosom.Gen setiap makhluk hidup mempunyai
bahan dasar kimia yang sama, namun susunannya
berbeda, perbedaan susunan
inilah yang menyebabkan terjadinya
keanekaragaman gen. Keanekaragaman gen : variasi
susunan gen dalam suatu spesies. Variasi dalam
satu spesies makhluk hidup disebut varietas. Suatu mahluk hidup di katakana
satu spesies apabila terjadi perkawinanan antar 2 individu akan menghasilkan
keturunan yang fertil.
Contoh : adanya
varietas pada kucing, kelapa, ayam,
harimau dll
Keanekaragaman
tingkat jenis adalah perbedaan-perbedaan
pada berbagai species makhluk hidup di suatu tempat. Keanekaragaman
hayati tingkat ini dapat ditunjukkan dengan adanya beraneka
macam jenis mahluk hidup baik yang termasuk kelompok hewan,
tumbuhan dan mikroba. misalnya
:Variasi dalam satu famili antara kucing dan harimau. Mereka termasuk
dalam satu famili(famili/keluarga
Felidae) walaupun ada perbedaan fisik, tingkah laku dan habitat.
Keanekaragaman
tingkat ekosistem, Keanekaragaman tingkat ini dapat ditunjukkan dengan
adanya variasi dari ekosistem di
biosfir. misalnya : Ekosistem gurun di dalamnya ada unta, kaktus, dan ekosistem
hutan tropis di dalamnya ada harimau. Di dalam ekosistem, seluruh makhluk hidup yang terdapat di dalamnya selalu
melakukan hubungan timbal balik, baik antar makhluk hidup maupun makhluk tak hidup dengan lingkungnnya atau komponen abiotiknya. Hubungan timbal balik ini menimbulkan keserasian hidup di dalam suatu ekosistem.
D. Alat dan bahan
·
Gambar
·
LKS
·
Alat tulis
E. Langkah kerja
·
Amatilah gambar-gambar mahluk hidup yang ada
dilembar kerja.
·
Kemudian kelompokan mahluk hidup pada tingakatan
keanekaragaman hayati.
·
Setelah melakukan pengamatan, jawablah pertanyaan
yang terdapat dilembar kerja dengan teman sekelompokmu.
F. Data pengamatan dan
pertanyaan
No
|
Gambar
|
Pertanyaan
|
1
|
|
·
Apa perbedaan dari gambar tersebut?
·
Bagaimana pendapat kalian mengenai penyebab
perbedaan tersebut?
·
identifikasikan termasuk kedalam keanekaragaman
pada tingkat apa gambar tersebut?
|
2
|
|
·
sebutkan perbedaan dan persamaan dari hewan pada
gambar tersebut?
·
Identifikasikan termasuk kedalam keanekaragaman
tingkat apa gambar tersebut
|
3
|
|
·
Apa yang menyebabkan terjadinya keanekaragaman
tingkat ekosistem?
·
Kemudia amati gambar berikut dan
identifikasikanlah ekosistem apa pada gambar tersebut?
·
Vegetasi apa yang mendominasi wilayah tersebut
|
G. Pembahasan
H. Kesimpulan
I. Sumber
Subardi. 2009. Biologi. Jakarta: Pusat Pembukuan Departemen Pendidikan
Nasional .
Budi,Herni, 2007. Biologi. Gema Ilmu
No comments:
Post a Comment